Facebook Pixel

Cara Membuat Susu Kurma yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Banner
| 25 Okt 2021

Cara Membuat Susu Kurma yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Cara Membuat Susu Kurma yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Salah satu minuman yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah susu kurma. Susu kurma merupakan olahan yang terbuat dari campuran susu cair UHT dengan kurma segar yang dihaluskan. Rasanya yang creamy, gurih, dan manis membuat minuman ini digemari oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Seperti yang diketahui, susu merupakan sumber protein hewani yang menyimpan beragam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, serta vitamin dan mineral lainnya.

Tak kalah dengan susu, kurma juga merupakan makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh, beberapa di antaranya yakni protein, karbohidrat, serat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, kalsium, kalium, zat besi, zinc, magnesium, dan lain sebagainya. 

Dari banyaknya nutrisi tersebut, tak heran jika susu kurma bisa menjadi nutrisi tambahan untuk mendukung kesehatan. Apalagi susu ini bisa dikonsumsi dalam keadaan dingin maupun panas sesuai dengan selera keluarga. Lantas, bagaimana membuat susu kurma sendiri di rumah?

Baca juga: Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Bahan-bahan Membuat Susu Kurma

Berikut ini beberapa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat susu kurma:

  • Kurma

    Seperti yang diketahui, ada berbagai jenis buah kurma yang dijual di pasaran, mulai dari kurma medjool, sukari, ajwa, amber, barhi, khalas, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih jenis buah kurma apapun sesuai dengan selera masing-masing. Yang terpenting adalah pilih kurma yang masih segar agar menghasilkan susu kurma dengan rasa manis yang legit dan lezat.

    Selain itu, pastikan juga buah kurma tersebut masih layak dikonsumsi. Sebelum membeli, perhatikan terlebih dahulu kemasan kurma. Pilihlah kemasan yang masih bagus dan tersegel dengan rapi. 

  • Susu cair UHT

    Bahan selanjutnya yang wajib ada adalah susu cair UHT yang berkualitas. Anda bisa memilih susu Frisian Flag Purefarm Full Cream atau Frisian Flag Purefarm Low Fat

    Frisian Flag Purefarm Full Cream merupakan susu cair UHT dengan rasa full cream yang gurih dan lezat. Di dalamnya mengandung beragam nutrisi penting, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D3, serta kalsium, fosfor, dan iodium yang penting untuk kesehatan tubuh. 

    Sedangkan, susu Frisian Flag Purefarm Low Fat susu cair rendah lemak yang mengandung gizi makro dan gizi mikro seimbang, di antaranya protein, karbohidrat, rendah lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D3, serta kalsium, fosfor, dan iodium. 

    Susu Frisian Flag Purefarm Low Fat jadi salah satu jenis susu yang sedang populer dan kian diminati banyak orang, khususnya bagi mereka yang menjalani gaya hidup sehat atau sedang program penurunan berat badan. Untuk membuat susu kurma, Anda bisa memilih kedua jenis susu ini sesuai dengan selera. 

    Baca juga: Mitos atau Fakta: Susu Rendah Lemak Memiliki Rasa yang Beda dari Susu Full Cream

  • Es Batu

    Es batu diperlukan jika Anda ingin membuat susu kurma dalam sajian dingin. Dengan tambahan es batu, susu kurma yang Anda buat pasti akan lebih segar dan nikmat. 

  • Madu

    Bahan pelengkap yang satu ini sebenarnya opsional. Anda bisa menggunakan madu untuk menambah rasa manis pada susu kurma. Akan tetapi, tanpa madu juga susu ini sebenarnya sudah memiliki rasa manis alami yang berasal dari kurma. 

    Namun, jika Anda dan keluarga penggemar makanan dan minuman manis, maka bisa menambahkan madu sesuai selera. Sedangkan, apabila Anda ingin susu kurma memiliki perpaduan rasa manis dan gurih yang cukup, maka tidak perlu menggunakan madu sebagai bahan pelengkap. 

Cara Membuat Susu Kurma

Cara membuat susu kurma sebenarnya cukup mudah lho. Pertama-tama, buang biji kurma dan ambil bagian dagingnya saja. Campurkan kurma dan susu cair UHT ke dalam blender sampai benar-benar halus. Sebelum dituangkan ke dalam gelas, cobalah untuk periksa rasa. Jika kurang manis, Anda bisa menambahkan madu secukupnya. 

Setelah selesai dihaluskan, tuangkan susu kurma ke gelas dan tambahkan es batu sesuai selera. Es batu juga bisa Anda masukkan saat menghaluskan kurma dan susu di dalam blender, tetapi teksturnya akan lebih kental seperti smoothie. Bagaimana? Mudah, kan, untuk membuat susu kurma di rumah? Anda bisa menyajikan susu ini sebagai pelengkap sarapan keluarga di pagi hari. Sebab, susu kurma juga bisa membantu meningkatkan energi untuk beraktivitas sehari-hari. 

Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan

Di balik rasanya yang lezat, susu kurma juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Yuk, ketahui beberapa manfaatnya berikut ini: 

  • Menjaga kesehatan jantung

    Perpaduan nutrisi di dalam susu dan kurma dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kurma dan susu mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah agar lebih stabil. Selain itu, serat yang terkandung di dalam kurma juga membantu menjaga jantung agar tetap sehat. 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Susu memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan kurma. Apabila protein di dalam susu dan kurma digabungkan, maka kadarnya pun akan lebih banyak jika dibandingkan hanya mengonsumsi kurma saja. Dengan begitu, sistem imun akan meningkat sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit. 

  • Menjaga kesehatan tulang

    Susu dan kurma mengandung mineral kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Itulah sebabnya, susu kurma merupakan minuman bernutrisi tinggi yang membantu memperkuat tulang dan menurunkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

Baca juga: 5 Cara Hidup Sehat untuk Anda yang Sibuk

Selain itu, susu kurma juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem saraf, sebagai sumber energi, menjaga kesehatan kulit, hingga membantu mencegah sembelit atau konstipasi. Dari beragam nutrisi dan manfaat di atas, sudah saatnya Anda dan keluarga membiasakan untuk rutin minum susu kurma setiap hari, yuk!

Artikel Terkait