Facebook Pixel

6 Manfaat Susu yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Mobile Banner FF

6 Manfaat Susu yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi dan protein setiap saat kita menjalani berbagai aktivitas, jangan biarkan tubuh kita lemah agar tidak mudah terserang sakit. Waktu terbaik minum susu adalah pada saat sarapan pagi dan minum susu juga diperlukan sebelum tidur. Ada banyak manfaat susu Frisian Flag, selain menjaga tubuh kamu tetap lebih semangat, kesehatan tubuhmu pun menjadi lebih terjaga.

Mengapa perlu minum susu?

Mungkin Anda pernah bertanya, “mengapa minum susu itu penting?”. Sebagaimana yang diketahui, manfaat susu berasal dari kandungan lengkap yang terdapat di dalamnya, meliputi gizi, vitamin, mineral, protein, mineral, serta kalsium. Kandungan-kandungan tersebut memberi dampak positif terhadap perkembangan tubuh, seperti pertumbuhan dan kepadatan tulang, energi, serta meningkatkan pencernaan serta metabolisme tubuh merupakan manfaat susu setiap hari yang bisa Anda rasakan. 

Manfaat Susu untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Manfaat yang sudah banyak diketahui dari minum susu setiap hari adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Ternyata di luar itu, cukup banyak dampak positif yang bisa diterima tubuh baik untuk anak yang sedang beranjak tumbuh serta Anda yang sudah dewasa. Temukan info lengkap tentang manfaat susu bagi tubuh Anda

  1. Kesehatan tulang dan gigi

    Menjaga serta meningkatkan kesehatan tulang dan gigi merupakan salah satu manfaat susu yang jadi alasan untuk mengonsumsinya setiap hari. Kandungan kalsium yang terdapat pada susu merupakan sumber zat yang bekerja untuk perkembangan tulang dan gigi yang sehat. Untuk anak, manfaat susu secara rutin adalah membantu mengoptimalisasi perkembangan dan kepadatan tulang di masa pertumbuhannya. Selain itu susu juga berperan untuk mencegah kerusakan gigi, seperti gigi berlubang.
    Sedangkan untuk Anda yang sudah dewasa, manfaat susu yang bisa Anda dapatkan adalah menjaga ketahanan tulang. Manfaat ini berguna melihat aktivitas orang dewasa yang cukup pada setiap harinya. Selain itu, dengan minum susu secara rutin, Anda pun dapat mencegah terjadinya osteoporosis. manfaat susu lainnya adalah cukupnya kebutuhan vitamin D di dalam tubuh. Susu juga memiliki kandungan vitamin D. Vitamin ini diperlukan untuk membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh.

  2. Membantu proses pemulihan tubuh

    manfaat susu lainnya yang baik untuk Anda adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh penting untuk dijaga agar segala kandungan dan asupan yang datang dari makanan bisa dikonversikan menjadi energi secara optimal. Selain itu, manfaat susu lainnya adalah membantu proses pemulihan tubuh setelah sakit. Kandungan protein di dalam susu membantu pembentukan sel atau jaringan yang terdampak ketika Anda sakit. Dengan meminum susu secara rutin setiap hari, Anda akan mendapatkan proses pemulihan lebih cepat dan bisa kembali untuk beraktivitas seperti biasanya.

  3. Memulihkan otot

    Susu juga menawarkan manfaat penting bagi Anda yang gemar berolahraga. Kandungan protein yang ada di dalam susu juga dapat membantu Anda dalam membangun kembali otot sehabis berolahraga. Dengan pemulihan otot yang optimal ini juga akan membuat Anda jarang merasa lelah. manfaat susu ini bisa Anda rasakan jika mengonsumsinya setelah melakukan sesi olahraga. Selain berperan sebagai penambah cairan sehabis olahraga, manfaat susu sehabis olahraga juga akan membantu dalam mencegah rasa sakit pada perut Anda. Dianjurkan untuk Anda meminum susu 20 menit setelah sesi olahraga berakhir.

  4. Menjaga berat badan

    Bagi Anda yang sedang melancarkan diet atau ingin menjaga berat badan agar mencapai hasil yang ideal, minum susu setiap hari merupakan salah satu solusinya. Memberi rasa kenyang merupakan manfaat susu yang bisa Anda rasakan setiap hari untuk Anda yang sedang mengikuti program diet. Hal ini tentunya akan membantu Anda mengurangi porsi makan secara bertahap. Rasa kenyang sebagai manfaat susu ini hadir berkat kandungan protein dan kalori yang ada di dalamnya. Tentunya dengan perasaan kenyang tersebut, Anda dapat menjaga berat badan ideal secara lebih baik dan jangan lupa untuk padukan kebiasaan minum susu dengan rutin berolahraga.

