Facebook Pixel

Cemilan Sehat untuk Anak? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Banner
| 09 Feb 2021

Cemilan Sehat untuk Anak? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Cemilan Sehat untuk Anak? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Setiap anak membutuhkan nutrisi tambahan untuk menambah energi saat beraktivitas sehari-hari. Asupan nutrisi ini bisa didapatkan dalam berbagai jenis cemilan sehat dan enak untuk anak-anak. Dengan adanya cemilan sehat, tingkat energi dan konsentrasi akan meningkat, serta bisa menambah gizi seimbang yang dibutuhkan anak.

Kebiasaan memberikan cemilan sehat sejak dini akan sangat berpengaruh pada masa depan anak. Pemilihan cemilan sehat pun akan berdampak pada kesehatan organ tubuh, terutama sistem pencernaan. Faktanya, Sistem pencernaan merupakan pintu masuk nutrisi, sehingga memiliki peran yang besar proses tumbuh kembang anak. Namun, karena anak-anak memiliki ukuran sistem pencernaan yang relatif lebih kecil dibanding orang dewasa, maka mereka tidak bisa diberikan makanan dalam porsi besar. Dengan memberikan cemilan sehat sesuai porsinya, anak bisa belajar memilah makanan yang lebih sehat, menahan nafsu makan, bahkan bisa terhindar dari penyakit berbahaya di kemudian hari.

Ibu juga harus memperhatikan porsi makanan yang tepat untuk anak. Terutama untuk anak usia 2-5 tahun yang rawan terkena obesitas. Untuk itu, aturlah porsi, jenis, dan jam makan si kecil dengan tepat. Berikut ini ada rekomendasi untuk menentukan porsi makanan yang tepat bagi anak.

Cara Tepat Memberikan Cemilan Sehat untuk Anak

Memberikan cemilan sehat untuk anak memang tidak mudah. Terkadang banyak juga anak yang ingin cemilan dengan kandungan lemak, gula, dan garam yang lebih banyak. Sementara, kebanyakan cemilan sehat yang memiliki kandungan seimbang, sehingga rasanya sedikit sulit diterima oleh lidah anak-anak. Untuk mengalihkan kegemaran si kecil dari jenis cemilan seperti itu, Ibu harus melakukannya secara bertahap.

Perubahan bertahap ini akan memudahkan anak sekaligus ibu saat memberikan cemilan sehat. Mungkin bagi sebagian Ibu, kebiasaan ini akan memakan waktu yang tidak sebentar dan memerlukan kesabaran ekstra, namun perlu ditekankan lagi bahwa cemilan sehat sangat penting untuk masa depan anak. Tujuan dari perubahan secara bertahap ini agar anak dapat merasakan perubahan tanpa mereka sadari. Mulailah dengan membatasi asupan cemilan tidak menyehatkan, sambil diselingi dengan memberikan cemilan sehat secara rutin.

Penting untuk mengawasi jumlah cemilan sehat yang dikonsumsi, agar nafsu makan anak dapat terkontrol dengan baik. Di samping cemilan, Ibu juga bisa berikan minuman yang tidak hanya menghilangkan haus, namun tetap menyehatkan, seperti air mineral dan susu kaya nutrisi. Susu inilah yang bisa membantu anak mendapatkan nutrisi harian. Frisian Flag Purefarm bisa jadi solusinya karena diproduksi dengan susu segar pilihan yang mengandung rangkaian zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak) dan zat gizi mikro (multivitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian anak-anak (kecuali bayi 0-12 bulan) hingga orang dewasa.

Waktu yang Tepat Untuk Memberikan Cemilan Sehat

Ibu bisa mengatur porsi makan utama untuk anak pada sarapan pagi yang dimulai pukul 07.00. Dilanjutkan dengan cemilan sehat yang bisa diberikan pukul 09.00-10.00. Sebenarnya cemilan sehat sudah bisa diberikan sejak bayi berusia 9 bulan. Untuk bayi yang berusia di bawah 9 bulan, cukup berikan dua kali cemilan sehat setiap hari. Sementara, untuk bayi yang berusia di atas 9 bulan hingga usia sekolah, berikan tiga kali cemilan sehat setiap harinya.

