Yuk, Lebih Kenal dengan Susu Siap Minum “Full Cream”

Banner
| 04 Mei 2020

Yuk, Lebih Kenal dengan Susu Siap Minum “Full Cream”

Yuk, Lebih Kenal dengan Susu Siap Minum “Full Cream”

Sudah banyak orang yang terbiasa menjadikan minum susu cair di pagi hari sebagai minuman pengganti sarapan. Mulai dari bayi hingga lansia direkomendasikan untuk mengonsumsi susu karena baik untuk tubuh sehingga hubungan antara kebutuhan vitamin di dalam tubuh dan susu menjadi erat. Namun, tak sedikit yang masih bingung dengan beragam jenis susu yang ada di pasaran. Ada susu full cream, ada juga istilah whole milk. Apa yang dimaksud dengan susu full cream? Apa bedanya dengan whole milk?

Jika mengacu pada kandungan susu dan cara memprosesnya, istilah full cream dan whole milk mempunyai arti yang sama. Seperti yang dijelaskan dalam artikel di situs Washington Post berjudul “The Whole Truth About `Whole Milk`”, whole milk atau susu full cream adalah susu yang “utuh” dalam artian kandungan lemaknya tetap dipertahankan. Oleh karena kandungan lemak yang cukup tinggi tersebut, susu full cream memiliki rasa yang gurih dan legit. Teksturnya pun terasa lebih lembut jika dibandingkan dengan susu jenis lainnya, seperti skim milk atau susu kental manis. Namun, ini juga bukan berarti susu full cream terdiri dari lemak saja. Lemak dalam susu full cream hanyalah salah satu komponen zat gizi dalam susu selain kalsium, protein, karbohidrat, beragam vitamin, dan mineral. 

Dikutip dari News.co.au, ahli ilmu gizi, Kathleen Alleaume membeberkan bahwa meskipun susu full cream dikenal sebagai sumber lemak jenuh, susu ini tidak akan meningkatkan kolesterol jahat di dalam darah karena lemak jenuh tersebut masih terkandung di dalam susu bersama kalsium dan protein. Namun, hal ini akan berbeda apabila susu tersebut diolah untuk diperoleh lemaknya saja dan dibuat menjadi mentega. Lemak jenuh di mentega itulah yang dapat meningkatkan kolesterol jahat sehingga mengancam kesehatan tubuh.

Lalu apa manfaat lemak dalam susu full cream atau whole milk? Menurut ahli gizi olahraga, Robbie Clarke, yang dilansir di situs The Huffington Post Australia, lemak berfungsi membantu penyerapan beberapa vitamin tertentu yang larut dalam lemak, seperti vitamin D, A, dan E. Lalu bagaimana dengan jumlah kalori lemak maupun risiko-risiko kesehatan terkait lemak? Yang perlu Anda perhatikan, lemak tak hanya berasal dari susu. Jumlah kalori dan risiko kesehatan yang disebabkan oleh lemak juga dipengaruhi konsumsi lemak dari makanan atau minuman lainnya. Jika Anda menyajikan menu harian dengan komposisi zat gizi yang seimbang, Anda tak perlu khawatir mengonsumsi susu full cream atau whole milk.

Manfaat susu full cream untuk tubuh

Sama seperti susu jenis lainnya, susu full cream tentunya juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Susu full cream biasanya dihindari oleh banyak orang yang ingin menurunkan berat badan karena khawatir terhadap kandungan lemak dan kalori yang terdapat di dalamnya. Nyatanya, mengacu pada artikel kesehatan Heathline yang ditulis oleh seorang ahli diet, Becky Bell, MS, RD, susu full cream justru dapat mencegah kenaikan berat badan. Tingginya lemak yang terkandung di susu ini dapat membuat Anda merasa kenyang di waktu yang lebih lama. Pakar nutrisi, Emilia Achmadi, MS, RD, menambahkan bahwa minum susu full cream dapat melambatkan proses mengolah makanan di pencernaan. Maka dari itu, proses pengosongan lambung akan memakan waktu lebih lama. Sehingga, kemungkinan Anda untuk memakan makanan lain pun menjadi lebih rendah. Di artikel yang sama, dijelaskan bahwa susu full cream dapat mengurangi risiko sindrom metabolik di tubuh Anda. Hal ini dikarenakan adanya asam lemak yang terkandung di susu jenis ini. Selain itu, susu full cream juga dipercaya dapat menurunkan ancaman diabetes. Jumlah lemak yang terkandung di dalam susu beriringan dengan jumlah asam lemak omega-3. Semakin tinggi kandungan lemak, maka semakin tinggi pula kandungan asam lemak omega-3 nya. Terdapat pula sebuah penelitian yang menyatakan bahwa orang yang minum susu dengan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi memiliki kemungkinan 56% lebih tinggi untuk terhindar dari risiko diabetes. Sebagai tambahan, asam omega-3 memiliki kontribusi dalam menjaga kesehatan jantung dan otak Anda.

