Manfaat Susu, Lebih dari Kalsium untuk Tulang!

Banner
| 12 Okt 2020

Manfaat Susu, Lebih dari Kalsium untuk Tulang!

Manfaat Susu, Lebih dari Kalsium untuk Tulang!

Kalsium dan susu adalah dua kata yang tak terpisahkan. Ini adalah manfaat susu yang paling dikenal. Padahal selain kalsium, susu punya manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Susu bisa diperoleh dari sapi, kambing, dan domba. Keunggulan dari sapi perah dibandingkan hewan ternak lainnya adalah kemampuannya mengubah makanan yang dikonsumsinya menjadi konsentrat berbentuk susu. Kualitas susu sendiri ditentukan oleh makanan yang dikonsumsinya. 

Di negara-negara maju, sapi perah dijadikan sebagai sumber kekuatan ekonomi dan kesehatan. Susu sapi memiliki nutrisi lengkap yang tidak ditemui pada makanan lainnya. Mirip dengan darah putih pada manusia, susu sapi mengandung vitamin dan berbagai macam asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam segelas susu, ada manfaat susu lainnya yang sama baiknya dengan kalsium, antara lain: 

  • Potasium

    Bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah akibat kelebihan sodium, menjaga fungsi otot dan syaraf, menjaga kesehatan tulang, menjaga metabolisme tubuh, mengurangi risiko stres, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, memelihara kesehatan ginjal, mengatur keasaman tubuh, menjaga kesehatan otak.
  • Magnesium

    Magnesium bermanfaat sangat besar dalam proses pembentukan tulang di masa pertumbuhan karena mendukung proses asimilasi kalsium di dalam formasi tulang. Zat ini juga mendukung proses aktivasi vitamin D dalam ginjal agar mudah diserap untuk penguatan tulang dan perekat antarmolekul dalam tulang.
  • Seng

    Kandungan ini punya manfaat sebagai antioksidan dari ancaman radikal bebas yang merugikan kesehatan, perawatan mata, mengurangi dampak kerusakan otak akibat oksidatif, kesehatan rambut dan kulit.
  • Vitamin B2

    Vitamin ini bermanfaat untuk membantu tubuh membakar karbohidrat, protein serta lemak. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan kulit, mata, serta sistem saraf, serta membantu produksi sel darah merah.
  • Fosfor

    Fosfor merupakan mineral terbesar kedua setelah kalsium yang dibutuhkan tubuh. Manfaatnya yaitu untuk proses pembentukan tulang dan gigi, menjaga keseimbangan fungsi hormon, serta meningkatkan proses pemisahan zat yang dibutuhkan oleh tubuh atau tidak.

Dalam tiap 100 gram susu, terkandung energi sebesar 70,5 kilo kalori dengan protein sebanyak 3,4 gram, lemak 3,7 gram, kalsium 125 miligram, dengan tingkat penyerapan oleh tubuh sebanyak 98 - 100%. Susu adalah salah satu makanan dengan zat gizi paling lengkap untuk kebutuhan Anda. Sekarang Anda tahu bahwa susu tidak hanya mengandung kalsium saja.

Terdapat lebih dari enam miliar manusia di dunia yang menyantap makanan atau minuman yang diolah dari susu secara teratur. Meskipun mengkonsumsi dari produk olahan, manfaat susu tetap terkandung dengan baik asalkan produk olahan diproduksi secara benar. Produk olahan yang bisa Anda nikmati manfaat susunya adalah keju, mentega, yoghurt, permen susu, dan tahu susu.

Manusia sudah merasakan manfaat susu sedari bayi melalui ASI (Air Susu Ibu). Sampai sudah dewasa pun, para ahli gizi menyarankan untuk tetap mengkonsumsi susu setiap hari karena ada begitu banyak manfaat susu untuk tubuh manusia. Oleh karena itu, tidak heran apabila susu menjadi pelengkap pola hidup empat sehat lima sempurna. Manfaat susu bisa didapatkan oleh anak kecil, orang dewasa hingga ibu hamil.

