9 Resep Sarapan Lezat dan Bikin Ketagihan untuk Keluarga

Banner
| 26 Apr 2022

9 Resep Sarapan Lezat dan Bikin Ketagihan untuk Keluarga

9 Resep Sarapan Lezat dan Bikin Ketagihan untuk Keluarga

Apa resep sarapan pagi Anda hari ini? Kegiatan sarapan memang kadang menjadi kegiatan yang sering dilewatkan dengan alasan kesibukan. Padahal, tahukah Anda bahwa sarapan itu sangat penting untuk menjadi energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan menjaga kesehatan tubuh

Selain itu, konsumsi resep sarapan sehat dengan gizi seimbang juga dapat menjaga metabolisme tubuh agar tidak mudah sakit. Apalagi dengan keadaan seperti sekarang ini ketika virus corona (Covid-19) sudah menjadi pandemi. Oleh karena itu, mengonsumsi resep sarapan perlu menjadi kebiasaan untuk meningkatkan sistem imun, serta sebagai salah satu cara terhindar dari Covid-19. 

Untuk itu, pada artikel kali ini kita akan membahas banyak hal tentang sarapan, mulai dari pengertian hingga bagaimana dan apa saja resep sarapan yang bisa jadi pilihan Anda.

Apa Itu Sarapan?

Secara umum, sarapan bisa diartikan sebagai suatu kegiatan mengonsumsi hidangan utama pada pagi hari. Sarapan biasanya dikonsumsi sekitar jam 6 pagi sampai dengan jam 10 pagi setiap harinya.

Pada waktu sarapan, Anda dianjurkan untuk menyantap resep sarapan sehat yang ringan agar kinerja sistem pencernaan dapat berjalan dengan baik. Apa yang dimaksud dengan menu sarapan yang ringan bagi pencernaan? Artinya, makanan yang dikonsumsi mengandung kadar protein dan serat yang tinggi, namun dengan kadar lemak yang rendah.

Apa Saja Manfaat Dari Sarapan?

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan setelah mengonsumsi resep sarapan yang sehat, di antaranya:

  • Sebagai Sumber Energi Lebih

    Untuk melaksanakan berbagai aktivitas setiap harinya, tubuh kita pasti membutuhkan energi. Oleh karena itu, penting untuk menyiapkan tubuh Anda dengan mengonsumsi menu sarapan sehat agar energi yang tersimpan di tubuh setara dengan energi yang akan Anda keluarkan setiap harinya.

  • Memberikan Nutrisi untuk Otak

    Sama seperti tubuh, otak juga memerlukan asupan untuk bisa bekerja. Setiap pekerjaan kita pasti memerlukan kerja otak bukan? Nah, dengan mengonsumsi menu sarapan sehat setiap pagi Anda bisa lebih mudah bekerja mencari ide-ide segar dan hal ini tentunya bisa meningkatkan produktivitas Anda lho.

  • Menjaga Konsentrasi

    Apakah selama work from home ini Anda merasa sulit untuk berkonsentrasi? Mungkin salah satu alasannya bisa jadi karena Anda melewatkan ritual sarapan dan tidak mengonsumsi menu sarapan sehat sehingga konsentrasi Anda menurun. Hati-hati ya!

  • Mencegah Penyakit Maag

    Salah satu keuntungan bila tidak melewatkan sarapan dan mengonsumsi menu sarapan sehat adalah Anda akan terhindar dari penyakit maag, hal ini dikarenakan lambung Anda akan terisi makanan yang memang dibutuhkan sehingga dapat menetralisir asam lambung.

  • Menyehatkan Tubuh

    Selain mencegah penyakit maag, menu sarapan sehat yang Anda konsumsi di pagi hari juga tentu saja bisa menyehatkan tubuh Anda lho. Salah satunya dari menjauhkan Anda dari kolesterol, karena sarapan bisa mendorong metabolisme tubuh Anda sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolesterol jadi berkurang. Selain itu, sarapan juga dapat mengontrol gula darah dengan baik. Jika kadar gula darah normal, maka Anda akan terhindar dari risiko penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan lainnya. 

  • Menjaga Berat Badan

    Kok sarapan bisa menjaga berat badan? Tentu! Hal ini karena bila Anda mengonsumsi menu sarapan sehat dan tinggi serat di pagi hari maka Anda akan terhindar dari rasa lapar yang berlebih, rasa lapar yang berlebih tentu saja bisa membuat Anda kalap akan makanan. Dengan sarapan yang tinggi serat, saluran pencernaan pun akan lebih sehat.

Itulah berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan bila Anda tidak melewatkan aktivitas mengonsumsi menu sarapan sehat. Ingat lho, meskipun saat ini aktivitas Anda terbatas hanya di rumah saja. Tetapi tubuh Anda tetap butuh energi dalam beraktivitas dan berpikir. Oleh karena itu, mulai biasakan mengawali hari dengan kreasi menu sarapan sehat dan nikmat.

Kita sudah mengenal sarapan dan juga manfaatnya, berikutnya kita akan membahas menu sarapan sehat apa saja yang bisa jadi pilihan Anda.

Jenis Menu Sarapan Sehat yang Kaya Manfaat

Sebenarnya cukup mudah membuat berbagai jenis sarapan, mulai dari telur orak arik, roti panggang, buah segar yang dipotong, dan lain sebagainya. Di bawah ini ada 4 menu sarapan sehat yang praktis untuk memberi asupan nutrisi baik sepanjang hari, yaitu:

Oatmeal pisang

 

Oatmeal merupakan salah satu resep sarapan sehat dan praktis untuk diolah di rumah. Cara termudah mengolah oatmeal yang tinggi serat dan bagus bagi pencernaan adalah mengkombinasikannya dengan pisang dan stroberi. Pertama haluskan pisang, kemudian campurkan oatmeal bersama Susu Kental Manis Frisian Flag Gold dan susu cair sesuai selera. 

Granola

Resep sarapan sehat yang penuh akan manfaat ini bisa Anda buat misalnya raspberry yogurt berbahan granola, yoghurt, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold, susu cair, dan raspberry. Lalu tropical fruit granola yoghurt yang terdiri granola, yogurt, semangka, nanas dan mangga. Atau Anda juga bisa membuat jelly granola yogurt yang mencampurkan granola, yogurt, jelly dan anggur.

Buah Segar Potong

Jika Anda sedang mencari alternatif resep sarapan sehat yang praktis, buah segar yang dipotong bisa jadi solusinya. Selain lezat dan segar, buah-buahan mengandung berbagai nutrisi alami yang baik untuk kesehatan. 

Resep menu sarapan sehat yang sederhana dan bergizi 

Berikut ini beberapa resep sarapan pagi yang bisa diolah untuk keluarga:

Roti Panggang ala Korea (Gilgeori Toast)

Ingin membuat resep sarapan yang gurih dan lezat ala orang Korea? Sekarang Anda bisa membuatnya dengan mudah lho! Ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, simak resep sarapannya berikut ini, yuk! 

Bahan-bahan:

  • 4 lembar roti tawar putih 
  • 3 butir telur ayam
  • 2 sdm wortel yang sudah diserut halus
  • 2 sdm kol yang sudah diserut halus
  • 1 sdm daun bawang yang diiris tipis
  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 merica bubuk
  • 1/2 minyak wijen
  • 2 lembar smoked beef
  • Saus mayones secukupnya
  • Saus sambal dan tomat secukupnya 

Cara membuat: 

  1. Kocok lepas telur sampai berbuih, masukkan sayuran yang sudah diserut halus, garam, minyak wijen, dan merica bubuk. Aduk sampai rata
  2. Panaskan wajan anti lengket, tuangkan adonan telur ke dalam wajan dengan api yang kecil. Lalu bentuk adonan menjadi segi empat seperti bentuk roti
  3. Panggang kedua sisi adonan sampai matang
  4. Panggang roti sebentar, olesi dengan mentega dan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
  5. Lapisi roti dengan adonan telur, smoked beef, keju lapis, saus mayones, saus sambal, dan saus tomat
  6. Panggang roti sampai matang dan siap dinikmati selagi hangat 

