Apakah Proses UHT Mengubah Kandungan Susu?

| 20 Okt 2017

Apakah Proses UHT Mengubah Kandungan Susu?

Susu pada umumnya melewati proses pemanasan terlebih dahulu sebelum dikemas. Proses pemanasan ini dilakukan untuk mematikan segala spora dan bakteri jahat yang terkandung dalam susu agar susu aman dan layak dikonsumsi. Salah satu proses pemanasan susu yang kerap dilakukan adalah pemanasan UHT atau Ultra-High Temperature. Pertanyaannya, adakah perubahan nutrisi pada kandungan susu UHT? Mari kita bahas lebih jauh.

Agar aman dikonsumsi, susu segar memang wajib melewati proses pemanasan. Meski kaya zat gizi, setelah diperah susu akan terpapar udara dan berisiko terkontaminasi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention susu bisa mengandung mikroorganisme seperti Brucella, Campylobacter, Cryptosporidium, E. coli, Listeria, dan Salmonella yang mengancam kesehatan tubuh.

Dalam proses UHT, susu dipanaskan pada suhu di atas 135C minimal selama 2 detik. Selain untuk mematikan bakteri dan mikroorganisme jahat, proses UHT dilakukan agar masa konsumsi susu lebih panjang tanpa harus menambahkan bahan pengawet. Setelah melewati proses UHT, susu akan dikemas dalam wadah steril yang kedap udara. Dengan proses ini, selama kemasan tertutup, susu UHT dapat bertahan setidaknya selama 6 bulan pada suhu ruang. Namun setelah dibuka, susu harus segera dihabiskan atau dimasukkan ke dalam lemari pendingin dengan jangka waktu aman dikonsumsi sekitar 3 hari.

Lalu apakah pemanasan suhu tinggi mengubah kandungan susu UHT?

Menurut The Consumer Education Project of Milk SA proses pemanasan susu yang tepat tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap nilai zat gizi pada susu. Proses UHT termasuk dalam jenis proses pemanasan tidak merusak kandungan gizi susu dan juga tidak mengubah kemampuan penyerapan zat gizi oleh tubuh. 

Kandungan susu UHT dan manfaatnya dapat Anda dapatkan dari kelezatan Susu Siap Minum Frisian Flag yang dibuat dari susu sapi dalam kemasan kotak  yang praktis, higienis dalam ukuran sekali minum dan ukuran yang dapat dikonsumsi oleh keluarga kapan saja dan di mana saja.

Susu Siap Minum Frisian Flag mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral) untuk mendukung asupan gizi harian keluarga Indonesia. Susu Siap Minum Frisian Flag tersedia dalam varian Frisian Flag Purefarm untuk semua anggota keluarga dan Frisian Flag Kid, Milky, dan Fruity untuk anak-anak.

Artikel Terkait