8 Cara Hidup Sehat dan Tips Memulainya Agar Imun Kuat

Banner
| 06 Nov 2023

8 Cara Hidup Sehat dan Tips Memulainya Agar Imun Kuat

8 Cara Hidup Sehat dan Tips Memulainya Agar Imun Kuat

Ketika mendengar kata hidup sehat, mungkin sebagian dari Anda akan merasa menerapkan cara hidup sehat adalah sulit. Faktanya, menerapkan cara hidup sehat tidak sesulit yang dibayangkan, lho. Kalau menurut Anda dapat bangun pagi secara teratur dan minum air putih yang banyak cukup, tentu tidak. Pasalnya, hidup sehat harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan cukup kalori untuk menjalani keseharian Anda.

Menerapkan cara hidup sehat tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda, namun juga untuk kesehatan mental seseorang. Tertarik untuk menjalankannya? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Penting Menerapkan Cara Hidup Sehat?

Cara hidup sehat merupakan upaya seseorang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Cara hidup sehat dimulai dengan menjaga pola makan sehat dan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, menerapkan cara hidup sehat juga dapat dilakukan dengan berolahraga secara rutin dan istirahat secara cukup.

Makanan bergizi sangat penting untuk menjalani gaya hidup sehat, karena tubuh manusia dapat tumbuh berkat zat-zat yang berasal dari makanan. Zat makanan inilah yang nantinya diserap melalui peredaran darah. Dalam jaringan tubuh manusia, zat-zat makanan memenuhi fungsinya masing-masing.

Selain makanan yang bergizi, menjaga kebersihan diri juga menjadi sumber untuk menerapkan cara hidup sehat. Dengan menjaga kebersihan diri, tubuh menjadi lebih segar dan terasa lebih nyaman. Selanjutnya, Anda juga harus berolahraga yang cukup dan istirahat sesuai dengan aturannya untuk mendapatkan manfaat hidup sehat.

Memiliki tubuh yang sehat tentu akan menunjang aktivitas sehari-hari. Cara hidup sehat bisa dimulai dari diri sendiri dengan mengurangi kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dengan menerapkan cara hidup sehat, Kementerian Kesehatan memaparkan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, yaitu:

  • Lebih bahagia

    Gaya hidup sehat tidak hanya mendatangkan manfaat untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga mampu meningkatkan suasana hati dan membuat Anda menjadi lebih percaya diri. 

    Olahraga rutin dan menjaga pola makan sehat akan menstimulasi produksi hormon endorfin yang ada dalam tubuh. Itulah mengapa menerapkan cara hidup sehat akan membuat tubuh merasa lebih bahagia dan lebih rileks.

  • Meningkatkan energi tubuh

    Manfaat menerapkan cara hidup sehat yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan pasokan energi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Menjalankan pola makan sehat dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan makanan yang tinggi protein mampu memberikan banyak energi untuk tubuh.

  • Mengurangi risiko terserang penyakit

    Menjalankan cara hidup sehat dapat membantu tubuh Anda terhindar dari risiko penyakit. Cara hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh. Saat menjalankan cara hidup sehat, Anda memerlukan asupan protein, vitamin, hingga nutrisi yang lengkap.

Tips Memulai Cara Hidup Sehat

Untuk memulai cara hidup sehat sebenarnya tidak membutuhkan banyak biaya dan tenaga ekstra. Anda bisa memulai gaya hidup sehat dari kebiasaan-kebiasaan kecil, seperti berikut ini:

1. Rutin berolahraga

Rutin Berolahraga untuk Hidup Sehat - Frisian Flag

Langkah pertama adalah dengan olahraga secara rutin. Kegiatan yang sehat ini tidak memakan waktu yang lama, Anda hanya perlu untuk menyisihkan waktu sekitar 30 menit per hari. Jika Anda merupakan pekerja keras dan tidak punya cukup banyak waktu, Anda bisa dengan mudah untuk melakukan aktivitas olahraga seperti berjalan santai atau jogging.

Contohnya, jika Anda terbiasa naik kendaraan menuju lokasi kantor atau rumah, Anda bisa turun sekitar 50 meter sebelum tempat tujuan dan jalan sampai tempat tujuan. Bisa juga Anda menggunakan tangga darurat untuk naik atau turun tangga ketimbang naik lift.

