Facebook Pixel

Ide Cemilan Diet Sehat, Pilihan Tepat untuk Jaga Berat Badan

Banner
| 24 Nov 2021

Ide Cemilan Diet Sehat, Pilihan Tepat untuk Jaga Berat Badan

Ide Cemilan Diet Sehat, Pilihan Tepat untuk Jaga Berat Badan

Menjalani diet adalah salah satu jalan untuk mendapatkan berat badan ideal. Menjalani diet bukan berarti Anda tidak makan sama sekali. Anda tetap harus makan, tetapi dengan menjaga porsi makanan seimbang. Sejalan dengan itu, cemilan diet juga bisa disertakan dalam program diet Anda selama menjalaninya.

Cemilan diet yang bisa Anda pilih tentunya yang rendah kalori. Hal ini baik untuk mencegah kenaikan berat badan atau memicu gangguan kesehatan lainnya. Anda bisa memilih cemilan diet yang sehat, apalagi jika sebelumnya Anda punya kebiasaan mengonsumsi cemilan yang kurang sehat seperti gorengan, keripik, biskuti, atau makanan maupun minuman manis, atau nafsu makan berlebih. Karena itu, cemilan diet bisa Anda tambahkan ke dalam menu diet Anda setiap hari.

Sebagai gantinya, Anda bisa pilih cemilan rendah kalori seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, hingga susu low fat. Agar lebih jelas, Anda bisa simak beberapa hal tentang cemilan sehat untuk diet berikut ini.

Memilih cemilan diet

Apel

Apel adalah buah yang tepat sebagai menu cemilan diet. Apel bisa di bawa ke mana-mana dan menjadi penyumbang nutrisi yang besar saat menjalani diet. Apel cocok dijadikan cemilan sehat untuk diet saat Anda sedang bekerja atau bersantai. Konsumsi apel juga bisa jadi salah satu cara turunkan berat badan, bahkan tanpa berolahrga.

Yogurt

Cemilan diet sehat berikutnya adalah yogurt. Selain kaya nutrisi, yogurt juga enak dimakan kapan saja. Anda bisa mengonsumsi secangkir yogurt setiap hari untuk memberi asupan nutrisi pada tubuh saat menjalani program diet. Untuk rasa, Anda bisa tambahkan madu dan potongan buah-buahan segar sebagai topping.

Edamame

Cemilan diet selanjutnya adalah edamame atau kacang kedelai yang masih berada dalam kulitnya. Cemilan kaya protein dan serat ini bisa didapatkan di penjual kacang rebus atau di supermarket. Edamame kaya protein dan serat yang cocok untuk diet. Edamame bisa dikonsumsi untuk mengontrol asupan makanan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Kacang tanah

Kandungan lemak dan protein dalam kacang-kacangan seperti kacang tanah juga baik untuk dikonsumsi ketika sedang diet. Tetapi, hindari makan kacang tanah yang sudah ditambahkan bumbu. Anda bisa mengonsumsi kacang tanah yang tidak mengandung tambahan gula atau garam.

Susu low fat

Susu low fat atau rendah lemak adalah sumber kalsium, protein, vitamin, dan mineral. Anda bisa pilih susu low fat sebagai menu cemilan diet beserta olahannya seperti cottage cheese atau keju rendah lemak. Usahakan untuk tidak mengonsumsi susu rendah lemak ini pada produk yang ada tambahan gula.

Whole grain

Whole grain dikenal juga sebagai biji-bijian utuh yang belum mengalami proses penggilingan. Semua bagian dari biji-bijian ini mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh seperti serat, karbohidrat kompleks, vitamin B, antioksidan, zat besi, selenium, potasium, dan magnesium. Beberapa contohnya seperti oatmeal, quinoa, nasi merah, maupun jelai atau barley.

Membuat cemilan diet

Cara membuat cemilan diet tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengombinasikan beberapa jenis cemilan diet sehat tadi. Anda bisa membuatnya dengan cepat. Yuk, simak beberapa menu cemilan diet berikut ini.

Pisang dan selai kacang

Pisang adalah jenis buah-buahan selanjutnya yang tepat untuk dijadikan cemilan diet. Anda juga bisa menambahkan rasa dengan selai kacang. Paduan antara pisang dan selai kacang bisa menambah energi Anda sehingga Anda tak merasa lemas saat diet. Anda bisa menyantap pisang dan selai kacang saat sarapan atau bersantai di sore hari.

Pir dan selai kacang almond

Kombinasi antara potongan satu buah pir dan satu sendok selai kacang almond memiliki jumlah karbohidrat dan protein yang baik. Anda bisa menambahkan sejumput bubuk kayu manis untuk memperkaya nutrisinya. 

Telur rebus

Telur rebus juga bisa menjadi cemilan diet yang sehat karena kaya akan protein serta vitamin K2 dan vitamin B12. Kandungan ini membuat Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Makanan ini juga berfungsi untuk menghindari nafsu makan berlebih saat menjalani diet. Dua butir telur rebus sehari bisa jadi cemilan yang pas dan cukup merasa kenyang setelahnya dan mengontrol nafsu makan.

Oatmeal dengan topping buah-buahan

Memiliki kandungan serat tinggi, oatmeal tak hanya untuk sarapan pagi saja. Oatmeal yang kaya zat besi ini bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Tambahkan buah-buahan segar untuk memberikan tambahan serat. Potongan pisang, bluberi, raspberry, kurma, dan kismis menjadi topping yang cocok melengkapi sajian cemilan diet sehat.

Alpukat dan keju 

Kombinasi alpukat dan keju akan memberikan Anda serat dan protein sebagai sumber energi, sekaligus kalsium, vitamin, lemak, serta nutrisi penting yang lain. Camilan sehat untuk diet berupa potongan satu buah alpukat dan keju parut di atasnya ini mengandung 200 kalori, 9 gram protein, dan 7 gram serat.

Kentang panggang 

Anda juga bisa mengonsumsi kentang dalam porsi yang lebih sedikit sebagai cemilan diet. Kentang bisa dipanggang untuk mengganti dengan proses penggorengan. Anda bisa tambahkan saus salsa yang terbuat dari tomat, bawang merah, garam, dan perasan lemon untuk sensasi kentang panggang yang lebih segar.

Greek yogurt, bluberi, dan madu 

Kombinasi dari greek yogurt, bluberi, dan madu menghasilkan gula alami, serat, lemak sehat, dan protein. Kandungan tadi dapat mengatasi rasa lapar Anda di jam-jam tertentu. Kandungan vitamin C pada blueberry bisa membantu membakar lemak tubuh. Selain bluberi, greek yogurt pun bisa dimakan bersama dengan segelas raspberry atau potongan buah-buahan lain sesuai selera Anda.

Apel dan susu bebas lemak

Apel merupakan buah yang rendah kalori, tidak mengandung lemak, dan kolesterol. Apel merupakan salah satu cemilan diet yang sehat dan aman dikonsumsi. Apel kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan. Makan satu buah apel bersama susu low fat seperti Frisian Flag Purefarm Low Fat yang tepat sebagai tambahan protein. Kombinasi ini akan menjaga tingkat energi dan menunda rasa lapar hingga beberapa jam setelahnya. Kedua camilan sehat ini dapat memberikan Anda 10 gram protein, 5 gram serat, dan 200 kalori.

Artikel Terkait