Atasi Anak Susah Makan Sayuran Dengan Mudah

| 16 Nov 2018

Atasi Anak Susah Makan Sayuran Dengan Mudah

Ketakutan anak kecil ketika berada di jamuan makan malam biasanya adalah sayur mayur. Sebelum disajikan, tak jarang wajah mereka sudah tidak enak dipandang. Saat disajikan, sayur tersebut pasti akan terpinggir kemudian memilih makanan lain. Bila hal ini telah sekian lama terjadi, baiknya orang tua harus memikirkan cara supaya anak menyukai sayur mengingat vitamin yang terkandung cukup tinggi. Berikut siasat jitu yang bisa Anda coba demi menaklukan anak di meja makan: 


1. Beri contoh anak 

Pola makan anak biasanya mengikuti kebiasaan orang tuanya. Apabila menu harian di rumah jarang disajikan sayur, anak tentu saja akan kurang mengenal makanan tersebut. Coba buat     beberapa menu sayur, kenalkan dan contohkan pada anak untuk menyantapnya saat Anda makan. Lakukan secara berkala dan coba lihat reaksi si anak. 


2. Ubah resep 

Hidangkan makanan yang menyenangkan untuk anak. Gabungkan makanan kesukaan anak dengan sayur. Misalnya wortel dicampur bola-bola bakso, potong brokoli kecil-kecil lalu campur ke pasta, irisan terong dimasukkan ke lasagna atau juga omelet diaduk bersama bayam, jamur serta sayuran yang sesuai. Anda sebagai orang tua pun dituntut supaya lebih kreatif menciptakan menu baik melalui buku maupun youtube.


3. Ajak anak terlibat memasak 

Jadikan makan sayur sebagai kegiatan yang seru, dimulai dari proses belanja ke pasar, belajar mengenal warna dari memilih bahan segar, bumbu dapur, mengolah sampai menyajikannya. Buat si kecil bangga terhadap hasil memasaknya sehingga ia pun mau menikmatinya. Trik lainnya Anda dapat memperkenalkan jenis sayur seraya mengajaknya menanam di kebun kecil belakang rumah. 


4. Jangan paksa menghabiskan makanan

Menyukai sesuatu memang tidak bisa langsung di awal, apalagi jika hal tersebut bukanlah sesuatu yang ia suka. Karena paksaan akan menggambarkan pengalaman yang mengesalkan baginya dan akan mempengaruhi perspektif pikirannya tentang sayuran. Lakukan secara perlahan dan beri pujian meski ia hanya mampu menghabiskan sedikit makanan bersayur. 


5. Beri makanan beragam warna 

Ketertarikan anak terhadap warna cukup tinggi. Manfaatkan ini untuk membuat sajian memikat serta menambah sayur beragam warna ke piringnya agar anak senang ketika melihat dan berkeinginan  memakannya. Anda bisa membuat makanan berbentuk hati, wajah tersenyum bahkan juga tokoh animasi favoritnya. 


Setelah selesai makan, sajikanlah beragam buah sebagai pencuci mulut dikombinasikan dengan Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat atau Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Kental Manis. Jadikanlah setiap pengalaman anak makan sayur menjadi sesuatu yang ditunggu berakhir manis bersama susu kental manis. 


Sajikan makanan yang lezat dengan tambahan Frisian Flag Bendera Kental Manis. Info lengkap Frisian Flag Bendera Kental Manis bisa Kamu temukan di sini.

 

 

Artikel Terkait