Cemilan Sehat untuk Anak? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Banner
| 15 Mei 2020

Cemilan Sehat untuk Anak? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Cemilan Sehat untuk Anak? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Anak memiliki ukuran organ pencernaan yang lebih kecil daripada orang dewasa. Karena itu mereka tidak bisa makan dalam porsi besar sekaligus. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, cemilan sehat untuk anak di antara jam makan utama sangat diperlukan. Ada aneka bahan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil, mulai dari sayur, buah hingga asupan protein. Ibu juga bisa memberikan produk olahan susu yang kaya nutrisi untuk si buah hati.

Hal yang harus diperhatikan adalah mengatur porsi makan Anak. Anak usia 2-5 tahun rawan untuk obesitas. Untuk mencegahnya, aturlah porsi, jenis dan jam makanan anak Ibu. Berikut ini adalah rekomendasi beserta jam-jam yang tepat untuk memberikan cemilan pada anak tanpa mengganggu jam makan atau waktu tidurnya.

Sarapan pagi biasa dimulai pukul 07.00 WIB. Ibu bisa memberikan cemilan sehat untuk anak pukul 09.00-10.00 WIB. Sebenarnya cemilan sehat untuk anak sudah bisa diberikan sejak bayi berusia 9 bulan. Pada bayi di bawah 9 bulan, cukup berikan dua kali cemilan setiap harinya. Untuk bayi di atas sembilan bulan hingga anak-anak usia sekolah, berikan tiga kali cemilan setiap harinya. Ibu bisa memberikan cemilan sehat untuk anak sekolah berupa oatmeal, susu dan biskuit, atau susu dan roti. Karena susu sangat bermanfaat untuk pembentukan tulang yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan. Susu siap minum Frisian Flag Kid dalam kemasan praktis juga bisa menjadi penyemangat si kecil dalam beraktivitas. Cek info lengkap variannya disini.

Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan sehat untuk anak-anak dan bisa dibuat sebagai camilan yang enak. Oat mengandung serat larut tinggi yang meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di saluran pencernaan, bersama dengan manfaat kesehatan lainnya. Granola yang renyah dan manis bisa jadi pilihan cemilan sehat. Saat membuat oatmeal dengan campuran susu menggantikan air, maka akan menambah protein dan kalsium untuk si kecil. Agar oatmeal yang ingin Ibu sajikan sebagai snack sehat tidak terasa hambar, Ibu boleh menambahkan bahan-bahan lain, misalnya buah apel atau satu sendok bubuk kayu manis. Ibu juga bisa membuat oatmeal menggunakan susu. Dengan begitu, snack yang Ibu buat pun mengandung protein dan juga kalsium yang sehat untuk anak.

Selai kacang tanpa gula

Selai kacang mengandung serat dan protein. Jika anak Ibu tidak memiliki masalah alergi terhadap kacang, anak Ibu dapat mengonsumsinya bersama dengan setangkup roti untuk sarapan.

Jika anak makan siang antara pukul 12.00 - 13.00 WIB, waktu yang tepat memberikan cemilan adalah antara pukul 15.00 - 16.00 WIB. Tapi yang harus Ibu ingat jangan memberikan cemilan ketika sudah dekat waktu makan siang. Misalnya si kecil sudah lapar setengah jam sebelum waktu makan siang, jangan memberikan cemilan terlalu berat karena akan menghilangkan rasa lapar untuk makan siang. Cukup berikan jus buah, sayur, puding atau kue sehat yang cocok untuk si kecil.

Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang kaya akan vitamin C. Rasanya yang manis membuat wortel cocok menjadi camilan sehat yang kaya serat.

Seledri yang diolesi selai kacang dan kismis

Sayuran serat dengan vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Seledri yang diolesi selai kacang dan kismis, atau biasa disebut "semut di atas kayu," adalah cara yang menyenangkan untuk membuat anak suka makan sayur. Potong-potong seledri menjadi tiga atau empat potong, lalu oleskan selai kacang di dalam seledri, dan atur beberapa kismis di atas selai kacang. Gabungan tiga makanan ini memberikan keseimbangan karbohidrat, protein, dan lemak yang baik. Tetapi, pastikan untuk membeli selai kacang tanpa tambahan gula atau minyak sayur.

