Susu Siap Minum Purefarm Mobile

5 Manfaat Susu Cair UHT dan Rekomendasinya

Susu cair UHT (Ultra High Temperature) menjadi salah satu minuman yang dikonsumsi oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kandungan gizi di dalamnya dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebelum mengetahui manfaatnya lebih lanjut, simak dulu apa yang dimaksud dengan susu cair UHT yuk!

Apa Itu Susu Cair UHT?

Susu cair dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu susu cair UHT dan susu cair pasteurisasi. Istilah UHT dan pasteurisasi adalah dua cara pemrosesan susu agar dapat dikonsumsi dengan aman dan bertahan lama.

Susu cair UHT adalah proses pemanasan susu segar yang dilakukan setelah diperah langsung dari sapi. Hal yang membedakan UHT dengan pasteurisasi adalah tingkat pemanasannya. Pada susu cair UHT, susu dipanaskan dengan suhu yang lebih tinggi, yaitu 135 - 150 derajat celcius namun dengan waktu yang sangat singkat, sekitar 2-3 detik. 

Proses pemanasan ini bertujuan untuk membunuh bakteri jahat yang terdapat dalam susu segar. Melalui proses tersebut, susu cair jadi lebih aman untuk dikonsumsi dan lebih awet saat disimpan, selama kemasannya masih tersegel rapat, sehingga tidak terkontaminasi oleh bakteri. 

Kandungan Susu Cair

Susu cair mengandung kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi yang kuat. Kalsium adalah mineral yang membantu membangun dan memperkuat tulang dan gigi. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi kalsium sendiri, sehingga perlu mendapatkannya dari sumber makanan. Satu cangkir susu cair mengandung sekitar 300 mg kalsium, yang merupakan sekitar 30% dari kebutuhan harian. 

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis, kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Oleh karena itu, konsumsi susu cair secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi yang kuat.

Susu cair mengandung protein yang diperlukan untuk membangun otot. Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot. Kandungan protein dalam susu cair juga membantu dalam proses regenerasi otot setelah berolahraga atau aktivitas fisik yang intensif. 

Selain itu, protein dalam susu cair juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu mengatur kadar asam amino dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi susu cair secara teratur dapat membantu memperkuat dan membangun otot, serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Susu cair mengandung vitamin D yang berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. 

Selain itu, vitamin D juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Meskipun vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari, namun konsumsi susu cair juga dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D harian tubuh. Perlu diingat bahwa konsumsi susu cair tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan alergi pada beberapa orang.

Susu cair mengandung vitamin B12 yang penting untuk meningkatkan fungsi saraf dan produksi sel darah merah. Vitamin B12 membantu dalam pembentukan sel darah merah yang sehat dan membantu mengatur sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, kelemahan, dan masalah neurologis. 

Meskipun vitamin B12 terutama ditemukan dalam produk hewani, seperti daging, ikan, dan telur, susu cair juga merupakan sumber yang baik dari vitamin ini. Penting untuk mengonsumsi susu cair atau makanan lain yang mengandung vitamin B12 secara teratur untuk menjaga kesehatan saraf dan produksi sel darah merah.

Apakah UHT Mengubah Kandungan Susu Cair?

Seperti yang diketahui, proses pemanasan susu bertujuan untuk mematikan segala bakteri jahat yang terkandung dalam susu segar agar susu tersebut lebih aman dan layak dikonsumsi. UHT menjadi salah satu proses yang sering dilakukan, namun apakah proses ini dapat mengubah kandungan nutrisi dalam susu cair?

Meski kaya akan kandungan gizi, setelah diperah susu segar akan terpapar udara dan berisiko terkontaminasi. Menurut Centers For Disease Control and Prevention, susu segar bisa mengandung mikroorganisme yang mengancam kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu, proses UHT diperlukan agar mikroorganisme tersebut dapat mati. Selain itu, proses ini dilakukan agar masa konsumsi lebih lama tanpa harus menambahkan bahan pengawet.

