Tips Memilih Makanan Sehat dan Lezat untuk Keluarga

| 12 Sep 2017

Tips Memilih Makanan Sehat dan Lezat untuk Keluarga

Berbagai jenis makanan dan minuman kini tersedia, mulai dari kaki lima, rumah makan, restoran, hingga pesanan online. Setiap jenisnya bercitarasa khas yang lezat dan menggiurkan, mulai penampakan hingga aromanya. Mungkin keluarga Anda pun punya tempat makan langganan pula.

Meski demikian, jangan lupakan kebutuhan gizi untuk keluarga Anda. Ada pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Segarnya Bahan Makanan

Sering kita temui di pasar maupun swalayan ragam bahan makanan segar dan beku, seperti sayur maupun daging. Jika memilih yang segar, pastikan kondisinya baik dan tidak  rusak ataupun layu.

Perbedaan bahan makanan segar dengan beku adalah, kandungan gizi makanan segar akan hilang beberapa hari seiring layu atau basi akibat bakteri patogen. Sedangkan makanan beku lebih terjaga  gizinya karena pertumbuhan bakteri patogen dihambat. Makanan beku tidak berarti tidak sehat asalkan jumlah pengawetnya tidak berlebihan hingga membahayakan kesehatan. Perhatikan juga tanggal kedaluwarsanya.

2. Perhatikan Komposisi Makanan

Tiap makanan memiliki  komposisi bahan masing-masing yang bisa bermanfaat bagi tubuh atau malah merugikan. Teliti membaca komposisi makanan bisa membantu Anda mendapatkan manfaat dari isi kandungan di dalamnya. Contohnya, lemak diperlukan tubuh. Namun jika Anda ingin mengurangi lemak, maka kurangi bahan makanan yang mengandung banyak lemak.

3. Proses Memasak Yang Aman

Teknik memasak juga menjadi acuan kesehatan makanan. Teknik memasak bergantung pada selera dan hasil yang diharapkan dalam penyajian makanan. Selain itu, setiap bahan makanan memiliki karakteristik tertentu sehingga  zat gizinya belum tentu bisa bertahan dalam semua cara masak.

Untuk menjaga kualitas  gizi asupan keluarga Anda, kuncinya adalah jangan berlebihan. Dalam menggoreng, jangan gunakan terlalu banyak minyak. Begitu pula saat mencuci bahan makanan sebelum dimasak, jangan rendam terlalu lama atau memeras terlalu kencang.

Menyajikan makanan sehat dan lezat memerlukan keseimbangan yang tepat. Ketika semua kriteria makanan sehat telah terpenuhi, pastikan rasanya pun lezat sehingga makin bisa dinikmati seluruh keluarga.

Artikel Terkait