Facebook Pixel

Inilah 7 Manfaat Renang Bagi Tubuh untuk Jaga Kesehatan

Banner
| 23 Nov 2021

Inilah 7 Manfaat Renang Bagi Tubuh untuk Jaga Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Renang Bagi Tubuh untuk Jaga Kesehatan

Manfaat berenang bagi tubuh tak hanya baik untuk melatih otot, tetapi ada juga manfaat lain yang tak kalah penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tak heran jika berenang termasuk olahraga yang digemari oleh sebagian besar orang, bahkan manfaat berenang bagi tubuh penting untuk menurunkan berat badan. Sebab, renang termasuk olahraga yang dapat membakar kalori lebih banyak. Penasaran kan apa saja manfaat berenang bagi tubuh? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Ragam Manfaat Berenang Bagi Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat berenang bagi tubuh dan kesehatan, antara lain:

  • Membangun massa otot

    Manfaat berenang bagi tubuh yang paling populer yaitu dapat melatih dan membangun massa otot dengan baik. Hal ini dikarenakan berbagai gerakan dalam renang mengharuskan hampir seluruh otot tubuh bergerak untuk melawan tekanan di dalam air. Maka dari itu, manfaat berenang bagi tubuh cukup penting untuk meningkatkan kelenturan dan massa otot. 

  • Membantu mengoptimalkan tinggi badan

    Selain melatih otot, manfaat berenang bagi tubuh yang cukup populer yaitu dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mengoptimalkan tinggi badan, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. 

    Meski begitu, olahraga renang bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan kesehatan tulang, ada faktor lain yang memengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah memenuhi asupan nutrisi berkualitas, seperti mengonsumsi susu bubuk yang kaya nutrisi. 

    Susu bubuk Frisian Flag KOMPLETA bisa menjadi pilihan tepat untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang karena mengandung nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika biasanya susu bubuk hanya diberikan kepada anak-anak, Frisian Flag KOMPLETA dapat dikonsumsi oleh anak-anak dari usia 1 tahun hingga orang dewasa, sehingga susu bubuk ini sangat cocok untuk memenuhi asupan nutrisi keluarga. 

  • Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

    Manfaat berenang bagi tubuh yang tak kalah penting yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru agar berfungsi dengan normal. Ini karena olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan mengoptimalkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

    Dengan begitu, manfaat berenang bagi tubuh tak hanya berdampak baik pada kesehatan jantung, tetapi juga dapat mengoptimalkan fungsi berbagai organ tubuh lain dengan baik. 

    Baca juga: Ingin Tumbuh Tinggi? Jangan Lewatkan Waktu yang Tepat untuk Minum Susu

  • Menurunkan berat badan

    Manfaat berenang bagi tubuh yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan berat badan karena olahraga ini dapat membakar kalori cukup banyak. Berenang selama 1 jam diketahui dapat membakar sekitar 500-650 kalori. Oleh karena itu, berenang menjadi pilihan sebagian besar orang yang ingin menurunkan atau sekadar mengontrol berat badan agar lebih ideal. 

  • Meningkatkan kualitas tidur

    Saat berenang, tubuh akan mengeluarkan energi yang cukup banyak sehingga efek setelahnya akan terasa melelahkan. Nah, kondisi inilah yang dapat meningkatkan kualitas tidur jika melakukan olahraga renang secara rutin. Bahkan, manfaat berenang bagi tubuh dalam hal kualitas tidur juga sangat penting bagi para penderita insomnia agar dapat tidur lebih nyenyak pada malam hari. 

  • Mengurangi radang sendi 

    Manfaat berenang bagi tubuh juga penting untuk membantu mengurangi radang sendi lho. Gerakan saat berenang mampu memperkuat otot-otot di sekitar tulang sehingga dapat membantu meredakan rasa nyeri akibat peradangan. Tak heran jika manfaat berenang bagi tubuh ini bisa dijadikan pengobatan alami untuk para pengidap radang sendi. Gerakan renang dengan gaya bebas, gaya punggung, dan gaya dada juga membantu memperbaiki postur tubuh. 

  • Mengoptimalkan kemampuan (skill) bertahan

    Manfaat renang bagi tubuh yang selanjutnya yaitu dapat mengoptimalkan kemampuan atau skill untuk bertahan hidup. Hal ini dikarenakan tubuh akan memiliki ‘alarm’ alami saat berada di dalam air untuk dapat bertahan hidup di waktu yang krusial sekalipun. 

    Manfaat renang yang satu ini cukup penting untuk anak-anak hingga orang dewasa. Jika terbiasa melakukan olahraga ini, anak-anak cenderung akan terhindar dari risiko tenggelam. Meskipun begitu, setiap orang tua tetap harus mengawasi anak-anak yang sedang berenang.

Baca juga: 3 Cara Agar Badan Tidak Cepat Lelah Setelah Olahraga

Tips Mengajarkan Anak Berenang

Setelah mengetahui manfaat berenang bagi tubuh, kini saatnya kita membahas tips-tips mengajarkan anak berenang dengan benar. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Kenalkan anak dengan kolam renang

    Mungkin sebagian anak ada yang antusias saat berenang di kolam renang yang besar, namun tak sedikit pula yang merasa takut karena belum terbiasa. Nah, sebagai orang tua, tugas pertama Anda yaitu mengenalkan anak dengan kolam renang dan ajak ia untuk bermain dengan air.

    Sebagai permulaan, biarkan si Kecil melihat-lihat sekitar kolam untuk membangun rasa percaya diri dan keberaniannya. Setelah itu, Anda bisa menuntun si Kecil untuk berjalan-jalan mengitari kolam renang dengan hati-hati. 

  • Ajarkan anak untuk menggerakkan kaki dan tangan di air

    Setelah si Kecil sudah terlihat nyaman bermain air di kolam renang, ajaklah ia untuk menggerakkan kaki dan tangan dengan seirama. Tips ini bisa melatih koordinasi dan keseimbangan anggota tubuhnya. Selanjutnya, ajarkan si Kecil untuk mengapung di dalam air dengan bantuan pelampung. Posisi mengapung bisa dilakukan dengan cara berbaring ataupun terlentang. 

  • Awasi terus saat anak berenang

    Tips yang ini sangat penting dan harus diperhatikan oleh setiap orang tua saat mengajak si Kecil berenang di kolam renang umum. Dengan pengawasan yang baik, maka si Kecil akan terhindar dari risiko terpeleset atau bahkan tenggelam. 

Seperti yang telah disebutkan, olahraga bukan satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan tubuh, asupan nutrisi yang tepat juga berperan penting agar organ dan jaringan tubuh berfungsi secara normal. Maka dari itu, susu Frisian Flag KOMPLETA bisa jadi solusi tepat untuk membantu memenuhi asupan nutrisi yang seimbang. 

Frisian Flag KOMPLETA merupakan susu bubuk keluarga berkualitas yang mengandung beragam nutrisi, seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, serta 10 vitamin dan 4 mineral lainnya yang penting untuk kesehatan tubuh. Konsumsi minimal 2 gelas susu bubuk Frisian Flag KOMPLETA rasa vanilla atau cokelat dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian dan dapat menjadi bagian dari pola hidup sehat keluarga Anda.

Artikel Terkait