  5. Membuat tidur lebih nyenyak

    Memiliki waktu istirahat yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu hal penting dalam menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan pola tidur Anda secara teliti. Dalam membantu Anda memiliki istirahat yang berkualitas, susu bisa membantu Anda dalam mencapai hal tersebut. manfaat susu lainnya adalah dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.
    manfaat susu ini hadir berkat asam amino triptofan yang membantu memproduksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut berperan sebagai pembangun mood positif serta dapat mencegah depresi. Mood positif yang dibangun sebelum tidur, akan berdampak pada kualitas tidur Anda yang lebih baik dan nyenyak agar bangun tidur lebih segar. Dianjurkan untuk Anda minum susu sekitar 20-30 menit sebelum tidur untuk memberi efek optimal terhadap kualitas tidur Anda.

  6. Menjaga kesehatan jantung

    Susu juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan Jantung Anda. Kandungan kalium pada susu memiliki peran untuk membantu tubuh Anda mengurangi kadar tekanan darah yang memberikan dampak positif pada kesehatan jantung Anda. manfaat susu tersebut juga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Namun dalam menjaga diri agar terhindar dari risiko penyakit jantung, dianjurkan Anda untuk mengonsumsi susu dengan kadar lemak yang rendah seperti Frisian Flag Purefarm Low Fat
    manfaat susu lainnya dalam menjaga kesehatan jantung adalah mencegah terjadinya heartburn. Kehadiran heartburn biasanya dipicu dari konsumsi makanan yang bersifat asam. Namun, dengan rutin minum susu setiap hari, susu dapat memberi efek pendingin atau netralisir pada lapisan perut dan kerongkongan.

Cara Memilih Susu yang Aman

Saat ini banyak sekali produk susu yang dijual di pasaran. Hal ini memang memudahkan setiap orang untuk memilih jenis susu yang disukai. Namun, Anda juga tetap harus bijak sebelum membeli produk susu karena tidak semua produk tersebut aman dikonsumsi untuk keluarga. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli produk susu, di antaranya:

  1. Pastikan produk telah mendapatkan izin edar dari BPOM

    Pilihlah produk yang sudah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Ini karena BPOM bertugas untuk memastikan keamanan dari suatu produk yang beredar di pasaran. Jika produk susu sudah mendapatkan izin edar, otomatis produk tersebut sudah aman dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

  2. Cek komposisi dan nilai gizi produk susu

    Penting bagi Anda untuk memeriksa komposisi dan nilai gizi produk susu. Apalagi jika Anda membeli produk susu untuk anak-anak karena kandungan yang terdapat di masing-masing produk susu akan berbeda. Produk resmi yang beredar akan selalu mencantumkan komposisi dan nilai gizi yang dapat diketahui oleh konsumen. Jadi, cermat dalam memahami komposisi dan nilai gizi yang tepat ya!

  3. Hanya membeli produk dengan kemasan dan label resmi

    Saat ini semakin banyak produk susu yang dijual bebas di pasaran dengan kemasan dan label tidak resmi. Meskipun harganya lebih murah, namun kualitas dan keamanannya perlu dipertanyakan lho. Sebab, kita tidak akan tahu apakah susu tersebut masih layak dikonsumsi atau tidak dan apa saja kandungan di dalamnya. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu membeli produk dengan kemasan dan label resmi agar aman dikonsumsi keluarga. 

  4. Cek tanggal kedaluwarsa produk susu

    Sebelum membeli susu, pastikan untuk baca label kemasan dan pastikan produk belum kedaluwarsa dan layak dikonsumsi. Ini penting untuk Anda perhatikan sebab produk yang sudah kedaluwarsa bisa berbahaya terhadap kesehatan hingga bisa memicu keracunan makanan. Selain itu, pastikan memilih produk dengan kemasan yang masih tersegel dengan aman. Kemasan yang sudah rusak kemungkinan sudah terkontaminasi dengan udara dan mikroba di luar. Akibatnya, produk susu bisa berbahaya terhadap kesehatan. 

  5. Sebaiknya pilih toko resmi yang sudah terpercaya

    Untuk memastikan produk tersebut asli, sebaiknya Anda membeli produk susu dari toko resmi atau official store yang memang sudah terpercaya. Namun, jika Anda membeli secara online, pastikan terlebih dahulu apakah toko tersebut memang menjual produk-produk asli atau tidak, serta cek juga testimonial dari para pembeli sebelumnya untuk memastikan kualitas dan keamanan produk yang diterima. 

  6. Jika ada pertanyaan seputar produk, segera hubungi customer service 

    Anda memiliki pertanyaan seputar produk yang akan dibeli? Segeralah menghubungi customer service dari produk tersebut. Bertanya kepada customer service bisa memudahkan Anda saat memilih produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan usia anggota keluarga. Sebab, customer service dari perusahaan yang menjual produk tersebut pasti lebih tahu mengenai kelebihan dari masing-masing produk yang akan Anda beli. 

Pastikan Anda untuk selalu mengonsumsi susu secara rutin. Selalu siapkan Frisian Flag Purefarm di keseharian Anda. Info lengkap cek di sini.

Sampai usia berapa manusia minum susu?
| 01 Nov 2019

Sampai usia berapa manusia minum susu?

Pasti masing banyak dari kalian yang bertanya-tanya sampai usia berapa manusia minum susu? Yuk temukan selengkapnya di sini.

Lebih Lanjut
Loader