5 Buah Ini Ternyata Bisa Jadi Sumber Kalsium

| 13 Feb 2018

5 Buah Ini Ternyata Bisa Jadi Sumber Kalsium

Meski dikenal sebagai sumber vitamin dan serat, tapi siapa sangka kalau buah-buahan juga mengandung kalsium. Meski jumlahnya tidak sebanyak dalam produk susu, namun buah-buahan bisa jadi variasi asupan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Umumnya orang dewasa membutuhkan  1000 mg kalsium per hari. Berikut 5 jenis buah yang mengandung kalsium yang mudah Anda dapatkan.

Jeruk 

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung 40 mg kalsium per sajian 100 gram. Potong sedikit bagian atas dan bawahnya, kemudian potong lagi bagian buah dari atas ke bawah. Mengupas jeruk dengan cara ini lebih efektif ketimbang mengupas kulitnya langsung dari atas ke bawah.

Pepaya

Anda bisa mendapatkan 20 mg kalsium dari 100 gram pepaya. Jadikan pepaya sebagai kudapan sehat dan segar setiap hari. Caranya, potong-potong buah pepaya, masukkan potongan ke dalam mangkuk, lalu tambahkan air perasan lemon dan gula pasir secukupnya. Setelah diaduk rata, kudapan sehat pun siap disantap. Sajikan dingin agar lebih nikmat.

Kurma

Terdapat 39 mg kalsium pada sajian 100 gram buah yang populer setiap bulan puasa ini. Selain dapat dimakan langsung, buah kurma juga bisa diolah menjadi jus, kue, dan puding yang lezat.

Alpukat

100 gram alpukat mengandung 12 mg kalsium. Selain diolah menjadi  juice, potongan buah alpukat pun bisa jadi isian roti atau bahan tambahan pada hidangan salad.

Mangga

100 gram mangga mengandung 11 mg kalsium. Siapa yang tak suka mangga? Jadikan mangga kudapan seru saat office break dengan menyajikannya bersama bumbu rujak. Anda juga bisa mengolah mangga menjadi hidangan pencuci mulut kekinian a la Thailand dengan menyajikan potongan mangga bersama ketan dan saus santan.

Kini Anda sudah tahu beberapa jenis buah yang banyak mengandung kalsium untuk dijadikan alternatif sumber kalsium harian. Namun tetap dukung kebutuhan kalsium harian Anda dengan Susu Siap Minum Frisian Flag yang mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral). Susu Siap Minum Frisian Flag tersedia dalam varian rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry), dan Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).


Selain dari buah, Kamu bisa melengkapi kalsium alami dari  Frisian Flag Purefarm. Info lengkap  Frisian Flag Purefarm bisa cek di sini.

Artikel Terkait