Makan malam yang baik untuk anak-anak antara pukul 17.00-18.00 WIB. Ibu dapat memberikan cemilan sebelum si kecil tidur malam atau pukul 20.00 WIB. Berikan susu dan biskuit atau buah agar saat anak tidur, perutnya tidak dalam keadaan kosong dan bisa tidur nyenyak. Tapi jika si kecil sudah merasa lapar sebelum jam makan malam, berikanlah cemilan sehat untuk anak yang rendah gula, misalnya sereal, potongan buah, cracker, potongan keju, atau yogurt.

Untuk anak yang sudah sekolah, ada banyak jenis cemilan sehat yang bisa jadi pilihan. Karena jenisnya yang banyak itu, setiap Ibu harus memilih dengan cermat agar bisa membedakan antara cemilan sehat dengan cemilan yang justru berbahaya bagi kesehatan si kecil.

Seperti Apa Cemilan Sehat Untuk Anak?

Setelah proses peralihan secara bertahap sudah berhasil dilakukan, saatnya berikan cemilan sehat yang sebenarnya untuk anak. Cemilan sehat ini tidak hanya mampu memenuhi nutrisi anak, tapi juga mendukung tumbuh kembang anak dan menjaga berat badannya tetap normal.

Membuat cemilan sehat yang disukai anak memang cukup menantang. Pasalnya, Ibu harus menyeimbangkan kandungan karbohidrat, protein, serat, lemak sehat, serta kandungan gula dan garam yang seimbang. Idealnya, cemilan sehat yang baik itu kaya akan protein atau serat karena dapat membantu anak kenyang lebih lama. Akan lebih baik lagi jika cemilan sehat ini diperkaya dengan aneka nutrisi yang dapat menunjang tumbuh kembang lebih optimal.

Selain mengikuti cara di atas, ada beberapa hal lainnya yang bisa jadi patokan saat memberikan cemilan sehat untuk anak, di antaranya :

Berikan Edukasi Mengenai Cemilan Sehat

Selain memberikan menu makanannya, Ibu juga bisa sekaligus memberikan edukasi mengenai pentingnya cemilan sehat untuk anak. Cara memberikan edukasinya pun bisa diselingi dengan cerita yang menarik agar anak semakin tertarik mendengarnya. Dengan begitu, anak bisa paham mengenai jenis-jenis cemilan sehat dan manfaatnya di kemudian hari.

Buatlah Mengemil Jadi Kegiatan yang Menyenangkan

Anak-anak lebih tertarik melihat cemilan sehat yang bentuknya menarik. Oleh karena itu, Ibu bisa berkreasi dengan kreatif untuk membuat cemilan yang bisa si kecil nikmati. Selain itu, memakai cara baru dalam mengonsumsi makanan juga bisa sarana untuk menarik minat anak.

Jauhkan Anak dari Makanan Cepat Saji

Jika para orang tua sudah menjauhkan anak dari kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food, maka kemungkinan besar anak pun akan terhindar dari makanan-makanan yang tidak sehat. Karena itulah, kebiasaan orang tua di dalam keluarga pun perlu diperhatikan agar anak dapat mengonsumsi cemilan sehat dengan rutin.

Perbanyak Kreasi Menu yang Enak dan Menarik

Seperti yang diketahui bahwa anak-anak itu lebih cepat bosan. Bisa dibayangkan jika cemilan sehatnya hanya terpaku ke dalam satu menu saja, cepat atau lambat si kecil tidak akan tertarik lagi dan memilih cemilan lain yang ia suka. Ada banyak jenis buah dan sayur yang bisa dijadikan cemilan sehat untuk anak-anak, seperti nanas, mangga, alpukat, pisang, semangka, melon, dan buah lainnya.