Smoothie buah

Smoothie buah seperti mango smoothie adalah cara yang baik untuk mengemas banyak nutrisi ke dalam camilan anak-anak. Orangtua dapat menambahkan sayuran ke smoothie. Dengan manisnya buah, anak mungkin tidak menyadari ada sayuran di dalamnya. Tetapi saat membuat, sebaiknya gunakan bahan-bahan segar dan hindari buah yang tinggi gula.

Pir

Pir adalah makanan yang manis dan mudah dimakan oleh anak kecil saat dipotong-potong. Pir kaya akan serat dan senyawa tanaman bermanfaat. Letakkan irisan pir dengan keju untuk menambahkan sumber protein dan kalsium yang enak ke camilan anak atau balita.

Cake Buah

Siapa sih yang tidak suka kue? Coba buat kue rendah gula dan masukkan buah-buahan ke dalam adonan dan toppingnya. Ini bisa menjadi pilihan snack untuk anak yang lezat dan sehat, sekaligus menggugah selera.

Es Krim Vegan

Es krim vegan menjadi cemilan yang tepat bagi si Kecil yang memiliki masalah alergi dengan produk susu dan keju. Gunakan bahan dasar buah seperti pisang, strawberry, dan lainnya.

Makan malam yang baik untuk anak-anak antara pukul 17.00-18.00 WIB. Ibu dapat memberikan cemilan sebelum si kecil tidur malam atau pukul 20.00 WIB. Berikan susu dan biskuit atau buah agar saat anak tidur, perutnya tidak dalam keadaan kosong dan bisa tidur nyenyak. Tapi jika si kecil sudah merasa lapar sebelum jam makan malam, berikanlah cemilan sehat untuk anak yang rendah gula, misalnya sereal, potongan buah, cracker, potongan keju, atau yogurt.

Yogurt

Untuk mengatasi rasa lapar anak kamu, sediakan yogurt beku. Campurkan buah-buah beri dengan yogurt rendah lemak dan sedikit susu. Gabungkan campuran tersebut ke dalam cetakan pop es dan bekukan. Langsung dari pendingin, berikan camilan ini pada anak. Pop yogurt merupakan salah satu jenis camilan sehat untuk anak Ibu.

Yogurt memiliki manfaat:

  • sebagai probiotik yang baik untuk fungsi pencernaan
  • sebagai antioksidan
  • salah satu sumber kalsium untuk pertumbuhan tulang

Anggur

Untuk camilan manis, kamu bisa mengganti es krim dengan anggur beku yang dimasukkan ke dalam kantung es. Manfaat anggur antara lain:

  • menurunkan risiko penyakit jantung
  • sebagai antioksidan yang mencegah kanker
  • meningkatkan sistem imun

Sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil

Masalah dengan kebanyakan sayuran adalah biasanya sulit untuk dimakan dan tidak menarik bagi anak-anak. Buat sayuran menjadi pilihan pertama dengan memastikan bahwa sayuran adalah hal pertama yang dilihat anak saat ia membuka lemari pendingin.

Beberapa buah di bawah ini bisa jadi cemilan kaya serat untuk si kecil yang dimana bisa di mix dengan yogurt atau dengan cara yang lebih unik seperti membuat ice cream stick, antara lain:

  • Pisang. Sebanyak 100 gr pisang mengandung 2,4 gr serat
  • Pepaya. Dalam sajian 100 gr (setara dengan 1 buah potong panjang) mengandung 1,8 gr serat
  • Apel. Satu buah apel berukuran sedang (100 gr) mengandung 2,8 gr serat
  • Pir. Satu buah pir berukuran sedang mengandung 2,8 gr serat
  • Stroberi. Sebanyak 100 gr stroberi (sekitar 8 buah berukuran sedang) mengandung 3,3 gr serat

Baca juga: 5 Camilan Praktis dan Sehat untuk Anak

Di luar jam-jam di atas, Ibu juga boleh memberikan cemilan setiap 3-4 jam. Dengan catatan anak mengemil karena merasa lapar, bukan sedang bosan atau “lapar mata”.

