Manfaat Makanan Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Banner
| 05 Jun 2020

Manfaat Makanan Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Makanan Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Ketika berbicara mengenai makanan manis, banyak orang yang berpikir makanan manis adalah sumber dari penyakit. Salah satu penyakit yang berhubungan dengan hal–hal makanan manis adalah diabetes. Tapi faktanya hal tersebut tidak seratus persen benar. Makanan manis justru dibutuhkan untuk tubuh Anda dalam menjalankan aktivitas sehari–hari. Makanan manis mengandung glukosa yang merupakan bahan bakar otak, sehingga ketika Anda mengonsumsi makanan manis akan meningkatkan daya ingat otak, melancarkan proses berpikir, dan Anda lebih bisa berkonsentrasi. Sebuah studi mengatakan bahwa gula merupakan sumber terbaik dan terbesar untuk kesehatan otak Anda.

Selain itu dengan mengonsumsi makanan manis juga dapat mengembalikan mood Anda menjadi lebih baik. Tidak hanya itu dengan mengonsumsi makanan manis anda akan mendapatkan banyak manfaat lainnya. Simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat Mengonsumsi Makanan Manis

Meningkatkan kinerja otak

Sebuah studi mengatakan bahwa dalam sehari otak dalam bekerja dapat menggunakan asupan glukosa sebanyak 400 kalori. Namun, bukan berarti Anda dapat memakan coklat 2–3 bar dalam sehari. Asupan gula yang dimaksud dalam hal ini adalah asupan gula natural yang berada dalam karbohidrat, madu, maupun buah–buahan. Tubuh dan otak Anda bergantung pada kalori dan glukosa untuk kebutuhan energi. Menurut National Eating Disorders Association, hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa diet yang tidak benar meningkatkan resiko kelesuan dan hilangnya konsentrasi, serta tidak stabilnya mood seseorang. Dengan mengonsumsi sebuah makanan penutup yang kaya akan karbohidrat dapat mengurangi mood atau fisik yang terasa lelah setelah Anda beraktivitas berlebih. Jika Anda merasa makanan berat atau padat tidak bisa diterima oleh Anda, Anda bisa mengganti hal tersebut dengan mengonsumsi milkshake atau minuman manis lainnya. Setidaknya dengan mengonsumsi makanan manis baik bagi kebutuhan kinerja otak Anda.

Memperbaiki mood

Dengan mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat dapat membuat otak Anda memproduksi serotonin dan tryptophan yaitu, senyawa kimiawi yang menghasilkan keadaan emosi seseorang menjadi lebih baik. Rasa manis sendiri biasanya diperoleh dari gula dan karbohidrat. Sebuah studi dari The Dublin Nutrition Centre juga mengatakan coklat bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan mood seseorang menjadi lebih positif. Coklat memiliki kandungan kimiawi theobromine yaitu, kandungan yang secara natural dapat menstimulasi rasa kepuasan. Dark Chocolate merupakan jenis coklat yang memiliki kandungan theobromine paling banyak diantara coklat lainnya.

Memanjakan diri Anda dengan mengonsumsi makanan manis atau hidangan penutup kesukaan Anda dapat menimbulkan pikiran positif yang baik bagi tubuh Anda.

Sumber energi

Dalam menjalankan aktivitas sehari–hari fungsi organ anda membutuhkan asupan energi untuk dapat bekerja lebih baik. Sebagian besar sumber dari energi tubuh dapat ditemukan dari asupan gula. Makanan manis atau minuman manis yang dikonsumsi mengandung glukosa yang baik bagi tubuh, dimana setelah dikonsumsi glukosa disebarkan melalui aliran darah.

Setiap sel dalam tubuh nantinya akan mengolah glukosa yang diterima lewat proses glikolisis untuk dijadikan asam piruvat dan asam laktat. Setelahnya, kedua senyawa ini akan diolah Kembali menjadi adenosin trifosfat (ATP). Senyawa ATP lah yang menjadi sumber energi utama untuk menunjang semua kegiatan tubuh Anda.

Dalam waktu yang sama juga, sisa glukosa yang tidak diolah menjadi energi akan disimpan sebagai glikogen di dalam otot dan hati. Di mana nantinya jika sumber energi utama sudah habis, simpanan glikogen tersebut akan dipakai sebagai energi cadangan.

Makanan manis meningkatkan kontrol berat badan

Banyak diantara orang dewasa yang memutuskan untuk berhenti makan makanan manis seperti cookies, kue, dan lainnya. Mereka melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Namun sebuah studi juga telah melakukan sebuah riset yang menunjukkan bahwa orang yang melakukan program diet namun tetap mengonsumsi makanan manis lebih mudah untuk menurunkan berat badan ketimbang orang yang tidak makan makanan manis. Hal ini dikarenakan tubuh akan merespons sejumlah kecil makanan manis yang memuaskan hasrat dengan memuaskan selera seseorang.

Memutuskan untuk tidak makan makanan manis sama sekali karena ingin menurunkan berat badan, beresiko membuat seseorang akan makan secara berlebih karena hasrat mereka menginginkan makan makanan tersebut. Hal tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh maupun mood Anda nantinya.

Makanan manis dapat menyembuhkan efek negatif dari diet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa efek dari diet merujuk dari National Eating Disorders Association, dapat meningkatkan rasa lesu, mental yang kurang stabil, dan gangguan lainnya. Hal tersebut hanyalah alasan beberapa orang agar mereka dapat makan makanan manis lagi.

Maka dari itu Anda disarankan untuk tetap makan makanan manis atau makanan penutup kesukaan anda agar terhindar dari gangguan lain yang tidak diinginkan.

Asupan gula yang baik dan aman dalam satu hari

Dalam menjalani aktivitas sehari–hari tubuh membutuhkan asupan gula agar tetap sehat. Namun, dalam mengonsumsinya tidak boleh berlebih dan tidak boleh sampai kekurangan juga. Dengan mengonsumsi makanan manis secara berlebih tentunya akan mengganggu kinerja kerja organ–organ dalam tubuh. Bahkan dengan mengonsumsi gula berlebih bisa memicu beberapa penyakit yang cukup serius seperti, obesitas, penyakit jantung, fungsi hati, hingga gangguan metabolik.

Dalam Permenkes No. 30 Tahun 2013 telah dijelaskan informasi mengenai kandungan gula, garam, dan lemak dalam olahan makanan. Menurut peraturan tersebut, Anda disarankan untuk membatasi asupan gula tambahan maksimal sebanyak 50 gram. Jumlah tersebut setara dengan 5–9 sendok teh gula setiap harinya.

Maka dari itu untuk tetap menjaga keseimbangan kebutuhan glukosa dalam tubuh Anda, sebaiknya untuk mendapatkan kandungan tersebut secara natural dengan mengonsumsi buah atau jus.

Bahaya tidak konsumsi gula sama sekali

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tubuh manusia membutuhkan energi dalam menjalani aktivitas sehari–hari. Energi sendiri dihasilkan oleh glukosa, sedangkan kandungan glukosa yang baik banyak ditemukan dalam karbohidrat dan makanan manis lainnya.

Maka dari itu, dengan tidak mengonsumsi karbohidrat, Anda akan kekurangan glukosa yang merupakan sumber utama dari energi. Anda akan kekurangan energi yang nantinya Anda akan merasa mudah lelah dan tubuh Anda menjadi lunglai.

Ketika kebutuhan akan karbohidrat tidak terpenuhi secara baik, makan akan mempengaruhi kadar glukosa dalam darah berada di bawah rentang normal. Hal ini akan berpengaruh dalam kerja otak yang mengakibatkan kinerja organ–organ lainnya.

Selain mengonsumsi makanan manis, untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda juga bisa mengonsumsi minuman manis seperti susu murni yang ditambahkan gula atau susu kental manis yang dilarutkan. Selain sehat, Anda juga dapat memperoleh gula dengan mengonsumsi susu tersebut. Susu kental manis sendiri memiliki kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi Anda. Walaupun demikian, kandungan susu kental manis sendiri telah diatur dalam Standar Nasional Indonesia No.2971 Tahun 2011 bahwa:

  • Kandungan gula susu kental manis berkisar 51%–56%
  • Kandungan lemak susu kental manis berkisar 43%–48%

Jadi Anda tidak perlu takut dengan rumor jika mengonsumsi susu kental manis dapat membuat badan anda bertambah berat badan secara cepat.

Bagi Anda yang sulit untuk makan makanan manis, hal ini tentunya menjadi salah satu solusi yang menguntungkan. Anda bisa membeli di supermarket terdekat dengan varian yang berbeda dan harga yang ekonomis. Untuk mengonsumsi minuman manis Anda juga bisa menggantinya dengan minuman protein atau milkshake. Namun, untuk kebutuhan gula natural akan lebih baik jika Anda mengonsumsi jus buah.

Untuk menjaga keseimbangan akan kebutuhan gula pada tubuh, Anda juga dapat mengonsumsi susu kental manis dari Frisian Flag yang dimana kandungan vitaminnya sudah sangat menutrisi tubuh untuk menjaga aktivitas sehari - hari. Selain itu dengan mengonsumsi susu juga dapat membantu untuk menambah tenaga dan cairan di tubuh anda. Manfaat lain dari susu kental manis juga adalah:

  • Mendukung kebutuhan asupan gizi, tubuh manusia membutuhkan lemak setidaknya 25% dalam sehari. Susu kental manis sendiri terdiri dari beragam gizi makro dan mikro, dimana gizi makro yang dimaksud adalah terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan untuk gizi mikro terdiri dari vitamin dan mineral. Susu kental manis Frisian Flag memiliki banyak kandungan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sehingga susu kental manis Frisian Flag dapat menjadi pilihan tepat buat Anda untuk dikonsumsi sehari – hari.
  • Memperbaiki Kualitas Tidur, pada dasarnya mengonsumsi susu memang baik untuk memperbaiki kualitas tidur seseorang. Sama dengan susu sapi lainnya, susu kental manis memiliki kandungan asam amino yang dapat membantu Anda.

Mengonsumsi minuman manis sebagai pengganti makanan manis tentunya menjadi solusi terbaik bagi Anda. Salah satu minuman manis yang bisa Anda konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari adalah dengan mengonsumsi susu kental manis. Susu kental manis dari Frisian Flag bisa menjadi pilihan terbaik Anda dan keluarga untuk dikonsumsi. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa klik link berikut ini.

Artikel Terkait