Facebook Pixel

8 Manfaat Omega 3 Untuk Tubuh, Apa Saja?

Banner
| 28 Sep 2021

8 Manfaat Omega 3 Untuk Tubuh, Apa Saja?

8 Manfaat Omega 3 Untuk Tubuh, Apa Saja?

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang Omega 3. Tapi mengapa nutrisi ini sangat penting bagi tubuh? Apa manfaatnya bagi tubuh? Omega 3 adalah jenis lemak tidak jenuh yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga Anda harus mendapatkannya dari asupan makanan. Omega 3 termasuk asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga membutuhkan asupan dari sumber makanan yang mengandung omega 3. Berdasarkan manfaatnya, omega 3 terbagi ke dalam tiga jenis, antara lain:

  • Docosahexaenoic acid (DHA)berperan dalam menjaga fungsi otak 
  • Eicosapentaenoic acid (EPA), berperan untuk membantu mengurangi peradangan dan depresi
  • Alpha-linolenic acid (ALA), digunakan sebagai energi. ALA juga dapat diubah menjadi DHA atau EPA

Selain mengandung asam lemak seperti AA, ALA DHA, dan EPA yang penting bagi otak, ternyata masih banyak ada banyak manfaat Omega 3 bagi manusia. 

Baca Juga : RESEP TIRAMISU NIKMAT, MUDAH DICOBA

Fakta Manfaat Omega 3 untuk Kesehatan Tubuh

Mengurangi Kram Menstruasi 

Dikutip dari riset yang dipublikasikan oleh Milton S. Hershey Medical Center dari Pennsylvania State University, wanita yang meminum suplemen Omega 3 merasa kram menstruasinya berkurang dibandingkan saat mereka minum obat anti nyeri khusus untuk kram menstruasi. Fakta yang cukup menarik, bukan? 

Faktanya, mengonsumsi ikan yang kaya dengan asam lemak omega 3 dan merkuri yang baik untuk tubuh saat menstruasi dapat dikatakan sebagai makanan sehat pelancar haid. Asam lemak Omega 3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Mengonsumsi ikan atau minyak ikan yang kaya akan Omega 3 juga dapat memperlancar siklus haid.

Menurunkan Gejala Asma

Dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Rochester di New York, asam lemak Omega 3 dapat mengurangi produksi lg-E atau antibodi yang memicu reaksi alergi dan gejala asma pada orang dengan kasus asma ringan. Nutrisi ini dapat bekerja dengan membantu menghentikan peradangan tanpa menekan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Allergology International mengatakan bahwa lemak yang berasal dari tumbuhan dan juga asam lemak Omega 3 dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada saluran napas penderita asma. Dengan demikian, risiko kekambuhan gejala asma dapat diminimalisir jika mengonsumsi Omega 3.

Meningkatkan Level Kalsium dalam Tubuh

EPA dan DHA dalam Omega 3 membantu meningkatkan level kalsium dalam tubuh. Dengan asupan Omega 3 yang cukup, kadar kalsium dalam tubuh akan meningkat sehingga membantu proses pembentukan dan penguatan tulang dan gigi.

Menyehatkan Jantung

Berbagai penelitian mengatakan bahwa Omega 3 memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah dapat menyehatkan jantung. Penelitian mengatakan bahwa, 24 persen orang-orang yang mengonsumsi minyak ikan yang kaya akan Omega 3 mampu membuat penyakit jantung tak lagi kambuh, hal tersebut telah dibuktikan dalam salah satu studi di Circulation.

Minyak ikan yang begitu kaya akan kandungan Omega 3 terbukti memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan jantung manusia, hal ini disampaikan oleh pemimpin studi di Circulation yaitu Dr Alejandro Macchia yang merupakan salah satu ahli jantung di yayasan GESICA, Buenos Aires.