Cara mengonsumsi dan menyimpan susu full cream yang aman dan benar

Agar memperoleh manfaat optimal susu full cream, perhatikan cara konsumsi dan penyimpanannya. Jika Anda membeli susu full cream siap minum, jauhkan susu dari paparan sinar matahari langsung. Setelah dibuka, segera habiskan dan jangan dibiarkan terlalu lama karena hal ini dapat memicu susu terkontaminasi bakteri. Jika Anda membeli susu full cream siap minum dalam kemasan besar, segera simpan dalam kulkas setelah membuka kemasan. Simpan di bagian bawah atau bagian belakang dekat dinding kulkas dan hindari menyimpannya di rak pintu kulkas. Menurut situs berita Express, rak pintu kulkas dan kulkas bagian atas merupakan area yang lebih hangat. Pakar gizi, Emilie E. Achmadi, seperti dikutip dari situs CNN Indonesia, mengatakan bahwa jika disimpan secara tepat, susu bisa bertahan hingga 2 minggu.

Siapa sajakah yang cocok minum susu full cream?

 Susu full cream tentunya dapat diminum oleh berbagai usia. Namun, apabila dihubungkan antara usia dan kebutuhan tubuh, Australian Dietary Guidelines menyarankan susu full cream diminum oleh bayi berusia satu tahun hingga dua tahun. Di usia tersebut, sang bayi sedang aktif-aktifnya bereksplorasi. Oleh sebab itu, susu  full cream sangat berguna untuk menyediakan energi optimal dan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral di masa pertumbuhan dan perkembangan si bayi. Dengan mengonsumsi susu full cream, bayi pun dapat terlindungi dari ancaman obesitas. Ini dibuktikan dari adanya beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bayi yang mengonsumsi susu full cream hingga berusia dua tahun berat badannya lebih ringan daripada bayi yang tidak mengonsumsi susu full cream ketika mereka sudah menginjak usia empat tahun.


Para manula berusia 70 tahun keatas juga direkomendasikan untuk minum susu jenis ini, terutama bagi mereka yang memiliki kekurangan berat badan, badan yang lemah atau sehabis pulih dari operasi atau jatuh. Beberapa sistem pada anggota tubuh mereka sudah tidak lagi bugar di usia tersebut sehingga susu full cream digunakan untuk memaksimalkan energi mereka kembali.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda sekeluarga, Frisian Flag menghadirkan susu siap minum Frisian Flag Purefarm Full Cream yang diproduksi dari susu segar dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), dan Vitamin E dan B5 serta sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium) dan Magnesium, Zinc, Selenium, Natrium, Kalium dan tidak mengandung sukrosa. dengan cita rasa gurih dan lezat. Tersedia dalam kemasan kotak praktis 225 ml, kemasan 450ml dan kemasan keluarga 900 ml. Jadikan Frisian Flag Purefarm Full Cream sebagai bagian dari pola hidup sehat keluarga Anda.

Mau tahu beragam jenis susu yang baik untuk tubuhmu? Yuk, cari tahu selengkapnya Frisian Flag Purefarm Full Cream.

 

Baca juga:

Sampai Usia Berapa Manusia Minum Susu?

Biasakan Minum Susu agar Terhindar dari Hal Ini!

Artikel Terkait