Ingin Minum Susu Penambah Berat Badan? Begini Aturannya

Banner
| 28 Okt 2020

Ingin Minum Susu Penambah Berat Badan? Begini Aturannya

Ingin Minum Susu Penambah Berat Badan? Begini Aturannya

Siapa bilang, masalah berat badan hanya soal kelebihan berat saja? Masih banyak lho, yang mengalami masalah kekurangan berat badan. 

Tak kunjung mencapai berat badan ideal meski sudah menjalani hidup sehat memang salah satu persoalan orang dewasa. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebabnya, seperti konsultasikan ke pakar kesehatan atau dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penanganan yang tepat serta tanyakan apakah Anda perlu susu penambah berat badan dan kapan waktu yang tepat minum susu untuk menambah berat badan. 

Jika Anda termasuk ke dalam kategori orang-orang yang kesulitan meningkatkan berat badan atau massa tubuh, coba perhatikan apakah Anda sudah benar dalam mengatur apa saja yang keluar dan masuk tubuh Anda. Asupan makanan dan minuman serta aktivitas sehari-hari akan sangat berpengaruh terhadap berat badan Anda.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang memiliki berat badan yang kurang ideal atau kurus selain masalah genetika. 

  1. Stres
  2. Kurang Asupan Nutrisi
  3. Kurang Minum Air Putih
  4. Alcohol addict

Tahukah Anda? 

Susu dapat meningkatkan masa otot pada tubuh. Selain itu, kandungan protein yang terdapat di dalam susu sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. So, kapan waktu yang tepat untuk minum susu penambah berat badan?

Pagi Hari dan Malam Hari Sebelum Tidur

Rutin minum susu pagi dan malam hari sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan berat badan secara cepat. Tidak hanya itu, tidur Anda juga akan jauh lebih pulas setelah minum susu. Susu mengandung asam amino triptofan yang membantu produksi hormon serotonin dan melatonin yang berfungsi membangkitkan mood positif dan mencegah depresi.

Bagaimana dengan minum tiga kali sehari? Tidak ada masalah jika meminum susu penambah berat badan tiga kali sehari, karena sebuah penelitian dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menguak bahwa minum susu hingga tiga kali sehari memang bisa menambah berat badan lebih cepat dengan tetap memperhatikan kesehatan yang diperlukan tubuh Anda. Simak daftar zat gizi dalam satu gelas susu penambah berat badan dengan kandungan susu sapi utuh (whole milk).

Susu Penambah Berat Badan

Energi (kalori): 200-220 kcal

Lemak: 5 gr

Protein: 15 gr

Gula: 17 gr

Kandungan susu sapi biasa (whole milk)

Energi (kalori): 103 kkal

Lemak: 2,4 gr

Protein: 8 gr

Gula: 13 gr

Bisa terlihat perbedaannya, susu penambah berat badan jauh lebih tinggi kandungan kalori, lemak, protein serta kandungan gulanya daripada susu sapi biasa (whole milk).

Selalu memastikan banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan kalori yang dibakar setiap harinya. Tingginya kandungan protein dalam susu penambah berat badan juga bisa membantu meningkatkan massa otot Anda dengan catatan Anda juga harus rutin berolahraga. Jika tidak, massa otot tidak akan bertambah.

Hindari menambah gula sebagai ekstra pemanis. Karena gula ekstra bukan kalori berkualitas. Akan lebih baik jika meminum susu murni karena kalori yang ada didalamnya lebih banyak. Menurut American Heart Association, Overconsuming lemak jenuh tidak baik untuk kesehatan karena bias berisiko penyakit jantung. Raih berat badan optimal dan jaga kondisi tubuh dengan berolahraga dan minum susu yang berkualitas. 

Susu Siap Minum Frisian Flag diproduksi dari susu sapi segar dan mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multivitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian, tersedia dalam varian rasa Full Cream, dan Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry). Biar dapat hasil berat badan yang sesuai, selalu pastikan susu Frisian Flag Purefarm selalu tersedia di lemari es Anda untuk menjadi teman dimanapun Anda dan keluarga pergi dan berada. 

