Facebook Pixel

11 Contoh Makanan Berserat Agar Pencernaan Sehat

Banner
| 29 Nov 2021

11 Contoh Makanan Berserat Agar Pencernaan Sehat

11 Contoh Makanan Berserat Agar Pencernaan Sehat

Saat ini sudah banyak contoh makanan berserat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Tak sedikit pula orang yang memilih makanan berserat tersebut sebagai nutrisi untuk mendukung keberhasilan diet yang sehat, apakah Anda salah satunya? Jika iya, berarti artikel ini cocok untuk Anda karena akan menjelaskan apa saja contoh makanan berserat dan manfaatnya. Jadi, simak penjelasannya sampai selesai, ya! 

Ragam Contoh Makanan Berserat

Mungkin selama ini contoh makanan berserat identik dengan buah-buahan atau sayuran, padahal berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian juga termasuk contoh makanan berserat yang kaya nutrisi lho. 

Di balik nutrisinya yang beragam, tak heran jika contoh makanan berserat tersebut menghadirkan berbagai manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh. Untuk memenuhi asupan serat yang sehat, berikut ini beberapa contoh makanan berserat yang dapat dikonsumsi:

  1. Buah pir

    Contoh makanan berserat pertama yang bisa dipilih yaitu buah pir. Buah pir mengandung protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9 (asam folat), kalsium, zat besi, magnesium, dan lainnya. Maka dari itu, contoh makanan berserat ini bermanfaat untuk mencegah sembelit, membantu menjaga kesehatan tulang, membantu menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan berat badan. 

  2. Raspberry 

    Masih dalam kategori buah beri, raspberry merupakan contoh makanan berserat yang sayang untuk dilewatkan. Sebab, raspberry bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan kulit, membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga kesehatan tulang. 

    Manfaat dari raspberry ini bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi di dalamnya yang meliputi serat, protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, zinc, dan kalium. 

  3. Pepaya

    Contoh makanan berserat yang selanjutnya yaitu pepaya. Saat sedang sembelit atau konstipasi, biasanya sebagian besar orang memilih pepaya sebagai buah-buahan yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut memang benar karena pepaya termasuk makanan kaya serat dan bertekstur lembut. Di dalam pepaya mengandung serat, protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (asam folat), vitamin E, kalsium, kalium, magnesium, zinc, dan lainnya. 

  4. Mangga

    Siapa yang tidak suka mangga? Sepertinya banyak orang yang menyukai buah satu ini karena memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang segar, ya? Selain enak, mangga juga termasuk contoh makanan berserat yang baik bagi kesehatan. 

    Mangga mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B9 (asam folat), vitamin C, vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, serta beragam antioksidan. Maka dari itu, mangga bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan, meningkatkan kesehatan mata, kulit, dan rambut, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung. 

  5. Alpukat

    Alpukat identik sebagai buah yang mengandung lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, alpukat juga ternyata termasuk contoh makanan berserat yang dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. 

    Di dalamnya mengandung beragam nutrisi, seperti serat, protein, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, kalium, magnesium, dan antioksidan. Itulah sebabnya, alpukat dapat menjaga kesehatan jantung, mata, kulit, dan rambut, mengontrol berat badan, dan membantu menurunkan tekanan darah. 

    Baca juga: Kenali Susu Low Fat dan Susu Non Fat

  6. Buah Naga

    Buah naga juga termasuk contoh makanan berserat yang dapat dikonsumsi dengan mudah. Buah ini mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, natrium, zat besi, dan zinc. 

    Di balik nutrisinya tersebut, buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit, mata, dan rambut, meningkatkan kesehatan jantung, dan lain sebagainya. 

  7. Brokoli

    Selain buah-buahan, contoh makanan berserat juga bisa ditemukan dalam kategori sayuran seperti brokoli. Sayuran hijau ini memang terkenal sebagai salah satu makanan kaya nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan. Di dalamnya mengandung protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, beta karoten, kalsium, kalium, fosfor, dan lainnya.

  8. Tomat

    Tomat juga termasuk contoh makanan berserat yang baik bagi kesehatan lho. Tidak tanggung-tanggung, di dalamnya mengandung beragam nutrisi penting, seperti serat, karbohidrat, protein, air, vitamin A, vitamin B kompleks, beta karoten, zinc, zat besi, kalsium, kalium, natrium, tembaga, dan lainnya. Selain baik bagi pencernaan, tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membantu mengatasi diabetes, meningkatkan kesehatan kulit, mata, dan rambut. 

  9. Kacang merah

    Selain buah-buahan dan sayuran, sekarang giliran kategori kacang-kacangan yang kita bahas, yuk! Kacang merah termasuk contoh makanan berserat yang dapat mengontrol berat badan. Jenis kacang ini mengandung protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin B9 (asam folat), zat besi, zinc, kalium, magnesium, dan fosfor. 

    Di balik nutrisi-nutrisi tersebut, kacang merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol gula darah, membantu mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu mengoptimalkan kesehatan tulang. 

  10. Kacang polong

    Jenis kacang-kacangan yang kaya serat selanjutnya adalah kacang polong. Di dalam kacang berbentuk bulat dan berwarna hijau ini mengandung protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, dan zinc. Karena itulah kacang polong bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, dan mengontrol gula darah. 

    Baca juga: Kenali Lebih Jauh Tentang Manfaat Susu Kacang Hijau

  11. Kacang Almond

    Tak kalah dengan kacang merah dan kacang polong, almond juga termasuk makanan tinggi serat yang baik untuk menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, hingga membantu mencegah kanker. 

    Selain memiliki rasa gurih, ternyata almond menyimpan beragam nutrisi, di antaranya protein, karbohidrat, serat, vitamin B, vitamin E, vitamin K, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, serta beragam antioksidan. 

Selain daftar di atas, sebenarnya masih banyak makanan kaya serat lainnya yang baik bagi kesehatan, beberapa di antaranya masuk ke dalam kategori biji-bijian, seperti gandum, biji chia dan biji bunga matahari. 

Gandum, biji chia, dan biji bunga matahari sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Namun, pastikan Anda mengonsumsi asupan serat di atas dengan diimbangi makanan bergizi seimbang lainnya agar kesehatan tubuh tetap terjaga. 

Untuk mendukung kesehatan pencernaan dan mengontrol berat badan dengan lebih sehat, Anda juga dapat mengonsumsi susu yang kaya nutrisi seperti susu Frisian Flag Purefarm. Susu Frisian Flag Purefarm termasuk susu cair UHT yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, dan D3, serta sumber kalsium, fosfor, dan iodium terbaik yang penting untuk kesehatan tubuh. Susu Frisian Flag Purefarm cocok diminum kapan saja, terutama di pagi hari untuk membantu menambah nutrisi sebelum memulai aktivitas harianmu.

Artikel Terkait