Facebook Pixel

15 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi yang Sehat [LENGKAP]

Banner
| 29 Nov 2021

15 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi yang Sehat [LENGKAP]

15 Rekomendasi Makanan Pengganti Nasi yang Sehat [LENGKAP]

Sebagian orang saat ini telah memilih makanan pengganti nasi. Kebutuhannya tentu berbeda-beda, tapi secara umum, orang-orang memilih makanan pengganti nasi sebagai menu saat menjalani program diet tertentu. Padahal tak bisa dipungkiri bahwa orang Indonesia kenal betul dengan nasi sebagai makanan pokok.

Secara umum, nasi putih sebenarnya adalah makanan penuh nutrisi. Mengonsumsi nasi putih bisa menjadi sumber energi harian karena mengandung karbohidrat tinggi. Termasuk juga memiliki kandungan banyak nutrisi penting seperti serat, protein, magnesium, dan zat besi. Namun, nasi putih termasuk makanan yang mengandung indeks glikemiks tinggi yang membuat nasi dengan cepat berubah menjadi gula yang akan terserap tubuh. Makan nasi terlalu banyak pun bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Namun, orang-orang yang memilih makanan pengganti nasi tetap disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat. Anda bisa mengganti nasi dengan beragam jenis makanan pengganti nasi lainnya sebagai alternatif makanan yang tetap enak, bernutrisi, dan bergizi.

Contoh makanan pengganti nasi

Ada beberapa contoh makanan pengganti nasi yang bisa Anda coba sebagai alternatif makanan yang enak dan bergizi. Di antaranya adalah jenis makanan yang rendah kalori dan mengandung sumber karbohidrat kompleks untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Inilah beberapa makanan pengganti nasi yang bisa Anda coba, bisa juga jadi alternatif sebagai makanan pokok baru.

Shirataki

Shirataki adalah alternatif makanan pengganti nasi yang bisa Anda coba. Shirataki tampak seperti mi dan terbuat dari glucomannan yang berasal dari tanaman konnyaku. Shirataki sering dikonsumsi masyarakat Jepang dan rendah kalori, hanya mengandung sekitar 85 gram kalori di setiap porsinya.

Kentang

Kebiasaan makan nasi bisa diubah dengan kentang yang juga mengandung karbohidrat. Umbi jenis ini mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Kentang juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan pengganti nasi putih.

Jagung

Jagung juga bisa menjadi pengganti nasi putih karena rendah kalori juga. Setiap 100 gram biji jagung mengandung 86 kalori dan berbagai jenis vitamin B, seperti vitamin B6. Biji-bijian jenis ini juga kaya serat dan bisa menjadi sumber energi, baik dalam bentuk nasi jagung maupun tepung jagung.

Nasi merah

Nasi merah adalah pengganti nasi putih yang baik. Sumber karbohidrat nasi merah lebih rendah dan mengandung vitamin B6, zinc, dan zat besi. Mengonsumsi nasi merah bisa dilakukan seperti halnya makan nasi putih seperti biasa. Namun, memasak nasi merah butuh lebih banyak air agar ketika matang tidak keras.

Ubi jalar

Nasi putih juga bisa digantikan dengan makan ubi jalar. Selain mengandung karbohidrat, ubi jalar juga memiliki kalori rendah dan memiliki kandungan protein sebanyak 1,6 gram. Bisa dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng.

Bulgur

Makanan pengganti nasi selanjutnya adalah bulgur, salah satu jenis gandum dengan tekstur yang mirip nasi. Secangkir biji-bijian bulgur mengandung kalori yang jauh lebih rendah daripada nasi.

Quinoa

Quinoa adalah pengganti nasi yang bebas gula dan tinggi protein sebesar 4 gram. Quinoa cocok sebagai makanan pengganti nasi yang mengandung asam amino esensial yang baik untuk tubuh.

Singkong

Singkong memiliki kalori yang tak jauh berbeda dari nasi putih. Namun, Singkong bisa jadi sumber karbohidrat pengganti yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Singkong adalah makanan alternatif yang bisa dijadikan camilan, nasi singkong, maupun tepung. Singkong juga dikenal sejak lama sebagai bahan dasar berbagai makanan tradisional di Indonesia.

Risoni

Risoni atau orzo adalah sejenis pasta yang mirip dengan nasi dalam bentuk, ukuran, dan tekstur. Risoni dari gandum utuh mengandung lebih banyak serat dan protein ketimbang risoni biasa. Risoni juga bisa menjadi sumber karbohidrat dan serat yang bagus saat sedang diet. Memasak risoni membutuhkan suhu dan waktu yang tepat agar teksturnya tidak lembek.

Couscous

Couscous atau kuskus adalah jenis biji-bijian lain yang memiliki kandungan karbohidrat yang rendah tapi kaya protein dan serat. Kalori kuskus jauh lebih sedikit, lebih kecil daripada nasi putih dan quinoa. Meski bisa jadi makanan pengganti nasi, kuskus tidak bebas gluten.

Chickpeas

Chickpeas atau dikenal juga sebagai kacang garbanzo atau kacang arab. Kacang jenis ini biasa dijadikan berbagai jenis makanan di Timur Tengah, misalnya dijadikan hummus atau campuran sup. Chickpeas mengandung kalori rendah dan cocok sebagai makanan pengganti nasi putih.

Kembang kol

Kembang kol adalah alternatif pengganti nasi yang bisa Anda pilih juga. Sayuran ini mengandung karbohidrat dan kalori yang lebih rendah daripada nasi putih. Nasi kembang kol bisa dibuat dengan memotong bagian bunganya lalu diparut dan dikukus selama 5 menit. Kandungan kalorinya sekitar 57 gram saja.

Brokoli

Seperti kembang kol, brokoli juga tepat menjadi makanan pengganti nasi. Brokoli bisa direbus atau dikukus karena rendah kalori juga. Kandungan seratnya adalah 2 gram dan memiliki kandungan vitamin C, sehingga kebutuhan vitamin harian Anda bisa tercukupi.

Kubis

Makanan pengganti nasi lainnya adalah kubis. Kandungan kalori dan karbohidrat pada kubis cukup rendah. Jenis makanan punya rasa yang cenderung ringan dan bisa disajikan dengan beragam sayuran atau lauk lainnya. Kubis juga mengandung vitamin K bisa mencukupi 68% kebutuhan harian tubuh.


Itulah 15 makanan pengganti nasi yang bisa segera Anda coba. Selain bergizi, kaya serat, dan memiliki sumber karbohidrat kompleks, makanan-makanan tadi cocok sebagai pengganti nasi putih yang tetap enak dan bergizi. Jangan lupa untuk tambahkan Frisian Flag Purefarm Full Cream atau Frisian Flag Purefarm Low Fat yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Anda juga bisa temukan resep-resep menarik lainnya di sini.

Artikel Terkait