Ide Olahan Cemilan Sehat untuk Diet yang Rendah Kalori

Banner
| 21 Des 2022

Ide Olahan Cemilan Sehat untuk Diet yang Rendah Kalori

Ide Olahan Cemilan Sehat untuk Diet yang Rendah Kalori

Menjalani diet adalah salah satu jalan untuk mendapatkan berat badan ideal. Menjalani diet bukan berarti Anda tidak makan sama sekali. Anda tetap harus makan, tetapi dengan menjaga porsi makanan seimbang. Sejalan dengan itu, cemilan sehat untuk diet juga bisa disertakan dalam program diet Anda selama menjalaninya.

Cemilan sehat untuk diet yang bisa Anda pilih tentunya yang rendah kalori. Hal ini baik untuk mencegah kenaikan berat badan atau memicu gangguan kesehatan lainnya. Anda bisa memilih cemilan diet yang sehat, apalagi jika sebelumnya Anda punya kebiasaan mengonsumsi cemilan yang kurang sehat seperti gorengan, keripik, biskuit, atau makanan maupun minuman manis, atau nafsu makan berlebih. Karena itu, cemilan sehat untuk diet bisa Anda tambahkan ke dalam menu diet Anda setiap hari.

Sebagai gantinya, Anda bisa pilih cemilan rendah kalori seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, hingga susu low fat. Agar lebih jelas, Anda bisa simak beberapa hal tentang cemilan sehat untuk diet berikut ini.

Baca Juga: 3 Ide Jajanan Anak yang Bisa Dibuat di Rumah

Memilih cemilan sehat untuk diet

Cemilan sehat untuk diet tidak boleh asal pilih. Anda perlu memilih jenis makanan atau minuman ringan yang dapat memuaskan rasa lapar serta memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Saat sedang dalam program menurunkan berat badan, wanita dianjurkan untuk mengonsumsi 1.100 - 1.600 kalori perhari, sedangkan pria dianjurkan mengonsumsi 1.500 - 2.000 kalori per hari. Berikut ini beberapa jenis cemilan sehat untuk diet yang mungkin membantu Anda menahan nafsu makan saat sedang dalam program menurunkan berat badan.

  • Susu low fat

    Susu low fat atau rendah lemak adalah sumber kalsium, protein, vitamin, dan mineral. Anda bisa pilih susu low fat sebagai menu cemilan rendah kalori serta olahannya seperti cottage cheese atau keju rendah lemak. 

    Anda bisa mengonsumsi susu UHT Frisian Frisian Flag Low Fat yang hanya mengandung 110 kkal di dalam 225 ml sajiannya. 

  • Apel

    Apel adalah buah yang tepat sebagai menu cemilan sehat untuk diet karena hanya memiliki kandungan kalori sebesar 52 kalori dalam 100 gram. Apel bisa di bawa ke mana-mana dan menjadi penyumbang nutrisi yang besar saat menjalani diet. Apel cocok dijadikan cemilan sehat untuk diet saat Anda sedang bekerja atau bersantai. Konsumsi apel juga bisa jadi salah satu cara turunkan berat badan, bahkan tanpa berolahraga.

  • Yogurt

    Cemilan sehat untuk diet berikutnya adalah yogurt. Selain kaya nutrisi, yogurt juga enak dimakan kapan saja. Anda bisa mengonsumsi semangkuk yogurt setiap hari sebagai cemilan malam untuk diet yang rendah kalori. Di dalam 245 gram yogurt setidaknya hanya mengandung 154 kkal. Untuk menambah nutrisi, Anda bisa tambahkan madu dan potongan buah-buahan segar sebagai topping.

  • Edamame

    Edamame atau kacang kedelai yang masih berada dalam kulitnya menjadi cemilan malam untuk diet yang selanjutnya. Cemilan kaya protein dan serat ini bisa didapatkan di penjual kacang rebus atau di supermarket. 

    Edamame kaya protein dan serat yang cocok untuk diet. Edamame bisa dikonsumsi untuk mengontrol asupan makanan karena bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Melansir dari fatsecret, mengonsumsi 100 gram edamame sama artinya dengan memenuhi kebutuhan kalori sebesar 100 kalori.

