4 Tips Menjaga Kesehatan Secara Sederhana

Banner
| 26 Jan 2022

4 Tips Menjaga Kesehatan Secara Sederhana

4 Tips Menjaga Kesehatan Secara Sederhana

Saat ini, perbincangan mengenai tips menjaga kesehatan menjadi salah satu hal yang cukup umum sering didengarkan di mana-mana. Mengingat kondisi tubuh yang prima jadi aspek penting agar segala rencana dan aktivitas berjalan dengan lancar, maka tips menjaga kesehatan menjadi sebuah hal yang terus dibicarakan agar setiap orang selalu mengingat pentingnya menjaga kondisi diri. 

Tips menjaga kesehatan sederhana

Dalam menjalankan tips menjaga kesehatan, Anda bisa rutin mengikuti langkah dalam menjaga kondisi tubuh dengan cara yang sederhana. Tips menjaga kesehatan tidak harus selalu identik dengan hal yang mahal dengan konsumsi multivitamin atau pergi ke gym. Hal tersebut memang bisa Anda tambahkan sebagai tips menjaga kesehatan. Namun sifatnya hanyalah pendukung. Bagi Anda yang penasaran bagaimana tips menjaga kesehatan sederhana yang bisa dilakukan dengan mudah, berikut rekomendasinya.

Mengatur pola makan

Salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan sebagai tips menjaga kesehatan adalah mengatur pola makan secara tepat. Mengatur pola makan dengan sumber makanan yang sehat memang jadi langkah yang baik. Namun, Anda juga perlu memastikan kebutuhan asupan tubuh harian secara tepat dan juga seimbang. Tips menjaga kesehatan ini pertlu Anda perhatikan agar tubuh bisa bekerja dengan optimal dalam membantu aktivitas Anda sehari-hari. Sebagaimana yang Anda ketahui, bahwa kebutuhan asupan setiap orang berbeda-beda. Jadi, Anda harus tetap memastikan bahwa pola makan harian Anda seimbang. Kondisi tubuh prima ini jadi salah satu tujuan dari tips menjaga kesehatan yang cukup sering dibicarakan saat ini

Tingkatkan minum air putih

Dehidrasi merupakan salah satu kondisi yang bisa membuat tubuh Anda rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, dalam menjalankan tips menjaga kesehatan, Anda perlu meningkatkan konsumsi minum air putih harian Anda. Secara umum, manusia membutuhkan 2 liter konsumsi air putih dalam sehari untuk mengurangi risiko dehidrasi. Namun, hal tersebut harus kembali disesuaikan dengan aktivitas harian Anda. Jika di hari-hari tertentu, ternyata Anda membutuhkan banyak aktivitas fisik, maka alangkah baiknya jika Anda meningkatkan konsumsi minum air putih dalam sehari. Selain itu, Anda juga bisa mulai mengurangi konsumsi minuman manis sebagai langkah lanjutan dari tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan secara sederhana ini.

Berolahraga secara teratur

Selain mengatur pola makan dan meningkatkan konsumsi air putih harian, tips menjaga kesehatan sederhana yang bisa Anda lakukan dengan mudah lainnya adalah berolahraga secara teratur. Olahraga sebagai tips menjaga kesehatan ini tidak perlu dilakukan dalam lingkungan seperti gym berbayar. Meskipun berada di dalam gym dinilai dapat meningkatkan motivasi, Anda bisa bisa melakukan olahraga ringan di sekitar tempat tinggal Anda. Salaj satu jenis olahraga ringan sebagai tips menjaga kesehatan sederhana ini antara lain adalah jogging maupun jalan kaki selama 15 hingga 30 menit sehari. Baik dilakukan di pagi hari, sehingga tidak menggangu waktu yang dibutuhkan untuk aktivitas lainnya. Jika Anda hobi bersepeda, aktivitas tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai tips menjaga kesehatan sederhana ini. Kuncinya adalah teratur dan konsisten. Anda tidak perlu memforsir tubuh yang nantinya malah bisa menggangu kondisi kesehatan. 

Istirahat dengan cukup

Salah satu tips menjaga kesehatan yang tidak bisa dilewatkan lainnya adalah memastikan bahwa Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Setelah beraktivitas seharian yang juga dilengkapi dengan olahraga di pagi hari, tubuh Anda membutuhkan waktu istirahat untuk kembali memperbaiki sel tubuh dan juga mengisi ulang energi yang terbuang. Perlu diingat bahwa istirahat cukup ini bukan berarti Anda tidur dalam waktu yang lama. Umumnya tidur dalam rentang waktu 8 jam merupakan anjuran baik sebagai tips menjaga kesehatan yang bisa Anda coba terapkan. Jika Anda sudah berhasil mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Langkah selanjutnya Anda juga bisa memastikan bahwa kualitas tidur yang Anda dapatkan dalam waktu istirahat merupakan kualitas terbaik setiap harinya. 

Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan

Selain keinginan untuk hidup sehat yang selalu jadi tujuan Anda setiap harinya, dalam memaksimalkan tips menjaga kesehatan hidup dengan bersih juga jadi salah satu pendukung yang bisa Anda coba terapkan. Menjaga kebersihan sebagai bagian dari tips menjaga kesehatan ini tidak hanya bermanfaat bagi Anda, tapi juga bisa memberikan manfaat baik bagi lingkungan sekitar. Mari jaga kebersihan sebagai langkah tambahan tips menjaga kesehatan seperti berikut.

Rutin mengganti spons cuci piring

Spons cuci piring yang kita pergunakan setiap hari dapat membawa berbagai macam penyakit. Dengan rutin mengganti spons pencuci piring, Anda akan mengurangi risiko terbawanya kotoran atau kuman ke piring yang bersih. Ini merupakan salah satu tips menjaga kesehatan yang mudah dilakukan di rumah. Dalam penelitiannya, jurnal American Society for Microbiology Journals menyebutkan bahwa spons pencuci piring sebaiknya diganti setiap seminggu sekali.

Membawa alat tulis atau alat makan sendiri

Sadarkah Anda, telapak tangan berpeluang membawa berbagai macam kuman atau penyakit. Kita tidak pernah tahu kondisi orang yang meminjam alat tulis atau alat makan Anda, sehat atau sedang sakit. Untuk mengurangi risiko terserang penyakit, jika harus meminjamkan alat makan atau alat tulis Anda, segera bersihkan setelah dipinjam.

Biasakan mencuci tangan

Mencuci tangan dengan air dan sabun adalah 1 dari 10 Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Sayangnya hingga kini mencuci tangan dengan air dan sabun setiap selesai buang air, sebelum dan setelah makan, setelah memegang uang dan beraktivitas di luar seharian belum menjadi kebiasaan. Biasakanlah mencuci tangan dengan air dan sabun dengan cara yang benar, selama 30 detik hingga ke punggung tangan, sela-sela jari dan kuku, bilas, lalu keringkan.

Hindari bersentuhan dengan orang yang sedang sakit

Selain lewat udara, penyakit juga bisa menular lewat sentuhan. Oleh karena itu, Anda harus bisa menjaga diri dengan mengurangi kontak fisik dengan orang yang sedang sakit. Cari informasi tentang penyakit yang diderita orang di sekitar Anda. Jika tak menular lewat sentuhan, Anda bisa mengurangi risiko penularan dengan segera mencuci tangan. Jika menular, mau tak mau Anda harus menghindari kontak fisik.

Hidup sehat dan bersih yang Anda jalani tidak saja berdampak pada diri Anda, tetapi juga orang lain. Dukung resolusi hidup sehat Anda dengan mengonsumsi Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm. Diproduksi dengan susu segar pilihan, mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral), tersedia dalam varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain). Setelah menerapkan tips menjaga kesehatan di atas, dukung juga nutrisinya dari dalam dengan Frisian Flag Purefarm. Info lengkapnya bisa dicek di sini!

Artikel Terkait