Manfaat Susu Sapi, Lebih dari Kalsium untuk Tulang!

| 20 Okt 2017

Manfaat Susu Sapi, Lebih dari Kalsium untuk Tulang!

Kalsium dan susu adalah dua kata yang tak terpisahkan. Ini adalah manfaat susu sapi yang paling dikenal. Padahal selain kalsium, susu punya manfaat lain yang tak kalah pentingnya.

Keunggulan dari sapi perah dibandingkan hewan ternak lainnya adalah kemampuannya mengubah makanan yang dikonsumsinya menjadi konsentrat berbentuk susu. Kualitas susu sendiri ditentukan oleh makanan yang dikonsumsinya. 

Di negara-negara maju, sapi perah dijadikan sebagai sumber kekuatan ekonomi dan kesehatan. Susu sapi memiliki nutrisi lengkap yang tidak ditemui pada makanan lainnya. Mirip dengan darah putih pada manusia, susu sapi mengandung vitamin dan berbagai macam asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam segelas susu, ada manfaat lain selain kalsium dan tak kalah bermanfaat, antara lain:

Potasium

Bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah akibat kelebihan sodium, menjaga fungsi otot dan syaraf, menjaga kesehatan tulang, menjaga metabolisme tubuh, mengurangi risiko stres, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, memelihara kesehatan ginjal, mengatur keasaman tubuh, menjaga kesehatan otak.

Magnesium

Magnesium bermanfaat sangat besar dalam proses pembentukan tulang di masa pertumbuhan karena mendukung proses asimilasi kalsium di dalam formasi tulang. Zat ini juga mendukung proses aktivasi vitamin D dalam ginjal agar mudah diserap untuk penguatan tulang dan perekat antarmolekul dalam tulang.

Seng

Kandungan ini punya manfaat sebagai antioksidan dari ancaman radikal bebas yang merugikan kesehatan, perawatan mata, mengurangi dampak kerusakan otak akibat oksidatif, kesehatan rambut dan kulit.

Vitamin B2

Vitamin ini bermanfaat untuk membantu tubuh membakar karbohidrat, protein serta lemak. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan kulit, mata, serta sistem saraf, serta membantu produksi sel darah merah.

Fosfor

Fosfor merupakan mineral terbesar kedua setelah kalsium yang dibutuhkan tubuh. Manfaatnya yaitu untuk proses pembentukan tulang dan gigi, menjaga keseimbangan fungsi hormon, serta meningkatkan proses pemisahan zat yang dibutuhkan oleh tubuh atau tidak.

Dalam tiap 100 gram susu, terkandung energi sebesar 70,5 kilokalori dengan protein sebanyak 3,4 gram, lemak 3,7 gram, kalsium 125 miligram, dengan tingkat penyerapan oleh tubuh sebanyak 98 - 100%. Susu adalah salah satu makanan dengan zat gizi paling lengkap untuk kebutuhan Anda. Sekarang Anda tahu bahwa susu tidak hanya mengandung kalsium saja.

Artikel Terkait