  • Kacang tanah

    Kandungan lemak dan protein dalam kacang-kacangan seperti kacang tanah juga baik untuk dikonsumsi ketika sedang diet. Tetapi, hindari makan kacang tanah yang sudah ditambahkan bumbu. 

    Anda bisa mengonsumsi kacang tanah rebus sebagai cemilan rendah kalori yang tidak mengandung tambahan gula atau garam. Kacang tanah rebus diketahui mengandung 318 kalori dalam 100 gram.

  • Whole grain

    Whole grain dikenal juga sebagai biji-bijian utuh yang belum mengalami proses penggilingan. Semua bagian dari biji-bijian ini mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh seperti serat, karbohidrat kompleks, vitamin B, antioksidan, zat besi, selenium, kalium, dan magnesium. 

    Menurut USDA, dalam 100 gram whole grain mengandung sekitar 265 kalori. Beberapa contohnya seperti oatmeal, quinoa, nasi merah, maupun jelai atau barley.

Membuat cemilan sehat untuk diet

Cara membuat cemilan sehat untuk diet tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengombinasikan beberapa jenis cemilan rendah kalori tadi. Anda bisa membuatnya dengan cepat. Yuk, simak beberapa menu cemilan sehat untuk diet berikut ini.

  • Pisang dan selai kacang

    Pisang adalah jenis buah-buahan selanjutnya yang tepat dijadikan sebagai cemilan sehat untuk diet. Anda juga bisa menambahkan rasa dengan selai kacang yang kaya akan protein. Perpaduan antara pisang dan selai kacang bisa menambah energi Anda sehingga Anda tak merasa lemas saat diet. 

    Anda bisa menyantap pisang dan selai kacang saat sarapan atau bersantai di sore hari. Satu buah pisang diketahui kaya serat dan mengandung setidaknya 100 kalori. Serat dalam pisang dan protein dalam selai kacang mampu membuat Anda merasa lebih kenyang.

  • Pir dan selai kacang almond

    Kombinasi antara potongan satu buah pir dan satu sendok selai kacang almond memiliki jumlah karbohidrat dan protein yang dibutuhkan untuk tubuh. Anda bisa menambahkan sejumput bubuk kayu manis untuk memperkaya nutrisinya. 

  • Telur rebus

    Telur rebus juga bisa menjadi cemilan sehat untuk diet karena kaya akan protein serta vitamin K2 dan vitamin B12. Kandungan ini membuat Anda bisa merasa kenyang lebih lama. 

    Makanan ini juga berfungsi untuk menghindari nafsu makan berlebih saat menjalani diet. Dua butir telur rebus sehari bisa jadi cemilan yang pas dan cukup merasa kenyang setelahnya dan mengontrol nafsu makan.

  • Oatmeal dengan topping buah-buahan

    Memiliki kandungan serat tinggi, oatmeal tak hanya untuk sarapan pagi saja. Oatmeal yang kaya zat besi ini bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Tambahkan buah-buahan segar untuk memberikan tambahan serat. Potongan pisang, blueberry, raspberry, kurma, dan kismis menjadi topping yang cocok melengkapi sajian cemilan sehat untuk diet.

  • Alpukat dan keju 

    Kombinasi alpukat dan keju akan memberikan Anda serat dan protein sebagai sumber energi, sekaligus kalsium, vitamin, lemak, serta nutrisi penting yang lain. Camilan sehat untuk diet berupa potongan satu buah alpukat dan keju parut di atasnya ini mengandung 200 kalori, 9 gram protein, dan 7 gram serat.

  • Kentang panggang 

    Anda juga bisa mengonsumsi kentang dalam porsi yang lebih sedikit sebagai cemilan rendah kalori saat sedang menjalani program diet. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C dan serat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

    Agar lebih sehat, Anda bisa mengolahnya dengan cara dipanggang untuk mengganti dengan proses penggorengan. Anda bisa tambahkan saus salsa yang terbuat dari tomat, bawang merah, garam, dan perasan lemon untuk sensasi kentang panggang yang lebih segar.

  • Greek yogurt, bluberi, dan madu 

    Kombinasi dari greek yogurt, blueberry, dan madu menghasilkan gula alami, serat, lemak sehat, dan protein. Kandungan tadi dapat mengatasi rasa lapar Anda di jam-jam tertentu. 

