Tips Memiliih dan Rekomendasi Susu untuk Tulang

Banner
| 12 Okt 2023

Tips Memiliih dan Rekomendasi Susu untuk Tulang

Tips Memiliih dan Rekomendasi Susu untuk Tulang

Minum susu sapi sejak kecil sudah menjadi rutinitas bagi sebagian anak di Indonesia, mungkin Anda salah satunya? Rutinitas ini sebenarnya dipengaruhi oleh manfaat susu yang baik bagi tubuh Anda lho, termasuk manfaat susu untuk tulang karena mengandung nutrisi bagi tumbuh kembang. Jika diminum sesuai porsi, salah satu kebaikan minum susu yang akan Anda dapatkan adalah tulang jadi lebih padat dan kuat. Ini berkat kandungan vitamin D dan kalsium di dalam susu. Itulah pentingnya susu untuk tulang Anda.

Kandungan nutrisi dalam susu buat tulang

Berikut adalah sejumlah kandungan nutrisi yang ada dalam susu buat tulang:

  • Kalsium

    Kalsium adalah nutrisi utama untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tulang serta gigi.

  • Vitamin D

    Bersama kalsium, vitamin D adalah kandungan gizi susu tulang yang membantu pertumbuhan kerangka dan memaksimalkan massa tulang hingga setelah remaja. Massa tulang yang maksimal adalah kunci utama pencegahan osteoporosis.

  • Protein

    Dalam penelitian German Institute of Human Nutrition Potsdam-Rehbr├╝cke menunjukkan bahwa kandungan kalsium tinggi dalam susu peninggi badan yang dikombinasikan dengan asupan protein yang memadai bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, serta melindungi Anda dari risiko osteoporosis. 

  • Vitamin B12

    Penelitian University of Sydney mengatakan vitamin B12 juga berpengaruh positif dalam pencegahan osteoporosis dan risiko patah tulang.

  • Kalium

    Kalium dalam susu tulang berfungsi untuk menjaga dan membantu penyerapan kalsium untuk tubuh secara lebih optimal.

  • Fosfor

    Fosfor dalam susu tulang berguna sebagai pembentuk struktur tulang supaya kuat dan mengurangi risiko keropos tulang bersama dengan kalsium. 

Manfaat konsumsi susu untuk tulang sejak dini

Susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik, dua nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium berperan dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang, sedangkan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan.

Berikut adalah beberapa manfaat susu untuk tulang:

1. Membantu mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang dan peningkatan risiko patah tulang. Susu dapat membantu mencegah osteoporosis dengan meningkatkan kadar kalsium dan vitamin D dalam tubuh.

2. Menjaga kekuatan dan kepadatan tulang

Susu dapat membantu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dengan cara meningkatkan pembentukan tulang dan mengurangi penghancuran tulang.

3. Membantu mengurangi risiko patah tulang

Susu dapat membantu mengurangi risiko patah tulang dengan cara meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan otot.

4. Membantu mempercepat penyembuhan patah tulang

Susu dapat membantu mempercepat penyembuhan patah tulang dengan cara meningkatkan kadar kalsium dan vitamin D dalam tubuh.

Selain manfaat-manfaat di atas, susu juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tulang, seperti protein, fosfor, dan magnesium.

Tips Memilih Susu untuk Tulang

tips memilih susu untuk tulang - frisian flag

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan manfaat susu untuk tulang:

Konsumsi susu secara rutin. Anak-anak dan remaja direkomendasikan untuk mengonsumsi 2-3 gelas susu per hari. Orang dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi 3 gelas susu per hari.

  1. Pilih susu yang tinggi kalsium dan vitamin D.
  2. Pilih susu yang rendah lemak atau bebas lemak.
  3. Pilih susu yang tidak difortifikasi dengan gula tambahan.

Selain mengonsumsi susu, Anda juga dapat menjaga kesehatan tulang dengan cara berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang sehat, dan menghindari konsumsi rokok dan alkohol.

Baca juga: 8 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar dapat Tetap Aktif

Rekomendasi Susu untuk Tulang

Berdasarkan penjelasan di atas, susu untuk tulang yang dianjurkan adalah yang tinggi kalsium, vitamin D, rendah lemak, dan gula. Berikut adalah beberapa rekomendasi susu untuk tulang yang bisa menjadi pilihan:

1. Susu Frisian Flag Low Fat Plain

Jenis susu rendah lemak yang mungkin paling sering Anda temui di pasaran adalah jenis susu low fat. Susu low fat adalah susu rendah lemak dengan kadar lemak rendah, yaitu sekitar 1,3 hingga 1,4%. Adapun jumlah 225 ml sajian susu ini dapat membantu Anda memenuhi 45% kebutuhan harian vitamin D dan 35% kebutuhan kalsium harian.

Rendahnya kadar lemak inilah yang membuat susu low fat bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan mencari pilihan susu diet, solusinya bisa memilih Frisian Flag Low Fat yang diproduksi dari susu segar pilihan dengan pengalaman produksi lebih dari 140 tahun di dunia dan didukung oleh keahlian dari Netherlands Dairy Expertise demi menghasilkan cita rasa susu yang lezat dan bergizi.

2. Susu Frisian Flag Low Fat Berbagai Rasa 

Susu rendah lemak dan tinggi kalsium tidak harus selalu tanpa rasa. Saat ini kamu bisa menikmatinya dalam rasa Belgian Chocolate yang nikmat. 

Tak hanya itu, tersedia juga varian susu Frisian Flag Low Fat Californian Strawberry dan susu Frisian Flag Low Fat French Vanilla

Susu ini mengandung vitamin D3 yang bisa memenuhi 45% kebutuhan vitamin D harian dan kalsium yang dapat memenuhi 35% kebutuhan harian Anda. Tak hanya itu, susu ini juga mengandung 7 vitamin dan 8 mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. 

Baca Juga: Kandungan Gizi Lebih Baik

Itulah beberapa manfaat dan rekomendasi susu untuk tulang. Pastikan Anda memilih susu untuk tulang yang tak hanya mengandung tinggi kalsium, tapi juga tinggi vitamin D dan rendah lemak, ya! 

Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Artikel Terkait