Ini Daftar Susu Penambah Berat Badan dan Nutrisi Wajibnya

Banner
| 17 Okt 2022

Ini Daftar Susu Penambah Berat Badan dan Nutrisi Wajibnya

Ini Daftar Susu Penambah Berat Badan dan Nutrisi Wajibnya

Sebagian orang memilih susu penambah berat badan agar bobot tubuhnya meningkat dengan cepat. Bahkan, saat ini sudah banyak produk susu penggemuk badan yang dijual di pasaran. Namun, apakah manfaat dari susu penambah berat badan ini bagi kesehatan?

Lalu, susu penambah berat badan seperti apa yang aman dan baik dikonsumsi secara rutin? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan selengkapnya di sini, yuk! 

Kandungan Gizi Susu Penambah Berat Badan

Sebelum mengetahui efektif atau tidaknya susu penambah berat badan, Anda perlu mengetahui informasi kandungan gizi yang ada di dalamnya. Kandungan gizi yang terdapat pada susu penambah berat badan ternyata lebih tinggi daripada kandungan susu sapi biasa, yang meliputi:

  • Energi (kalori): 110-120 kkal
  • Lemak: 4,5 gram
  • Protein: 4 gram
  • Gula: 17 gram
  • Karbohidrat: 80–100 gram

Sementara susu sapi biasa (whole milk), diketahui memiliki kandungan yang lebih rendah daripada susu penambah berat badan sebagai berikut:

  • Energi (kalori): 103 kkal
  • Lemak: 2,4 gram
  • Protein: 8 gram
  • Gula: 13 gram
  • Karbohidrat: 24,8 gram

Bisa terlihat perbedaannya bahwa susu penambah berat badan jauh lebih tinggi kandungan kalori, lemak, serta kandungan gulanya daripada susu sapi biasa (whole milk).

Bukan hanya kalori, lemak, dan protein saja yang harus ada dalam susu untuk berat badan. Ada beberapa kandungan gizi susu yang diperlukan, yaitu:

  • Protein

    Protein merupakan komponen terbesar kedua setelah air pada tubuh manusia. Berdasarkan salah satu jurnal penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kandungan protein yang terdapat dalam susu penambah berat badan ini berguna dalam menyediakan asam amino bagi formasi matriks tulang, masa dan kekuatan otot, serta mendukung produksi hormon pertumbuhan IGF-1.

    Selain itu, kandungan protein dalam beberapa merek susu penambah berat badan dapat memenuhi kebutuhan protein yang juga penting untuk mengurangi risiko stunting atau gagal tumbuh.

  • IGF-1

    Insulin-like Growth Factor-1 atau IGF-1 adalah hormon yang secara alami dihasilkan oleh tubuh manusia yang berfungsi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan tulang serta jaringan lainnya. Hormon pertumbuhan ini juga ditemukan pada kandungan gizi susu penambah berat badan.

    Di samping untuk meninggikan badan, minum susu penambah berat badan yang tinggi kalsium akan memicu tubuh untuk menghasilkan lebih banyak IGF-1.

  • Vitamin D

    Penyerapan kalsium dan magnesium oleh tubuh baru akan berjalan dengan maksimal jika dibarengi dengan konsumsi kalsium dan vitamin D. Selain didapatkan secara alami dari sinar matahari pukul 6-9 pagi, vitamin D alami juga bisa didapatkan dari salmon, tuna, kuning telur, dan lemak susu. Demikian halnya dengan kandungan dalam sejumlah merek susu penambah berat badan yang dilengkapi pula dengan vitamin D.

  • Kalsium

    Hingga usia 21 tahun, setiap anak akan terus mengalami pembentukan massa tulang dan akan membutuhkan manfaat kalsium untuk mendukung pertumbuhan. Selain itu, manfaat kalsium pun dibutuhkan agar kita terhindar dari risiko pengeroposan tulang pada usia dini. Tapi berapa kebutuhan kita akan kalsium setiap harinya?

    Melansir Mayo Clinic, kalsium yang disarankan adalah 2.500 mg per hari untuk orang dewasa berusia 19-50 tahun. Tapi, untuk mereka yang berusia 51 tahun ke atas, kebutuhannya adalah 2.000 miligram per hari. Sehingga direkomendasikan saat Anda memilih susu tinggi kalsium tentunya dilengkapi dengan kandungan kalsium yang dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium setiap harinya.

  • Zat Besi

    Susu penambah berat badan anak memiliki kandungan gizi zat besi mempunyai peran utama dalam mencukupi suplai sel darah merah di dalam tubuh. Selain itu, zat besi juga berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Vitamin A

    Kandungan vitamin A di dalam susu tak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, tetapi juga memiliki berbagai fungsi lain seperti meningkatkan imunitas, dan menjaga kesehatan tulang.

    Selain kandungan susu berat badan tersebut, terdapat juga kandungan vitamin lainnya di beberapa tipe dan merek susu penambah berat badan atau susu tinggi kalori, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, serta fosfor.

  • Karbohidrat

    Selain itu, susu penambah berat badan juga perlu memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang jumlahnya lebih unggul sebagai sumber kalori. Di dalam susu penambah berat badan dapat mengandung karbohidrat hingga 100 gram, kandungan lemak hingga 20 gram. 

    Jumlah ini berbeda jauh dengan kandungan karbohidrat pada segelas susu biasa atau whole milk, dengan jumlah karbohidrat sekitar 15 gram dan kandungan lemak antara 10 gram.

Baca Juga: 7 Resep Menu Sarapan Sehat Sederhana dan Penuh Manfaat

Waktu yang Tepat untuk Minum Susu Penambah Berat Badan Anak

Siapa bilang, masalah berat badan hanya soal kelebihan berat saja? Masih banyak lho, orang-orang yang mengalami masalah kekurangan berat badan. Jika Anda salah satunya, maka konsultasikan ke pakar kesehatan atau dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab dan ciri kekurangan berat badan. Termasuk juga bagaimana penanganan yang tepat serta tanyakan apakah Anda perlu mengonsumsi susu penambah berat badan dan kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang memiliki berat badan yang kurang ideal atau kurus selain masalah genetika, yaitu: 

  • Stres
  • Kurang asupan nutrisi
  • Kurang minum air putih
  • Alcohol addict

Tahukah Anda? Susu dapat meningkatkan masa otot pada tubuh. Selain itu, kandungan protein yang terdapat di dalam susu sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan berat badan. So, kapan waktu yang tepat untuk minum susu penambah berat badan?

Rutin minum susu penambah berat badan di pagi dan malam hari sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan berat badan secara cepat. Dengan minum susu untuk penambah berat badan, tidur Anda juga akan jauh lebih pulas setelah minum susu.

Susu secara umum, sekaligus susu penambah berat badan, dan juga susu tinggi kalori, mengandung asam amino triptofan yang membantu produksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut memiliki fungsi yang baik dalam membangkitkan mood positif dan mencegah depresi.

Lalu, bagaimana jika minum susu penambah berat badan sebanyak tiga kali sehari? Tidak ada masalah jika meminum susu untuk penambah berat badan tiga kali sehari. Sebuah penelitian dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menguak bahwa minum susu penambah berat badan hingga tiga kali sehari adalah cara menambah berat badan lebih cepat dengan tetap memperhatikan kesehatan yang diperlukan tubuh.

Baca Juga: RESEP TIRAMISU NIKMAT, MUDAH DICOBA

Efektivitas Susu Penambah Berat Badan

Mengonsumsi susu penambah berat badan anak secara rutin memang dikenal cukup efektif dalam menambah berat badan. Namun perlu diingat bahwa susu penambah berat badan hanyalah salah satu asupan dorongan dalam metode menambah bobot secara optimal.

Jangan lupa untuk melakukan banyak aktivitas lainnya untuk memaksimalkan kandungan susu penambah berat badan agar tubuh dapat berkembang dengan sehat. Jadi, jangan 100 persen mengandalkan proses penambahan berat badan Anda hanya dengan susu penggemuk badan saja.

Sama halnya dengan proses penurunan berat badan, ketika Anda ingin meningkatkan bobot tubuh, Anda perlu melakukannya secara bertahap. Salah satu tahapannya termasuk dengan rutin mengonsumsi susu untuk penambah berat badan. Jangan lupa lakukan konsultasi kepada dokter gizi untuk mengetahui batas normal berat badan Anda. Dengan bantuan konsultasi dokter, Anda juga akan disarankan untuk memilih susu penambah berat badan dengan kandungan yang tepat.

