14 Ide Jajanan Anak Sekolah yang Lezat dan Sehat

Banner
| 30 Mei 2022

14 Ide Jajanan Anak Sekolah yang Lezat dan Sehat

14 Ide Jajanan Anak Sekolah yang Lezat dan Sehat

Penting bagi orang tua untuk memastikan jajanan anak yang tak hanya lezat tetapi juga sehat. Apalagi saat ini sudah ada beragam jenis jajanan anak yang mulai bermunculan, baik dari segi tampilan hingga rasa yang berbeda-beda. Itulah sebabnya, sebagai orang tua, kita tidak hanya fokus pada jajanan anak yang enak saja, tetapi juga memberikan pemahaman kepada si Kecil bahwa jajanan anak yang sehat lebih baik untuk kesehatan tubuhnya.

Jelaskan kepada si kecil mengapa mereka harus memilih jajanan anak yang sehat dan bergizi. Beri juga penjabaran dampak buruk dari mengkonsumsi jajanan anak yang sembarangan. Dengan demikian, si Kecil mulai memikirkan kesehatan tubuhnya. Jangan lupa untuk sebutkan jajanan anak sekolah yang praktis dan bergizi, serta jajanan anak apa saja yang boleh dikonsumsi supaya mereka tidak kebingungan saat ingin jajan.

Anak-anak yang tidak diberitahu perihal memilih jajanan sehat cenderung memilih makanan sesuai apa yang mereka inginkan. Alhasil, ketidaktahuan sang anak ini membuat mereka asal dalam menentukan jajanan.

Hal ini sudah pasti berbahaya, sebab tidak ada yang tahu pasti kebersihan dan keamanan dari jajanan anak tersebut. Jajan sembarangan dapat membuat kesehatan anak terancam dari berbagai penyakit, mulai dari merasa mual hingga keracunan. 

Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa jajanan anak yang sehat dan bergizi sebaiknya mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan. Lantas, apa saja nutrisi yang sebaiknya ada dalam jajanan sehat? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Pentingnya Kandungan Nutrisi dalam Jajanan Anak Sekolah

Dalam memilih jajanan anak yang sehat, praktis, dan bernutrisi, Bunda harus memperhatikan cara penyajian dan bahan yang digunakan. Tidak hanya itu, yang tidak kalah penting adalah kandungan nutrisi yang dikandung jajanan anak tersebut. 

Meskipun jajanan anak bukan merupakan asupan makanan utama, seperti sarapan, makan siang, dan makan malam, sebagai orang tua, kita tetap harus memastikan kandungan dari jajanan sehat yang dikonsumsi sang buah hati demi menjaga kesehatan tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi yang wajib ada di dalam jajanan anak yang sehat:

  1. Protein

    Membangun sel dan jaringan tubuh dan mengolah makanan menjadi energi adalah manfaat yang bisa didapatkan dari protein. Apabila Bunda ingin si kecil bertumbuh dan berkembang dengan baik, Bunda harus memastikan nutrisi ini terdapat di dalam jajanan anak yang praktis yang dikonsumsi oleh si Kecil.

    Protein dapat dengan mudah ditemukan di dalam makanan atau minuman di sekitar kita. Termasuk di dalam jajanan anak. Ada dua jenis sumber protein, yaitu protein hewani dan protein nabati. Telur dan produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt, merupakan makanan yang mengandung dari protein hewani. Sedangkan protein nabati dapat diperoleh dari mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan, seperti jeruk, pisang, dan kurma, tahu, serta tempe.

  2. Karbohidrat

    Pastikan setiap makanan yang dikonsumsi oleh sang buah hati, termasuk jajanan anak yang sehat yang praktis, serta mengandung karbohidrat. Jangan biarkan mereka kekurangan karbohidrat sebab nutrisi ini merupakan sumber energi utama bagi tubuh saat melakukan berbagai kegiatan di setiap harinya. 

    Tidak hanya sumber energi, karbohidrat juga bermanfaat untuk mendukung protein dan lemak saat proses pembangunan dan perbaikan jaringan tubuh. Kurangnya karbohidrat dalam tubuh anak dapat menyebabkan mereka menjadi lemas dan lesu ketika melakukan sesuatu, apalagi ketika si Kecil sedang aktif-aktifnya saat masa pertumbuhan dan perkembangan. Makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi, roti, dan sereal.

