5 Nutrisi Dalam Susu Peninggi Badan dan Manfaatnya

Banner
| 01 Des 2022

5 Nutrisi Dalam Susu Peninggi Badan dan Manfaatnya

5 Nutrisi Dalam Susu Peninggi Badan dan Manfaatnya

Susu peninggi badan mungkin jadi pilihan di antara macam-macam susu bagi sebagian orang yang ingin meninggikan postur tubuh agar terlihat lebih ideal. Susu memang termasuk minuman bergizi yang sering dikaitkan dengan kesehatan tulang dan meninggikan badan. Pasalnya, susu mengandung nutrisi makro seperti protein yang berperan untuk membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh.

Selain memahami susu mengandung apa saja, perlu diketahui bahwa tinggi badan seseorang juga dipengaruhi oleh faktor genetik (keturunan) dan faktor lingkungan. Selain itu, pemenuhan nutrisi dan aktivitas fisik juga bisa membantu memaksimalkan potensi tinggi badan seseorang. Oleh karena itu, pemberian susu peninggi badan sejak dini bisa jadi pilihan yang tepat. 

Karena jika tidak dilakukan sejak dini, kekurangan nutrisi dalam jumlah yang banyak dan secara terus menerus bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk menunjang asupan nutrisi yang berkualitas, susu peninggi badan bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. 

Umumnya ada macam-macam susu di pasaran, namun susu peninggi badan berasal dari susu sapi yang diformulasi sedemikian rupa agar kandungan nutrisinya tetap terjaga dan manfaatnya lebih terasa. Ada beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam susu peninggi badan. Jika Anda penasaran susu mengandung apa saja di dalamnya, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Susu Peninggi Badan

Secara umum, berikut ini adalah kandungan gizi susu peninggi badan:

  • Protein

    Dalam penelitian German Institute of Human Nutrition Potsdam-Rehbrücke menunjukkan bahwa kandungan kalsium tinggi dalam susu peninggi badan yang dikombinasikan dengan asupan protein yang memadai bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi, serta melindungi Anda dari risiko osteoporosis. 

    Hal serupa juga ditemukan oleh studi dari Agro ParisTech University yang menyebutkan bahwa protein membantu meningkatkan penyerapan kalsium pada kesehatan tulang dan menghambat keropos tulang sejak dini.

  • Vitamin D

    Studi yang dilakukan oleh Louisiana State University Health Sciences Center-Shreveport menemukan fakta bahwa vitamin D sangat penting untuk metabolisme kalsium pada tulang. 

    Bersama kalsium, vitamin D adalah kandungan gizi susu peninggi badan yang membantu pertumbuhan kerangka dan memaksimalkan massa tulang hingga setelah remaja. Massa tulang yang maksimal adalah kunci utama pencegahan osteoporosis.

  • Yodium

    Selain kalsium, salah satu mineral yang penting untuk pertumbuhan adalah yodium. Zat yang ada di dalam susu peninggi badan ini berperan sebagai penunjang fungsi kelenjar tiroid yang memiliki kontribusi pada perkembangan tubuh. 

    Kinerja tiroid yang tidak maksimal dan pertumbuhan yang terhambat dapat disebabkan oleh kurangnya zat tiroid dalam tubuh.

  • Fosfor

    Proses pembentukan, pertumbuhan, serta pemeliharaan tulang membutuhkan fosfor dalam jumlah yang cukup. Fosfor dalam susu peninggi badan berguna sebagai pembentuk struktur tulang supaya kuat dan mengurangi risiko keropos tulang bersama dengan kalsium. 

    Dilansir dari University of Maryland Medical Center, fosfor juga dibutuhkan sebagai pengatur keseimbangan mineral dan vitamin lainnya dalam tubuh, termasuk vitamin D, yodium, magnesium, dan seng.

  • Vitamin B12

    Susu peninggi badan atau susu tinggi kalsium mengandung vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu perkembangan tubuh dan menghindari risiko terjadinya stunting. 

    Meskipun pengaruhnya tidak sebesar vitamin D, penelitian University of Sydney mengatakan vitamin B12 juga berpengaruh positif dalam pencegahan osteoporosis dan risiko patah tulang.

Untuk meninggikan postur tubuh tidak bisa hanya mengandalkan satu faktor saja, seperti hanya berolahraga atau mengkonsumsi susu peninggi badan saja karena faktor-faktor tersebut saling berkaitan. Oleh sebab itu, minum susu peninggi badan harus diiringi dengan olahraga, begitu juga sebaliknya.

Selain memahami kandungan dan manfaat susu peninggi badan, menentukan harus atau tidaknya mengkonsumsi susu peninggi badan ditentukan oleh kebutuhan anak, salah satunya adalah kebutuhan kalsium. Apalagi setelah mengetahui kandungan dan manfaat susu di atas, pada dasarnya minum susu setiap hari merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh para dokter untuk menunjang dan menjaga kesehatan tubuh manusia, terutama anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Susu memiliki banyak manfaat yang berguna untuk anak kecil hingga dewasa.

Baca juga: Ketahui Fungsi Mineral dalam Susu yang Baik untuk Tubuh

Sudah Minum Susu Peninggi Badan, Mengapa Tidak Tinggi? 

Susu Peninggi Badan - Frisian Flag

Sebuah penelitian yang dibuat oleh American Society for Clinical Nutrition menyebutkan bahwa minum susu ada kaitannya dengan pertambahan tinggi badan. Penelitian ini melibatkan 122 anak usia 9,5 tahun, dan berlangsung selama tiga tahun lamanya. Anak-anak tersebut dibagi dua, yaitu yang minum susu tiap hari di atas 500 ml dan yang minum susu tiap hari di bawah 500 ml.

Kelompok yang minum susu tiap hari di atas 500 ml menunjukkan pertambahan tinggi badan lebih banyak dibandingkan dengan kelompok yang satunya. Diduga hal ini karena kandungan kalsium dan protein dalam susu berperan penting dalam masa pertumbuhan dan pembentukan tulang. Insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang terkandung dalam susu juga punya andil untuk pertumbuhan tulang. 

Portal Foods for Better Health pun memaparkan dalam tulisan “Can Drinking Milk Help You Grow Taller?” bahwa tubuh manusia secara alami menghasilkan hormon pertumbuhan IGF-1, namun rutin mengonsumsi susu peninggi badan memicu tubuh untuk memproduksi hormon pertumbuhan lebih banyak lagi. 

The American Academy of Pediatrics pun menyarankan untuk minum susu sehari dua kali. Menurut Dr. Manish Sharma Chairman of Emergency Medicine di Northwell Health Forest Hills Hospital, susu merupakan sumber nutrisi yang bantu pertumbuhan pada masa pubertas.

Melalui paparan fakta di atas maka dapat disimpulkan bahwa susu peninggi badan bermanfaat mendukung pertumbuhan pada masa pubertas seorang anak. Di dalam susu terdapat nutrisi penguat tulang dan penyeimbang hormon seperti kalsium. Meskipun demikian, ada perbedaan tingkat penyerapan kalsium pada tiap orang dan ini berpengaruh dalam kecepatan pertumbuhan tinggi.

Namun, seperti yang disebutkan di atas bahwa ada berbagai faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang, yakni faktor keturunan, asupan nutrisi, dan aktivitas fisik. Susu peninggi badan bisa dikatakan punya peran untuk mempengaruhi tinggi badan seseorang tetapi bukan jadi faktor penentu. Meski demikian, minum susu tiap hari tetap penting untuk kesehatan anak.

Cara Minum Susu Peninggi Badan yang Benar

Susu Peninggi Badan - Frisian Flag

Dalam sudut pandang medis Ayurvedic, sebaiknya Anda tidak minum susu peninggi badan atau cairan apa pun dengan posisi berdiri dengan alasan kesehatan. Saat berdiri, cairan susu peninggi badan akan mengakibatkan pelebaran sfingter yang menghubungkan perut dan kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan naiknya kadar asam lambung dan kram perut. 

Lain halnya jika Anda minum susu peninggi badan dalam posisi duduk. Sfingter tidak akan melebar karena posisinya didukung dengan rongga perut dan paha. Saat Anda minum susu peninggi badan dalam keadaan duduk, saraf berada dalam fase tenang dan tidak tegang sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap dan bekerja lebih baik menerima cairan susu.

Pendapat berbeda diutarakan oleh ahli urologi RSCM Ponco Wibowo seperti yang dikutip dari Detik Health. Menurutnya minum susu peninggi badan sambil duduk memang lebih nyaman dan bermanfaat untuk kesehatan, namun minum sembari berdiri pun tidak masalah. 

Menurut dokter Ponco, minum susu peninggi badan sambil duduk kadang lebih dianjurkan dengan alasan lebih sopan, tapi bukan lebih berarti bisa meningkatkan kesehatan ginjal. Selama tidak ada gangguan kesehatan pada saluran kemih, sfingter akan tetap berfungsi baik dalam posisi duduk maupun berdiri.

Cara minum susu peninggi badan lainnya adalah meminumnya dengan perlahan. Minum susu peninggi badan dengan sekali helaan nafas tidak disarankan karena akan membuat sistem pencernaan bekerja keras dan tersedak.

Waktu yang Tepat untuk Minum Susu Peninggi Badan

Susu Peninggi Badan - Frisian Flag

Minum susu adalah salah satu cara untuk menambah tinggi badan yang direkomendasikan. Penelitian dari University of Virginia menyebutkan bahwa konsumsi dua gelas susu sehari berhubungan erat dengan tinggi seseorang. 

Harvard Medical School dalam studinya juga mengungkapkan hal serupa, bahwa kalsium dan protein dalam susu memiliki peran penting dalam pertumbuhan. Namun bagaimana caranya agar hasilnya bisa optimal? Salah satu caranya adalah dengan mengetahui waktu yang tepat minum susu untuk pertumbuhan tinggi badan.

Waktu yang tepat minum susu untuk pertumbuhan tinggi badan adalah saat Anda berusia di bawah 21 tahun. Selain minum susu, cara alami lainnya untuk menambah tinggi badan adalah tidur dengan waktu yang cukup. Pada saat tidur, kelenjar hipofisis pada otak akan memproduksi hormon pertumbuhan secara alami yang dilepaskan ke aliran darah. 

Menurut studi dari Washington University School of Medicine, durasi dan kualitas tidur yang baik sangat penting karena durasi yang pendek dan kualitas tidur yang buruk dapat menghambat pelepasan hormon pertumbuhan. Karena itu, agar hasilnya optimal, waktu yang tepat minum susu untuk pertumbuhan tinggi badan adalah sebelum tidur atau setelah makan malam.

Selain itu biasakan makan sehat dengan mengonsumsi susu peninggi badan dan makanan yang kaya akan kalsium, vitamin D, protein, dan zat besi untuk memberi tubuh “bahan bakar” membangun tulang dan gigi, serta otot yang kuat. Lengkapi juga dengan makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena beberapa penyakit dapat mengurangi tinggi badan.

Dukung kecukupan gizi untuk membantu pertumbuhan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat gizi lengkap, salah satunya dengan minum susu. susu UHT Frisian Flag Full Cream diproduksi dengan susu segar dengan kandungan protein, karbohidrat dan lemak, sumber 7 Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6, dan B12, dan Vitamin E dan B5 serta sumber 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium) dan Magnesium, Zinc, Selenium, Natrium dan Kalium dalam cita rasa full cream yang gurih dan lezat. Sediakan dua kotak Susu UHT Frisian Flag Full Cream untuk mendukung kurang lebih 25 % asupan protein yang dibutuhkan dalam sehari (berdasarkan kebutuhan energi 2000 kkal).

Cara Alami Meninggikan Badan

Seperti yang diketahui bahwa tinggi badan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pertambahan tinggi badan ini biasanya berlangsung lebih cepat saat laki-laki maupun perempuan memasuki masa pubertas.

Batas pertumbuhan badan laki-laki adalah usia 16 tahun, sedangkan perempuan adalah 14-15 tahun atau 2-3 tahun setelah menstruasi dimulai. Jadi, ada banyak peluang untuk menambah tinggi badan bila masih dalam masa pertumbuhan. Melansir laman resmi healthline.com, beberapa aktivitas fisik bisa membantu meninggikan tinggi badan, di antaranya:

  • Latihan kekuatan, seperti push up dan sit up 
  • Latihan kelenturan, misalnya yoga
  • Latihan kardio, seperti bersepeda, berenang, berjalan, lompat tali, bermain basket, tenis, dan lain sebagainya.

Hanya saja setelah masa pertumbuhan selesai, olahraga seperti di atas sebenarnya tidak lagi efektif untuk membuat seseorang menjadi lebih tinggi. Meski begitu, olahraga yang dilakukan secara rutin memiliki banyak manfaat, seperti memperkuat tulang dan otot, menjaga berat badan ideal, mendukung produksi hormon pertumbuhan agar optimal, dan lain sebagainya. 

Selain fokus minum susu peninggi badan dan olahraga secara rutin, ada beberapa hal lain yang bisa mendukung pertumbuhan tinggi badan, di antaranya:

  1. Menerapkan pola makan yang sehat
  2. Mencukupi waktu tidur dan istirahat yang ideal
  3. Mengonsumsi multivitamin sesuai anjuran dokter

Baca juga: Kandungan Nutrisi Susu Peninggi Badan dan Manfaatnya

Untuk mendukung kebutuhan kalsium, mineral, dan vitamin harian dengan seimbang, konsumsi susu UHT Frisian Flag Full Cream. Diproduksi dengan susu segar, susu UHT Frisian Flag Full Cream mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan sumber 7 vitamin (vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), serta sumber 3 mineral (kalsium, fosfor dan yodium). Jadikan Frisian Flag Full Cream sebagai bagian dari pola hidup sehat keluarga Anda.

Artikel Terkait