Kenalkan Anak dengan Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh ini bisa ditemukan di produk sereal dan oatmeal yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Kandungan serat yang tinggi akan membuat anak merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, sereal dan oatmeal bisa jadi cemilan sehat yang dapat dikreasikan dengan mudah oleh Ibu saat di rumah.

Ide Cemilan Sehat dan Lezat Untuk Anak

Tapi tak perlu khawatir karena di artikel ini akan dijelaskan beberapa ide kreasi cemilan sehat yang bisa jadi inspirasi menu harian.

Oatmeal

Oatmeal jadi cemilan sehat yang penting untuk anak-anak. Oat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi, serta kaya akan nutrisi. Namun, banyak orang yang tidak menyukai oatmeal karena rasanya yang hambar. Untuk mengatasi hal itu, Ibu bisa tambahkan susu atau yogurt, serta tambahkan buah-buahan sebagai topping untuk memberikan rasa manis alami dan segar. Ibu juga bisa tambahkan madu bila rasanya masih kurang manis.

Granola

Granola menjadi cemilan sehat yang sedang diminati banyak orang. Granola merupakan makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan madu atau pemanis alami lainnya. Kacang-kacangan dalam granola membuat makanan satu ini mengandung lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi.

Dalam memilih produk granola, sebaiknya pilih yang mengandung serat tinggi agar bisa menahan rasa lapar lebih lama. Selain untuk anak, cemilan sehat granola pun bisa dikonsumsi oleh seluruh keluarga, Ibu bisa menambahkan madu, susu atau yogurt, dan buah segar.

Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang kaya akan vitamin C. Rasanya yang manis membuat wortel cocok menjadi cemilan sehat yang kaya serat. Banyak kreasi cemilan sehat yang bisa dibuat dari wortel, seperti jus, sop, smoothies, nugget, dan olahan lezat lainnya.

Smoothies

Membuat Smoothie adalah cara yang baik untuk mengemas banyak nutrisi menjadi cemilan sehat untuk anak. Bila Ibu bosan memberikan buah segar, saatnya mencampurkan buah dan sayur menjadi smoothies yang dapat dinikmati untuk keluarga

Cake Buah

Siapa sih yang tidak suka kue? Coba buat kue rendah gula dan masukkan buah-buahan ke dalam adonan dan toppingnya. Ini bisa menjadi pilihan snack  yang lezat dan sehat, sekaligus menggugah selera.

Es Krim Vegan

Es krim vegan menjadi cemilan sehat bagi anak yang memiliki masalah alergi dengan produk susu dan keju. Gunakan bahan dasar buah seperti pisang, strawberry, mangga, atau buah lainnya.

Yogurt

Untuk mengatasi rasa lapar anak, Anda bisa menyediakan yogurt beku. Campurkan buah-buahan dengan yogurt rendah lemak dan sedikit susu. Gabungkan campuran tersebut ke dalam cetakan pop es dan bekukan. Langsung dari pendingin, berikan cemilan ini pada anak. Pop yogurt merupakan salah satu jenis cemilan sehat untuk anak Ibu.

Yogurt memiliki manfaat:

sebagai probiotik yang baik untuk fungsi pencernaan

sebagai antioksidan

salah satu sumber kalsium untuk pertumbuhan tulang

Sayuran Segar

Masalah yang sering dihadapi Ibu yakni anak-anak yang tidak menyukai sayuran karena rasanya tidak seenak makanan lain. Padahal sayuran mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, Ibu memiliki tugas untuk membuat sayuran menjadi pilihan sebagai cemilan sehat bagi anak. Kreasikan sayuran dengan bahan makanan lain, seperti ikan salmon, udang, roti gandum, telur, daging sapi, ayam, dan lain-lain.