    Kandungan vitamin C pada blueberry bisa membantu membakar lemak tubuh. Selain blueberry, greek yogurt pun bisa dimakan bersama dengan segelas raspberry atau potongan buah-buahan lain sesuai selera Anda.

  • Apel dan susu bebas lemak

    Apel merupakan buah yang rendah kalori, tidak mengandung lemak, dan kolesterol. Apel merupakan salah satu cemilan sehat untuk diet yang aman dikonsumsi. Apel kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan. 

    Makan satu buah apel bersama susu low fat seperti susu UHT Frisian Frisian Flag Low Fat yang tepat sebagai tambahan protein. Kombinasi ini akan menjaga tingkat energi dan menunda rasa lapar hingga beberapa jam setelahnya. Kedua cemilan rendah kalori ini dapat memberikan Anda 10 gram protein, 5 gram serat, dan 200 kalori.

Ide olahan cemilan sehat untuk diet

Selain cemilan sehat rendah kalori di atas, Anda juga bisa mengombinasikannya dengan susu UHT Frisian Frisian Flag Low Fat menjadi suatu olahan yang nikmat namun tetap menyehatkan. Hal ini merupakan salah satu cara agar Anda tidak bosan mengonsumsi cemilan sehat untuk diet yang itu-itu saja. Berikut beberapa ide olahan resep cemilan sehat rendah kalori yang bisa dicoba:

Puding Kukus Roti Tawar

Bahan-bahan:

  • 250 ml susu UHT Frisian Frisian Flag Low Fat
  • 5 lembar roti tawar suwir
  • 3 sdm margarin yang dilelehkan
  • 4 sdm gula pasir, lelehkan
  • 2 butir telur ayam
  • Secukupnya kismis dan keju parut

Cara membuat:

  1. Campur susu UHT Frisian Frisian Flag Low Fat, margarin, gula, dan telur. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
  2. Siapkan wadah untuk mengukus, kemudian tata roti tawar dalam wadah tersebut.
  3. Tuang campuran susu, kemudian taburkan kismis dan keju parut di atasnya.
  4. Panaskan kukusan dan berikan pelapis kain atau serbet bersih pada penutupnya agar air tidak menetes.
  5. Kukus puding roti hingga matang.
  6. Puding roti tawar siap disantap sebagai cemilan sehat untuk diet.

Oatmeal Yogurt

Bahan-bahan:

  • 150 ml susu UHT Frisian Flag Low Fat
  • 3 sdm oatmeal
  • 3 sdm yogurt
  • 4 sdm air panas
  • Buah-buahan sesuai selera

Cara membuat:

  1. Campur oatmeal dan air panas ke dalam mangkuk hingga teksturnya empuk.
  2. Tuang susu UHT Frisian Flag Low Fat dan yogurt ke dalam mangkuk berisi oatmeal, aduk rata.
  3. Tambahkan buah-buahan sesuai selera di atasnya. Cemilan malam untuk diet sehat siap untuk disantap.

Mille Crepes

Bahan-bahan:

  • 100 ml susu UHT Frisian Flag Low Fat
  • 1 bungkus agar-agar
  • 2 butir telur ayam
  • Mentega secukupnya
  • Whipped cream

Cara membuat:

  1. Kocok lepas telur, kemudian tuangkan agar-agar dan susu UHT Frisian Flag Low Fat secara bertahap. Aduk rata.
  2. Panaskan wajan anti lengket yang telah diolesi mentega, kemudian tuang adonan sedikit demi sedikit secara melingkar.
  3. Jika sudah matang, angkat dan biarkan dingin. Ulangi hingga adonannya habis.
  4. Olesi setiap lembar crepe yang telah matang dengan whipped cream. Tumpuk crepe dan ulangi sampai habis.
  5. Mille crepes siap Anda santap sebagai cemilan sehat untuk diet.

Baca juga: CREPES TEFLON RENYAH & PRAKTIS ALA RUMAHAN – RESEP MANTUL (MANIS NIKMAT DALAM TUJUH LANGKAH)

Itulah beberapa ide olahan cemilan sehat untuk diet yang bisa Anda coba di rumah. Jangan lupa untuk memakai susu UHT Frisian Flag Low Fat dengan kandungan lemak yang rendah agar diet yang Anda jalani bisa maksimal. Selamat mencoba!

Artikel Terkait