Facebook Pixel

5 Buah Ini Ternyata Makanan yang Mengandung Kalsium

Banner
| 14 Jun 2021

5 Buah Ini Ternyata Makanan yang Mengandung Kalsium

5 Buah Ini Ternyata Makanan yang Mengandung Kalsium

Buah-buahan memiliki manfaat yang menyehatkan bagi tubuh. Kandungan pada buah yang menyehatkan yakni sebagai sumber vitamin dan serat. Namun, selain menjadi sumber vitamin dan serat, buah ternyata juga merupakan makanan yang mengandung kalsium. Umumnya, kita mengetahui susu maupun olahannya sebagai jenis minuman atau makanan yang mengandung kalsium, padahal tidak. Banyak kandungan kalsium yang terdapat jenis makanan lain, salah satunya buah.

Mengapa tubuh kita membutuhkan asupan kalsium? Hal pertama yang perlu kita ketahui apa itu kalsium. Kalsium adalah mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dan bermanfaat bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Selain itu kalsium juga bermanfaat bagi pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi. 

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, selain susu maupun produk olahannya, beberapa makanan termasuk jenis makanan yang mengandung kalsium, antara lain buah-buahan. Sebagai alternatif sumber kalsium bagi tubuh, buah-buahan cukup direkomendasikan karena terbilang mudah didapatkan dan dikonsumsi. 

Buah yang menjadi sumber kalsium

Lebih dikenal sebagai sumber vitamin dan serat, buah-buahan juga ternyata bisa menjadi sumber kalsium bagi tubuh. Berikut adalah jenis buah-buahan yang mengandung kalsium dan bisa menjadi variasi dan pilihan dari makanan yang mengandung kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

  • Jeruk

    Buah jeruk sangat dikenal karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Namun buah yang menjadi favorit dari hampir setiap kalangan ini ternyata termasuk jenis makanan yang mengandung kalsium. Kandungan kalsium di jeruk bahkan terbilang cukup tinggi. Jeruk mengandung kalsium sebanyak 40 miligram per sajian 100 miligram. Agar kandungan kalsiumnya tidak hilang, potong sedikit bagian atas dan bawah jeruk, kemudian potong lagi bagian buah dari atas ke bawah.
    Selain rasanya yang nikmat dan jenisnya yang mudah dijumpai, jeruk bisa menjadi favorit sebagai pengganti makanan yang mengandung kalsium karena buahnya yang bisa dijadikan berbagai macam olahan. Jeruk bisa langsung dimakan, tetap nikmat ketika dibuat jus, dijadikan puding, maupun saus atau selai untuk pelengkap kue dan dessert.

  • Pepaya

    Pepaya adalah buah yang kaya akan vitamin. Mulai dari vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, buah ini juga mengandung likopen, serat, folat, magnesium dan tentu saja termasuk jenis makanan yang mengandung kalsium. Tak mengherankan jika pepaya merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Antara lain bisa mencegah risiko kanker usus besar, menguatkan sistem imun, menyehatkan sistem kardiovaskular, melancarkan pencernaan, dan mengurangi rasa sakit akibat luka dalam.
    Pada pepaya, terdapat kurang lebih 20 miligram kalsium per sajian 100 gram nya. Selain karena kandungannya yang bermanfaat, makanan yang mengandung kalsium yang satu ini juga jadi favorit karena rasanya yang manis. Mulailah kehidupan sehat dengan menjadikan pepaya sebagai kudapan sehari-hari. Caranya cukup mudah, yakni dengan memotong-motong buah pepaya lalu masukkan potongan tersebut ke dalam mangkuk. Tambahkan sedikit air perasan lemon dan gula pasir secukupnya. Aduk dengan rata dan sajikan selagi dingin agar terasa lebih lezat.

  • Labu Kuning

    Labu kuning jenis butternut squash, mengandung sekitar 85 mg kalsium dalam setiap porsinya (sekitar 130 gram). Tidak hanya bisa bertindak sebagai sumber kalsium, labu kuning juga merupakan sumber vitamin C dan vitamin A.

