Apa Beda Kandungan Susu UHT dan Susu Pasteurisasi?

| 06 Okt 2017

Apa Beda Kandungan Susu UHT dan Susu Pasteurisasi?

Sering mendengar istilah susu pasteurisasi dan susu UHT? Kedua istilah tersebut adalah dua cara pemrosesan susu agar dapat dikonsumsi dengan aman dan bertahan lama. Cari tahu mengapa susu perlu diproses, apa perbedaan keduanya dan apakah proses tersebut mempengaruhi kandungan susu UHT dan kandungan susu pasteurisasi.

Susu perlu diproses karena sebelum diperah, susu masih steril. Namun setelah diperah dan terkontaminasi udara, susu rentan membawa bakteri yang berkemungkinan besar berisiko pada kesehatan tubuh.

UHT adalah singkatan dari Ultra High Temperature. Susu diolah dengan suhu tinggi agar bakteri patogen mati dan susu kembali steril. Pemanasan dengan suhu tinggi ini memang dapat mengubah komposisi dan kandungan susu UHT. Namun sisi positifnya, susu dapat bertahan lama meski tanpa pendinginan.

Untuk mengurangi perubahan kandungan susu UHT akibat pemanasan dengan suhu tinggi, kini ada teknologi pemrosesan susu UHT yang membuat kandungan zat gizinya tak hilang begitu saja. Caranya adalah dengan pemanasan “kilat”, cukup beberapa detik saja dengan suhu 140 derajat Celcius. Namun sisi baiknya, susu kemasan yang diproses dengan cara UHT dapat disimpan berbulan-bulan tanpa bahan pengawet atau melalui proses pendinginan.

Sedangkan pasteurisasi adalah cara mengolah susu dengan cara pemanasan dengan suhu maksimal 80 derajat celcius untuk mengurangi bakteri atau kapang, dan memperlambat pertumbuhan mikroba pada susu. Proses ini ditemukan oleh Louis Pasteur, ilmuwan Perancis pada 20 April 1862.

Karena tak dipanaskan dengan suhu tinggi, susu pasteurisasi masih menjamin kandungan zat gizinya tidak banyak rusak. Namun susu pasteurisasi harus segera dikonsumsi karena tidak tahan lama dan diperlukan proses pendinginan saat disimpan agar susu bertahan lebih lama dalam suhu ruang.

Frisian Flag Purefarm diproduksi dengan susu segar pilihan, dikemas dalam kemasan kotak yang praktis dan higienis dengan kandungan susu UHT dalam tiap kotaknya terdiri dari zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral) dengan rasa yang lezat.

Tersedia dalam varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait