Mitos Atau Fakta: Makanan Bisa Jadi Mood Booster?

Banner
| 27 Nov 2020

Mitos Atau Fakta: Makanan Bisa Jadi Mood Booster?

Mitos Atau Fakta: Makanan Bisa Jadi Mood Booster?

Pernah patah hati lalu merasa lebih baik setelah makan cokelat?

Dilansir dari Live Science (2014), peneliti Heather Scherschel Wagner dari University of Minnesota dalam jurnal Association for Psychological Science menyebutkan bahwa makanan tidak punya pengaruh dalam memperbaiki mood seseorang. Lalu apakah makanan bisa menjadi moodbooster itu hanya mitos?

Makanan adalah sumber energi tubuh manusia untuk melakukan berbagai kegiatan. Makanan tetap bisa jadi cara untuk mengembalikan mood, tergantung pada apa yang menjadi penyebab kamu bad mood.

Ada banyak penyebab menurunnya mood seseorang, antara lain kelelahan, sulit konsentrasi, dan berbagai faktor kesehatan lainnya. Tak bisa dipungkiri, saat merasa terlalu banyak pikiran atau stres kebanyakan orang cenderung untuk makan berlebih, terutama makanan yang menjadi kesukaannya.

Jenis-Jenis Makanan Moodbooster

Makanan dapat menjadi sumber energi karena ada zat yang menjadi sumber kalori. Kabar baiknya, beberapa makanan ternyata bisa menjadi moodbooster, lho. Ini fakta bukan mitos. Bukankah kita akan lebih bersemangat melakukan banyak hal saat perut kenyang?

“Bagaimana cara mengatasi banyak makan ketika stres? Saya selalu meluapkan masalah saya pada makanan. Saya sedih tapi setelah makan saya merasa baikan dan setelahnya saya merasa sedih lagi karena tahu yang saya konsumsi berlebihan”

Bila ini penyebabnya, perbaikan pola makan bisa jadi salah satu “obat” efektif agar kamu kembali good mood. Beberapa penelitian telah membuktikan makanan tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk bisa membuat suasana hati lebih bergembira. 

Yuk, cari tahu makanan yang dapat membantumu memperbaiki mood. Simak hal-hal dibawah ini!

1. Telur dan kacang-kacangan

Sebagai sumber protein, telur dan kacang-kacangan mengandung asam amino yang menghasilkan senyawa kimia yang bisa diproses oleh otak untuk “meregulasi” pikiran dan perasaan kamu. Protein juga membantu tubuh untuk menyerap karbohidrat secara perlahan hingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Siapa tahu, sesungguhnya kamu kesal bukan karena bad mood tapi karena lapar.

2. Salmon

Kandungan Omega-3 pada salmon dipercaya bisa mengatasi mood swing. Salmon mengandung asam amino triptofan yang membantu meningkatkan hormon serotonin. Keseimbangan kadar serotonin bisa membuat kamu terhindar dari mood yang naik turun dan mengurangi risiko depresi. Selain itu, Omega 3 juga baik untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

3. Pisang

Sebagai sumber energi dan vitamin, pisang yang mengandung asam amino triptofan sampai fosfor ini bisa kamu konsumsi untuk memulihkan tubuh lelah yang kerap kali jadi penyebab bad mood. Namun, dilansir dari byrdie.com, pencetus diet AlkaMind Dr. Daryl Gioffre menyatakan, konsumsi pisang perlu diimbangi dengan lemak sehat untuk mencegah lonjakan gula darah tiba-tiba. Kamu bisa membuat jus pisang dengan susu cokelat yang bisa dinikmati bersama keluarga dikala break kerja. Bingung mencari susu cokelat yang cocok? Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat bisa jadi solusinya.

Baca juga:  Resep Kue Moodbooster Buat Kamu

4. Bayam

Bayam mengandung asam folat, vitamin A, dan vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting buat otak. Tapi bila penyebab kamu bad mood adalah akibat lengan dan perut yang tampak kendur, kamu sebaiknya semakin rajin mengonsumsi bayam. Bayam mampu membantu pembentukan otot, seperti yang dikutip dari Science ABC berdasarkan penelitian Karolinska Institute di Stockholm. 

Selain bayam, sayuran hijau seperti brokoli, kedelai hijau hingga lobak hijau juga dapat menjadi sumber moodbooster kamu karena masih mengandung vitamin B.

5. Cokelat

Tahukah kamu, sepotong cokelat setiap hari dapat membantu mengurangi kadar hormon kortisol dan hormon pemicu stres lainnya. Bahkan cokelat pun dipercaya mampu meredakan efek Premenstrual Syndrome atau PMS pada wanita.

Ada banyak alternatif untuk mengonsumsi cokelat setiap harinya. Salah satunya dengan mengonsumsi Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat. Nikmati Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat sebagai campuran untuk meningkatkan cita rasa makanan dan minuman favorit kamu.

Campurkan Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat di setiap makanan atau minuman buat balikin mood kamu. Info lengkap Susu Kental Manis Lemak Nabati Frisian Flag Bendera Cokelat bisa kamu cek di sini.

6. Teh Hijau

Ketika mulai kehilangan semangat, teh hijau atau green tea bisa menjadi minuman pilihan untuk membangkitkan semangatmu. Kaya akan manfaat antioksidan, teh hijau jika dikonsumsi secara rutin tidak hanya membantu menurunkan berat tetapi juga dipercaya dapat mengontrol depresi pada orang tua karena mengandung L-theanine, asam amino yang dapat membantu melawan rasa cemas, serta kandungan kafein yang terdapat didalamnya mampu meningkatkan suasana hati tanpa membuat seseorang gelisah. 

7. Blueberry

Berkat kandungan flavonoid yang ada dalam buah blueberry bisa membantu mengendalikan dampak hormon stress (kortisol) sehingga membuat seseorang jadi lebih tenang dan santai.

8. Oat

Mulai hari dengan semangkuk oatmeal dan temukan diri kamu lebih bersemangat karena oat adalah salah satu makanan untuk moodbooster yang bisa dikabulkan.

Oat memiliki kadar indeks glikemik rendah, sehingga dilepaskan secara perlahan sebagai energi ke aliran darah. Hal ini dapat menjaga gula darah dan suasana hati kamu menjadi tetap stabil. Oat juga memiliki kandungan selenium, salah satu mineral yang dipercaya dapat menjadi moodbooster. Penelitian menunjukkan seseorang yang kekurangan selenium mengalami peningkatkan tingkat depresi, lekas marah, cemas, dan juga kelelahan.

9. Yogurt

Yogurt adalah produk fermentasi dari susu yang kaya akan probiotik. Probiotik membantu menjaga bakteri usus agar tetap terkontrol dan pencernaan tetap terjaga. Ternyata kondisi ini dapat terkait dengan suasana hati. Penelitian menunjukkan hubungan antara bakteri usus yang seimbang dengan suasana hati yang lebih baik, stres dan kecemasan yang menurun, dan risiko depresi yang lebih rendah. Selain dari yogurt, jenis makanan dan minuman fermentasi lain seperti kefir, kimchi, hingga tempe juga dipercaya dapat menjadi moodbooster.

10. Es Krim

Sama seperti cokelat, es krim juga bisa kamu jadi sebagai moodbooster yang mudah untuk kamu temukan. Makanan manis dan dingin ini cocok banget untuk kamu jadikan sebagai moodbooster. Es krim juga bisa meningkatkan perasaan hati menjadi lebih baik. Selain itu es krim juga mudah banget ditemukan dimana-mana, misalnya kamu bisa membelinya di supermarket terdekat dari rumahmu, ataupun ke outlet-outlet penjual es krim.

Baca juga: Moodbooster Di Pagi Hari

Makanan memang mempunyai efek menenangkan maka dikenal istilah 'comfortable food'. Saat tubuh mengalami mood yang sedang buruk, sederet zat kimia dan hormon stres di otak akan dilepaskan sehingga dapat berdampak pada kesehatan. Moodbooster adalah sesuatu yang bisa memperbaiki suasana hati kamu. Hal menyebalkan yang terjadi di pagi hari biasanya bisa memengaruhi suasana hati selama seharian. Oleh karenanya, jangan biarkan hal yang menyebalkan mengganggu aktivitas kamu.

Selain makanan, banyak hal lain yang dapat menjadi moodbooster mu, antara lain:

Jalan-jalan

Siapa yang tidak suka jalan-jalan? Apalagi dalam keadaan atau suasana hati yang sedang tidak enak, pasti akan sangat menyenangkan jika kita bisa jalan-jalan untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. kamu bisa jalan-jalan ke tempat-tempat yang masih ada dekat di sekitarmu, seperti taman atau mall. Atau kalau kamu punya waktu yang lebih panjang, kamu bisa merencanakan untuk berjalan-jalan ke luar kota, atau ke tempat baru yang belum pernah kamu datangi sebelumnya.

Dengan berjalan-jalan, suasana hati kamu pasti akan menjadi lebih baik. Bukan hanya itu, pikiran juga akan menjadi lebih fresh, dan kamu bisa memulai kembali harimu dengan lebih semangat dan percaya diri. Maka dari itu, kamu bisa menjadikan jalan-jalan sebagai moodbooster mu.

Nonton Film

Kalau yang satu ini pasti sudah menjadi pilihan banyak orang untuk menjadi moodbooster. Ketika pikiran sedang suntuk, dan juga suasana hati sedang tidak baik, banyak yang memilih untuk datang ke bioskop untuk menonton film-film terbaru yang seru-seru.

Tapi bagaimana kalau kamu tidak ingin mengeluarkan uang? Kamu bisa kok tetap menonton film walaupun tidak ke bioskop, dengan cara streaming film di situs-situs yang menyediakan streaming. Jadi kamu bisa menonton di rumah dan dimanapun kamu berada. Murah, mudah dan menyenangkan kan?

Nutrisionis dari Lagizi, Jansen Ongko, MSc, RD mengatakan bahwa ketika mengalami stres, kebanyakan orang mencari makanan yang rasanya manis karena dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dalam tubuh.

"Di saat mengonsumsi makanan manis, hormon serotonin meningkat. Ini membuat meningkatnya rasa nyaman sehingga stresnya turun.”

Hormon serotonin adalah hormon yang berperan dalam menghadirkan perasaan bahagia dan perasaan positif pada diri seseorang dan menghindarinya dari depresi.

Namun Jansen memperingatkan untuk tidak mengonsumsi makanan berlebih dikala stres, karena dapat menyebabkan obesitas yang memicu penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya. 

"Di saat stres jangan langsung kalap. Kalau mau cari makanan manis, diganti saja dengan makanan alternatif, yaitu buah-buahan," sarannya.

Ada banyak faktor yang membuat mood kamu menjadi berantakan, mulai dari pekerjaan, hubungan dengan pacar, ataupun hal-hal kecil yang membuat kesal. Bila sudah begini, sebaiknya segera mencari moodbooster untuk mengembalikan mood kamu.

Tips

  • Kendalikan Asumsi. Keep positive thinking karena siapa tahu overthinking adalah salah satu penyebab mood kamu turun
  • Quality time atau ambil waktu bercengkrama dengan sahabat atau keluarga agar semangatmu bisa kembali bangkit
  • Renungkan apa penyebab kamu bad mood
  • Bersyukur
  • Lakukan aktivitas seperti olahraga, meditasi, main dengan hewan peliharaan, mendengarkan musik atau hal lain yang kamu sukai untuk membantu me-refresh otakmu

Sebagaimana yang telah diketahui, bahwa kualitas mood yang Anda rasakan memiliki pengaruh terhadap kondisi tubuh Anda. Dengan mood yang baik, dapat dipastikan Anda pun akan bisa menjalani hari penuh semangat dan mengerjakan pekerjaan secara cepat dan tepat. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi Anda untuk tetap menjaga tubuh dalam kondisi fit dan prima, agar dampak positif yang dihadirkan oleh kualitas mood yang baik dapat dioptimalkan untuk keperluan produktivitas Anda sehari-hari. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan, tidak hanya sebagai moodbooster, tapi juga mampu memaksimalkan output yang dirasakan dari mood Anda.

Kualitas tidur yang baik

Setelah beraktivitas penuh selama seharian, tentu saja tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup. Maka dari itu, tidur merupakan cara yang terbaik dalam mengembalikan energi yang telah habis terbuang sebelumnya. Namun, Anda perlu memperhatikan tentang kualitas tidur yang Anda miliki. Dengan kualitas tidur yang terjaga baik, aktivitas istirahat tersebut juga bisa berperan untuk meningkatkan kualitas mood Anda atau sebagai moodbooster. Maka dari itu, pastikan Anda untuk memiliki waktu tidur yang cukup dan ideal, yaitu 7 hingga 8 jam sehari di malam hari.

Olahraga yang cukup dan teratur

Peran mood yang dapat memaksimalkan output produktivitas dari tubuh Anda juga perlu diseimbangkan dengan takaran intensitas olahraga yang cukup. Olahraga yang cukup dan teratur membuat tubuh Anda untuk tetap berada di dalam kondisi yang prima dan dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit. Selain itu, olahraga juga punya manfaat sebagai moodbooster. Hal tersebut terjadi karena setiap aktivitas olahraga yang Anda lakukan, tubuh akan memproduksi dan meningkatkan hormon yang dapat memperbaiki suasana hati serta membuat tubuh lebih terasa ringan dan rileks.

Bermain dengan hewan peliharaan

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan anjing atau kucing, teman terbaik Anda di rumah tersebut ternyata bisa menjadi moodbooster untuk memperbaiki suasana hati Anda. Maka dari itu, Anda perlu dengan rutin meluangkan waktu untuk bermain atau sekadar berada di samping hewan peliharaan Anda ketika hati sedang resah dan membutuhkan moodbooster. Diinformasikan bahwa anjing dan kucing tidak hanya berperan sebagai hewan peliharaan, kedua spesies hewan tersebut juga dikenal sebagai hewan terapi. Anjing dan kucing sebagai hewan terapi ini didasari oleh penelitian yang menunjukkan bahwa kedua hewan tersebut mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam mencurahkan kasih sayang. Dengan cara bermain, memeluk, bahkan hanya menyentuh hewan peliharaan saja, tubuh Anda secara otomatis akan meningkatkan kadar hormon dopamin dan serotonin untuk membuat Anda terasa lebih rileks dan menghadirkan suasana hati yang lebih baik. 

Berkomunikasi dengan orang terdekat

Tidak hanya dengan melakukan gestur kasih sayang terhadap hewan, ternyata menjaga komunikasi yang baik terhadap orang-orang terdekat di sekitar Anda juga bisa jadi sebuah aktivitas mood booster yang dibutuhkan untuk menjaga kualitas suasana hati. Sebagai mood booster, Anda bisa kembali memperbaiki suasana hati dengan berbicara bersama orang-orang terdekat dan tersayang atas perasaan hati yang sedang tidak menentu. Selain itu, respon positif yang Anda dapatkan dari komunikasi tersebut bisa membuat perasaan Anda lebih tenang dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Tanggapan positif yang datang dari setiap obrolan pun secara tidak sadar akan membangun rasa percaya diri Anda untuk mulai kembali melanjutkan aktivitas yang tertunda serta memberikan rasa tenang karena Anda akan dapat bisa melawan kondisi gusar yang dirasakan jika suatu saat nanti mood buruk datang menghampiri.

Selain beberapa hal di atas, kamu pun dapat melakukan hal lain yang bisa meningkatkan mood kamu, seperti merapikan meja kerja atau membersihkan rumah, menata ulang dan mengubah dekorasi di sekitar kamu bisa memberi warna dan suasana baru. Ingat, jangan biarkan suasana hati yang buruk mempengaruhi produktivitas sehari-hari. Praktikkan deretan moodbooster di atas dan mulailah hari kamu dengan berpikir positif.

Artikel Terkait