Mitos atau Fakta: Kurangi Karbohidrat Bermanfaat Turunkan Berat Badan

| 05 Mar 2018

Mitos atau Fakta: Kurangi Karbohidrat Bermanfaat Turunkan Berat Badan

Banyak anggapan bahwa tidak mengonsumsi karbohidrat akan membantu menurunkan berat badan. Padahal menurut studi dari Brigham Young University di Amerika Serikat, karbohidrat memiliki manfaat dalam mengontrol berat badan, lho. Mau tahu berbagai manfaat karbohidrat lainnya yang penting bagi tubuh?

Sumber energi

Studi yang dilakukan oleh Institute of Physiology University of Lausanne di Swiss, mengungkap bahwa karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh manusia. Semakin banyak sumber makanan yang mengandung karbohidrat dikonsumsi, maka akan semakin banyak pula glukosa yang terbentuk. Dengan bantuan hormon insulin, glukosa akan diserap oleh sel-sel tubuh untuk kemudian diubah menjadi energi. Sel-sel tubuh memerlukan energi agar bisa menjalankan fungsinya. Jumlah karbohidrat yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan gizi harian Anda. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebanyak 50-60% dari total kebutuhan energi harian.   

Memperbaiki pencernaan

Karbohidrat memiliki kandungan serat baik yang larut dalam air. Tubuh membutuhkan serat untuk membantu proses pencernaan, baik dalam usus besar maupun usus kecil. Makan makanan yang mengandung serat akan membantu mengatasi sembelit dan berbagai gangguan pencernaan lainnya.

Mengurai risiko gangguan sistem metabolik

Studi tahun 2012 yang dilakukan oleh Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine menemukan fakta tentang manfaat karbohidrat bagi jantung. Karbohidrat ternyata efektif mengurangi faktor risiko penyakit metabolik dan jantung.

Memperbaiki fungsi kognitif

Laporan tahun 2012 yang disusun oleh Mayo Clinic dan diterbitkan dalam The Journal of Physiology menemukan keterkaitan antara asupan karbohidrat dengan kemampuan kognitif seseorang. Efek ini terjadi karena interaksi antara glukosa dan insulin dalam tubuh. Insulin berperan sebagai vasodilator, mendorong terjadinya pelebaran pada pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah mendorong peningkatan aliran darah untuk mengirimkan glukosa glukosa ke otot dan organ tubuh, termasuk otak.

Dengan begitu banyak manfaat karbohidrat bagi tubuh, menghilangkan asupan karbohidrat bukan cara menurunkan berat badan yang sehat, apalagi jika Anda punya segudang aktivitas yang menguras energi. Tetap konsumsi karbohidrat, dalam jumlah yang tepat.

Dukung kecukupan asupan karbohidrat dan zat gizi penting lainnya setiap hari dengan mengonsumsi Frisian Flag Purefarm, diproduksi dengan susu segar pilihan dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral). Tersedia dalam varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).


Dukung asupan karbohidrat hadian Kamu dengan Frisian Flag Purefarm. Info lengkap Frisian Flag Purefarm bisa cek di sini.

Artikel Terkait