Menjaga Kebugaran Jasmani Tanpa ke Gym

| 20 Okt 2017

Menjaga Kebugaran Jasmani Tanpa ke Gym

Bagi Anda yang sibuk, rutin pergi ke gym untuk menjaga kebugaran tubuh terdengar mustahil. Untungnya untuk menjaga kebugaran tubuh tak harus dengan rajin olahraga di gym setiap hari. Menemani anak bermain, bersih-bersih rumah menyeluruh, atau ikut kelas yoga online bisa jadi pilihan yang mudah. Berikut 4 cara menjaga kebugaran tubuh tanpa perlu ke gym:

1.   Coba track lari dekat rumah

Dibandingkan aktivitas kardio lainnya, lari lebih mampu membakar kalori dalam jumlah banyak. Jika bosan lari di treadmill, tak ada salahnya mencari track lari dekat rumah. Apalagi lari bersama teman-teman terdekat atau pasangan bisa membuat Anda lebih bersemangat. Penelitian oleh Oxford University mengungkapkan bahwa olahraga yang dilakukan secara berkelompok dapat memicu pelepasan endorfin, hormon yang menciptakan rasa senang dalam tubuh.

2.   Anggap pekerjaan rumah tangga sebagai olahraga

Tak perlu mengeluh saat menyapu maupun mengepel rumah karena aktivitas tersebut merupakan salah satu cara membakar kalori. Begitu juga dengan menggosok bak atau lantai kamar mandi. Jangan lupa pasang musik favorit agar Anda makin bersemangat membersihkan rumah.

3.   Berlatih yoga di rumah

Cukup sediakan kemauan, matras yoga, dan smartphone untuk bisa berlatih dan melakukan mind-body exercise dengan gerakan dasar yoga di rumah. Kini ada banyak video latihan yoga di Youtube maupun DVD sehingga Anda bisa menirunya di rumah sambil menunggu anak bangun tidur sore.

4.   Lakukan olahraga ringan

Banyak olahraga di gym yang bisa dilakukan di rumah sekaligus meminimalisasi budget. Contohnya push up, sit up, dan sebagainya. Tentunya untuk melakukannya tidak perlu pergi ke gym, kan? Di halaman rumah bahkan di kamar tidur dengan menggunakan matras sendiri pun bisa Anda lakukan.

Olahraga ringan dan kegiatan sehari-hari tersebut jika dilakukan secara rutin setiap hari tentunya bisa menjaga kebugaran tubuh Anda tanpa perlu ke gym.

Artikel Terkait