  • Kurma

    Makanan yang mengandung kalsium berikutnya adalah kurma. Buah yang kerap menjadi kudapan favorit di kala berpuasa ini, ternyata juga mengandung kalsium yang tidak sedikit. Terdapat sekitar 39 mg kalsium pada sajian 100 gram kurma. Rasanya yang manis membuat kurma disukai banyak orang. Dengan mengkonsumsi lima buah makanan yang mengandung kalsium ini saja, setidaknya tubuh bisa menerima asupan kalsium sekitar 70-an miligram kalsium. Kurma bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung maupun diolah menjadi jus, kue, dan puding.

  • Buah fig atau buah tin

    Buah fig segar bisa menjadi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium yang bermanfaat bagi tubuh. Buah yang satu ini jika apabila dikeringkan, rupanya bisa masuk sebagai salah satu buah yang mengandung kalsium. Setengah porsi buah kering atau sebanyak 65 gram, bisa memberi sumbangan kalsium sebanyak 112 miligram untuk tubuh kita.

  • Alpukat

    Buah yang menjadi favorit banyak orang ini ternyata juga termasuk makanan yang mengandung kalsium. Meski tidak begitu banyak, kandungan kalsium pada alpukat tentu saja tetap bermanfaat bagi tubuh. Pada 100 alpukat, setidaknya mengandung kalsium sebanyak 12 mg.
    Selain termasuk makanan yang mengandung kalsium, Alpukat juga kaya akan kandungan lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti vitamin B, vitamin K, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan nutrisi seperti protein, lutein, dan bisa meningkatkan lemak baik dalam tubuh.
    Karena rasanya yang nikmat, Alpukat bisa menjadi alternatif pilihan makanan yang mengandung kalsium. Buah ini cocok dimakan secara langsung, atau dijadikan olahan lain seperti jus dan selai/saus untuk puding dan kue.

  • Mangga

    Siapa yang tidak suka mangga? Buah manis nan lezat ini termasuk makanan yang mengandung kalsium juga loh. Pada 100 gram mangga terdapat sekitar 11 miligram kalsium. Bukan hanya termasuk makanan yang mengandung kalsium, mangga juga memiliki segudang manfaat lainnya bagi tubuh. Buah mangga setidaknya mengandung 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Selain itu, buah yang sering dijadikan campuran rujak ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang tidak sedikit. Mengkonsumsi mangga juga sangat sehat karena selain termasuk makanan yang mengandung kalsium buah ini mengandung senyawa lainnya seperti lutein, asam galat, asam anakardat, dan kriptoxantin. Karena itu, memakan mangga bisa membantu Anda dalam penambahan berat badan dan membantu menjaga kesehatan usus besar. Buah ini juga bisa disajikan dengan berbagai cara. Bisa dimakan secara langsung menjadi kudapan, dicampur menjadi rujak, dijus, maupun diolah menjadi minuman dessert kekinian. 

Baca Juga: Mewujudkan Indonesia Sejahtera

Manfaat kalsium

Setelah mengetahui jenis buah-buah apa saja yang termasuk makanan yang mengandung kalsium, penting untuk diketahui apa sebenarnya manfaat maupun kegunaan kalsium pada tubuh manusia. Yang paling umum kita ketahui yakni kalsium sangat berguna bagi kesehatan tulang Kesehatan tulang hingga lancarnya komunikasi antara otak dan bagian tubuh lainnya, bergantung pada kalsium, di dalam tubuh. Namun, nyatanya fungsi dan manfaat kalsium, tidak hanya dirasakan oleh tulang. Kalsium juga terlibat dalam sistem peredaran darah, fungsi otot, transmisi saraf, hingga produksi dan pelepasan hormon. Lantas, apa saja manfaat lainnya dari kalsium pada tubuh?

  • Menyehatkan Otot

    Selain pada tulang, kalsium juga bermanfaat dalam menyehatkan otot. Kalsium memiliki peranan dalam kontraksi otot sehingga berdetaknya jantung dipengaruhi juga oleh kalsium dalam tubuh. Saat saraf merangsang otot, kalsium akan dilepaskan. Sehingga protein dalam otot bisa berkontraksi.