Pasalnya, seperti dikutip dari Healthline, pertambahan berat badan dihasilkan dari mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar. Jika ingin menambah berat badan, penting untuk mendapatkan kalori ekstra dari makanan bergizi daripada makanan berkalori tinggi yang rendah nutrisi, seperti permen atau makanan ringan.

Tips Memilih Susu Penambah Berat Badan

Pemilihan susu penambah berat badan yang sesuai menjadi penting karena asupan nutrisi yang dibutuhkan sangat berbeda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, jangan langsung tergiur untuk membeli susu penggemuk badan berdasarkan rekomendasi orang yang dikenal saja. Berikut beberapa tips memilih susu penambah berat badan yang bisa Anda jadikan acuan:

1. Pilih rasa susu yang disukai

Kini sudah banyak tersedia produk susu penambah berat badan di pasaran dengan berbagai varian rasa, mulai dari rasa plain, cokelat, strawberry, dan lain sebagainya. Kalau Anda termasuk tipe yang hanya bisa mengonsumsi susu dengan varian rasa tertentu, Anda bisa memilih susu dengan rasa yang Anda disukai.

2. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Produk kemasan yang bisa dikonsumsi tentunya memiliki tanggal kedaluwarsa. Penting bagi Anda untuk mengecek tanggal kedaluwarsa susu penggemuk badan yang terletak di luar kemasan agar terhindar dari risiko berbahaya.

Selain tanggal kedaluwarsa, produk susu dan turunannya juga menyematkan masa simpan dari waktu membuka kemasan. Anda juga perlu memerhatikan hal tersebut dengan teliti untuk menghindari kontaminasi bakteri akibat masa simpan yang melebihi batas waktu.

3. Cek kandungan nutrisi

Tips memilih susu penambah berat badan yang paling penting untuk Anda lakukan adalah mengecek kandungan nutrisinya. Pastikan susu penggemuk badan yang dipilih memiliki kandungan protein, kalori, karbohidrat, dan lemak yang tinggi.

Pilihlah susu penambah berat badan yang menyimpan protein penggemuk badan untuk membantu proses pembentukan otot dan sel. Selain protein, Anda juga perlu menemukan susu yang mengandung fosfor, kalsium, vitamin B kompleks, serta seng di dalamnya untuk memaksimalkan penyerapan gizi.

Susu yang dirancang khusus untuk menggemukkan badan umumnya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga penting bagi Anda untuk memerhatikan informasi nilai gizi yang biasanya tertera pada kemasan luar.

Baca Juga: 3 Menu Sarapan Sehat dari Susu Rendah Lemak

Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan

Susu penambah berat badan terbagi menjadi dua jenis, yaitu susu bubuk dan susu cair. Berikut beberapa rekomendasi susu penambah berat badan yang tinggi kalori:

  • Susu UHT Frisian Flag Full Cream

    Susu UHT Frisian Flag Full Cream merupakan susu murni dengan rasa full cream yang gurih dan lezat. Susu penambah berat badan ini mengandung nutrisi baik yaitu sumber 8 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12) dan sumber 3 Mineral (Kalsium, Fosfor dan Iodium).

    Mengonsumsi susu UHT Frisian Flag Full Cream kemasan 225 ml akan membantu memenuhi kebutuhan kalori harian sebanyak 140 kkal. Susu penggemuk badan ini cocok diminum kapan saja terutama di pagi hari untuk bantu penuhi gizi harian tubuh.

  • Susu Bubuk Frisian Flag Full Cream

    Selain susu cair, anak-anak juga bisa mengonsumsi susu penambah berat badan berbentuk bubuk seperti Susu Bubuk Frisian Flag Full Cream. Susu ini diproduksi menggunakan susu bubuk berkualitas dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan tinggi Vitamin A, B2 dan D, serta tinggi Kalsium.

