Menjaga Kebugaran Jasmani Tanpa ke Gym

Banner
| 17 Sep 2020

Menjaga Kebugaran Jasmani Tanpa ke Gym

Menjaga Kebugaran Jasmani Tanpa ke Gym

Memiliki tubuh bugar dan sehat menjadi idaman setiap orang. Karena, berbicara tubuh yang bugar tidak hanya soal kesehatan tetapi juga keadaan fisik yang prima. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, aktivitas sehari-hari juga bisa dijalankan dengan baik. Namun, untuk memenuhi keadaan tersebut, tentunya tidak semudah membalik telapak. Perlu latihan dan olahraga yang rutin guna menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Kendati begitu, manfaat kebugaran jasmani sendiri tidak hanya soal kesehatan fisik tetapi juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan rohani. 

Ada banyak jenis olahraga maupun latihan yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani. Mulai dari olahraga rutin di tempat terbuka seperti sepak bola di lapangan, jogging di sekitar rumah, gym di fitness centre, hingga yoga ataupun peregangan dari dalam rumah. Lantas apa saja manfaat dari keadaan tubuh yang tetap sehat dan bugar? Berikut adalah manfaat kebugaran jasmani yang bisa Anda peroleh.

Manfaat kebugaran jasmani

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

    Penyakit kardiovaskular (CVD) adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. Penyakit kardiovaskular yang paling umum diderita antara lain penyakit jantung dan stroke. 

    Karena itu manfaat kebugaran jasmani yang pertama adalah mencegah Anda terkena dari risiko penyakit jantung dan stroke. Jika Anda berolahraga secara rutin, maka otot jantung akan terlatih dan menjadi lebih kuat memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, otot jantung yang kuat dapat menjaga tekanan darah menjadi tetap stabil. Karena itu, risiko terkena penyakit jantung menjadi lebih kecil. Tidak hanya memperkuat otot jantung, manfaat kebugaran jasmani lainnya yakni meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. 

  • Mengontrol kadar gula darah

    Selain mencegah risiko penyakit jantung, manfaat kebugaran jasmani lainnya adalah mengontrol kadar gula darah. Hal itu lantaran sel-sel pada tubuh menjadi lebih mudah untuk mengambil gula dari dalam darah pada saat Anda berolahraga. Karena itu, penting untuk menjaga kebugaran jasmani dengan berolahraga secara rutin.

  • Menjaga kesehatan tulang

    Selanjutnya, manfaat kebugaran jasmani lainnya adalah memperkuat tulang. Tubuh yang kebugaran jasmaninya terjaga memiliki kepadatan tulang dan kekuatan otot yang lebih baik. Bagaimana caranya? Yakni dengan berolahraga secara rutin. Tulang yang kuat tentu akan mencegah risiko terkena osteoporosis terutama di usia muda. 

  • Menjaga berat badan

    Manfaat kebugaran jasmani yang berikutnya adalah pengaruhnya terhadap berat badan. Dengan berolahraga secara teratur, otomatis kalori dalam tubuh ikut terbakar. Karena itu, berat badan tidak akan overweight dan tetap stabil. Tentunya hal ini harus diikuti dengan pola makan yang sehat.

  • Menyegarkan mood

    Tidak hanya soal fisik, manfaat kebugaran jasmani juga bisa dirasakan untuk rohani yakni kesehatan jiwa dan mental. Contohnya, saat anda berolahraga kadar hormon endorfin dalam tubuh akan meningkat sehingga memicu perasaan senang dan perasaan positif. Karena itu, olahraga dapat menyegarkan kembali mood kita ataupun membawa perasaan gembira.

  • Mengurangi stres

    Selain menyegarkan kembali mood dan membuat perasaan senang, manfaat kebugaran jasmani bisa juga dirasakan untuk mengurangi risiko stres dan gejala depresi. Olahraga teratur juga dapat memperbaiki kualitas tidur Anda di malam hari. Kualitas tidur yang baik artinya mencegah Anda dari risiko stres dan mengurangi gejala depresi.

    Selain itu, kadar serotonin dalam darah bisa meningkat setiap kali Anda berolahraga. Serotonin umumnya berkurang pada para penderita depresi. Manfaat kebugaran jasmani ini bisa dirasakan setidaknya jika Anda rutin berolahraga selama kurang lebih 30 menit setiap harinya.

