Facebook Pixel

5 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Banner
| 24 Nov 2021

5 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

5 Makanan Bernutrisi Tinggi untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Makanan lezat saja tidak cukup, anak-anak membutuhkan makanan bernutrisi tinggi agar tumbuh kembangnya lebih optima, terutama untuk meningkatkan kecerdasan otaknya. Apalagi di periode golden age, perkembangan otak anak sedang pesat sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang tepat.

Sebenarnya cukup mudah lho untuk menyajikan makanan bernutrisi tinggi pada anak, tetapi yang jadi tantangannya adalah ketika anak-anak menolak mengonsumsi makanan tersebut. Terkadang, anak akan lahap menyantap makanan bernutrisi tinggi yang tersaji, tetapi ada pula momen saat ia enggan makan karena berbagai hal. 

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda bisa menyajikan makanan bernutrisi tinggi dengan berbagai variasi dan tampilan yang menarik agar anak tertarik untuk memakannya. Beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya mengombinasikan olahan makanan kaya nutrisi dengan makanan favorit anak, membentuk makanan tersebut menggunakan cetakan lucu, dan lain sebagainya. Penasaran apa saja jenis makanan bernutrisi tinggi untuk anak? Simak penjelasannya sampai selesai, yuk! 

Contoh Makanan Bernutrisi Tinggi 

Berikut ini beberapa makanan bernutrisi tinggi yang aman dikonsumsi anak-anak, antara lain:

  • Susu 

    Susu termasuk makanan bernutrisi tinggi yang penting untuk tumbuh kembang anak, salah satunya untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu, susu juga penting untuk memperkuat kesehatan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, menambah energi, membantu mengurangi risiko penyakit jantung, dan lain sebagainya. 

    Selain sebagai sumber protein hewani yang berkualitas, susu juga mengandung karbohidrat, lemak, serta beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama dalam masa tumbuh kembang. Nah, salah satu susu yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak yaitu susu siap minum Frisian Flag Milky UHT Kotak

    Susu Frisian Flag Milky UHT Kotak berasal dari susu segar yang mengandung zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak, serta 7 vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, dan D3, serta kalsium dan fosfor yang tinggi untuk mendukung aktivitas harian si Kecil. 

  • Ikan

    Selain susu, ikan juga termasuk makanan bernutrisi tinggi yang dapat meningkatkan perkembangan otak anak agar lebih cerdas. Beberapa jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh anak di antaranya ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, ikan nila, dan ikan tuna. 

    Ikan merupakan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 cukup penting untuk mengoptimalkan fungsi otak, membantu mencegah penyakit jantung, memelihara kesehatan mata, menguatkan tulang, dan membantu menjaga kesehatan mental. 

    Ada beberapa ide penyajian yang berbahan dasar ikan, di antaranya sup ikan, burger ikan, bakso goreng ikan krispi, martabak tuna, dan lain-lain. 

  • Telur

    Selain rasanya enak, mudah didapat dan diolah, serta kaya manfaat, apa lagi yang kurang dari telur, ya? Sepertinya telur termasuk makanan bernutrisi tinggi yang ekonomis dan diminati sebagian besar anak. Di dalamnya mengandung protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. 

    Makanan bernutrisi tinggi ini sangat mudah dikreasikan menjadi menu lezat dan menggugah selera, di antaranya sup makaroni telur puyuh, roti lapis telur, telur gulung sayur, nasi goreng gulung telur, dan tumis telur puyuh brokoli. 

    Baca juga: Tips dan Menu Menjaga Nutrisi Anak

  • Daging

    Makanan bernutrisi tinggi selanjutnya yaitu daging merah dan daging putih. Daging merah mencakup daging sapi, daging kambing, dan daging domba. Sedangkan, daging putih mencakup daging ayam dan jenis unggas lainnya. 

    Daging disebut makanan bernutrisi tinggi karena termasuk sumber protein hewani berkualitas yang dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

    Sama seperti ikan dan telur, daging juga dapat diolah menjadi menu makanan lezat untuk anak. Beberapa ide olahannya yaitu bakso daging wortel, rolade daging sayur, kroket kentang daging, chicken teriyaki, dan ayam saus jamur

  • Kacang-kacangan

    Makanan bernutrisi tinggi yang sayang untuk dilewatkan yaitu kacang-kacangan. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang baik bagi kesehatan, di antaranya kacang almond, kacang merah, kacang hijau, kacang mete, kacang arab, dan lain sebagainya.

    Semua jenis kacang rata-rata tinggi zat besi yang termasuk mineral penting untuk membantu perkembangan otak anak. Selain itu, zat besi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia pada anak. 

    Kacang-kacangan bisa diolah menjadi beragam camilan sehat lho, seperti popsicle kacang hijau, es cendol kacang merah, ampyang kacang cokelat, dan puding kacang merah. 

Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga termasuk makanan bernutrisi tinggi yang tak kalah penting, terutama untuk kesehatan saluran pencernaan. Sebab, buah dan sayur hijau mengandung tinggi serat. Untuk mengetahui manfaat utama nutrisi bagi kesehatan tubuh anak, kita simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Baca juga: Atasi Anak Susah Makan Sayuran dengan Mudah

Manfaat Nutrisi untuk Tubuh Anak

Nutrisi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro. Nutrisi makro mencakup protein, karbohidrat, dan lemak, sedangkan nutrisi mikro mencakup berbagai jenis vitamin dan mineral. Nutrisi-nutrisi tersebut harus dikonsumsi oleh anak-anak secara tepat agar mereka bisa mendapatkan manfaat utama berikut ini: 

  1. Mengoptimalkan pertumbuhan 

    Protein merupakan nutrisi makro yang berperan penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Dengan memenuhi asupan protein yang tepat, maka akan membantu meningkatkan pertumbuhan anak dengan lebih baik. 

  2. Meningkatkan kecerdasan

    Seperti yang telah dijelaskan, peran nutrisi sangat penting untuk meningkatkan perkembangan otak anak. Jadi, sudah jelas ya bahwa kecerdasan tidak hanya dipengaruhi oleh stimulasi, tetapi juga asupan nutrisi berkualitas sejak dini. 

  3. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Nutrisi juga memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jika asupan nutrisi tercukupi dengan seimbang, maka sistem imun dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari risiko penyakit. 

  4. Menambah energi 

    Manfaat nutrisi yang tak kalah penting yaitu dapat menambah energi, terutama dari nutrisi karbohidrat dan protein. Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi secara seimbang, maka anak-anak akan lebih berenergi untuk melakukan aktivitas hariannya. 

    Baca juga: Apa yang Terjadi Ketika Anak Melewatkan Sarapan?

Memenuhi asupan makanan bernutrisi tinggi bagi anak memang penting. Namun, kebiasaan ini juga harus didukung dengan pola hidup sehat dan aktif agar kesehatan serta tumbuh kembang anak lebih optimal. Susu Frisian Flag Milky UHT Kotak bisa menjadi sahabat gizi praktis anak yang dapat menemani aktivitas sehari-hari agar lebih berenergi. Susu Frisian Flag Milky UHT Kotak tersedia dalam kemasan kotak yang praktis, yaitu 115 ml dan 180 ml sehingga mudah diminum oleh anak-anak dalam segala suasana.

Artikel Terkait