Manfaat Susu untuk Si Kecil

Si kecil membutuhkan asupan protein, kalsium, dan vitamin D setiap harinya. Meskipun protein bisa didapatkan dari ayam ataupun tahu, kalsium bisa diperoleh dari ikan salmon ataupun oatmeal, dan vitamin D bisa diterima dari telur ataupun jamur, asupan-asupan penting tersebut dapat dengan mudah ditemukan di dalam kandungan susu. Berikut adalah manfaat susu untuk sang buah hati:

  • Meningkatkan Energi

    Di masa perkembangan dan pertumbuhan, anak-anak biasanya masih bergerak dengan aktif sehingga energi mereka akan lebih cepat terkuras. Oleh karena itu, anak-anak perlu minum susu supaya mendapatkan salah satu manfaat susu, yaitu meningkatkan energi yang dihasilkan dari banyaknya protein yang terkandung dalam susu. Selain protein, terdapat pula fosfor, vitamin A, dan vitamin B yang mendukung manfaat susu sebagai penambah asupan vitamin serta penambah fungsi ketahanan tubuh dan energi.
  • Menguatkan Tulang dan Gigi

    Pencegahan pengeroposan tulang – atau yang biasanya disebut osteoporosis– dapat dilakukan sejak dini. Berilah anak minum susu setiap pagi karena kalsium dan vitamin D yang terdapat di dalam susu berperan dalam pembentukan tulang. Susu juga kaya vitamin C, vitamin K, dan magnesium yang berfungsi untuk memproteksi permukaan enamel terhadap asam, menurunkan risiko gusi bengkak, dan mengurangi kemungkinan gigi berlubang.
  • Meningkatkan Kemampuan Berpikir

    Salah satu manfaat susu yang sangat penting untuk tumbuh kembang si anak adalah meningkatkan kemampuan berpikir secara optimal. Seperti yang Anda sudah ketahui, susu mengandung vitamin D. Vitamin ini ternyata tidak hanya berfungsi pada tulang, namun juga berguna dalam membantu tubuh untuk menambah produksi hormon yang dapat mempengaruhi mood, nafsu, dan tidur, yaitu hormon serotonin. Kekurangan vitamin D dapat membuka peluang anak menjadi stres bahkan depresi. Tidak hanya itu, anak juga merasa cepat lelah dan sulit tidur terlelap.
  • Menyehatkan Jantung

    Tekanan darah dan kolesterol jahat dapat diturunkan berkat bantuan kandungan dalam susu. Selain itu, manfaat susu lainnya yang sama besarnya adalah meningkatkan persentase kolesterol baik dengan kaliumnya. Oleh karena itu, resiko terserang penyakit jantung di kemudian hari dapat dikurangi dengan cara mengkonsumsi susu bersama sayuran serta buah-buahan.

Manfaat Susu untuk Orang Dewasa

Awalnya, kata ‘susu’ mungkin lebih terdengar akrab dengan anak-anak. Namun, sekarang ini banyak orang yang sudah melek manfaat susu sehingga orang dewasa pun beramai-ramai minum susu sebagai pendamping sarapan. Terdapat berbagai alasan mengapa saat ini orang dewasa mengkonsumsi susu, misalnya saja ingin menurunkan berat badan, menjaga kebugaran tubuh, dan mempercantik kulit. Namun, apakah benar hal-hal tersebut yang akan didapatkan apabila mengkonsumsi susu? Yuk, kupas satu per satu manfaat susu untuk orang dewasa berikut ini.

  • Memelihara Berat Badan Ideal

    Anda dapat merasakan manfaat susu sebagai penjaga berat badan apabila Anda mengkonsumsi susu tinggi protein. Susu dengan protein tinggi dapat memperlambat proses metabolisme tubuh sehingga lambung tidak cepat kosong. Hal inilah yang menyebabkan perut juga tidak cepat merasa lapar. Biasanya, kebanyakan orang mengganti satu porsi sarapan dengan segelas susu di pagi hari.
  • Menghindari Tubuh dari Serangan Radikal Bebas