  3. Lemak

    Selain karbohidrat, sumber energi lainnya adalah lemak. Kandungan yang mampu menyimpan energi ini juga bermanfaat sebagai pendorong tubuh untuk melakukan absorbsi terhadap beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

    Ada beberapa jajanan anak yang praktis dan mengandung lemak yang dapat diperoleh dengan mudah, yaitu susu, kacang-kacangan, dan alpukat. Perlu diketahui, Bunda harus memastikan kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh si Kecil supaya kandungan lemak yang berlebihan tidak menjadi bumerang yang dapat membahayakan kesehatannya.

  4. Kalsium

    Nutrisi yang satu ini dikenal sebagai penguat tulang dan gigi. Tidak hanya itu, kalsium juga berguna saat proses pembekuan darah dan mendorong kemampuan saraf, otot, serta jantung. Susu, yogurt, dan es krim merupakan contoh jajanan anak yang sehat, praktis, dan memiliki kalsium.

  5. Vitamin C

    Menyatukan sel-sel dalam tubuh, memperkuat dinding pembuluh darah, mempercepat pemulihan luka, dan melawan flu adalah tugas Vitamin C. Ternyata, yang mampu memperkuat tulang dan gigi bukan hanya kalsium, tapi juga vitamin C. Vitamin ini dapat dengan mudahnya ditemukan di beberapa buah potong yang dapat digunakan sebagai jajanan sehat yang praktis, seperti pepaya, mangga, dan melon.

Ragam Jajan Anak Sekolah yang Praktis dan Disukai Anak-anak

Jangan biarkan anak membeli jajanan sembarangan. Anak yang sudah terbiasa jajan sembarang akan lebih sukar diatur untuk memilih jajanan anak sekolah yang praktis dan baik untuk tubuh. 

Oleh karena itu, ajari anak untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, termasuk jajanan sekolahnya, mulai dari sejak dini. Di bawah ini adalah berbagai jajanan anak sekolah yang praktis namun tetap bernutrisi untuk si kecil.

  1. Kue cubit

    Kue cubit salah satu jajanan anak yang sehat, praktis dan kini populer di kalangan masyarakat. Bentuknya yang beraneka ragam dan rasanya yang manis membuat kue cubit sangat digemari oleh anak kecil maupun orang dewasa. 

    Proses pembuatan dan bahannya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk anak, seperti susu dan telur yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mereka. Kue Cubit bisa menjadi alternatif untuk jajanan anak yang praktis, sehat, dan bernutrisi. Selain itu, Kue Cubit saat ini juga memiliki banyak varian rasa yang pasti disukai anak, seperti green tea, stroberi, dan keju susu.

  2. Martabak mini

    Martabak mini menjadi tren baru saat ini. Jika biasanya kita temukan martabak dengan ukuran besar yang disajikan untuk beramai-ramai, kini tersedia martabak mini yang ukurannya jauh lebih kecil. Dengan demikian, martabak mini dapat dilahap seorang diri terutama si kecil yang porsi makanannya belum sebanyak orang dewasa. 

    Martabak mini ini sudah banyak ditemui di mana saja, baik di pinggir jalan, depan sekolah, bahkan restoran. Seperti yang kita tau, Martabak memiliki bahan baku seperti susu, terigu, dan telur, prosesnya pun dipanggang tanpa minyak sehingga martabak mini bisa menjadi salah satu pilihan jajanan anak yang sehat dan praktis, namun tetap memiliki gizi yang penting untuk anak.

  3. Buah potong

    Tidak ada buah yang tidak bermanfaat. Setiap buah pasti memiliki manfaatnya masing-masing, misalnya pepaya yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menghindari panas dalam, semangka yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung, mata, dan kulit, serta melon yang berfungsi untuk menyehatkan rambut, menghaluskan kulit, dan mengurangi resiko terserang diabetes.