Baca Juga: Menuju Indonesia Sehat

Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Mengonsumsi minyak ikan yang kaya akan Omega 3 juga dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara, khususnya untuk wanita. Kekuatan estrogen dalam jaringan payudara akan diturunkan oleh hadirnya asam lemak pada Omega 3, tentunya ini juga adalah salah satu manfaat yang akan didapatkan jika mengonsumsi Omega 3.

Nantinya juga asam Omega 3 akan berperan menjadi elemen penting, untuk menggantikan sel payudara yang tengah rusak karena terserang oleh inflamasi sel kanker. Bagi seseorang yang sudah terkena kanker payudara, asam lemak Omega 3 bahkan dapat menjadi salah satu kunci dalam melawan serangan kanker yang terjadi.

Memperkuat Otot dan Tulang

Siapa sangka Omega 3 juga dapat membuat otot dan tulang yang ada di dalam tubuh menjadi lebih kuat? Ternyata hal tersebut ada penelitiannya, lho. Sebuah penelitian pada wanita dengan usia di atas 65 tahun yang biasa atau sudah mendapat asupan lemak Omega 3 terbukti memiliki otot dua kali lebih kuat daripada wanita lain yang mengonsumsi minyak zaitun.

Namun tidak hanya itu, bagi mereka juga yang sering mengonsumsi minyak ikan justru dapat dikatakan memiliki kepadatan mineral tulang lebih besar atau Bone Mineral Density (BMD). Untuk orang-orang yang memiliki profesi sebagai seorang binaragawan, tentu tulang serta bagian persendian menahan banyak sekali tekanan saat menjalani aktivitas yang cukup berat, mengonsumsi Omega 3 sangat disarankan agar otot dan tulang menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Baca Juga : Cara Meninggikan Badan yang Sehat dan Alami, Sudah Coba?

Menjaga Perkembangan Otak

Pemikiran manusia serta seluruh badan diketahui menjadi tanggung jawab dari pusat sistem saraf manusia yaitu otak. Pekerjaan yang dilakukan sehari-hari tentunya tak akan berjalan maksimal tanpa didukung kinerja otak yang berkembang dengan baik. Perkembangan otak ini dapat dijaga jika mengonsumsi Omega 3, sehingga kinerja otak akan tetap maksimal.

Kandungan nutrisi yang ada dalam omega 3 mampu menjaga fungsi hormon aktif antara lain seperti dopamin dan serotonin, kedua hal tersebut mampu menghindarkan seseorang dari penyakit otak. Omega 3 juga sangat penting dikonsumsi bagi orang dengan usia lanjut, karena kandungannya yang tinggi mampu memperlambat penurunan mental dan memori.

Mengonsumsi Omega 3 juga tidak hanya penting bagi orang tua, ibu hamil juga perlu mengonsumsi ini yang dapat menjaga pertumbuhan otak pada janin yang dikandung, karena Ibu yang sedang hamil kekurangan Omega 3 mampu membuat otak pada janinnya tidak berkembang dengan optimal. Selain itu, Omega 3 juga bermanfaat dalam menjaga kekuatan janin, sehingga meminimalisir faktor risiko keguguran dan kelahiran prematur pada ibu hamil.

Baik Untuk Pertumbuhan 

Manfaat adalah dapat menstimulasi tubuh untuk mensekresi hormon pertumbuhan atau Human Growth Hormone (HGH). Kandungan antioksidan yang terkandung dalam asam lemak Omega 3 sangat baik dalam bertugas meregenerasi sel tubuh serta melindungi dari kerusakan.

British Journal of Nutrition melakukan studi yang dipublikasikan pada 2016 lalu, menemukan sebanyak 8 dari 10 anak Indonesia kurang asupan Omega 3, sedangkan zat tersebut sangatlah baik untuk proses pertumbuhan anak. Omega 3 berperan penting untuk orang yang sedang memiliki luka, sebab kandungan zat ini mampu membuat luka dapat sembuh dengan begitu cepat dalam waktu yang singkat jika dikonsumsi pada saat tubuh sedang mengalami luka.