Menjaga kebugaran jasmani tanpa ke gym

Setelah mengetahui banyak dampak positif dan manfaat kebugaran jasmani, kini yang perlu Anda lakukan adalah mengimplementasikannya pada kehidupan sehari-hari. Mendapatkan manfaat kebugaran jasmani memang penting, namun pada prakteknya banyak orang, barangkali termasuk Anda, yang luput untuk berolahraga dengan alasan kesibukan. Bagi sebagian orang bahkan, menjaga kebugaran berarti secara rutin di gym. Padahal tidak. Untuk menjaga kebugaran tubuh tidak harus dengan rutin berolahraga di gym. Untuk mendapat manfaat kebugaran jasmani, banyak aktivitas di sekitar rumah yang bisa Anda lakukan sebagai pengganti olahraga di gym

  • Jogging di sekitar rumah

    Cara pertama agar mendapat manfaat kebugaran jasmani tanpa perlu ke gym adalah lari atau jogging. Keduanya merupakan aktivitas kardio yang mampu membakar kalori dalam jumlah banyak. Bagi Anda yang tidak memiliki treadmill di rumah, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba lari di sekitar area rumah Anda. Akan lebih baik apabila dilakukan bersama pasangan maupun rekan-rekan Anda. Karena penelitian dari Oxford University mengungkapkan bahwa olahraga yang dilakukan secara berkelompok dapat memicu pelepasan hormon endorfin sehingga menciptakan rasa senang dalam tubuh.

  • Lakukan pekerjaan rumah tangga

    Secara tidak disadari hampir setiap hari Anda melakukan olahraga. Apa maksudnya? Berolahraga bisa dilakukan di dalam rumah, caranya yakni dengan melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari seperti menyapu dan mengepel lantai. Pada dasarnya saat Anda melakukan pekerjaan rumah tangga, aktivitas tersebut merupakan salah satu cara efektif memperoleh manfaat kebugaran jasmani yakni membakar kalori. Anggap saja mengerjakan pekerjaan rumah tangga sebagai olahraga sehingga Anda tidak perlu merasa terbebani dalam mengerjakannya. 

  • Berlatih yoga di rumah

    Salah satu olahraga guna memperoleh manfaat kebugaran jasmani yang cukup mudah dilakukan di rumah adalah yoga. Anda hanya perlu menyediakan matras sebagai alas. Lalu gunakan smartphone yang Anda miliki untuk menyetel video-video latihan yoga di rumah. Saat ini banyak sekali tersedia video latihan yoga di rumah di youtube maupun platform video lainnya. Selamat ber-yoga!

  • Maksimalkan latihan di rumah

    Selain yoga, aktivitas olahraga apalagi yang bisa dilakukan di rumah? Tentu masih banyak lagi. Contohnya yang mudah dilakukan adalah push up, sit up, squat, dan sejenisnya. Apabila melakukannya di rumah, selain menghemat waktu Anda juga mengurangi pengeluaran untuk pergi ke gym. Baik push-up, sit-up, ataupun squat, semuanya bisa dilakukan secara sederhana di dalam rumah maupun pekarangan rumah Anda. Yang jelas, untuk mendapat manfaat kebugaran jasmani secara optimal, olahraga di rumah harus dilakukan secara rutin dan teratur.

  • Bersepeda

    Selain lari, Anda bisa melakukan aktivitas olahraga yang satu ini di luar rumah. Ya, bersepeda. Menurut penelitian, manfaat kebugaran jasmani dalam bersepeda selama satu jam, adalah membakar 300 kalori dalam tubuh.

    Saat ini, bersepeda bukan lagi sekadar aktivitas berolahraga namun juga telah menjadi gaya hidup. Kini bersepeda di kota-kota besar tidak hanya dilakukan untuk kehidupan sehari-hari tetapi juga menjadi pilihan transportasi dalam bekerja. Selain manfaat kebugaran jasmani, bersepeda juga memiliki manfaat besar lainnya yakni membantu mengurangi pencemaran udara dengan cara meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor sehingga polusi dari kendaraan bermotor bisa berkurang. Jadi selain membuat tubuh sehat, dengan bersepeda Anda turut serta dalam mengurangi risiko tinggi pencemaran udara.

  • Mengatur pola makan sehat

    Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebugaran jasmani adalah asupan gizi pada tubuh. Meski Anda telah berolahraga secara rutin setiap hari, akan menjadi sia-sia jika tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat. Pola makan yang sehat akan membuat asupan gizi dan nutrisi dalam tubuh Anda menjadi tercukupi. 

Lantas, apa saja yang harus Anda lakukan dalam melakukan pola makan sehat? 

  1. Kurangi makanan-makanan yang mengandung gula dan berlemak. 
  2. Utamakan makanan yang mengandung protein dan vitamin seperti sayur, buah-buahan, hingga susu dengan porsi seimbang.

Agar kebugaran jasmani tetap terjaga, lengkapi asupan gizi di dalam tubuh dengan susu cair penuh gizi Frisian Flag Purefarm. Susu cair siap minum Frisian Flag Purefarm mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat, dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan mineral) yang bisa dikonsumsi di segala usia (kecuali bayi 0-12 bulan). Selain itu, susu cair siap minum Frisian Flag Purefarm juga tersedia dalam berbagai varian rasa.

Jadi agar tubuh tetap bugar setiap saat, selalu sediakan Frisian Flag Purefarm. Info selengkapnya cek di sini.

Artikel Terkait