Facebook Pixel

Pilih Makanan Sehat untuk Dikonsumsi dengan 3 Tips Ini!

Banner
| 27 Agu 2021

Pilih Makanan Sehat untuk Dikonsumsi dengan 3 Tips Ini!

Pilih Makanan Sehat untuk Dikonsumsi dengan 3 Tips Ini!

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk menjaga tubuh tetap fit. Namun, tak sedikit pula yang justru tergiur dengan makanan dan minuman yang justru tidak menyehatkan tubuh. Alasannya karena makanan tidak sehat lebih memiliki cita rasa yang lezat dan gurih. Padahal, banyak pula makanan sehat yang cita rasanya tak kalah dengan makanan cepat saji. Apalagi jika Anda mengolah sendiri makanan sehat untuk keluarga, sehingga kualitas, kelezatan, dan kebersihannya tetap terjaga. 

Dalam mengonsumsi makanan sehat, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Ini karena makanan sehat tak hanya memiliki rasa enak, tetapi juga harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda dan keluarga. Lantas, apa saja tips memilih makanan sehat dan lezat untuk keluarga? Simak penjelasannya dalam artikel ini yuk! 

Segarnya Bahan Makanan

Sering kita temui di pasar maupun swalayan ragam bahan makanan sehat dalam kondisi segar maupun beku. Biasanya jenis makanan yang ditemui seperti sayur maupun daging. Jika memilih yang makanan sehat yang segar, pastikan kondisinya baik dan tidak rusak ataupun layu dalam penglihatan. Pasalnya, Anda perlu memahami adanya perbedaan dari memilih makanan segar dan beku sebagai bahan makanan sehat. Perbedaan bahan makanan segar dengan beku adalah, kandungan gizi makanan segar akan hilang beberapa hari seiring layu atau basi akibat bakteri patogen. 

Sedangkan, makanan beku lebih terjaga gizinya karena pertumbuhan bakteri patogen dihambat melalui proses pembekuan tersebut. Makanan beku tidak berarti tidak sehat asalkan jumlah pengawetnya tidak berlebihan hingga membahayakan kesehatan. Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa dari makanan beku yang Anda pilih. Oleh karena itu, pastikan memilih bahan yang tepat sebelum memasak makanan sehat untuk keluarga. 

Perhatikan Komposisi Makanan

Jika Anda berniat membeli makanan sehat yang dijual di pasaran, pastikan memerhatikan komposisi yang terkandung dalam makanan tersebut. Mengetahui komposisi apa saja yang ada dalam makanan tersebut bisa menghadirkan manfaat jika dipilih dengan tepat. Pasalnya, setiap makanan memiliki komposisi bahan masing-masing yang bisa bermanfaat bagi tubuh atau malah justru merugikan. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk teliti membaca komposisi makanan bisa membantu Anda mendapatkan manfaat dari isi kandungan di dalamnya. Contohnya, lemak merupakan salah satu kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Namun jika Anda ingin mengurangi lemak, maka Anda bisa kurangi bahan makanan yang mengandung banyak lemak. Jangan langsung memotong asupan lemak secara signifikan

Proses Memasak Yang Aman

Selain memilih jenis bahan makanan dan komposisi yang tepat, Anda juga harus mengolah makanan tersebut dengan tepat. Sebab, teknik memasak juga menjadi tolak ukur kandungan gizi di dalam makanan sehat tersebut. Selain itu, setiap bahan makanan memiliki karakteristik tertentu sehingga zat gizinya belum tentu bisa bertahan dalam semua cara masak.

Untuk menjaga kualitas gizi asupan keluarga Anda, kuncinya adalah jangan berlebihan. Dalam menggoreng, jangan gunakan terlalu banyak minyak. Begitu pula saat mencuci bahan makanan sebelum dimasak, jangan rendam terlalu lama atau memeras terlalu kencang. Hindari memasak atau memanaskan makanan sehat lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak. 

Menyajikan makanan sehat dan lezat memerlukan keseimbangan yang tepat. Ketika semua kriteria makanan sehat telah terpenuhi, pastikan rasanya pun lezat sehingga makin bisa dinikmati seluruh keluarga.

Nutrisi yang Harus Ada Dalam Menu Makanan Sehat

 

Setelah mengetahui tips dalam memilih makanan sehat yang tepat untuk keluarga, kini saatnya Anda memahami nutrisi apa saja yang harus ada dalam menu makanan sehat. Hal ini penting agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang, sehingga kesehatan tubuh semakin terjaga. Berikut ini beberapa nutrisi yang harus ada dalam menu makanan sehat keluarga: 

Protein

Dalam setiap menu makanan sehat, Anda perlu memasukkan protein sebagai nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Ini karena protein memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengoptimalkan fungsi sel dan jaringan tubuh, melawan radikal bebas, mempercepat proses penyembuhan luka, dan sebagai sumber energi. Sumber protein berkualitas di antaranya susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahannya. 

Karbohidrat

Selain protein, karbohidrat juga termasuk nutrisi makro yang harus ada dalam menu makanan sehat untuk keluarga. Dengan mengonsumsi karbohidrat sesuai batas normal, maka tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Anda bisa mendapatkan manfaat karbohidrat dari nasi, roti, sereal, kentang, pasta, dan lainnya. 

