Menu Sarapan Sehat Untuk Badan Lebih Fit dan Bugar

Banner
| 23 Nov 2020

Menu Sarapan Sehat Untuk Badan Lebih Fit dan Bugar

Menu Sarapan Sehat Untuk Badan Lebih Fit dan Bugar

Apa menu sarapan sehat kamu hari ini? Kegiatan sarapan memang kadang menjadi kegiatan yang sering dilewatkan dengan alasan kesibukan lho. Tapi tahukah kamu bahwa sarapan itu sangat penting untuk memulai hari dan menjaga kesehatan tubuh kamu.

Sarapan sendiri bisa memberikan banyak manfaat untuk diri kamu lho, salah satunya untuk menjaga metabolisme tubuh supaya kamu gak gampang sakit. Apalagi dengan keadaan seperti sekarang ini dimana virus corona (Covid-19) sudah menjadi pandemi.

Pandemik sendiri secara umum dapat diartikan sebagai penyebaran penyakit di wilayah yang luas, seperti beberapa benua, atau seperti virus corona saat ini yang persebarannya sudah mendunia.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk bisa menghambat persebaran virus ini di Indonesia, salah satunya adalah himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing dan kebijakan perusahaan untuk memberlakukan sistem work from home kepada seluruh karyawannya.

Sebagai bentuk dukungan dalam membatasi dan menekan persebaran virus tersebut, saat ini banyak orang melakukan kegiatan sehari-harinya di dalam rumah. Meskipun sudah mengikuti himbauan pemerintah untuk tetap di rumah, tapi kamu juga harus tetap menjaga kesehatan di rumah lho.

Salah satunya dengan menyantap menu sarapan sehat. Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas banyak hal tentang sarapan, mulai dari pengertian hingga bagaimana dan apa saja sih menu sarapan sehat yang bisa jadi pilihan kamu.

Apa Itu Sarapan?

Kalian pasti sudah sering mendengar kata sarapan, baik itu dikaitkan dengan kebutuhan maupun kesehatan seperti menu sarapan sehat yang banyak terdapat di internet. Tapi apa sih sebenarnya sarapan itu?

Secara umum, sarapan bisa diartikan sebagai suatu kegiatan mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Sarapan biasanya dikonsumsi sekitar pukul 06:00 pagi sampai dengan pukul 10:00 pagi setiap harinya.

Pada waktu sarapan, kamu dianjurkan untuk menyantap menu sarapan sehat yang ringan bagi kerja pencernaan. Apa yang dimaksud dengan menu sarapan sehat yang ringan bagi pencernaan? Maksudnya adalah makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak yang rendah.

Penting untuk diingat ya, apa yang menjadi makanan kamu saat sarapan haruslah yang termasuk ke dalam menu sarapan sehat. Kenapa? hal ini supaya perut kamu tidak sakit saat sedang menjalani hari.

Apa Saja Manfaat Dari Sarapan?

Sebelumnya kita telah membahas tentang sarapan yang memiliki banyak manfaat, apa saja sih manfaat dari menu sarapan sehat? Secara garis besar, terdapat dua manfaat yang bisa kamu dapatkan bila kamu mengonsumsi menu sarapan sehat, yaitu:

  1. Sarapan dapat menyediakan karbohidrat yang siap digunakan untuk meningkatkan kadar gula darah. Dengan kadar gula darah yang terjamin normal, maka semangat dan konsentrasi kerja kamu bisa lebih baik sehingga hal ini juga dapat meningkatkan produktivitas kamu lho.
  2. Pada dasarnya menu sarapan sehat yang kamu konsumsi akan memberikan kontribusi penting akan beberapa zat gizi yang memang diperlukan oleh tubuh kamu seperti protein, lemak, vitamin dan juga mineral. Zat gizi yang mencukupi akan sangat bermanfaat untuk proses fisiologis dalam tubuh kamu. 

Namun bila dirinci lebih mendetail lagi, terdapat enam manfaat mengonsumsi menu sarapan sehat yang bisa kamu dapatkan lho, yaitu:

  • Sebagai Sumber Energi Lebih
    Seperti yang kita ketahui bahwa untuk melaksanakan berbagai aktivitas setiap harinya, tubuh kita membutuhkan energi lho. Apalagi bila kamu termasuk orang yang memiliki aktivitas yang banyak, maka penting untuk menyiapkan tubuh kamu dengan mengonsumsi menu sarapan sehat agar energi yang tersimpan di tubuh kamu setara dengan energi yang akan kamu keluarkan setiap harinya.
  • Memberikan Nutrisi Ke Otak
    Sama seperti tubuh, otak juga memerlukan asupan untuk bisa bekerja. Setiap pekerjaan kita pasti memerlukan kerja otak bukan? Nah, dengan mengonsumsi menu sarapan sehat setiap pagi kamu bisa lebih mudah bekerja mencari ide-ide segar dan hal ini tentunya bisa meningkatkan produktivitas kamu lho.
  • Menjaga Konsentrasi
    Apakah selama work from home ini kamu merasa sulit untuk berkonsentrasi? Hem, salah satu alasannya bisa jadi karena kamu melewatkan ritual sarapan dan tidak mengonsumsi menu sarapan sehat sehingga konsentrasi kamu menurun. Hati-hati ya!
  • Mencegah Penyakit Maag
    Salah satu keuntungan bila tidak melewatkan sarapan dan mengonsumsi menu sarapan sehat adalah kamu akan terhindar dari penyakit maag, hal ini dikarenakan lambung kamu akan terisi makanan yang memang dibutuhkan sehingga dapat menetralisir asam lambung.
  • Menyehatkan Tubuh
    Selain mencegah penyakit maag, menu sarapan sehat yang kamu konsumsi di pagi hari juga tentu saja bisa menyehatkan tubuh kamu lho. Salah satunya dari menjauhkan kamu dari kolesterol, karena sarapan bisa mendorong metabolisme tubuh kamu sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolesterol jadi berkurang.
  • Menjaga Berat Badan
    Kok sarapan bisa menjaga berat badan? Tentu! Hal ini karena bila kamu mengonsumsi menu sarapan sehat di pagi hari maka kamu akan terhindar dari rasa lapar yang berlebih, rasa lapar yang berlebih tentu saja bisa membuat kamu kalap akan makanan.

Itulah berbagai macam manfaat yang bisa kamu dapatkan bila kamu tidak melewatkan aktivitas mengonsumsi menu sarapan sehat di pagi hari. Ingat lho, meskipun saat ini aktivitas kamu terbatas hanya di rumah saja. Tetapi tubuh kamu tetap butuh energi dalam beraktivitas dan berpikir.

Kita sudah mengenal sarapan dan juga manfaatnya, berikutnya kita akan membahas menu sarapan sehat apa saja yang bisa jadi pilihan kamu.

Berikut Menu Sarapan Sehat Yang Bisa Jadi Pilihan Kamu

Melewatkan sarapan sudah menjadi hal biasa bagi sebagian keluarga. Tapi tentu bisa dirasakan apabila tidak makan pagi akan membuat tubuh lemas atau kurang optimal dalam bekerja. Di bawah ini ada 3 menu sarapan praktis dan sehat yang mampu memberi asupan nutrisi baik sepanjang hari, yaitu:

Oatmeal pisang

Cara termudah mengolah oatmeal yang tinggi serat dan bagus bagi pencernaan adalah mengkombinasikannya dengan pisang dan stroberi. Pertama haluskan pisang, kemudian campurkan oatmeal bersama Susu Cair Frisian Flag Purefarm Full Cream. Sentuhan terakhir, taburkan sedikit taburan kayu manis bubuk supaya lebih nikmat. Pasokan energi lebih tinggi dan kadar gula darah pun terjaga.

Granola

Menu sarapan yang bisa kamu buat misalnya raspberry yogurt berbahan granola, yoghurt, Susu Cair Frisian Flag Purefarm Full Cream dan raspberry. Lalu tropical fruit granola yoghurt yang terdiri granola, yogurt, semangka, nanas dan mangga. Atau kamu juga bisa membuat jelly granola yogurt yang mencampurkan granola, yogurt, jelly dan anggur. Kenyang lebih lama dan pencernaanmu jauh lebih sehat, gula darah terkontrol sehingga menurunkan kadar kolesterol.

Telur

Selain direbus, sebagai salah satu sarapan sehat, kamu bisa memasak telur orak-arik dicampur sayur seperti tomat atau bayam tambahkan lada dan garam. Lengkapi sedikit nasi beserta Susu Cair Frisian Flag Purefarm Full Cream yang menjaga nutrisi tubuhmu tetap seimbang meski banyak aktivitas menuntutmu untuk kerja lebih keras.

Buah Potong

Jika Anda sedang mencari alternatif menu sarapan sehat yang praktis dan sehat, buah potong bisa jadi solusinya. Anda bisa siapkan buah seperti apel, alpukat, pisang, atau buah beri sebagai warna lain untuk menu sarapan sehat Anda.

Menu Sarapan Pagi Sederhana dan Bergizi 

Tidak hanya untuk orang dewasa, berikut menu sarapan yang cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Seluruh menu dibawah ini memiliki kandungan gizi yang baik dan bermanfaat untuk tubuh sebelum mulai beraktivitas. 

Omelette Sayur Sederhana

Telur adalah salah satu makanan yang sering disantap untuk menu sarapan pagi, selain praktis dan lezat telur juga kaya akan protein hewani yang berguna untuk tubuh. Mengkombinasikan telur dan sayur-sayuran bisa menjadi pilihan untuk sarapan cepat dengan gizi yang cukup. Menu sarapan pagi dengan omelet sayur sederhana sangat mudah dibuat. Berikut beberapa bahan yang perlu disiapkan. 

Bahan-Bahan:

  • Telur ayam sebanyak 3-4 butir atau sesuai selera.
  • 1 buah sosis ayam atau sapi potong kecil-kecil.
  • 1 atau ½ buah wortel segar ukuran sedang, cuci bersih lalu potong dadu.
  • ½ sdt garam atau sesuai selera
  • Merica halus sesuai selera.
  • ½ butir bawang bombai iris halus
  • Keju cheddar sesuai selera.
  • Mentega atau minyak untuk menumis.

Cara Membuat:

  • Masukkan telur lalu kocok bersama dengan garam dan merica bubuk lalu sisihkan.
  • Masukkan irisan bawang bombay, potongan wortel dan sosis lalu aduk sampai layu.
  • Tuang campuran telur kedalam wajan lalu taburi dengan keju cheddar. 
  • Masak sampai bagian dasar matang. 

Kentang Panggang Keju 

Menu sarapan pagi yang satu ini tentu sangat menggugah selera terutama untuk anak-anak. Kentang yang diolah dengan cara dipanggang bersama keju menjadi pilihan menu sarapan pagi sederhana penuh dengan gizi. Cara membuatnya pun tidaklah sulit. 

Bahan-bahan:

  • Kentang berukuran besar 3-4 buah. Sebelumnya, cuci kentang sampai bersih.
  • Keju sesuai selera, disini Anda bisa menggunakan keju mozzarella. 
  • 1 Sdt garam.
  • 1 Sdm mentega.
  • Mayonnaise atau saus tomat, sesuai selera
  • Air secukupnya.

Cara Membuat:

  • Siapkan panci yang telah diisi air, rebus kentang yang sudah dibersihkan bersama dengan garam sampai ketang matang, lalu tiriskan. Setelah ditiriskan tekan kentang hingga merekah dan terbuka bagian atasnya.
  • Letakan kentang diatas loyang yang sudah dialasi aluminium foil. Lumuri kentang dengan mayonaise atau saus tomat kemudian taburkan parutan keju diatasnya. Ulangi sampai semua bahan habis. 
  • Setelah itu, olesi mentega di atas kentang yang sudah ditaburi keju dan saus.
  • Masukan kentang ke dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius. Panggang sampai keju meleleh. 
  • Kentang panggang keju siap disajikan. 

Sate Tempe, Ayam, Sayur 

Salah satu menu sarapan pagi ini terbilang kreatif namun tetap menggunakan bahan-bahan sederhana. Sama seperti menu sarapan pagi lainnya, sate tempe ayam sayur juga akan sangat disukai oleh anak-anak. Berikut resep menu sarapan pagi sate tempe ayam sayur. 

