8 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar dapat Tetap Aktif

Banner
| 16 Okt 2023

8 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar dapat Tetap Aktif

8 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar dapat Tetap Aktif

Cara menjaga kesehatan tubuh menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan dan dijadikan gaya hidup. Mengingat kondisi tubuh yang prima jadi aspek penting agar segala rencana dan aktivitas berjalan dengan lancar, maka cara menjaga kesehatan tubuh menjadi sebuah hal mendasar yang harus diketahui. 

Belum lagi kondisi cuaca yang sering tidak menentu akan membuat tubuh Anda rentan terserang penyakit. Menjalankan pola hidup sehat adalah dasar dari menjaga tubuh tetap fit dan selalu bugar. Simak bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh 

Cara menjaga kesehatan tubuh cukup sederhana. Bahkan, upaya merawat kesehatan tubuh ini tidak melulu harus dilakukan dengan pergi ke gym dan konsumsi multivitamin yang mahal. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan dengan mudah saat puasa yang bisa Anda lakukan:

1. Mengatur pola makan

Salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan sebagai cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memastikan Anda selalu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang seimbang agar tubuh tetap kuat beraktivitas. Cara menjaga kesehatan tubuh ini perlu Anda perhatikan agar tubuh bisa bekerja dengan optimal dalam membantu aktivitas sehari-hari. 

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa kebutuhan asupan setiap orang berbeda-beda. Jadi, Anda harus tetap memastikan bahwa pola makan harian Anda seimbang. Kondisi tubuh prima ini jadi salah satu tujuan dari merawat kesehatan tubuh. 

2. Tingkatkan minum air putih

Tubuh memerlukan cairan, itulah sebabnya kekurangan cairan dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi merupakan salah satu kondisi kekurangan cairan dalam tubuh yang bisa membuat tubuh Anda rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, dalam menjalankan cara menjaga kesehatan tubuh, Anda perlu meningkatkan konsumsi minum air putih harian Anda.

Secara umum, manusia membutuhkan 2 liter konsumsi air putih atau 8 gelas dalam sehari untuk mengurangi risiko dehidrasi. Namun, hal tersebut harus kembali disesuaikan dengan aktivitas harian Anda. 

3. Tetap beraktivitas fisik

Selain mengatur pola makan dan meningkatkan konsumsi air putih harian, cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa Anda lakukan lainnya adalah tetap melakukan aktivitas fisik seperti hari lainnya. 

Anda juga bisa melakukan olahraga ringan di sekitar tempat tinggal Anda. Salah satu jenis olahraga ringan sebagai cara menjaga kesehatan tubuh yaitu jalan kaki selama 15 hingga 30 menit sehari di pagi hari maupun di sore hari.

Jika Anda hobi bersepeda, aktivitas tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai cara menjaga kesehatan tubuh. Lakukan dengan santai tanpa perlu memforsir tubuh yang nantinya malah bisa mengganggu kondisi kesehatan. 

4. Istirahat dengan cukup

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang tidak bisa dilewatkan lainnya adalah memastikan bahwa Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Setelah beraktivitas seharian yang juga dilengkapi dengan olahraga di pagi hari, tubuh Anda membutuhkan waktu istirahat untuk kembali memperbaiki sel tubuh dan juga mengisi ulang energi yang terbuang.

Perlu diingat bahwa istirahat cukup ini bukan berarti Anda tidur dalam waktu yang lama. Umumnya tidur dalam rentang waktu 8 jam merupakan anjuran baik sebagai cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa Anda coba terapkan. 

Jika Anda sudah berhasil mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Langkah selanjutnya Anda juga bisa memastikan bahwa kualitas tidur yang Anda dapatkan dalam waktu istirahat merupakan kualitas terbaik setiap harinya.

5. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Gula memang termasuk salah satu sumber energi, namun energi yang diberikan sifatnya hanyalah sementara. Mengonsumsi makanan atau minuman manis saat berbuka bisa membantu menormalkan gula darah.

Hanya saja, Anda harus mengurangi asupan makanan atau minuman manis yang dikonsumsi. Sebab, mengonsumsi gula secara rutin dan berlebihan justru akan menyebabkan kenaikan berat badan. 

Sebagai cara menjaga kesehatan tubuh, perbanyak makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi untuk mengurangi lemas saat puasa.

6. Kurangi makanan berminyak

Sebaiknya Anda mengurangi segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak sebagai cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit saat puasa. Perlu Anda ketahui jika makanan berminyak ini meningkatkan risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh.

7. Menjaga kebersihan lingkungan

Tak kalah pentingnya dari itu, Anda perlu memaksimalkan cara menjaga kesehatan tubuh dengan memastikan kebersihan lingkungan tempat tinggal.
Menjaga kebersihan sebagai bagian dari cara menjaga kesehatan tubuh ini bukan hanya bermanfaat bagi Anda, tapi juga bisa memberikan manfaat baik bagi lingkungan sekitar.

8. Minum susu secara teratur

Kiat menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah dengan minum susu secara teratur. Minum susu adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Susu adalah sumber nutrisi yang baik, termasuk kalsium, protein, vitamin D, dan kalium.

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis, yaitu kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat. 

Mengapa Penting untuk Menjaga Kesehatan?

Berikut adalah sejumlah alasan yang perlu Anda mengerti untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan. Yaitu:

  • Mencegah penyakit

    Hal utama yang bisa Anda nikmati dari pentingnya menjaga kesehatan adalah dengan terhindar dari risiko penyakit yang mungkin bisa terjadi pada Anda dan keluarga. Sehingga hidup Anda lebih berkualitas karena dapat dinikmati dengan kondisi yang sehat dan juga bugar.

  • Menghemat uang

    Dengan menjaga kesehatan tentu Anda bisa menghemat sejumlah uang yang mungkin bisa Anda keluarkan karena sakit dan harus datang ke dokter sehingga perlu obat dan sejumlah perawatan. 

  • Memperpanjang umur

    Menjaga kesehatan tentu dapat memberikan kesempatan bagi Anda untuk hidup lebih lama. Melansir dari Healthline; jika Anda tidak pernah merokok, menjaga berat badan, aktif dengan teratur, punya pola makan yang sehat dan membatasi konsumsi alkohol maka Anda bisa hidup hingga 14 tahun lebih lama. 

  • Menjaga kesehatan mental

    Tahukah Anda? Tubuh yang sehat dapat sangat berpengaruh pada kesehatan mental. Begitu juga sebaliknya. Pasalnya, tubuh dan pikiran saling memengaruhi satu sama lain. 

    Misalnya saja, ketika ada masalah dengan sistem pencernaan, suasana hati atau mood Anda bisa terganggu. Begitu juga ketika Anda sedang stres, tubuh akan menunjukkan respon tertentu. 

Jadi, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga dan makan makanan sehat. 

Pola hidup sehat dan bersih yang Anda jalani tidak saja berdampak pada diri Anda, tetapi juga orang lain. Dukung resolusi hidup sehat Anda dengan mengonsumsi Susu Siap Minum Frisian Flag

Diproduksi dengan susu segar pilihan, mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral), tersedia dalam varian rasa Frisian Flag Full Cream, Frisian Flag Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry, dan Sweet Delight) dan Frisian Flag Low Fat (French Vanilla, Belgian Chocolate, Californian Strawberry, Plain). 

Baca juga : 5 Manfaat Pola Hidup Sehat dan Tips Memulainya

Setelah menerapkan cara menjaga kesehatan tubuh di atas, dukung juga nutrisinya dari dalam dengan Susu Siap Minum Frisian Flag. Gunakan Kalkulator Frisian Flag Massa Tubuh untuk mengetahui angka IMT (Indeks Massa Tubuh). Setelah menghitung IMT, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dan jumlah kalori setiap makanan Anda dengan menggunakan Kalkulator Gizi. Yuk, coba fiturnya sekarang juga!

Artikel Terkait