Tips Menyiapkan Menu Makanan Anak yang Bergizi Seimbang

Banner
| 05 Des 2022

Tips Menyiapkan Menu Makanan Anak yang Bergizi Seimbang

Tips Menyiapkan Menu Makanan Anak yang Bergizi Seimbang

Menu makanan anak sebaiknya mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tumbuh kembangnya. Asupan yang baik akan membantu anak supaya tidak mudah lelah, meningkatkan daya pikir, menjaga berat badan tetap ideal dan lainnya. 

Mungkin selama ini Anda sering mendengar pemenuhan gizi anak sebaiknya sesuai dengan pedoman 4 sehat 5 sempurna. Namun ternyata, konsep pemenuhan gizi ini telah berganti menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS) sejak tahun 2014 lho.

Pedoman Gizi Seimbang (PGS) cukup penting untuk diketahui agar Anda bisa menyajikan makanan sehat untuk anak dengan cara yang tepat. Artinya, menu makanan anak bukan sekadar lezat ya, tetapi juga harus kaya nutrisi yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya. 

Lantas, bagaimana memberikan menu makanan anak yang seimbang sesuai dengan PGS? Simak tipsnya dalam artikel ini, ya!

Bagaimana Menyeimbangkan Menu Makanan Anak yang Tepat?

Supaya menu makanan anak seimbang, di dalamnya harus ada kombinasi yang tepat antara zat gizi makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, serta zat gizi mikro, seperti berbagai vitamin dan mineral. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa nutrisi atau zat gizi yang wajib dikonsumsi anak secara seimbang, antara lain:

  • Protein

    Menu makanan anak sebaiknya harus mengandung protein, karena berperan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang, mendukung kesehatan tulang, gigi, dan kulit, membantu menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagainya.

    Ada beberapa sumber protein yang bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan sehat untuk anak, di antaranya susu, telur, ikan, daging sapi, kambing, domba, ayam, unggas, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Sumber protein juga bisa menjadi ide makanan untuk anak susah makan lho.

  • Karbohidrat

    Selain protein, menu makanan anak juga sebaiknya mengandung karbohidrat, karena nutrisi ini berperan sebagai sumber energi utama. Coba bayangkan kalau menu makanan anak tidak mengandung karbohidrat? Mungkin saja si Kecil akan kekurangan energi, lemas, dan susah berkonsentrasi.

    Anda bisa memasukkan karbohidrat berupa nasi, ubi, singkong, jagung, gandum, oatmeal, dan sejenisnya ke dalam menu makanan sehat untuk anak. Bahkan, beberapa karbohidrat juga bisa menjadi makanan penambah berat badan lho.

    Baca juga: Manfaat Sereal, Susu Sapi, dan Buah Sebagai Menu Sarapan

  • Lemak

    Zat gizi makro yang harus ada dalam menu makanan sehat untuk anak adalah lemak. Selama ini lemak dianggap menjadi makanan penambah berat badan yang tidak sehat, padahal tubuh si Kecil membutuhkan lemak untuk mendukung kesehatannya. Yang terpenting, Anda perlu memilih jenis lemak sehat untuk dimasukkan ke dalam menu makanan anak, seperti asam lemak omega 3 dan omega 6.

  • Vitamin

    Yang tak kalah penting, menu makanan sehat untuk anak juga harus mengandung berbagai vitamin. Sebab, zat gizi mikro ini berperan untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang. Berbagai jenis vitamin bisa Anda dapatkan dengan mudah dari susu, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lain sebagainya.

  • Mineral

    Sama seperti vitamin, mineral juga termasuk zat gizi mikro yang harus ada dalam menu makanan anak. Mineral berperan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang, bersamaan dengan zat gizi makro yang dikonsumsi anak. Itulah sebabnya, menu makanan anak yang sehat sebaiknya mengandung zat gizi yang seimbang.

Tips Pedoman Gizi Seimbang dalam Menu Makanan Anak

Melansir laman resmi Kemenkes RI, berikut ini 10 pedoman gizi seimbang yang lebih relevan di kehidupan sekarang:

  1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok
  2. Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak
  3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal
  4. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  5. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  6. Biasakan sarapan pagi
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
  8. Banyak makan buah dan sayur
  9. Biasakan membaca label pada kemasan produk pangan
  10. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan

Ide Menu Makanan Sehat untuk Anak

Ada berbagai jenis menu makanan anak yang bisa Anda sajikan, tetapi Anda harus lebih cermat memilih makanan yang tepat. Sebab, tidak semua makanan tersebut menyehatkan. Untuk itu, lebih baik Anda membuat sendiri menu makanan sehat untuk anak agar kualitasnya terjamin. Berikut ini beberapa ide menu makanannya:

  • Omelette telur sayur

    Untuk membuat menu makanan anak ini, Anda tidak perlu repot karena bahan-bahannya sangat mudah ditemukan. Anda membutuhkan telur ayam, susu cair, serta tambahan wortel dan buncis rebus yang dipotong dadu. Kocok semua bahan dengan tambahan garam secukupnya, lalu goreng sampai matang. 

    Baca juga: Tahukah Anda Manfaat Minum Sebelum Tidur?

  • French toast madu

    Si Kecil gemar makanan yang manis? French toast madu cocok banget dijadikan makanan untuk anak susah makan, apalagi jika ditambahkan dengan potongan stroberi, kiwi, atau buah-buahan segar lainnya. Cara membuatnya juga cukup praktis, Anda perlu roti gandum, susu cair, kayu manis bubuk, dan madu secukupnya. Celupkan roti ke dalam bahan-bahan tersebut, lalu panggang sampai matang. Mudah, bukan?

  • Chicken wings

    Satu lagi menu makanan anak yang pastinya menggugah selera, yaitu chicken wings dengan tambahan butter. Anda membutuhkan beberapa bahan, seperti chicken wings, butter, saus tomat, kecap, madu, dan beberapa penyedap rasa. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan chicken wings yang sudah digoreng kering. Voila! Menu makanan anak yang satu ini pun siap dihidangkan. Pssst.. Chicken wings juga bisa jadi ide menu makanan untuk anak susah makan lho. 

Sebenarnya cukup mudah mengolah berbagai menu makanan anak yang sehat, yang terpenting Anda perlu memperhatikan kandungan nutrisi. Apakah menu si Kecil sudah ada protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineralnya atau belum? Di samping pemberian menu di atas, Anda juga bisa memberikan cemilan praktis dan bernutrisi, seperti susu cair siap minum Frisian Flag Milky

Susu Frisian Flag Milky merupakan susu anak yang diproduksi dari susu sapi segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak), vitamin (vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, dan D3), serta menjadi sumber kalsium dan fosfor untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak sehari-hari.

Susu Frisian Flag Milky hadir dengan kemasan kotak ukuran 115 ml dan 180 ml. Kedua kemasan ini sangat praktis sehingga cocok menemani si Kecil di segala suasana, terutama saat beraktivitas seharian penuh. Si Kecil pasti menyukai susu Frisian Flag Milky karena tersedia dengan dua rasa yang menggugah selera, yaitu rasa stroberi dan cokelat. Frisian Flag Milky Zuzhu Zazha siap jadi sahabat praktis yang bernutrisi untuk si Kecil!

Artikel Terkait