Nutrisi ini pun bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan mengontrol berat badan seseorang lho. Saat sedang sakit, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak Omega 3 karena dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. 

Meski namanya asam lemak omega 3, tapi kandungan di dalamnya bukan lemak jahat yang bisa meningkatkan berat badan lho. Omega 3 justru dapat mengendalikan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang, tentunya dengan konsumsi yang sesuai batas normal. Pastikan menyeimbangkan asupan omega 3 dengan nutrisi lain agar lebih optimal. 

Selain itu, asam lemak ini pun dianggap sebagai nutrisi yang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga berperan dalam membantu meningkatkan kesehatan mental. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian di mana mengonsumsi Omega 3 secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit mental, seperti bipolar, skizofrenia, dan depresi.

Baca Juga : 7 Resep Menu Sarapan Sehat Sederhana dan Penuh Manfaat

Sumber Makanan yang Mengandung Omega 3

Saat ini banyak suplemen omega 3 yang diklaim dapat menjaga kesehatan tubuh. Namun, Anda tetap harus hati-hati, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ingin memilih suplemen tersebut. Sebab, ada cara lain yang lebih sehat lho, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 seperti di bawah ini:

  1. Ikan salmon

    Anda pasti mengetahui bahwa salmon merupakan salah satu jenis ikan yang sering kali disebut-sebut sebagai makanan kaya akan nutrisi. Yup! Memang betul. Kandungan nutrisi dalam ikan salmon meliputi asam lemak, protein, beragam vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. 

  2. Ikan makarel

    Melansir laman resmi healthline.com, makarel merupakan jenis ikan yang mengandung omega 3 untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko penyakit berbahaya. Anda tetap harus mengolah ikan makarel dengan cara yang sehat, supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga ya! 

  3. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kedelai, edamame, dan produk olahan kacang juga mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh lho. Saatnya konsumsi kacang-kacangan sesuai batas normal ya!

  4. Biji-bijian

    Biji flaks atau flaxseed merupakan jenis biji-bijian yang memiliki kandungan ALA yang tinggi. Biji-bijian juga kaya akan serat yang baik untuk memperlancar pencernaan. Kandungan serat juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Oleh karena itu, Anda bisa mengolah biji-bijian menjadi menu kesukaan keluarga untuk mendukung asupan nutrisinya. 

  5. Sayuran hijau

    Bukan hanya vitamin dan mineral, sayuran hijau juga mengandung omega 3 yang bisa menambah nutrisi untuk tumbuh kembang anak-anak. Namun, kandungan omega 3 di dalam sayuran hijau memang tidak setinggi pada ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sayuran hijau yang bisa Anda olah di antaranya bayam, kale, kubis brussel, dan rumput laut. 

  6. Minyak 

    Minyak zaitun, minyak kanola, minyak flaxseed, dan minyak kedelai termasuk jenis minyak yang mengandung omega 3. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih jenis minyak yang tepat saat mengolah makanan untuk keluarga.

  7. Susu

    Selain mendapatkan asupan Omega 3 dari berbagai macam makanan dan suplemen makanan, agar kebutuhan gizi keluarga Anda tetap terpenuhi, jangan lupa juga minum susu untuk tetap melengkapi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda sehari-hari.

Baca Juga : Diet Sehat Tanpa Harus “Menderita”

Minum Susu Siap Minum Frisian Flag yang tersedia dalam kemasan praktis yang dapat dinikmati kapanpun di manapun. Susu Siap Minum Frisian Flag diproduksi dengan susu segar dan mengandung zat gizi makro dan mikro, dapat Anda nikmati dalam berbagai varian rasa: Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry), dan Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Lengkapi Omega 3 harian Anda dengan Frisian Flag Purefarm. Info lengkap Frisian Flag Purefarm bisa cek di sini.

Artikel Terkait