  • Menyehatkan Tulang

    Manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium adalah menyehatkan tulang. Sekitar 99% kalsium yang dimiliki tubuh, tersimpan di dalam gigi dan tulang. Tidak heran, jika kalsium lantas disebut-sebut bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Fungsi kalsium akan terus memperkuat kepadatan tulang, sampai Anda menginjak usia 20-25 tahun. Setelah itu, kepadatan tulang akan menurun. Namun kalsium tetap menjaga serta memperlambat proses hilangnya kepadatan tulang (osteoporosis). Kekurangan kalsium sebelum menginjak usia 20-25 tahun, meningkatkan risiko terhadap penyakit osteoporosis di kemudian hari.

  • Membantu Perkembangan Janin dalam Kandungan

    Kalsium sangat bermanfaat pada ibu hamil. Hal itu karena kalsium memiliki kegunaan yang dapat memperkuat tulang dan gigi janin yang sedang tumbuh dan berkembang. Tidak hanya itu, kalsium juga bermanfaat untuk membantu pembentukan detak jantung normal, serta kemampuan pembekuan darah pada janin.

  • Mendukung Fungsi Otak

    Fungsi kalsium bagi tubuh yang tak kalah penting selanjutnya adalah untuk fungsi otak. Tubuh membutuhkan kalsium untuk mengedarkan darah, menggerakkan otot, dan melepaskan hormon. Kalsium juga membantu membawa pesan dari otak ke bagian lain dari tubuh. Kalsium adalah pembawa pesan universal dari sinyal ekstraseluler dalam berbagai macam sel. Kalsium mengatur beberapa fungsi saraf, seperti sintesis dan pelepasan neurotransmitter, rangsangan saraf, fosforilasi, dan sebagainya. Kalsium juga terlibat dalam proses jangka panjang, seperti memori.

  • Memperlancar Transportasi Gizi

    Kalsium berperan dalam membantu nutrisi lain tersalurkan dengan baik dalam tubuh kita. Sel-sel dalam tubuh membutuhkan kalsium untuk menyerap. Transportasi gizi akan berjalan lebih baik jika Anda memperhatikan kecukupan kalsium dalam tubuh. Saluran yang bergantung pada kalsium tidak akan berjalan baik dan mencegah nutrisi pada sel jika Anda kekurangan kalsium. Sebaiknya Anda mulai memperhatikan kalsium yang dibutuhkan tubuhmu agar kinerja sel tetap baik. 

  • Menjaga Kekuatan Gigi

    Gigi merupakan bagian dari tulang. Ini membuat gigi memerlukan kalsium untuk menjaga kekuatannya. Kalsium memainkan peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan kesehatan gigi dan gusi baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Kalsium berperan dalam membuat tulang rahang sehat dan kuat untuk menahan gigi pada tempatnya. Dalam hal ini kalsium membutuhkan fosfor untuk memaksimalkan manfaat penguatan tulangnya. Kalsium memperkuat kulit terluar gigi yang disebut enamel dan membantu gigi melawan erosi. Konsumsi kalsium yang cukup mencegah gigi keropos dan berlubang.

  • Membantu proses pembekuan darah

    Pada proses pembekuan darah kalsium memiliki peran yang cukup penting. Kalsium memicu peristiwa rantai yang menciptakan trombosit, sebuah komponen darah kita yang menghentikan pendarahan. Pada proses ini, kalsium dibantu oleh vitamin K untuk menutup dan memulihkan luka.

    Karena beraneka kegunaannya itulah, penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung kalsium. Asupan kalsium pada tubuh juga harus mencukupi. Pola makan rendah kalsium, terlebih di usia 20-25 tahun, memiliki risiko tinggi terkena osteoporosis. Mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki sumber kalsium dapat membantu tulang tetap kuat.

    Nah, kini Anda telah mengetahui jenis-jenis makanan yang mengandung kalsium dan manfaatnya untuk tubuh. Jadi, tetap jaga asupan kebutuhan kalsium harian Anda dengan mengkonsumsi susu setiap hari seperti Frisian Flag Purefarm. Frisian Flag Purefarm merupakan susu cair siap minum yang mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat, dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan mineral). Selain itu Frisian Flag Purefarm juga tersedia dengan beberapa varian rasa yang tentunya makin menggugah selera. Karena itu, jangan lupa Frisian Flag Purefarm untuk melengkapi kebutuhan harian kalsium yang alami. Info selengkapnya mengenai Frisian Flag Purefarm dapat Anda cek di sini.

Baca Juga: Kandungan Gizi Lebih Baik

Artikel Terkait