BERANDA

SUSTAINABILITY

Sehat Sejahtera Selaras

MILKPEDIA

Nutrisi & Kesehatan Manfaat Minum Susu Kapan & Bagaimana Cara Minum Susu FAQ

RESEP KAMI

Resep dengan Susu Cair Resep dengan Kental Manis Resep dengan Susu Bubuk

AKTIVITAS KAMI

Menangkan Puasamu dengan Frisian Flag Cokelatnya Bikin Semua Nikmat Dunia Zuzhu Games Zuzhu & Zazha Kebaikan Susu 100 Tahun Frisian Flag Professional

PRODUK KAMI

Susu Kental Manis Susu Siap Minum Susu Bubuk Keluarga Susu Ibu dan Balita

PERUSAHAAN KAMI

Tentang Kami Galeri Photo Berita Siaran Pers Business Principles Safety Policy Tujuan Kami

KARIR

Overview Pusat Karir Event Artikel

FITUR KAMI

Massa Tubuh Gizi Harian

Nutrisi & Kesehatan
20 Okt 2017

Manfaat Susu dan Segala Kebaikannya untuk Kesehatan Tubuh

Kalsium dan susu adalah dua kata yang tak terpisahkan. Ini adalah manfaat susu yang paling dikenal. Padahal selain kalsium, susu punya manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Susu bisa diperoleh dari sapi, kambing, dan domba. Keunggulan dari sapi perah dibandingkan hewan ternak lainnya adalah kemampuannya mengubah makanan yang dikonsumsinya menjadi konsentrat berbentuk susu. Kualitas susu sendiri ditentukan oleh makanan yang dikonsumsinya. 

Baca Juga : RESEP BARONGKO KHAS SULAWESI TENGAH

Di negara-negara maju, sapi perah dijadikan sebagai sumber kekuatan ekonomi dan kesehatan. Susu sapi memiliki nutrisi lengkap yang tidak ditemui pada makanan lainnya. Mirip dengan darah putih pada manusia, susu sapi mengandung vitamin dan berbagai macam asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam segelas susu, ada manfaat susu lainnya yang sama baiknya dengan kalsium, antara lain: 

Dalam tiap 100 gram susu, terkandung energi sebesar 70,5 kilo kalori dengan protein sebanyak 3,4 gram, lemak 3,7 gram, kalsium 125 miligram, dengan tingkat penyerapan oleh tubuh sebanyak 98 - 100%. Susu adalah salah satu makanan dengan zat gizi paling lengkap untuk kebutuhan Anda. Sekarang Anda tahu bahwa susu tidak hanya mengandung kalsium saja.

Terdapat lebih dari enam miliar manusia di dunia yang menyantap makanan atau minuman yang diolah dari susu secara teratur. Meskipun mengkonsumsi dari produk olahan, manfaat susu tetap terkandung dengan baik asalkan produk olahan diproduksi secara benar. Produk olahan yang bisa Anda nikmati manfaat susunya adalah keju, mentega, yoghurt, permen susu, dan tahu susu.

Manusia sudah merasakan manfaat susu sedari bayi melalui ASI (Air Susu Ibu). Sampai sudah dewasa pun, para ahli gizi menyarankan untuk tetap mengkonsumsi susu setiap hari karena ada begitu banyak manfaat susu untuk tubuh manusia. Oleh karena itu, tidak heran apabila susu menjadi pelengkap pola hidup empat sehat lima sempurna. Manfaat susu bisa didapatkan oleh anak kecil, orang dewasa hingga ibu hamil.

Baca Juga: Cegah Risiko Osteoporosis dengan Minum Susu untuk Tulang

Manfaat Susu untuk Si Kecil

Si kecil membutuhkan asupan protein, kalsium, dan vitamin D setiap harinya. Meskipun protein bisa didapatkan dari ayam ataupun tahu, kalsium bisa diperoleh dari ikan salmon ataupun oatmeal, dan vitamin D bisa diterima dari telur ataupun jamur, asupan-asupan penting tersebut dapat dengan mudah ditemukan di dalam kandungan susu. Berikut adalah manfaat susu untuk sang buah hati:

Manfaat Susu untuk Orang Dewasa

Awalnya, kata ‘susu’ mungkin lebih terdengar akrab dengan anak-anak. Namun, sekarang ini banyak orang yang sudah melek manfaat susu sehingga orang dewasa pun beramai-ramai minum susu sebagai pendamping sarapan. Terdapat berbagai alasan mengapa saat ini orang dewasa mengkonsumsi susu, misalnya saja ingin menurunkan berat badan, menjaga kebugaran tubuh, dan mempercantik kulit. Namun, apakah benar hal-hal tersebut yang akan didapatkan apabila mengkonsumsi susu? Yuk, kupas satu per satu manfaat susu untuk orang dewasa berikut ini.

Baca Juga: Farmer2Farmer

Manfaat Susu untuk Ibu Hamil

Saat seorang perempuan hamil, ia tidak hanya bertanggung jawab atas kesehatan tubuhnya sendiri, melainkan ia harus turut memikirkan kesehatan sang janin. Tubuh sang ibu pun akan mulai berubah. Ada beberapa nutrisi dan protein yang perlu ditambah. Oleh sebab itu, para ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi tiga gelas susu supaya mendapatkan manfaat susu yang begitu penting baik untuk si ibu maupun sang janin. Simak beberapa manfaat susu untuk ibu hamil berikut ini.