Susu Siap Minum Frisian Flag Kid yang diproduksi dari susu segar bisa menjadi cemilan sehat untuk anak, mengandung protein, karbohidrat dan lemak, Vitamin A, D, serta Kalsium dan Magnesium. Tersedia dalam kemasan kotak praktis 115 ml dan 180 ml dengan rasa yang enak dan dapat dikonsumsi dalam segala suasana.

Si Kecil pasti suka, berikan Frisian Flag Kid, susu yang pas dengan nutrisi si kecil untuk menemaninya beraktivitas. Info varian cek di sini!

Sumber energi yang paling utama terletak pada makanan yang sehat. Berikan cemilan sehat untuk anak kala ia rewel makan. Dengan cemilan sehat, Ibu tak perlu lagi khawatir akan kebutuhan nutrisinya. Hal tersebut juga berguna untuk mengurangi jajanan tak sehat yang ia konsumsi di luar sana. Cemilan sehat tak melulu beli karena Ibu bisa juga lho, membuatnya sendiri. Dibawah ini adalah beberapa rekomendasi lain Resep Cemilan sehat untuk anak.

Puding Cokelat Saus Strawberry

Bahan-bahan:

  • 500 ml susu cair
  • 100 ml krim segar
  • 100 gr dark chocolate yang dicincang hingga berupa bentuk menjadi halus
  • 1 bungkus agar agar bubuk berwarna putih

Cara Membuat:

Rebus agar-agar dan susu serta krimnya sampai mendidih

Masukkan cokelat dan aduk sampai meleleh

Tuang adonan di cetakan dan masukkan ke kulkas

Untuk saus strawberry, Ibu membutuhkan bahan seperti potongan strawberry 250 gr dicampur sesendok air jeruk lemon dan sesendok gula pasir. Blender semua bahan lalu masak sampai mendidih. Angkat dan dinginkan dan saus siap disajikan dengan puding cokelat.

Cheesecake Kukus

Keju yang terbuat dari olahan susu memiliki berbagai manfaat yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Rasanya yang gurih membuat anak-anak suka dengan makanan yang satu ini. Nah, kalau begitu bagaimana jika kali ini membuat olahan dari keju? Dijamin anak-anak akan suka dengan kue yang Ibu buat.

Bahan

  • 125 gr tepung terigu
  • 125 gr gula pasir
  • 100 gr margarin
  • 3 butir telur ayam (suhu ruang)
  • 1 sdt emulsifier (SP/ovalet/TBM)
  • 1 sachet susu kental manis
  • 1 sachet susu bubuk
  • 75 gr keju cheddar parut 

Cara Membuat:

  • Lelehkan margarin bersama dengan keju cheddar parut, aduk sampai rata. Sisihkan.
  • Di tempat terpisah, campur gula, telur dan emulsifier, lalu kocok dengan mixer sampai kaku, putih, dan berjejak.
  • Tambahkan terigu, susu bubuk, dan susu kental manis. Aduk dengan teknik aduk balik.
  • Lalu masukkan margarin dan keju yang sudah dilelehkan, aduk balik sampai tercampur rata.
  • Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin, masukkan adonan.
  • Panaskan kukusan, lalu kukus adonan sekitar 30 menit, lakukan tes tusuk untuk memastikan kematangannya.
  • Cheesecake sudah siap untuk disajikan.

Sate buah

Biasanya anak-anak lebih tertarik dengan makanan warna-warni. Ibu bisa memanfaatkan ketertarikan ini dengan membuat sate warna-warni. Cukup dengan memotong tiga sampai 4 jenis buah menjadi ukuran kecil. Lalu susun buah ke tusuk sate.

Sushi pisang

Buat cemilan yang lebih unik dan kreatif seperti sushi pisang. Cukup potong-potong pisang seperti ukuran sushi dan taburkan topping seperti meses, kelapa parut kering dan lainnya. Ibu juga bisa melapisinya dengan roti gandum yang digiling dan oleskan dengan selai kacang.

Bagaimana dengan rekomendasi waktu serta cemilan sehat diatas? Ibu tertarik untuk mencoba membuatnya? Selalu diingat bahwa, cemilan yang Ibu buat sendiri adalah bentuk perhatian pada anak Ibu. Selamat mencoba!

Artikel Terkait