Buah Segar

Beberapa buah di bawah ini bisa jadi cemilan kaya serat untuk si kecil yang bisa dinikmati dengan yogurt atau  susu dengan cara yang lebih unik dan kreatif, seperti membuat ice cream stick,

Pisang. Sebanyak 100 gr pisang mengandung 2,4 gr serat

Pepaya. Dalam sajian 100 gr (setara dengan 1 buah potong panjang) mengandung 1,8 gr serat

Apel. Satu buah apel berukuran sedang (100 gr) mengandung 2,8 gr serat

Pir. Satu buah pir berukuran sedang mengandung 2,8 gr serat

Stroberi. Sebanyak 100 gr stroberi (sekitar 8 buah berukuran sedang) mengandung 3,3 gr serat

Sate buah

Jika sudah bosan memberikan buah segar biasa, Ibu bisa berkreasi membuat sate buah sebagai cemilan sehat untuk sehari-hari. Dengan memilih buah yang warna-warni, kemungkinan besar si kecil akan tertarik untuk mengonsumsinya, apalagi jika buahnya sangat digemari oleh dia.

Sushi pisang

Sushi pisang berbeda dengan sushi jepang pada umumnya ya. Sushi pisang ini termasuk cemilan sehat yang unik dan kreatif. Ibu cukup potong-potong pisang seperti ukuran sushi dan taburkan topping yang menarik, seperti meses atau keju. Ibu juga bisa melapisinya dengan roti gandum yang digiling dan oleskan dengan selai kacang.

Resep Cemilan Sehat yang Lezat

Cheesecake Kukus

Keju yang terbuat dari olahan susu memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Rasanya yang gurih membuat anak-anak suka dengan makanan yang satu ini. Nah, kalau begitu bagaimana jika Ibu membuat cemilan sehat dari keju? Dijamin anak-anak akan suka dengan kue yang Ibu buat.

Bahan:

125 gr tepung terigu

125 gr gula pasir

100 gr margarin

3 butir telur ayam (suhu ruang)

1 sdt emulsifier (SP/ovalet/TBM)

1 sachet susu kental manis

1 sachet susu bubuk

75 gr keju cheddar parut

Cara Membuat:

Lelehkan margarin bersama dengan keju cheddar parut, aduk sampai rata. Setelah matang langsung sisihkan

Di tempat terpisah, campur gula, telur dan emulsifier, lalu kocok dengan mixer sampai kaku, putih, dan berjejak

Tambahkan terigu, susu bubuk, dan susu kental manis

Lalu masukkan margarin dan keju yang sudah dilelehkan, aduk balik sampai tercampur rata.

Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin

Kukus adonan sekitar 30 menit

Cheesecake siap dinikmati

Puding Cokelat Saus Strawberry

Puding jadi salah satu cemilan yang disukai anak-anak karena rasanya yang manis dan teksturnya kenyal. Namun, puding yang ada di pasaran mengandung kadar gula yang berlebihan, sehingga tidak baik untuk kesehatan anak. Bagaimana jika Ibu membuat puding cokelat saus strawberry yang sehat dan lezat? Langsung catat bahan-bahan dan cara membuatnya yuk!

Bahan-bahan:

500 ml susu cair

100 ml krim segar

100 gr dark chocolate yang dicincang halus

1 bungkus agar-agar atau puding bubuk berwarna putih

Cara Membuat:

Rebus agar-agar atau puding, tambahkan susu serta krim, lalu aduk sampai mendidih

Masukkan cokelat dan aduk sampai meleleh

Tuang adonan di cetakan dan masukkan ke kulkas

Untuk saus strawberry, Ibu membutuhkan bahan seperti potongan strawberry 250 gr dicampur sesendok air jeruk lemon dan sesendok gula pasir. Blender semua bahan lalu masak sampai mendidih. Angkat dan dinginkan. Sajikan saus sebagai topping pudding.

Bubur Sumsum Jagung

Rasanya yang manis  akan membuat anak gemar mengonsumsi bubur sumsum jagung sebagai cemilan sehat. Bahan-bahan yang digunakan pun memiliki gizi yang cukup untuk menambah nutrisi harian. Berikut bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan untuk membuat bubur sumsum jagung sebagai cemilan sehat di rumah.