Baca Juga : RESEP BUBUR MUTIARA

Manfaat kesehatan jangka panjang meminum susu secara rutin

Dengan segala manfaat yang ditawarkan, sangat dianjurkan bagi Anda dan keluarga, dari muda hingga yang tua untuk meminum susu dengan rutin.Selain dapat melepas dahaga dan membantu tubuh Anda bekerja lebih optimal, masih banyak manfaat yang didapatkan secara jangka panjang dari kebiasaan meminum susu. Jadi, sangat disayangkan jika Anda melewatkan hari tanpa meminum susu. Berikut adalah manfaat jangka panjang yang bisa Anda rasakan hanya dari rutin meminum susu satu gelas sehari.

  1. Memperlambat osteoporosis

    Kalsium merupakan salah satu dari banyaknya zat yang terkandung di dalam susu. Dengan kalsium, manfaat yang bisa Anda rasakan dari meminum susu secara rutin dalam jangka panjang adalah memperlambat bahkan mencegah osteoporosis. Secara umum, osteoporosis memiliki arti tulang yang keropos. Hal ini ditandai dengan berkurangnya tingkat kepadatan tulang Salah satu cara yang mudah dalam mencegah osteoporosis adalah dengan meminum susu secara rutin. Dengan memastikan asupan kalsium yang terpenuhi dengan minum susu secara rutin, Anda dapat mencegah osteoporosis sedari dini.
  2. Bagus untuk pengidap anemia

    Salah satu zat penuh manfaat lainnya yang bisa ditemukan di dalam susu adalah zat besi. Untuk pengidap anemia, meminum susu secara rutin bisa jadi berita baik, karena susu dapat membantu meminimalisasi resiko kekurangan hemoglobin pada yang juga akan berdampak pada peningkatan produktivitas Anda. Manfaat zat besi yang terdapat dalam susu bagi penderita anemia adalah kandungan zatnya yang bisa bantu tubuh untuk membentuk sel darah merah secara lebih optimal. Minum susu selama satu gelas sehari dapat membuat Anda terjaga dari risiko anemia.
  3. Menjaga tubuh dari pembentukan kanker

    Salah satu peran penuh manfaat dari vitamin D yang terkandung dalam susu adalah memberikan proteksi pertumbuhan sel dan perlindungan dari kanker. Sebetulnya, vitamin D bisa didapatkan dengan mudah dengan cara berjemur di bawah matahari pagi. Namun, karena budaya work from home yang saat ini sedang digalangkan, cara terbaik agar menjaga diri dari penyebaran virus di luar adalah dengan meminum susu secara rutin. Selain itu, paduan kalsium dan vitamin D yang ada pada susu juga mampu mencegah pembentukan kanker ovarium. Jadi, jangan lupa minum susu, ya.
  4. Menjaga kesehatan kulit

    Mungkin Anda pernah mendengar mitos agar kulit tetap sehat dan cerah bisa didapatkan dengan cara melakukan mandi susu layaknya Cleopatra. Ternyata itu bukan mitos belaka. Memang benar bahwa susu memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit Anda. salah satu zat dalam susu yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda adalah asam laktat. Peran asam laktat bagi kulit adalah sebagai exfoliant, yaitu enzim yang dapat membantu membuat kulit tetap halus. Selain itu ada juga zat asam amino yang menjaga tingkat kelembapan kulit.
  5. Memperbaiki kondisi tubuh pasca sakit

    Sebagaimana yang diketahui, bahwa susu bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah membantu pemulihan tubuh pasca sakit. Hal ini terbukti berkat bantuan kandungan protein yang ada di dalam susu. Protein ternyata dapat membentuk sel atau jaringan yang dibutuhkan tubuh pada masa pemulihan, sehingga hasilnya bisa lebih cepat dan optimal. Selain itu, protein juga membantu melancarkan metabolisme tubuh Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk meminum susu secara rutin. Lebih baik lagi jika Anda meminum susu setiap hari karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan Anda

Selain kalsium, ternyata susu banyak memberikan gizi lain, cek info lengkapnya di sini. Baik anak kecil maupun dewasa, manfaat susu sama besarnya untuk kesehatan tubuh manusia. Jadi, jangan lupa selalu sediakan untuk dapatkan gizi terbaik. Dengan kandungan 8 vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12) serta 3 mineral (kalsium, fosfor, dan iodium), Frisian Flag Purefarm Full Cream menunjang manfaat susu secara optimal. 

Baca lagi:

Kenapa sih Kamu harus minum susu di sore hari?

Cara Hidup Sehat Ini Bisa Bikin Awet Muda

Share This Entrys

Artikel Terkait
Milkpedia

Sudah Minum Susu Tiap Hari kok Badan Nggak Tinggi?

Milkpedia

Jaga Tubuh dengan Mulai Lakukan Gaya Hidup Sehat ini

Milkpedia

Kembali Segar Setelah Puasa dengan 3 Resep Takjil Cocopandan Ini!