    Memproteksi tubuh dari bahaya radikal bebas merupakan salah satu manfaat susu. Dilansir dari helloSEHAT, radikal bebas merupakan molekul yang elektronnya tidak memiliki pasangan sehingga molekul tersebut dapat melepaskan elektron ke molekul lain ataupun mendapat elektron dari molekul lain. Radikal bebas bisa didapatkan dari paparan sinar matahari, polusi kendaraan, dan asap rokok. Tubuh manusia juga dapat menghasilkan radikal bebas dari proses pencernaan makanan, bernafas, dan berolahraga. Adanya radikal bebas tentunya berbahaya untuk tubuh manusia karena dapat menjadi penyebab penuaan dini, mengurangi daya ingat dan kemampuan untuk melihat, mudah merasa lelah dan nyeri sendi, serta mengalami osteoporosis. Radikal bebas dapat diatasi dengan mengkonsumsi susu yang memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan mampu melindungi sel-sel di dalam tubuh sehingga tidak terpapar radikal bebas.
  • Menjaga Kekuatan Tulang

    Tubuh manusia tidak selalu bertumbuh dan berkembang karena akan ada saatnya fisik manusia mulai melemah. Seiringnya waktu, tulang akan mengeropos apabila jumlah kalsium lebih rendah daripada pengeroposan tulang. Salah satu manfaat susu untuk orang dewasa adalah menjaga kekuatan tulang karena susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk tulang.
  • Menjaga Kesehatan Kulit

    Susu mengandung beberapa nutrisi untuk membuat kulit terlihat lebih baik dari sebelumnya, asam laktat untuk menghaluskan kulit, dan asam amino untuk member kelembaban pada kulit. Cukup konsumsi susu setiap hari agar bisa mendapatkan manfaat susu sebagai perawat kesehatan kulit. Manfaat susu untuk kulit tidak hanya dapat dirasakan saat diminum saja, namun juga dapat dirasakan ketika susu dijadikan produk luar, misalnya masker wajah ataupun eksfoliator.

Manfaat Susu untuk Ibu Hamil

Saat seorang perempuan hamil, ia tidak hanya bertanggung jawab atas kesehatan tubuhnya sendiri, melainkan ia harus turut memikirkan kesehatan sang janin. Tubuh sang ibu pun akan mulai berubah. Ada beberapa nutrisi dan protein yang perlu ditambah. Oleh sebab itu, para ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi tiga gelas susu supaya mendapatkan manfaat susu yang begitu penting baik untuk si ibu maupun sang janin. Simak beberapa manfaat susu untuk ibu hamil berikut ini.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

    Ketika seorang ibu hamil mengkonsumsi susu, manfaat susu yang diperoleh sang janin tidak berhenti hanya pada masa-masa janin masih di dalam rahim. Manfaat susu tetap ada sampai bayi sudah lahir dan bertumbuh besar. Menurut penelitian, anak-anak yang ibunya mengkonsumsi susu saat mereka masih berada di dalam kandungan memiliki risiko terserang diabetes lebih rendah dan memiliki tubuh yang lebih tinggi.
  • Mengurangi Kemungkinan Terkena Alergi

    Seperti yang sudah diketahui, susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang penting untuk ibu hamil. Risiko terkena alergi pada anak dapat diturunkan apabila sang ibu saat masih mengandung mendapatkan vitamin D yang cukup. Pada masa kehamilan, 1000 sampai 1300 mg kalsium dibutuhkan oleh perempuan untuk memberi asupan ke tubuhnya dan sang janin yang sedang berkembang. Mengkonsumsi susu di masa-masa kehamilan merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan sang ibu dan janin serta memperoleh manfaat susu yang begitu penting.
  • Mengembangkan Kemampuan Otak dan Membantu Pembentukan Tulang

    Salah satu kandungan di dalam susu yang tidak kalah penting dengan kandungan lainnya adalah yodium. Kandungan ini bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan otak janin. Dengan mengkonsumsi susu selama mengandung, manfaat susu lainnya yang bisa didapatkan adalah pembentukan dan perkembangan tulang bayi dapat dibantu oleh kalsium dan zat besi yang terdapat di dalam susu.

Manfaat kesehatan jangka panjang meminum susu secara rutin

Dengan segala manfaat yang ditawarkan, sangat dianjurkan bagi Anda dan keluarga, dari muda hingga yang tua untuk meminum susu dengan rutin.Selain dapat melepas dahaga dan membantu tubuh Anda bekerja lebih optimal, masih banyak manfaat yang didapatkan secara jangka panjang dari kebiasaan meminum susu. Jadi, sangat disayangkan jika Anda melewatkan hari tanpa meminum susu. Berikut adalah manfaat jangka panjang yang bisa Anda rasakan hanya dari rutin meminum susu satu gelas sehari.