Bahan-bahan:

100 gr tepung beras.

2 batang jagung manis

500 ml air

65 ml santan segar

Garam secukupnya

100 gr gula merah cair

Cara Membuat:

  1. Kukus jagung manis hingga matang kurang lebih selama 30 menit. Setelah matang, tunggu hingga dingin, lalu mulailah memisahkan biji jagung dari batangnya.
  2. Sambil menunggu jagung matang, buatlah adonan bubur sumsum dengan cara mencampurkan tepung beras dengan 50 ml air. Aduk secara merata hingga berbentuk adonan yang lembut.
  3. Siapkan gula merah cair yang sudah dicampur dengan air
  4. Setelah jagung sudah matang, siapkan panci untuk memasak santan dan tambahkan air sebanyak 200ml.
  5. Ketika santan sudah matang, masukkan adonan sumsum dan aduk hingga merata
  6. Hidangkan di atas mangkuk dan jangan lupa tambahkan biji jagung sebagai topping sekaligus gula merah cair sesuai selera.

Omelette Kukus Sayuran

Telur dan sayuran adalah bahan makanan yang bisa melengkapi nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil. Kedua bahan ini bisa Ibu kreasikan menjadi Omelette Sayuran sebagai cemilan sehat untuk anak yang lebih sehat.

Bahan-bahan:

100 gram wortel

100 gram brokoli

100 gram bayam merah

1 siung bawang putih

1 siung bawang merah

4 butir telur

6 sendok makan susu cair

garam dan lada secukupnya

keju parut secukupnya

 

Cara membuat:

Potong wortel, brokoli, dan bayam merah kecil-kecil dan rebus hingga matang, tiriskan.

Kocok telur bersama susu, bawang merah dan bawang putih yang telah dicacah halus serta garam dan lada secukupnya hingga merata.

Masukkan sayuran ke dalam adonan telur.

Tuangkan adonan telur ke dalam cetakan plastik yang telah dilapisi tipis mentega dan taburi bagian atasnya dengan keju parut.

Letakkan cetakan ke dalam panci kukus yang telah dipanaskan dan kukus telur hingga matang.

Omelette Sayuran Kukus siap untuk menjadi cemilan bagi buah hati.

Frozen Smoothies

Buah-buahan merupakan cemilan sehat untuk anak yang kaya akan serat, vitamin, dan juga nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat untuk si kecil. Namun, sayangnya banyak anak yang tidak suka mengonsumsi buah. Agar si kecil bisa lebih menyukai buah-buahan, Ibu bisa coba kreasi resep cemilan sehat dari buah-buah yang kaya akan vitamin C berikut. cemilan sehat untuk anak satu ini paling tepat disajikan pada si kecil saat panas terik tiba.

Bahan-bahan:

1/2 buah mangga

1/2 buah nanas

1/2 gelas jus jeruk

1/2 gelas susu murni

1 buah kiwi (dipotong dadu)

2-3 buah strawberry (dipotong dadu)

1 sendok makan gula pasir

2 sendok makan madu murni

1 sendok makan plain yoghurt

 

Cara membuat:

  1. Campurkan mangga, nanas, jus jeruk, susu murni, gula pasir, madu, dan juga yoghurt ke dalam blender, lalu hancurkan hingga merata
  2. Tuang campuran ke dalam cetakan (bisa menggunakan cetakan es batu)
  3. Masukkan beberapa potongan buah kiwi dan strawberry ke dalam setiap cetakan
  4. Celupkan tongkat es krim kayu dengan posisi setengah bagiannya di luar
  5. Masukkan cetakan ke dalam freezer dan frozen smoothies siap untuk disantap si kecil

Sudah terbayang akan membuat cemilan sehat apa untuk si kecil? Yuk, saatnya kreasikan berbagai cemilan sebagai asupan tambahan untuk menutrisi anak seharian. Setiap cemilan sehat yang Ibu buat sendiri menjadi bukti perhatian terhadap si kecil lho. Selamat mencoba!

Artikel Terkait