Olahraga diperlukan untuk meregangkan otot dan tulang. Selain itu, dengan aktif bergerak, tubuh Anda juga akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap. Olahraga juga dapat membantu metabolisme serta melancarkan aliran oksigen ke otak Anda dan sel-sel tubuh lainnya.

2. Waktu tidur yang cukup

Waktu Tidur Cukup untuk Hidup Sehat - Frisian Flag

Cara hidup sehat juga tidak hanya tentang menjaga pola makan sehat dan olahraga saja, menjaga waktu tidur juga penting bagi kesehatan tubuh. Waktu tidur yang cukup akan membuat Anda merasa lebih fresh ketika bangun tidur dan tidak mudah marah.

Salah satu faktor dari orang yang suka marah-marah adalah seseorang yang kurang jam tidur. Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam per malam.

3. Ubah gaya hidup

Ubah Gaya Hidup - Frisian Flag

Jika Anda seorang perokok aktif atau sering minum minuman beralkohol, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut secara bertahap untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan orang terdekat.

Dengan mengurangi intensitas merokok atau mencoba untuk tidak merokok sama sekali, Anda dapat mengurangi polusi udara di lingkungan Anda sehingga menjadi lebih bersih dan sehat.

Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh dalam menerapkan cara hidup sehat. Maka mulai sekarang, bagi Anda yang suka begadang tiap malam mulailah untuk tidur tepat waktu.

Jauhkan smartphone Anda dari jangkauan 30 menit sebelum waktu tidur Anda, dengan begitu dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat.

4. Hindari pikiran negatif

Hindari Pikiran Negatif - Frisian Flag

Seperti yang sudah dikatakan di atas, menekuni cara hidup sehat juga dapat menjaga kesehatan mental atau jiwa seseorang. Mulai sekarang cobalah untuk berpikir lebih positif dan tidak melulu untuk berpikiran negatif. Sebab, inilah ciri hidup sehat yang perlu segera diterapkan.

Secara psikologis, berpikiran positif adalah aktivitas berpikir yang dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan potensi, semangat, tekad, maupun keyakinan diri sehingga memunculkan perasaan, perilaku, dan hal baik yang menjadi sistem berpikir.

Untuk menjernihkan pikiran, Anda bisa melakukan meditasi di akhir pekan. Melakukan meditasi sama dengan me-reset pikiran Anda menjadi lebih bersih dan fresh.

5. Perbanyak konsumsi air putih

Perbanyak Konsumsi Air Putih - Frisian Flag

Jika Anda merupakan seseorang dengan aktivitas yang cukup berat, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup. Harus diingat bahwa sekitar 60% dari komposisi tubuh manusia adalah air. Cairan dalam tubuh akan berkurang melalui keringat, urin, dan bahkan pada saat Anda bernafas.

Menurut Institute Medicine Food and Nutrition Board, untuk memenuhi cairan tubuh manusia setidaknya minumlah air putih sebanyak 2,7 liter per hari bagi wanita. Untuk pria membutuhkan sekitar 3,7 liter air putih per hari.

6. Rutin untuk cek kesehatan

Rutin Cek Kesehatan - Frisian Flag

Cara hidup sehat terakhir adalah dengan rutin untuk cek kesehatan setidaknya 3 bulan sekali. Di dalam tubuh seseorang tidak ada yang tahu bahwa ada penyakit atau indikasi sebuah penyakit.

Menurut Kementerian Kesehatan, cek kondisi kesehatan secara rutin merupakan cara yang bagus untuk membantu Anda mengidentifikasi penyakit dalam tahap awal sehingga perawatannya menjadi lebih mudah.

7. Menjaga dan mengatur pola makan

Menjaga dan Mengatur Pola Makan - Frisian Flag

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tubuh manusia tumbuh karena zat-zat yang ada pada makanan. Pola makan sehat adalah pola makan yang seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air, dan serat makanan.

Walaupun kelihatannya sulit, ternyata tidak demikian. Perlu diingat bahwa porsi makan setiap orang adalah berbeda. Hal tersebut ditentukan dari berat badan dan aktivitas yang dilakukan seseorang, jenis kelamin dan usia.

Makanan yang dikonsumsi juga haruslah makanan yang bersih terbebas dari kuman, salah satu cara menyiasati hal ini adalah dengan mencuci bahan makanan dengan bersih sebelum memasaknya dan mengonsumsi makanan tersebut. Utamakan untuk mengonsumsi menu makan sehat dari bahan segar seperti sayur dan buah-buahan daripada makanan siap saji atau makanan yang diawetkan.