Manfaat Susu Cair UHT

Setelah mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalam susu cair UHT, berikut ini adalah beberapa manfaat susu cair UHT yang menarik untuk Anda ketahui:

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi

    Mau anak-anak maupun dewasa, tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Kebutuhan akan nutrisi ini nantinya akan diolah oleh tubuh agar membantu kita untuk dapat beraktivitas secara optimal dalam keseharian. 

    Selain makan, konsumsi susu cair UHT juga dapat menjadi sarana tambahan agar tubuh menerima asupan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari. Susu cair UHT diketahui mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik. Ketiga unsur tersebut dianggap sebagai unsur fundamental yang membantu tubuh bekerja atau beroperasi dengan baik untuk memberikan manfaat-manfaat lainnya. 

    Selain itu, susu cair UHT juga bisa menjadi sumber vitamin B12 dan vitamin D untuk kebutuhan tubuh. Susu cair UHT dianggap sebagai sarana yang mudah bagi tubuh untuk mendapatkan kedua vitamin tersebut. Pasalnya, kedua vitamin yang bisa didapatkan susu cair UHT tersebut cukup sulit untuk didapatkan melalui jenis makanan lainnya. 

  2. Membantu proses pertumbuhan tulang

    Salah satu manfaat dari susu cair UHT yang sudah banyak diketahui adalah kesehatan tulang. Baik susu cair UHT maupun jenis susu lainnya, memiliki kandungan kalsium yang dapat mengurangi risiko osteomalasia dan osteoporosis bagi orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak, kalsium yang terkandung dalam susu cair UHT tidak hanya dapat membantu mereka memiliki tulang yang sehat, kuat, dan membantu tumbuh tinggi, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan gigi.

  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Dengan kebutuhan nutrisi sehari-hari yang cukup berkat konsumsi susu cair UHT, tubuh tidak hanya akan mampu bekerja secara optimal untuk membantu produktivitas, tapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di tengah masa pandemi akibat penyebaran virus Covid-19, sistem kekebalan tubuh yang aktif dan baik menjadi hal penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus. 

    Agar Anda dapat menjaga tubuh selalu dalam kondisi prima, maka dianjurkan untuk minum susu secara rutin. Tidak berhenti di situ, susu cair UHT juga dinilai dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan baik untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

  4. Mendukung kerja sistem saraf

    Kelebihan kalsium yang ditemukan dalam susu cair UHT tidak hanya membantu pertumbuhan serta kesehatan tulang dan gigi Anda saja. Kalsium di dalam susu cair UHT juga bermanfaat untuk mendukung kerja sistem saraf yang optimal. 

    Agar menjaga kerja sistem saraf selalu optimal, dianjurkan bagi orang dewasa di bawah 50 tahun untuk mencukupi kadar kalsium dalam tubuh sebanyak 1.000 mg per hari. Sedangkan untuk dewasa di atas 50 tahun perlu memenuhi kadar kalsium hingga 1.200 mg per hari.

  5. Sebagai sumber energi

    Dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap, maka susu cair UHT juga menghadirkan manfaat sebagai salah satu sumber energi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan aktivitas harian. 

    Alangkah baiknya, jika Anda secara rutin mengonsumsi susu cair UHT di pagi hari sebelum mulai beraktivitas agar tubuh dapat menyerap segala nutrisi yang dikandung dan mengolahnya menjadi sumber energi. 

    Tidak hanya dapat membantu Anda untuk menjalankan aktivitas secara optimal, susu cair UHT juga dikenal memiliki manfaat dalam meningkatkan kualitas tidur jadi lebih maksimal. Susu dikenal mengandung triptophan dan melatonin yang dapat meningkatkan kualitas tidur orang dewasa. Setelah seharian beraktivitas tentu saja tubuh harus mendapatkan kualitas istirahat yang baik agar dapat memperbaiki jaringan yang lelah. 

Rekomendasi Susu Cair UHT Frisian Flag

Untuk menjawab kebutuhan keluarga Indonesia, Frisian Flag Indonesia menyediakan susu cair UHT siap minum bergizi dengan kemasan kotak dan botol yang praktis dan higienis dalam ukuran sekali minum serta ukuran yang dapat dikonsumsi oleh keluarga. Susu cair UHT ini dapat dikonsumsi oleh semua usia (kecuali bayi usia 0 - 12 bulan).