Lemak

Asupan lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah lemak. Lemak juga harus masuk ke dalam menu makanan sehat untuk keluarga. Sebab, lemak berperan dalam menyerap beberapa jenis vitamin. Selain itu lemak juga mempunyai manfaat agar tubuh dengan mudah membentuk hormon dan membangun sistem pertahanan tubuh. Selain itu, lemak juga berperan dalam perkembangan otak anak, serta membantu si kecil mencapai pertumbuhan yang optimal. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan sumber makanan dengan kandungan lemak. Sumber lemak bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, daging, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, telur, keju, dan yoghurt. 

Serat

Anda pasti sudah sering mendengar manfaat serat sebagai nutrisi yang dapat melancarkan saluran pencernaan. Manfaat serat tak hanya itu lho, nutrisi ini berperan dalam mencegah obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Makanan sehat yang mengandung serat di antaranya oatmeal, roti gandum, ubi jalar, wortel, pisang, pir, dan apel. 

Vitamin

Selain nutrisi makro, tubuh juga memerlukan vitamin sebagai nutrisi mikro yang mendukung asupan gizi harian. Ada banyak jenis vitamin yang perlu dipenuhi, mulai dari vitamin A, B kompleks, C, D, E, K. Setiap vitamin memiliki perannya masing-masing untuk kesehatan tubuh. Ada banyak beragam makanan yang mengandung vitamin, termasuk sayuran dan buah-buahan. 

Mineral

Makanan sehat juga sebaiknya mengandung mineral karena nutrisi ini merupakan elemen penting untuk membantu mengoptimalkan fungsi otak dan jantung. Ada banyak sumber mineral yang bisa Sahabat konsumsi, di antaranya alpukat, stroberi, blueberry, blackberry, kacang-kacangan, kerang, tiram, ikan sarden, brokoli, taoge, kale, kubis, kol, telur, keju, yoghurt, dan lainnya. 

Contoh Menu Makanan Sehat

Berikut ini contoh menu makanan sehat yang mencakup menu sarapan, makan siang, dan makan malam yang bisa Anda olah dengan mudah di rumah:

Omelette Telur Sayuran 

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur ayam 
  • 1/2 siung bawang bombai, cincang kasar
  • Paprika, potong kotak-kotak 
  • 1/2 buah tomat. potong kotak-kotak 
  • 2 buah jamur champignon, iris tipis
  • 2 buah sosis, iris tipis 
  • Keju mozarella secukupnya
  • Keju cheddar parut secukupnya
  • 3 sdm susu cair Purefarm Full Cream 
  • Garam dan merica secukupnya
  • Margarin untuk menumis 

Cara membuat:

  1. Pertama siapkan wadah bersih untuk kocok telur bersama keju parut, susu cair, garam, dan merica. Kocok hingga semua bahan tercampur merata. Sisihkan
  2. Selanjutnya, siapkan penggorengan atau teflon dan panaskan margarin. Mulai Tumis bawang bombay, paprika, jamur, dan sosis. Masak seluruh bahan hingga harum. Pastikan jamur layu matang. Ratakan bahan ke seluruh wajan dan kecilkan api
  3. Tuang kocokan telur. Acak secara perlahan dan masak hingga setengah matang
  4. Tambahkan tomat dan keju kotak-kotak. Lipat omelet jadi bentuk setengah lingkaran. Tutup wajan sebentar dan masak sampai keju meleleh. Angkat dan sajikan

Sup Sayur Telur Puyuh

Bahan-bahan:

  • 1 buah wortel
  • 1 buah kentang
  • 4 butir telur puyuh
  • 1 kuntum brokoli
  • 1 siung bawang putih diiris tipis
  • 1 batang daun bawang
  • seledri secukupnya

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • Sedikit pala bubuk
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus, masukkan daun bawang
  2. Tuang air pada tumisan, masak sampai mendidih
  3. Masukkan wortel dan kentang
  4. Masukkan telur puyuh, brokoli dan seledri. Masak sampai matang. Angkat dan sajikan

Nugget Ayam Tahu Sayur

 

Bahan-bahan:

  • 600 gram daging ayam yang sudah dihaluskan
  • 1 buah wortel, dirajang kecil-kecil
  • 1 butir telur ayam
  • 1 kotak tahu putih
  • 1 lembar daun bawang, dirajang kecil-kecil
  • 1/2 butir bawang bombai
  • 100 gram tepung terigu

Bumbu halus:

  • 3 siung bawang putih
  • Merica, garam, dan gula secukupnya

Bahan taburan:

  • Tepung panir secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan daging ayam, tahu, irisan wortel, daun bawang, dan bahan lainnya kecuali telur
  2. Masukkan bumbu halus ke dalam adonan, aduk rata.
  3. Kukus selama kurang lebih 15 menit.
  4. Setelah dikukus, potong kotak-kotak.
  5. Kocok lepas telur, celupkan nugget ke dalam kocokan telur.
  6. Taburi atau baluri dengan tepung terigu.
  7. Panaskan minyak di wajan.
  8. Goreng nugget hingga cokelat keemasan, angkat dan tiriskan


Untuk keluarga jangan asal pilih makanan, pastikan gizinya lengkap, selalu sediakan Frisian Flag Purefarm Full Cream untuk lengkapi gizi sehat keluarga. Cek info lengkapnya di sini!

Artikel Terkait