Efektifkah Susu Penambah Berat Badan Anak? Ini Faktanya

Banner
| 17 Okt 2022

Efektifkah Susu Penambah Berat Badan Anak? Ini Faktanya

Efektifkah Susu Penambah Berat Badan Anak? Ini Faktanya

Sebagian orang memilih susu penambah berat badan untuk anak agar Si Kecil bobot tubuhnya meningkat dengan cepat. Bahkan, saat ini sudah banyak produk susu penggemuk badan anak yang dijual di pasaran. Namun, apakah susu buat gemuk ini cukup efektif meningkatkan berat badan Si Kecil dengan lebih sehat? 

Lalu, susu penambah berat badan anak seperti apa yang aman dan baik dikonsumsi oleh si Kecil secara rutin? Nah, untuk mengetahui jawabannya, kita simak penjelasan mengenai efektivitas susu penambah berat badan anak dalam artikel ini, yuk! 

Kandungan gizi susu penambah berat badan anak

Sebelum mengetahui efektif atau tidaknya susu penggemuk badan anak, Anda perlu mengetahui informasi kandungan gizi yang ada di dalamnya. Kandungan gizi yang terdapat pada susu penambah berat badan anak ini ternyata lebih tinggi daripada kandungan susu sapi biasa, yang meliputi:

  • Energi (kalori): 110-120 kcal
  • Lemak: 4,5 gr
  • Protein: 4 gr
  • Gula: 17 gr

Sementara susu sapi biasa (whole milk), diketahui memiliki kandungan yang lebih rendah daripada susu penggemuk badan anak sebagai berikut:

  • Energi (kalori): 103 kcal
  • Lemak: 2,4 gr
  • Protein: 8 gr
  • Gula: 13 gr

Bisa terlihat perbedaannya bahwa susu penambah berat badan anak jauh lebih tinggi kandungan kalori, lemak, serta kandungan gulanya daripada susu sapi biasa (whole milk).

Bukan hanya kalori, lemak, dan protein saja yang harus ada dalam susu penggemuk badan anak. Ada beberapa kandungan gizi susu yang diperlukan untuk masa pertumbuhan si Kecil, yaitu:

  • Protein

    Protein merupakan komponen terbesar kedua setelah air pada tubuh manusia. Berdasarkan salah satu jurnal penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kandungan protein yang terdapat dalam susu penggemuk badan anak ini berguna dalam menyediakan asam amino bagi formasi matriks tulang, masa dan kekuatan otot, serta mendukung produksi hormon pertumbuhan IGF-1. Selain itu, kandungan protein dalam beberapa merek susu penambah berat badan anak dapat memenuhi kebutuhan protein yang juga penting untuk mengurangi risiko stunting atau gagal tumbuh.

  • IGF-1

    Insulin-like Growth Factor-1 atau IGF-1 adalah hormon yang secara alami dihasilkan oleh tubuh manusia yang berfungsi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tulang serta jaringan lainnya. Hormon pertumbuhan ini juga ditemukan pada kandungan gizi susu penambah berat badan anak. Di samping untuk meninggikan badan, minum susu penggemuk badan anak yang tinggi kalsium akan memicu tubuh Si Kecil untuk menghasilkan lebih banyak IGF-1.

  • Vitamin D

    Penyerapan kalsium dan magnesium oleh tubuh baru akan berjalan dengan maksimal jika dibarengi dengan konsumsi kalsium dan vitamin D. Selain didapatkan secara alami dari sinar matahari pukul 6 - 9 pagi, vitamin D alami juga bisa didapatkan dari salmon, tuna, kuning telur, dan lemak susu. Demikian halnya dengan kandungan dalam sejumlah merek susu penggemuk badan anak yang dilengkapi pula dengan Vitamin D untuk mendukung pertumbuhan si Kecil.