8. Rajin Mencuci tangan

Rajin Mencuci Tangan untuk Hidup Sehat - Frisian Flag

Ternyata, mencuci tangan yang terlihat simpel dapat menjadi salah satu cara hidup sehat yang paling mudah. Rajin mencuci tangan sangat penting karena dapat membantu mencegah penyebaran penyakit akibat bakteri, virus, maupun kuman berbahaya.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi susu sebagai penyeimbang lemak. Untuk jumlah makanan yang akan dikonsumsi sesuai proporsi makanan sehat seimbang adalah karbohidrat 60%, lemak 25% dan protein 15%, dengan cukup vitamin, mineral, dan air.

AIA Healthy Index mengungkapkan dalam hasil risetnya bahwa tingkat kepuasan kesehatan masyarakat Indonesia meningkat, namun tidak seimbang dengan gaya hidup yang dijalani. Sebanyak 37% masyarakat Indonesia menganggap makanan tidak terlalu efektif dan terlalu banyak usaha yang dibutuhkan saat berolahraga.

Faktanya, untuk memperoleh makanan sehat mudah didapatkan di pasar tradisional, begitu pula dengan berolahraga. Anda tidak perlu berolahraga di gym tetapi juga bisa dilakukan di rumah.

Makanan untuk Pola Hidup Sehat

Jika Anda ingin memulai pola hidup sehat, artinya Anda juga perlu memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Sebelum Anda menyusun menu makanan harian Anda, pastikan Anda tahu apa saja yang disarankan untuk ada ke dalam makanan dan apa saja yang sebaiknya dihindari. Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Kurangi asupan gula, garam, dan lemak jenuh. Pasalnya, tiga hal ini jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan penumpukan lemak dan merusak sel tubuh Anda.
  2. Pastikan makanan Anda mengandung ragam jenis protein. Ada dua jenis protein yaitu, nabati dan hewani. Keduanya disarankan untuk ada di dalam menu harian Anda. Misalnya saja, kacang-kacangan, tahu, tempe, ikan, telur, dan susu.
  3. Perbanyak sayuran, buah, dan susu rendah lemak. Untuk susu rendah lemak, Anda bisa memilih susu UHT Frisian Flag Low Fat. Karena selain rendah lemak, susu ini juga kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, pastikan ada sayur di setiap makanan Anda untuk meningkatkan asupan serat.
  4. Mulai konsumsi oatmeal. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik. Oatmeal juga mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
  5. Ganti beras putih dengan beras merah. Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik. Beras merah juga mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
  6. Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber protein, serat, dan lemak sehat yang baik. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber vitamin dan mineral penting, seperti magnesium dan zat besi.
  7. Konsumsi camilan berprotein tinggi. Pilihan camilan sehat berprotein tinggi mulai dari greek yoghurt, kacang almond, dan edamame. Nutrisi masing-masng camilan sehat ini akan membuat Anda kenyang lebih lama ketimbang mengonsumsi karbohidrat.

Dengan menerapkan delapan cara hidup sehat dan tips menjaga hidup sehat di atas, dapat menghindarkan Anda dari berbagai virus dan penyakit. Selain itu, Anda juga tidak mudah untuk merasa lemas dan kantuk dalam menjalani kegiatan yang sehat sehari-hari. Untuk memulai cara hidup sehat, mulailah secara bertahap agar Anda terbiasa dengan gaya hidup sehat.

Untuk menekuni cara hidup sehat tidaklah sulit, namun juga tidak terlalu mudah. Anda harus menekuni dan mempunyai keinginan yang teguh untuk menjalani gaya hidup sehat. Untuk menjaga keseimbangan tubuh, Anda juga dapat mengonsumsi susu UHT Frisian Flag Full Cream yang kandungan gizinya dapat menutrisi tubuh dalam keseharian.

Susu UHT Frisian Flag Full Cream merupakan susu siap minum yang mengandung 8 vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12) dan sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor, dan Iodium). Ragam vitamin dan mineral ini dibutuhkan tubuh untuk bisa tetap sehat. 

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Secara Sederhana

Agar upaya memulai hidup sehat dapat berjalan dengan lancar, jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Anda juga bisa menggunakannya untuk anak melihat Indeks Massa Tubuh anak Anda. Jadi, yuk, coba fiturnya sekarang!

Artikel Terkait