French toast kacang susu

Bayangkan nikmatnya sarapan dengan french toast ala Prancis yang dikombinasikan dengan selai kacang, pisang, dan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold yang gurih, serta ditemani hangatnya teh hijau. Sekarang Anda bisa berkreasi membuat resep sarapan ini di rumah. Yuk, siapkan bahan dan ikuti resepnya di bawah ini:

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  1. Kocok lepas telur, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold, dan susu cair. Sisihkan
  2. Oleskan roti tawar dengan selai kacang favoritmu 
  3. Tambahkan potongan pisang di bagian atasnya
  4. Lalu tuangkan sedikit Susu Kental Manis Frisian Flag Gold dan tutup bagian atasnya dengan selembar roti lagi
  5. Celupkan roti yang telah diberi isian tersebut ke dalam adonan telur
  6. Oleskan margarin pada wajan anti lengket
  7. Panggang roti sampai kedua sisinya berwarna cokelat keemasan
  8. French toast siap dinikmati bersama teh hijau hangat yang menambah kenikmatan

Pancake pisang

Pancake bisa menjadi salah satu Resep sarapan sehat andalan saat terburu-buru. Cara membuat pancake pisang sangat mudah dan praktis. 

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu bersama dengan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold yang sudah dicampur dengan air, setelah menjadi adonan masukan pisang yang sudah dihancurkan, baking soda, telur dan gula. 
  2. Panaskan wajan anti lengket, tuangkan satu sendok sayur adonan diatas wajan dan masak hingga mengembang. 
  3. Lakukan sampai adonan habis. 
  4. Tambahkan topping selai buah, coklat atau keju sesuai dengan selera.

Omelette makaroni

Bosan dengan olahan telur orak arik yang biasa? Nah, resep sarapan yang satu ini cocok dikonsumsi untuk keluarga karena rasanya gurih, lezat, dan kaya manfaat. Di dalamnya ada perpaduan makaroni, telur, dan sayur yang nikmat. Ikuti resepnya berikut ini:

Bahan-bahan:

  • 3 butir telur
  • 3 sdm susu cair
  • 1 sdm Susu Kental Manis Frisian Flag Gold 
  • 3 sdt tepung terigu
  • Makaroni, direbus sampai matang
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 lembar smoked beef 
  • 1 buah sosis, iris tipis
  • Keju parut secukupnya 
  • Keju mozarella secukupnya 
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu dengan susu cair dan susu kental manis, aduk sampai rata
  2. Masukkan semua bahan lainnya, aduk kembali
  3. Masak omelette di dalam wajan yang sudah panas
  4. Taburi keju parut dan keju mozarella 
  5. Bentuk omelette sesuai selera
  6. Setelah matang, sajikan omelette sebagai menu sarapan sehat untuk keluarga

Smoothie pisang dan bayam

Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu memasak resep sarapan sehat, smoothie pisang bayam bisa menjadi alternatif yang praktis dan menyegarkan.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender, lalu campurkan sampai halus
  2. Sajikan ke dalam mangkuk atau gelas
  3. Tambahkan potongan buah-buahan segar sebagai topping 

Mac n cheese

Untuk menghadirkan resep sarapan sehat yang praktis dan unik, Anda bisa coba untuk mengolah pasta sesuai selera. Salah satu olahan pasta yang mudah dibuat di pagi hari adalah mac n cheese. Paduan pasta makaroni dan keju yang hangat di pagi hari bisa menghadirkan semangat untuk jalani aktivitas. Berikut cara mudah membuat mac n cheese sebagai kreasi resep sarapan sehat.

Bahan-bahan:

Cara membuat:

  1. Siapkan makaroni, air, dan garam di dalam mangkuk tahan panas atau mangkuk khusus microwave
  2. Masak makaroni menggunakan microwave selama 2 hingga 3 menit. Keluarkan dan aduk hingga air meresap seluruhnya. Jika masih terlihat kurang matang, tambahkan air sedikit dan kembali masak selama 1 hingga 2 menit
  3. Setelah makaroni matang sesuai selera, tambahkan susu, keju, garam, dan merica. Aduk hingga keju sedikit meleleh dan mengental 
  4. Setelah semua bahan tercampur merata, kembali masukkan makaroni ke dalam microwave selama 30 detik
  5. Aduk sekali lagi agar keju meleleh dengan sempurna dan resep sarapan sehat praktismu sudah bisa dinikmati selagi hangat

Roti panggang apel

 

Roti panggang jadi salah satu resep sarapan sehat favorit yang praktis untuk diolah di rumah. Untuk menghadirkan pengalaman sarapan yang berbeda, Anda bisa menambahkan buah-buahan seperti apel sebagai kreasi resep sarapan sehat. Berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 4 potong roti tawar
  • 4 sdm selai kacang
  • 1 apel diiris tipis
  • 2 sdt kayu manis bubuk
  • ¼ cangkir granola
  • 2 sdm kacang pecan
  • 4 sdr madu
  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold secukupnya

Cara membuat:

  1. Dalam membuat resep sarapan sehat ini, Anda bisa mulai dengan memanggang roti terlebih dahulu. Pastikan untuk sesekali perhatikan roti tawar panggang. Jangan sampai gosong
  2. Sambil menunggu roti tawar berubah warna kecoklatan, mulai iris apel secara tipis agar tidak mengganggu tekstur roti saat digigit
  3. Setelah roti selesai dipanggang, oleskan sedikit Susu Kental Manis Frisian Flag Gold dan selai kacang. Lalu tambahkan irisan apel, bubuh kayu manis, granola, dan kacang pecan di bagian atas roti
  4. Tuang juga madu sesuai selera sebagai topping sebelum menyantap resep sarapan sehat yang praktis ini

Avocado toast

Sebagai salah satu resep sarapan yang sehat, buah alpukat bisa jadi salah satu makanan yang bermanfaat. Di dalam alpukat, terdapat kandungan protein, lemak baik, vitamin, serat, serta mineral yang membantu meningkatkan kesehatan jantung, melindungi kesehatan mata, memperkuat pertumbuhan tulang, mengontrol berat badan, hingga mengurangi risiko kanker.

Untuk Anda yang sedang mencari kreasi olahan lain dari alpukat sebagai resep sarapan sehat, avocado toast atau roti panggang alpukat bisa jadi pilihan yang baik untuk teman mengawali hari. Berikut adalah bahan dan resep yang dibutuhkan dalam mengolah menu sarapan pagi ini:

Bahan-bahan:

  • 1 buah alpukat
  • garam halus 
  • lada hitam halus
  • 4 potong roti tawar gandum
  • 2 sdm minyak zaitun
  • garam laut kasar 
  • Bubuk cabai merah yang dihancurkan (tambahan)
  • 1/2 sdt Susu Kental Manis Frisian Flag Gold 

Cara membuat:

  1. Pertama, kupas dan keluarkan daging alpukat dari kulitnya. Masukkan alpukat ke dalam mangkuk kecil.
  2. Mulai lumatkan alpukat menggunakan garpu atau sendok. Pastikan jangan terlalu halus
  3. Tambahkan garam dan lada hitam halus lalu aduk secara perlahan hingga merata. Sisihkan
  4. Lanjutkan dengan memanggang roti tawar gandum hingga berwarna kecoklatan
  5. Oleskan sedikit minyak zaitun di permukaan roti yang sudah dipanggang. Lalu, tambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold dan alpukat yang sudah dihaluskan. Taburi garam laut kasar secukupnya
  6. Jika Anda membutuhkan rasa pedas untuk menambahkan semangat, tambahkan bubuk cabai merah sesuai selera.
  7. Avocado toast siap disantap sebagai resep sarapan sehat yang praktis dan bermanfaat

Bagaimana? Mudah kan untuk membuat menu sarapan sehat untuk keluarga? Apapun jenis resepnya, Anda bisa menambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold untuk menambah citarasa dalam setiap resep sarapan yang Anda coba. tambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat, dan lemak), serta sumber 9 vitamin (vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, dan D3) dan 5 mineral (fosfor, selenium, mangan, dan yodium).

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan lezat dan gurih untuk keluarga. Dalam 1 porsi susu kental manis ini mengandung energi sebanyak 130 kkal untuk mendukung asupan energi harian Anda dan keluarga. Ingin tahu lebih banyak seputar resep lezat lainnya? Temukan ide resep sarapan praktis dan mudah dengan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold di sini.


Artikel Terkait