Tips Menjaga Kebugaran Jasmani

| 05 Sep 2019

Tips Menjaga Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani bisa diraih dengan rajin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau 5 hari per minggu selain pola makan yang sehat. Aktivitas yang padat mungkin jadi alasan untuk malas berolahraga. Namun tahukah kamu, ada beberapa olahraga fisik mudah yang bisa kamu lakukan sehari-hari, berikut tipsnya:


Latihan kardio

Latihan kardio dapat membantu menguatkan kesehatan jantungmu, karena bisa membuat jantung memompa darah dengan kecepatan lebih tinggi dalam jangka waktu yang lama. Latihan kardio juga bermanfaat untuk menjaga stamina, tekanan darah dan kolesterol. Selain itu bermanfaat pula memperkuat tulang belakang dan menjaga berat badan. Latihan ini juga mudah dilakukan di rumah dengan naik turun tangga, lari keliling rumah, rocket jump, star jump, squat, dan burpees.


Latihan anaerobic

Latihan ini merupakan jenis aktivitas fisik berdurasi pendek dengan intensitas tinggi, dimana kebutuhan tubuh akan oksigen melebihi pasokan oksigen yang tersedia. Latihan anaerobik bermanfaat untuk mempercepat metabolism, memperkuat tulang, meningkatkan vitalitas dan energi, membentuk tubuh, mengurangi tingkat gula dan meningkatkan stamina, Latihan anaerobik di rumah bisa dilakukan dengan angkat besi, push up, pull up, dan latihan fisik lainnya yang berlangsung selama kurang dari 2 menit.


Latihan peregangan

Manfaatnya adalah mencegah cedera pada otot serta melebarkan pembuluh darah. Latihan peregangan dapat dilakukan dua atau tiga kali seminggu atau dilakukan di jeda aktivitas harian kita. Manfaat peregangan memungkinan otot-otot tubuh untuk memulihkan diri setelah bekerja keras. Peregangan juga membantu meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan kelenturan sendi, membantu koordinasi otot-otot, menjadikan tubuh lebih semangat serta memperbaiki postur tubuh. Yoga, pilates dan peregangan dinamis adalah beberapa contoh peregangan yang efektif.


Isi ulang tenagamu dengan Frisian Flag Purefarm Full Cream yang bercita rasa gurih dan mengandung banyak vitamin serta mineral yang dengan cepat mampu menutrisi tenaga yang hilang. Tersedia dalam kemasan yang praktis untuk dibawa latihan kemana saja dan kapan saja.

Artikel Terkait