Bahan-bahan:

  • ½ Papan tempe ukuran sedang.
  • 1 Buah wortel berukuran sedang, parut sampai halus. 
  • 1 Siung bawang merah, cincang halus. 
  • 1 Siung bawang putih cincang halus. 
  • 100 gr daging ayam bagian dada, cincang halus. 
  • 1 Sdm tepung terigu.
  • 50 gr Keju, parut halus. 
  • Garam, secukupnya. 
  • Lada, secukupnya.
  • Minyak goreng atau mentega. 

Cara Membuat:

  • Potong-potong tempe, lalu kukus sampai tempe matang.
  • Setelah tempe matang, hancurkan dan haluskan sampai benar-benar halus, sisihkan 
  • Siapkan wajan yang sudah diberi minyak goreng atau mentega secukupnya. 
  • Tumis bawang merah dan putih sampai harum. 
  • Setelah bawang harum, masukan daging ayam cincang dan masak sampai matang. 
  • Setelah daging ayam cincang matang, masukan kedalam adonan tempe bersama parutan wortel, tepung terigu, garam, merica dan keju. Aduk hingga rata. 
  • Bentuk adonan menjadi bulat-bulat berukuran sedang. 
  • Panaskan minyak, lalu goreng adonan hingga matang. 
  • Setelah matang, tusuk adonan dengan tusuk sate agar terlihat cantic dan menarik.

Overnight Oats 

Ingin menu sarapan sehat yang praktis tanpa harus memasak? Cobalah resep overnight oats yang satu ini. Seperti namanya, menu sarapan pagi berbahan dasar oats dan buah-buahan ini dibuat pada malam hari sebelum dikonsumsi pada pagi hari setelah didiamkan dalam lemari pendingin semalaman. Bahan-bahan dan cara membuat overnight oats juga termasuk mudah. Anda cukup menyediakan oats dan buah-buahan seperti pisang dan apel atau sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan Susu Frisian Flag Coconut Delight untuk tambahan protein dan kalsium.

Cara membuat overnight oats untuk menu sarapan pagi sangatlah mudah. Pertama, Anda perlu menyiapkan wadah (gelas kaca) untuk mencampur semua bahan. Masukan oats, potongan buah dan Susu Frisian Flag Coconut Delight. Tutup rapat lalu masukan kedalam lemari pendingin. Menu sarapan sehat yang satu ini juga sangat cocok untuk Anda yang tengah memulai diet sehat. 

Banana Pancake 

Pancake bisa menjadi salah satu menu sarapan sehat andalan saat terburu-buru. Cara membuat banana pancake sangat mudah dan praktis. 

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung terigu.
  • 100 ml susu cair Frisian Flag Full Cream
  • 2 Buah pisang, hancurkan.
  • 1 Butir telur 
  • ½ Sdt baking soda 
  • Gula, secukupnya

Cara Membuat:

  • Campurkan tepung terigu bersama dengan susu, setelah menjadi adonan masukan pisang yang sudah dihancurkan, baking soda, telur dan gula. 
  • Panaskan wajan anti lengket, tuangkan satu sendok sayur adonan diatas wajan dan masak hingga mengembang. 
  • Lakukan sampai adonan habis. 
  • Tambahkan topping selai buah, coklat atau keju sesuai dengan selera Anda.

Smoothie Pisang dan Bayam

Perpaduan antara sayur dan buah-buahan bisa menjadi alternatif menu sarapan sehat sederhana dan cepat dibuat. Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu memasak menu sarapan sehat, smoothie pisang bayam bisa menjadi alternatif menu sarapan sehat. 

Bahan-Bahan dan Cara Membuat:

  • Siapkan satu buah pisang beku, daun bayam tanpa tangkai, susu almond, yogurt dan madu. Setelah siap, masukan semua bahan menjadi satu lalu blender hingga halus. 
  • Anda dapat membuat smoothie pisang bayam pada malam hari untuk dikonsumsi pagi harinya sebagai menu sarapan sehat. Selain smoothie pisang dan bayam, Anda juga bisa menggantinya dengan buah-buahan dan sayuran lain sesuai selera. 

Sarapan itu penting, agar tubuh bertenaga dan mendapatkan banyak nutrisi, selalu tambahkan Frisian Flag Purefarm Full Cream di setiap sarapan sehat Kamu.

Artikel Terkait