  1. Memperlambat osteoporosis

    Kalsium merupakan salah satu dari banyaknya zat yang terkandung di dalam susu. Dengan kalsium, manfaat yang bisa Anda rasakan dari meminum susu secara rutin dalam jangka panjang adalah memperlambat bahkan mencegah osteoporosis. Secara umum, osteoporosis memiliki arti tulang yang keropos. Hal ini ditandai dengan berkurangnya tingkat kepadatan tulang Salah satu cara yang mudah dalam mencegah osteoporosis adalah dengan meminum susu secara rutin. Dengan memastikan asupan kalsium yang terpenuhi dengan minum susu secara rutin, Anda dapat mencegah osteoporosis sedari dini.
  2. Bagus untuk pengidap anemia

    Salah satu zat penuh manfaat lainnya yang bisa ditemukan di dalam susu adalah zat besi. Untuk pengidap anemia, meminum susu secara rutin bisa jadi berita baik, karena susu dapat membantu meminimalisasi resiko kekurangan hemoglobin pada yang juga akan berdampak pada peningkatan produktivitas Anda. Manfaat zat besi yang terdapat dalam susu bagi penderita anemia adalah kandungan zatnya yang bisa bantu tubuh untuk membentuk sel darah merah secara lebih optimal. Minum susu selama satu gelas sehari dapat membuat Anda terjaga dari risiko anemia.
  3. Menjaga tubuh dari pembentukan kanker

    Salah satu peran penuh manfaat dari vitamin D yang terkandung dalam susu adalah memberikan proteksi pertumbuhan sel dan perlindungan dari kanker. Sebetulnya, vitamin D bisa didapatkan dengan mudah dengan cara berjemur di bawah matahari pagi. Namun, karena budaya work from home yang saat ini sedang digalangkan, cara terbaik agar menjaga diri dari penyebaran virus di luar adalah dengan meminum susu secara rutin. Selain itu, paduan kalsium dan vitamin D yang ada pada susu juga mampu mencegah pembentukan kanker ovarium. Jadi, jangan lupa minum susu, ya.
  4. Menjaga kesehatan kulit

    Mungkin Anda pernah mendengar mitos agar kulit tetap sehat dan cerah bisa didapatkan dengan cara melakukan mandi susu layaknya Cleopatra. Ternyata itu bukan mitos belaka. Memang benar bahwa susu memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit Anda. salah satu zat dalam susu yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda adalah asam laktat. Peran asam laktat bagi kulit adalah sebagai exfoliant, yaitu enzim yang dapat membantu membuat kulit tetap halus. Selain itu ada juga zat asam amino yang menjaga tingkat kelembapan kulit.
  5. Memperbaiki kondisi tubuh pasca sakit

    Sebagaimana yang diketahui, bahwa susu bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah membantu pemulihan tubuh pasca sakit. Hal ini terbukti berkat bantuan kandungan protein yang ada di dalam susu. Protein ternyata dapat membentuk sel atau jaringan yang dibutuhkan tubuh pada masa pemulihan, sehingga hasilnya bisa lebih cepat dan optimal. Selain itu, protein juga membantu melancarkan metabolisme tubuh Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk meminum susu secara rutin. Lebih baik lagi jika Anda meminum susu setiap hari karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan Anda

Selain kalsium, ternyata susu banyak memberikan gizi lain, cek info lengkapnya di sini. Baik anak kecil maupun dewasa, manfaat susu sama besarnya untuk kesehatan tubuh manusia. Jadi, jangan lupa selalu sediakan untuk dapatkan gizi terbaik. Dengan kandungan 8 vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12) serta 3 mineral (kalsium, fosfor, dan iodium), Frisian Flag Purefarm Full Cream menunjang manfaat susu secara optimal. 

Baca lagi:

Kenapa sih Kamu harus minum susu di sore hari?

Cara Hidup Sehat Ini Bisa Bikin Awet Muda

Artikel Terkait