    Dalam setiap sajian (25 gr) Susu Bubuk Frisian Flag Full Cream terkandung energi sebanyak 120 kkal dan protein sebanyak 6 gram atau setara dengan kandungan protein dalam satu butir telur ayam. Konsumsi minimal 2 gelas Susu Bubuk Frisian Flag Full Cream dapat memenuhi sekitar 20% asupan protein yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. 

  • Frisian Flag Kental Manis Full Cream GOLD

    Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) serta sumber 9 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C) dan Mineral (Kalsium, Kalium, Fosfor, Selenium, Mangan dan Iodium).

    Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD adalah satu-satunya susu kental manis dengan kandungan protein sebanyak 3 gram dalam 1 gelas susunya. Satu porsi Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD atau setara dengan 4 sdm mengandung energi sebanyak 130 kkal untuk mendukung asupan energi harian anak-anak.

    Anda tidak disarankan memberikan si Kecil Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream GOLD dengan dicampur air, melainkan disajikan sebagai topping atau pelengkap makanan dan minuman favoritnya.

  • Susu UHT Frisian Flag Swiss Chocolate

    Susu rasa cokelat menjadi salah satu minuman favorit yang disukai anak-anak, baik yang disajikan dalam keadaan panas maupun dingin. Susu UHT Frisian Flag Swiss Chocolate dengan kelembutan teksturnya dijamin membuat anak-anak ketagihan.

    Terbuat dari susu segar berkualitas, Susu UHT Frisian Flag Swiss Chocolate mengandung nutrisi terbaik yaitu sumber 8 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12), dan sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor, dan Iodium). Susu ini akan membantu si Kecil memperoleh energi total sebanyak 160 kkal dalam kemasan 225 ml.

  • Susu UHT Frisian Flag Strawberry

    Manisnya rasa strawberry berpadu dengan susu segar, dijamin beda dengan susu penambah berat badan lainnya. Susu UHT Frisian Flag Strawberry diproduksi dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak), sumber 8 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12), sumber 5 mineral (Kalsium, Fosfor, Iodium, Natrium dan Kalium) yang tetap terasa nikmat.

    Tersedia dalam kemasan ekonomis berukuran 225 ml, susu UHT Frisian Flag Strawberry bisa membantu memenuhi kebutuhan energi anak-anak sebanyak 160 kkal. Susu ini cocok diminum kapan saja, terutama siang dan sore hari untuk membantu mengembalikan semangat anak-anak setelah lelah beraktivitas seharian.

Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan untuk Anak

Selain beberapa susu di atas, jika Anda sedang mencari susu penambah berat badan khusus untuk anak, beberapa susu di bawah ini bisa menjadi pilihan:

  • Susu Bubuk Frisian Flag Kompleta Cokelat

    Rekomendasi yang pertama adalah susu bubuk Frisian Flag Kompleta Cokelat. Di dalam 1 gelas susu ini mengandung energi sebanyak 130 kkal, disertai dengan ragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Agar berat badan anak bertambah dan kesehatannya terjaga, Anda bisa memberikannya 2 gelas dalam sehari. 

  • Susu UHT Frisian Flag Omega

    Jika Anda ingin anak tetap mendapatkan kalori, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan di sela-sela kegiatannya, Anda bisa memberikan anak susu UHT Frisian Flag Omega. Susu ini mengandung 7 vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12 dan D3 serta Mineral berupa Kalsium dan Fosfor yang tersedia dalam rasa cokelat dan stroberi yang enak.

    Menurut Healthy Children, anak pada usia 2 hingga 5 tahun disarankan untuk minum setidaknya 500 ml susu UHT setiap harinya. Perlu ibu ketahui, di dalam 180 ml susu UHT Frisian Flag Omega terdapat energi 70 kkal. 

Itulah beberapa rekomendasi susu penambah berat badan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dikonsumsi dan tips memilihnya. Manfaat minum susu penambah berat badan sebaiknya tidak hanya untuk meningkatkan bobot tapi juga membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh, jadi pastikan Anda memilih susu yang tepat. 

Selain minum susu penambah berat badan, jangan lupa manfaatkan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh yang dapat membantu Anda dalam mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Anda juga bisa menggunakannya untuk anak melihat Indeks Massa Tubuh anak Anda. Jadi, yuk, coba fiturnya sekarang!

Artikel Terkait