Susu cair UHT Frisian Flag diproduksi dengan susu segar pilihan, dengan pengalaman produksi lebih dari 140 tahun di dunia dan didukung oleh keahlian dari Netherlands Dairy Expertise menghasilkan susu dengan cita rasa yang lezat dan bergizi.

Susu cair UHT Frisian Flag mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multivitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian keluarga Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi susu cair UHT Frisian Flag yang bisa jadi pilihan Anda: 

  • Frisian Flag Full Cream

    Jika Anda ingin mendapatkan semua manfaat susu cair dengan rasa susu cair segar tanpa tambahan apapun, Frisian Flag Full Cream bisa menjadi pilihannya. Selain itu, susu ini juga bisa menjadi bahan untuk memasak berbagai masakan. Misalnya saja sebagai pengganti santan pada soto betawi dan kare. 

    Susu ini memiliki kesegaran susu murni dengan rasa full cream yang gurih dan lezat. Frisian Flag Full Cream juga mengandung ragam vitamin seperti; vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12. Susu ini juga mengandung kalsium, fosfor dan iodium. 

  • Frisian Flag Flavour Milk

    Jika Anda lebih suka susu yang memiliki beragam rasa, susu cair Frisian Flag Flavour Milk bisa menjadi pilihan. Susu ini mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) serta gizi mikro (multivitamin dan multimineral) dengan rasa yang enak dan nikmat dan juga membantu Anda membentuk pola gaya hidup sehat. 

    Susu Siap Minum Frisian Flag Flavour Milk tersedia dalam berbagai varian rasa seperti rasa Coconut Delight, Strawberry, Swiss Chocolate, Ketan Hitam, dan Sweet Delight yang siap menjadi minuman sebelum memulai hari atau di sela-sela beraktivitas agar lebih segar.

  • Frisian Flag Low Fat

    Ingin mendapatkan manfaat susu cair tapi sedang mengurangi asupan kalori? Susu rendah lemak bisa menjadi pilihan tepat. Susu Frisian Flag Low Fat hadir sebagai nutrisi tambahan bagi Anda yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari. Frisian Flag Low Fat ini merupakan susu cair siap UHT yang rendah lemak dengan kandungan gizi makro dan gizi mikro yang beragam. 

    Walaupun kandungan gula dan lemaknya lebih rendah, namun susu ini tetap nikmat! Bahkan susu Frisian Flag Low Fat memiliki berbagai pilihan rasa yang bisa Anda nikmati seperti; French Vanilla, Californian, Strawberry, dan Belgian Chocolate.

    Selain bisa membantu menurunkan berat badan dan menjadi susu untuk diet, susu rendah lemak juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja, dapat membantu dalam menurunkan berat badan serta tekanan darah tinggi, mengurangi risiko penyakit stroke, hingga menjadi kesehatan jantung. 

Sekarang Anda sudah tahu apa saja manfaat susu cair dan rekomendasinya, kan? Nah, selain memerhatikan asupan nutrisi dari susu, pastikan Anda juga tidak lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Manfaat Minum Susu

| 08 Mar 2024

Cegah Penyakit Pancaroba dengan Ragam Tips Ini

Musim pancaroba ditandai dengan cuaca tidak menentu dan dapat menimbulkan beragam penyakit. Simak tips menjaga kesehatan selama musim pancaroba di sini.


Lebih Lanjut
| 08 Mar 2024

Catat, Ini Olahraga Peninggi Badan yang Mudah dan Efektif

Olahraga peninggi badan begitu banyak mulai dari renang, bulu tangkis, hingga yoga. Cari tahu ragam olahraga lainnnya untuk ide aktivitas Anda.


Lebih Lanjut
| 08 Mar 2024

Jaga Kesehatan Tulang dengan Ide Makanan Tinggi Kalsium

Makanan tinggi kalsium bermanfaat menjaga kesehatan tubuh Anda. Simak beberapa sumber kalsium serta ciri-ciri tubuh kekurangan kalsium di sini.


Lebih Lanjut