  • Kalsium

    Hingga usia 21 tahun, anak akan terus mengalami pembentukan massa tulang dan akan membutuhkan manfaat kalsium untuk mendukung pertumbuhan. Selain itu, manfaat kalsium pun dibutuhkan agar anak terhindar dari risiko pengeroposan tulang pada usia dini. Tapi berapa kebutuhan kalsium anak? Institute of Medicine dalam Portal WebMD menerangkan bahwa kebutuhan kalsium anak dibedakan berdasarkan usianya, yakni 500 mg pada anak usia 1-3 tahun, 800 mg pada anak usia 4-8 tahun, dan 1.300 mg pada anak usia 9-18 tahun. Rekomendasi susu maupun susu tinggi kalsium tentunya dilengkapi dengan kandungan kalsium yang dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium untuk anak.

  • Zat Besi

    Zat besi memiliki banyak peranan bagi si Kecil. Susu penggemuk badan anak memiliki kandungan gizi yang berperan utama dalam mencukupi suplai sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, zat besi juga berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga fungsi kognitif tubuh si Kecil.

  • Vitamin A

    Memberikan susu penggemuk badan anak bagi si Kecil sama artinya dengan Ibu berupaya menjaga kesehatan matanya, karena di dalam susu terkandung vitamin A. Kandungan vitamin A di dalam susu tak hanya berfungsi untuk mata, tetapi juga memiliki berbagai fungsi lain seperti meningkatkan imunitas, dan menjaga kesehatan tulang. 

Selain kandungan gizi susu tersebut, terdapat juga kandungan vitamin lainnya di beberapa tipe dan merek susu buat gemuk, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, serta fosfor.

Pentingnya Susu Penambah Berat Badan Anak

Selalu memastikan banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibandingkan kalori yang dibakar setiap harinya merupakan salah satu cara meningkatkan berat badan anak. Tingginya kandungan protein dalam susu penambah berat badan anak juga bisa membantu meningkatkan massa otot Si Kecil dengan catatan, selain minum susu penambah badan secara rutin, ia juga harus rutin beraktivitas. Jika tidak, massa otot tidak akan bertambah.

Hindari menambah gula sebagai ekstra pemanis. Karena gula ekstra bukan kalori berkualitas. Akan lebih baik jika Si Kecil meminum susu murni atau susu penambah berat badan anak karena kalori yang ada didalamnya lebih banyak. 

Menurut American Heart Association, overconsuming lemak jenuh tidak baik untuk kesehatan karena bisa berisiko penyakit jantung. Raih berat badan optimal dan jaga kondisi tubuh dengan berolahraga dan minum susu penambah berat badan anak yang berkualitas. 

Susu UHT Frisian Flag Milky diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan 7 Vitamin: Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12 dan D3 serta Mineral: Kalsium dan Fosfor dan untuk mendukung aktivitas harian si Kecil dengan pilihan rasa coklat dan strawberry yang lezat. 

Supaya dapat hasil berat badan yang sesuai, selalu pastikan susu UHT Frisian Flag Milky selalu tersedia untuk menjadi teman si Kecil dimanapun ia beraktivitas. Dengan memberikannya susu UHT Frisian Flag Milky sebelum dan di sela-sela kegiatan anak, susu penambah berat badan anak ini akan memberikannya sumber energi agar dapat terus mendukungnya untuk aktif dalam berkreasi dan beraktivitas. 

Baca Juga: 7 Resep Menu Sarapan Sehat Sederhana dan Penuh Manfaat

Waktu yang Tepat untuk Minum Susu Penambah Berat Badan Anak

Siapa bilang, masalah berat badan hanya soal kelebihan berat saja? Masih banyak lho, yang si Kecil yang mengalami masalah kekurangan berat badan. Anda perlu mengetahui penyebabnya, seperti konsultasikan ke pakar kesehatan atau dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penanganan yang tepat serta tanyakan apakah Si Kecil perlu mengonsumsi susu buat gemuk dan kapan waktu yang tepat minum susu penambah berat badan anak. 

Jika si Kecil termasuk ke dalam kategori anak yang kesulitan meningkatkan berat badan atau massa tubuh, coba perhatikan apakah asupan makanan dan minuman seperti susu penambah berat badan anak sudah sesuai atau belum. Perhatikan juga aktivitas hariannya karena itu akan memengaruhi berat badan Si Kecil.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang memiliki berat badan yang kurang ideal atau kurus selain masalah genetika. 

  • Stres
  • Kurang Asupan Nutrisi
  • Kurang Minum Air Putih
  • Alcohol addict

Tahukah Anda? Susu dapat meningkatkan masa otot pada tubuh. Selain itu, kandungan protein yang terdapat di dalam susu sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. So, kapan waktu yang tepat untuk minum susu penambah berat badan anak?

Pagi hari dan malam hari sebelum tidur

Rutin minum susu penambah berat badan anak di pagi dan malam hari sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan berat badan secara cepat. Dengan minum susu buat gemuk, tidur Si Kecil juga akan jauh lebih pulas setelah minum susu. Susu secara umum sekaligus susu penggemuk badan anak mengandung asam amino triptofan yang membantu produksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut memiliki fungsi yang baik dalam membangkitkan mood positif dan mencegah depresi.

Bagaimana dengan minum susu penambah berat badan anak tiga kali sehari? Tidak ada masalah jika meminum susu buat gemuk tiga kali sehari. Sebuah penelitian dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menguak bahwa minum susu penambah berat badan anak hingga tiga kali sehari memang bisa menambah berat badan lebih cepat dengan tetap memperhatikan kesehatan yang diperlukan tubuh si Kecil.

Baca Juga : RESEP TIRAMISU NIKMAT, MUDAH DICOBA

Seberapa Efektif Susu Penambah Berat Badan Anak?

Mengonsumsi susu penambah berat badan anak secara rutin memang dikenal cukup efektif dalam menambah berat badan. Namun perlu diingat bahwa susu penggemuk badan anak hanyalah salah satu asupan dorongan dalam metode menambah berat badan buah hati secara optimal. 

Seperti apa yang telah ditulis di atas, si Kecil perlu melakukan banyak aktivitas lainnya untuk memaksimalkan kandungan susu penambah berat badan anak agar tubuhnya dapat berkembang dengan sehat. Jadi, jangan 100 persen mengandalkan proses penambahan berat badan Anda hanya dengan susu penggemuk badan anak saja. 

Sama halnya dengan proses penurunan berat badan, ketika Anda ingin meningkatkan bobot si Kecil, Anda perlu melakukannya secara bertahap. Salah satu tahapannya termasuk dengan rutin memberikannya susu buat gemuk.

Ada hal lain juga yang perlu Anda ketahui dalam mencoba untuk menambah berat badan. Selain rutin memberikan susu buat gemuk, Anda juga harus lakukan konsultasi kepada dokter gizi untuk mengetahui batas normal berat badan Si Kecil. 

Jangan sampai Anda lalai dalam memberikan susu penambah berat badan anak dan menggunakan segala cara untuk menambah berat badan yang bakal merugikan kesehatan Si Kecil. Dengan bantuan konsultasi dokter, Anda juga akan disarankan untuk memilih susu penambah berat badan anak dengan kandungan yang tepat. 

Dampak Minum Susu Penambah Berat Badan Anak

Ada anggapan yang dipercaya oleh beberapa orang jika susu penggemuk badan anak bisa membahayakan ginjal Si Kecil. Secara medis, kandungan dalam susu buat gemuk sifatnya aman. Hanya saja, memiliki kandungan kalori yang tinggi karena tujuannya untuk menambah berat badan. Fakta medis lainnya yaitu tidak hanya untuk orang yang ingin menaikkan bobot tubuhnya, tapi jenis susu buat gemuk bisa dikonsumsi oleh orang yang mengalami gangguan makan. 

Pemilihan susu penambah berat badan anak yang sesuai menjadi penting karena asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh Si Kecil sangat berbeda dari satu dan lainnya. Maka dari itu, jangan langsung tergiur untuk membeli susu penggemuk badan anak berdasarkan rekomendasi orang yang dikenal saja

Pastikan si Kecil mendapatkan manfaat dari minum susu penggemuk badan anak terbaik setiap hari untuk mencegah terjadinya hambatan pertumbuhan. Susu UHT Frisian Flag Milky diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak). Selain itu, Susu Siap UHT Frisian Flag Milky juga mengandung Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, dan D3, serta Kalsium dan Fosfor untuk mendukung pertumbuhan si Kecil dengan varian rasa yang enak. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Baca Juga: 3 Menu Sarapan Sehat dari Susu Rendah Lemak

Artikel Terkait