Penting juga untuk Anda mengenali perbedaan susu low fat dan susu non fat agar tidak salah ketika membeli susu untuk menambah berat badan. Antara lain, Lemak yang terkandung dalam Susu Low Fat atau semi skim milk hanya antara 1% - 2%. Teksturnya tidak terlalu creamy dibanding dengan susu full cream. Sedangkan untuk susu Non fat atau susu skim ini, sudah melewati proses penghilangan kadar lemak yang signifikan sehingga kadar lemak yang tersisa hanya 0% - 0,5%. Lebih rendah, bukan? Nah, untuk teksturnya lebih cair dan memiliki asupan kalori susu lebih rendah.

Adakah Cara Lain untuk Menaikkan Berat Badan Secara Sehat?

Dituntut untuk memakan banyak kalori? Makan cemilan seperti sereal granola, roti gandum atau buah seperti alpukat atau apel di siang hari bisa menjadi pilihan kedua untuk menambah berat badan. Selain makan sesering mungkin, pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi atau konsumsi smoothies serta hindari camilan yang memiliki kadar garam tinggi. Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi tinggi, serta akan lebih sehat jika Anda menghindari soda dan kopi yang kaya dengan kalori tapi memiliki kadar nutrisi yang sedikit.

Bergerak secara aktif untuk menghindari risiko obesitas atau penyakit lainnya. Jika, Anda merasa ada gangguan yang aneh, segeralah berkonsultasi dengan pakar kesehatan atau dokter. 

Cara Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Selain dengan susu, ada juga cara menaikkan badan secara alami, berikut tipsnya:

  1. Makanan Bernutrisi Tinggi

    Cara pertama adalah dengan makan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, karena dengan cara seperti ini, Anda bisa menyalurkan makanan berlemak dan berkalori tinggi masuk ke dalam tubuh. Selain dengan cara di atas, mengonsumsi sayur, kacang-kacangan, dan buah juga mampu meningkatkan berat badan Anda.

  2. Lebih Sering Makan

    Masalah klasik orang yang ingin menurunkan berat badan adalah seringnya mereka makan dalam jumlah di atas rata-rata. Nah bagi yang ingin menambahkan berat badan, makan lebih sering menjadi salah satu tips. Tapi perlu diingat, makan lebih sering berarti yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat, karena kalau tidak sehat, dikhawatirkan malah terjadi obesitas.

  3. Tingkatkan Volume Mengonsumsi Karbohidrat

    Menambah berat badan juga ada hubungan erat dengan konsumsi karbohidrat, masalah utama bagi yang diet adalah terlalu sering makan makanan berkarbohidrat tinggi dan cemilan yang memiliki kandungan karbohidrat. Nah bagi yang ingin menambah berat badan, bisa dengan mengonsumsi karbohidrat. 

    Selain nasi, Anda juga bisa mendapatkan kandungan karbohidrat di dalam ubi jalar, tepung, dan jagung. Agar tidak menjadi masalah di hari depan, tetap jaga konsumsi karbohidrat ini agar tidak berlebihan.

  4. Jus Smoothies

    Jus buah tidak hanya bermanfaat bagi yang ingin diet, tapi juga bagi orang yang ingin menambah berat badan. Tapi buah yang diolah ini berbeda dengan yang diet. Jus untuk menambah berat badan adalah yang memiliki kalori tinggi seperti mangga, alpukat, anggur, durian, dan pisang.

    Jenis buah-buahan ini mudah didapatkan di pasar, jadi mulai lah nge-jus buah ini dari sekarang.

  5. Konsumsi Madu

    Kalau sedang bosan konsumsi susu dan produk turunan lainnya seperti es krim, puding, dan yoghurt, ada baiknya mencoba madu sebagai selingan. Karena madu sama efektifnya dalam meningkatkan berat badan.

  6. Jangan Minum Sebelum Makan

    Dalam upaya meningkatkan berat badan, minum sebelum makan pantang dilakukan, karena di tengah-tengah makan, Anda akan terasa sangat kenyang padahal satu porsi pun belum habis. Cara ini bisa dipakai orang yang sedang diet, karena kenyangnya lebih cepat. Untuk menambah berat badan, lebih baik dilakukan 30 menit setelah makan.

Begitu banyak manfaat dari cara-cara di atas yang bisa Anda coba lakukan, jadi Anda tidak perlu cemas karena rasa cemas terhadap berat badan hanya akan membuat Anda stres dan berat badan akan lebih susah naik. Jangan lupa juga konsumsi susu cair Frisian Flag Purefarm  untuk dukung aktivitas Anda setiap harinya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait