Nge-Gym Saja Tidak Cukup, Tambahkan Hal Ini untuk Membentuk Otot!

| 20 Okt 2017

Nge-Gym Saja Tidak Cukup, Tambahkan Hal Ini untuk Membentuk Otot!

Olahraga memang cara yang efektif untuk membentuk tubuh, apalagi olahraga intensitas tinggi seperti lari, muay thai, dan zumba. Tapi bukan itu satu-satunya cara membentuk otot. Otot juga dibentuk salah satunya melalui zat gizi, terutama protein. Agar hasilnya sesuai harapan, berikut adalah 4 langkah yang harus anda lakukan saat menjaga kebugaran tubuh dan membentuk otot:

Makan makanan sehat
Untuk membentuk otot, jumlah kalori yang masuk harus seimbang  dari kalori yang keluar. Selain jumlah, otot memerlukan kalori berkualitas tinggi dari protein dan karbohidrat. Usahakan memenuhi asupan protein sebanyak 0,5 gram per kilogram berat badan ditambah dengan mencukupi asupan karbohidrat. Jangan lupa jauhi makanan mengandung lemak jahat seperti gorengan, gula berlebih, atau santan.

Pola makan seimbang
Tak cuma makanan setelah latihan saja yang penting, tapi makanan sebelum dan selama latihan juga sama pentingnya. Cobalah makan camilan sebelum mengangkat beban di gym. Yogurt dan buah, protein bar, atau susu siap minum yang dikonsumsi 45 menit sebelum latihan dapat membantu memberi bahan bakar pada otot.

Istirahat cukup dan teratur
Selain berlatih di gym sebagai cara menjaga kebugaran jasmani dan membentuk otot, sel otot juga dibentuk saat istirahat atau tidur. Hilangkan kebiasaan begadang dan jangan tidur lewat dari jam 11 malam. Usahakan tidur 7-8 jam setiap malam dan tidur siang selama minimal 20 menit sampai maksimal 1 jam.

Lakukan dengan konsisten
Tubuh manusia selalu berusaha beradaptasi. Jika ingin membentuk otot, Anda perlu konsisten selama beberapa waktu agar tubuh beradaptasi, baik melalui program latihan maupun pengaturan pola makan. Jika belum terlihat hasilnya, jangan terburu-buru menggantinya dengan program lain. Tubuh memerlukan waktu 4-6 minggu untuk beradaptasi terhadap program tertentu.

Lengkapi cara menjaga kebugaran jasmani Anda dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm. Diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi protein, karbohidrat dan lemak, vitamin, dan mineral, Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm tersedia dalam kemasan praktis 225 ml untuk dinikmati kapan saja, di mana saja, dan tersedia dalam varian rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait