10 Pilihan Cemilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet

Banner
| 06 Okt 2023

10 Pilihan Cemilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet

10 Pilihan Cemilan Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet

Cemilan rendah kalori bukan hanya enak disantap sore hari, namun juga membantu mengontrol berat badan. Saat sedang menjalani hari-hari yang terasa panjang, tentunya cemilan enak rendah kalori bisa membantu Anda meningkatkan suasana hati. 

Namun, rasa lapar yang menyerang bisa membuat Anda lupa diri dan malah memilih mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Untuk menghindarinya, lihat daftar pilihan cemilan rendah kalori yang bisa dijadikan sebagai cemilan sore yang lezat dan bergizi untuk Anda di sini!

Pilihan Cemilan Rendah Kalori

Berikut ini ada beberapa pilihan cemilan diet rendah kalori yang cukup ampuh mengganjal rasa lapar sementara:

  1. Potongan Apel dan Selai Kacang

    Sebagai cemilan sehat, potongan buah adalah pilihan paling mudah dan sehat. Agar tidak terasa membosankan, tambahkan topping seperti selai kacang untuk potongan buah apel. 

    Rasanya lezat karena merupakan perpaduan rasa manis apel dengan rasa asin selai kacang. Oleskan 2 sendok teh selai kacang di atas potongan apel berukuran sedang agar jumlah energinya tidak melebihi 90 kkal.

  2. Kacang Pistachio

    Jika Anda menyukai cemilan rendah kalori yang mudah dikonsumsi kapan saja, sediakanlah setoples kacang pistachio panggang tanpa garam di meja kerja Anda. 

    Jangan kuatirkan kandungan lemaknya yang tinggi karena sebagian besarnya berupa lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Makan 20 butir per hari cukup mengenyangkan dan tidak melampaui 100 kkal.

  3. Buah Berry

    Buah berry sangat pas dijadikan cemilan rendah kalori bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Berry memiliki antioksidan tinggi dan sangat optimal dalam menjaga kesehatan tubuh secara utuh. Beberapa jenis berry yang bisa Anda coba untuk konsumsi diantaranya ada blueberry, stroberi dan rasberi.

  4. Edamame

    Cemilan rendah kalori yang terakhir ini diketahui memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Menjadikan edamame sebagai cemilan rendah kalori merupakan cara yang bagus untuk menjaga nafsu makan tetap terkontrol. Cara terbaik mengonsumsi edamame yaitu dengan cara direbus atau dikukus.

  5. Semangka

    Konsumsi buah yang memiliki kadar air tinggi seperti semangka juga bisa menjadi pilihan cemilan enak rendah kalori. Tingginya kadar air dalam semangka bisa membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dan merasa kenyang. Dalam 100 gram buah semangka mengandung sekitar 30 kalori dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh di dalamnya.

Pilihan Cemilan Rendah Kalori Mengenyangkan

Pemilihan cemilan rendah kalori tidak boleh dilakukan secara sembarangan agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi dengan baik. Jumlah kalori yang masuk harus benar-benar diperhatikan ketika Anda sedang dalam program penurunan berat badan. 

Sebagai pilihannya, Anda bisa mengonsumsi salah satu cemilan enak rendah kalori yang mengenyangkan berikut ini:

  1. Susu

    Susu UHT adalah salah satu pilihan cemilan rendah kalori mengenyangkan yang sehat dan lezat. Frisian Flag Indonesia menyediakan susu UHT bergizi rendah lemak dengan kemasan kotak yang praktis dan higienis.

    Diproduksi dengan susu segar pilihan, dengan pengalaman produksi lebih dari 140 tahun di dunia dan didukung oleh keahlian dari Netherlands Dairy Expertise menghasilkan susu dengan cita rasa yang lezat dan bergizi. 

    Susu UHT Frisian Flag mengandung rangkaian zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian keluarga Indonesia. 

    Susu UHT Frisian Flag Low Fat tersedia dalam varian Belgian Chocolate, Californian Strawberry, French Vanilla, dan Plain yang lezat. susu UHT Frisian Flag Low Fat dapat menjadi cemilan rendah kalori karena mengandung hanya 110 kkal di dalam 225 ml sajiannya. 

  2. Salmon Asap Gulung

    Selain lezat dan mudah dibuat, salmon asap gulung sehat karena mengandung protein tinggi dan asam lemak Omega-3. Untuk membuat cemilan rendah kalori mengenyangkan ini, oleskan 1 sendok makan krim keju rendah lemak di potongan salmon asap, kemudian gulung. Agar tetap di bawah 100 kkal, batasilah hanya 2 gulung salmon per hari.

  3. Oatmeal dan Stroberi

    Oatmeal mengandung serat tinggi dan membantu menjaga kadar gula darah sehingga dianjurkan untuk kesehatan jantung. Untuk menambah cita rasa, tambahkan madu dan potongan buah stroberi. Akan lebih baik jika Anda memilih oatmeal mentah (raw oats) karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

  4. Yoghurt

    Produk olahan susu hasil fermentasi yang nikmat dan kaya manfaat ini merupakan cemilan rendah kalori yang kaya protein. Jika ingin hasil maksimal, Anda bisa mengonsumsi Yoghurt Yunani sebagai cemilan sore karena tinggi protein.

  5. Telur 

    Telur menjadi salah satu cemilan rendah kalori yang mengenyangkan dan tinggi protein. Sebutir telur dapat mengurangi rasa lapar dan membuat kenyang karena kandungan protein di dalamnya. Sebaiknya Anda mengonsumsi telur dengan cara direbus untuk menghindari minyak yang dapat meningkatkan kadar lemak jahat.

Baca Juga: 3 Ide Jajanan Anak yang Bisa Dibuat di Rumah

Jumlah Kebutuhan Kalori Harian

Setelah mengetahui apa saja cemilan rendah kalori yang bisa dikonsumsi, Anda perlu mengetahui berapa jumlah kebutuhan kalori harian Anda. Tujuannya adalah agar Anda dapat menentukan berapa takaran setiap ide cemilan di atas yang sesuai untuk Anda. 

Perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan kalori harian antara pria dan wanita berbeda tergantung dari tingkat aktivitas dan komposisi tubuh. 

Pria dewasa paling tidak membutuhkan sekitar 2.500 kalori sehari. Sedangkan wanita dewasa membutuhkan kalori yang lebih sedikit, yaitu sekitar 2.000 kalori per hari.

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan berkalori tinggi tentu bukan pilihan yang tepat. Maka dari itu, delapan cemilan rendah kalori di atas bisa Anda konsumsi di kala perut terasa lapar dan ingin makan.

Yuk, jadikan varian susu UHT Frisian Flag low fat sebagai cemilan rendah kalori yang sehat dan lezat. Susu UHT Frisian Flag Low Fat merupakan susu cair siap minum yang rendah lemak dengan kandungan gizi makro dan gizi mikro yang beragam. 

Susu rendah lemak menjadi salah satu jenis susu yang sedang populer dan kian diminati banyak orang, khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Setiap kemasan susu UHT Frisian Flag Low Fat ini terbuat dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), Vitamin E & B5, dan sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium), serta Magnesium, Zinc, Selenium, Natrium dan Kalium.

Baca Juga: 13 Jenis Makanan Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet

Mengonsumsi 1 takaran saji (225 ml) susu UHT Frisian Flag Low Fat dapat mendukung kurang lebih 25% asupan protein yang dibutuhkan dalam sehari (berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal). Hal ini menjadikannya cocok sebagai cemilan diet rendah kalori yang mengenyangkan.

Jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang!

Artikel Terkait