    Rasa segar dan manisnya buah pasti membuat siapapun tergoda untuk memakannya, apalagi anak-anak. Sekarang ini, buah yang disajikan terpotong-potong mudah ditemui dimana-mana. Buah potong tentunya membuat si anak lebih mudah untuk memakannya sehingga si kecil juga terhindar dari mengotori pakaiannya. Biarkan si kecil memilih buah yang mereka ingini supaya ia semangat untuk melahap jajanan anak yang praktis, sehat, dan baik untuk kesehatan tubuhnya ini.

  4. Yoghurt

    Yoghurt merupakan salah satu makanan yang diekstrak dari susu murni. Makanan ini memiliki vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin K. Selain itu, yoghurt juga mengandung kalsium dan protein yang membuat kulit menjadi berseri, kesehatan otak terjaga, kerja organ terbantu, dan sistem kekebalan tubuh meningkat. 

    Kandungan zinc yang dimiliki yoghurt mampu memulihkan luka di waktu yang cepat. Tidak hanya sehat dan segar, yoghurt juga merupakan jajanan anak yang sehat dan praktis. Berkat banyaknya rasa buah yang ditawarkan, yoghurt pasti mampu memikat hati anak-anak untuk memilihnya sebagai jajanan anak yang praktis dan sehat, daripada jajan sembarangan.

  5. Susu kemasan

    Susu memiliki nutrisi dan gizi yang baik untuk anak. Susu Kemasan bisa jadi alternatif jajanan anak yang praktis. Selain kemasannya yang praktis, rasanya juga sangat disukai anak. Susu Siap Minum Frisian Flag Milky UHT Kotak bisa menjadi pilihan baik untuk jajanan anak yang sehat dan praktis, serta bernutrisi untuk si buah hati. Diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan 7 Vitamin: Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12 dan D3 serta Mineral: Kalsium dan Fosfor untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan rasa yang enak.

Jajanan Sehat yang Bisa Dibuat di Rumah

Kondisi pandemi COVID-19 yang membuat kegiatan belajar harus dilakukan secara daring menyebabkan anak-anak tidak pergi ke sekolah. Hal ini bisa saja membuat anak merindukan sekolah seperti guru-guru, teman-teman, hingga jajanan yang kerap mereka temui saat bersekolah.

Namun, kondisi ini bisa disiasati oleh orang tua dengan membuat jajanan sehat yang praktis dan higienis untuk anak. Selain bisa berinovasi, orang tua juga bisa menjamin anak-anak mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat.

Berikut beberapa rekomendasi jenis jajanan anak yang sehat dan bisa orang tua buat selama anak-anak menjalani proses pembelajaran sekolah secara daring dari rumah.

  • Telur gulung

    Telur gulung salah satu jajanan anak yang digemari dan saat ini populer di kalangan masyarakat. Teksturnya yang cukup lembut dan mudah dikonsumsi membuat telur gulung digemari anak kecil maupun orang dewasa.

    Kandungan dari telur gulung pun cukup bernutrisi dan kaya protein. Selain itu, orang tua bisa berinovasi dengan menambahkan hiasan atau bahan pelengkap lain di dalam adonan telur seperti sosis atau bakso.

  • Sosis mie

    Sosis mie juga terbilang sebagai jajanan sehat yang sedang tren saat ini. Sajian ini bisa menjadi alternatif ketika anak bosan dengan hidangan mie yang monoton. Selain itu, rasa gurih sosis mie bisa menggugah selera anak. Kandungan protein dan nutrisi yang ada di dalam sosis juga baik untuk anak, juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Anda juga bisa menambahkan saus yang dibuat sendiri untuk menambah cita rasa sosis mie yang dihidangkan.

  • Makaroni telur

    Jika Anda ingin memastikan anak mendapat jajanan sehat, Anda bisa membuat cemilan yang sama seperti yang dijajakan di sekolah. Makaroni telur adalah hidangan selanjutnya sebagai alternatif. Kandungan protein yang ada di dalam telur baik untuk anak dan karbohidrat di dalam makaroni bisa memberi asupan tenaga bagi anak. Anda juga bisa berinovasi dengan mencampurkan sosis atau bakso di dalam hidangan ini.

  • Pizza mini

    Pizza mini bisa menjadi alternatif selanjutnya untuk menyajikan jajanan sehat bagi anak-anak di rumah. Tidak perlu membuat pizza dengan ukuran besar, Anda bisa membuatnya dalam ukuran mini yang punya penampilan menarik dan menggugah selera anak.

    Anda bisa memilih beragam topping untuk pizza mini yang dihidangkan. Mulai dari sosis, daging, keju, hingga jamur. Semakin bervariasi pelengkap yang diberikan, akan semakin baik untuk konsumsi anak.

  • Jamur crispy

    Jamur bisa menjadi pilihan makanan sehat maupun jajanan anak. Salah satu bentuk hidangan yang bisa disajikan adalah jamur crispy. Teksturnya yang renyah akan menggugah selera makan anak dan Anda bisa menyajikannya dengan ditemani saus buatan sendiri.

  • Cireng

    Cireng cukup sering dijajakan di lingkungan sekolah sebagai jajanan sehat. Memiliki rasa gurih dengan tekstur kenyal yang unik, cireng cukup digemari oleh anak-anak dan orang dewasa. Anda juga bisa membuat cireng dengan menambahkan daging atau sosis di dalamnya untuk membuat varian rasa yang berbeda.

  • Es mambo

    Es mambo adalah jajanan anak yang tak lekang oleh zaman. Anda bisa membuat es mambo di rumah dengan menjamin kehigienisan bahannya. Selain itu, Anda bisa memilih varian rasa yang ingin dibuat. Es mambo akan terasa nikmat saat disantap di cuaca panas. Selain untuk hidangan jajanan anak, Anda pun bisa menikmati es mambo sambil bernostalgia dengan masa kanak-kanak saat masih bersekolah.

  • Donat

    Donat menjadi jajanan anak yang banyak ditemui di sekolah. Teksturnya yang lembut dan mudah dikonsumsi sangat digemari oleh anak-anak. Anda bisa membuat donat dengan varian rasa bermacam-macam seperti susu, mesis, hingga keju.

  • Bakso goreng

    Kudapan satu ini cukup mudah ditemui di jalanan atau lingkungan sekolah, rasanya yang gurih dan tekstur yang renyah membuat bakso goreng cukup digemari di masyarakat. Anda dapat membuatnya di rumah dengan praktis dan berinovasi dengan membentuk bakso ke dalam berbagai bentuk. Untuk menambah cita rasa bakso goreng, Anda bisa membuat saus.

Itulah beberapa jenis jajanan anak yang sehat dan bisa Anda buat di rumah selama anak-anak masih menjalani kegiatan belajar secara daring. Anda juga melatih kreativitas anak dengan mengajak mereka untuk membantu membuat hidangan-hidangan tersebut.

Selain beragam jenis jajanan anak yang telah disebutkan di atas, sebaiknya anak-anak juga mendapatkan asupan nutrisi dari makanan lainnya, yang mencakup sarapan, makan siang, dan makan malam. Tak hanya itu, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan juga sebaiknya diberikan susu yang dapat mendukung kesehatannya agar lebih optimal.

Sebenarnya susu yang diformulasikan khusus untuk anak-anak juga termasuk jajanan sehat yang bisa kita berikan secara langsung atau dikombinasikan dengan jenis makanan lain, seperti sop buah dengan campuran susu, martabak mini, es mambo, donat, dan lain sebagainya. Dengan begitu, jajanan sehat tersebut tak hanya enak, tetapi juga kaya nutrisi dan manfaat.

Nah, salah satu susu yang bisa jadi pilihan tepat untuk anak-anak adalah Susu Siap Minum Frisian Flag Milky UHT. Susu ini berasal dari susu sapi segar yang di dalamnya mengandung beragam nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral. 

Mengonsumsi 2 kotak Susu Siap Minum Frisian Flag Milky UHT dapat mendukung kurang lebih 12% asupan protein yang dibutuhkan oleh anak-anak dalam satu hari. Tak heran jika susu ini cocok dijadikan jajanan sehat yang dapat mendukung asupan nutrisi harian si Kecil. Apalagi Susu Siap Minum Frisian Flag Milky UHT juga tersedia dalam 2 rasa yang disukai anak-anak, yaitu cokelat dan stroberi. Temukan informasi selengkapnya di sini.

Artikel Terkait