Sering mual dan kembung setelah minum susu? Yuk Kenali penyebabnya!

| 01 Nov 2019

Sering mual dan kembung setelah minum susu? Yuk Kenali penyebabnya!

Punya perut yang sulit bersahabat itu memang tidak enak, minum kopi perut sakit, minum berasam perut sakit, minum susu pun perut sakit. Akibatnya kita harus lebih bijak dan waspada dalam memilih makanan dan minuman yang masuk ke perut. Jajan sembarangan jadi nggak bisa deh, kalo-kalo kamu salah makan atau minum bisa berakibat diare, padahal kamu suka banget sama makanannya.

 

Tapi kamu pernah mengalami nggak atau temanmu, setiap selesai minum atau makan tertentu perut rasanya nggak enak tapi kamu suka banget sama minuman atau makanannya. Untuk makanan atau minuman spesifik gitu mungkin kamu menderita alergi dari kandungan makanan atau minumannya. Tapi kalau kamu minum susu beberapa jam kemudian perut kamu mual dan kembung atau malah bisa kurang dari satu jam. Kamu pasti awalnya mengira karena perut kosong belum makan, jadinya perut sakit sampai bikin mual, deh. Kalo kamu sering mengalami hal di atas atau seperti sebah setelah minum susu, kembung setelah minum susu, atau eneg setelah minum susu, mungkin aja kamu mengalami hal seperti di bawah ini.

 

Jika kamu mengalami kejadian di atas mungkin kamu mengidap lactose intolerance. lactose intolerance atau intoleransi laktosa adalah keadaan di mana usus kecil kamu tidak mampu memecah laktosa menjadi bentuk lebih sederhana seperti glukosa dan galaktosa. Karena tidak mampu memecahnya menjadi enzim lebih kecil, maka laktosa menjadi gas, gas inilah yang bikin perut kamu merasa tidak nyaman, mulai dari:

 

  1. Perut kembung

  2. Rasa tidak enak pada perut

  3. Sering buang gas baik lewat mulut atau anus

  4. Mual

  5. Muntah

  6. Diare

 

 

Karena setiap manusia itu terlahir nggak sama, makanya ada beberapa orang yang memiliki kemampuan menghasilkan enzim laktase berbeda. Kenapa harus spesifik susu, sih? Karena laktosa ini ada dalam kandungan susu hewani, dan produk susu hewani ini sangat banyak dijumpai di berbagai makanan dan minuman. Bukan cuma minuman susu aja ya, tapi makanan olahan dari susu seperti keju, yogurt, bahkan es krim, loh, bisa memicu intoleransi laktosa ini, akibatnya kamu sebah setelah minum susu, kembung, eneg, dan diare, deh.

 

Intoleransi laktosa ini jadi bikin kamu harus menghindari makanan dan minuman dari susu hewani. Sedangkan, kandungan nutrisi dari susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral seperti kalsium dan vitamin. Karena sebah setelah minum susu, kembung setelah minum susu, atau eneg setelah minum susu bikin kamu nggak bisa dapat nutrisi tersebut, deh. Padahal nutrisi tersebut sangat penting untuk tubuh.

 

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan kenapa sebah setelah minum susu, kembung setelah minum susu, atau eneg setelah minum susu. Sebaiknya kamu segera mengecek ke dokter ya untuk lebih tahu tentang kesehatan kamu, karena kesehatan itu sangat penting, jangan kamu anggap remeh aja seolah-olah hal yang biasa. Bila kamu memang ada intoleransi laktosa, kamu bisa coba dengan mengatur pola makan kamu, meski begitu kamu masih tetap minum susu, selama sesuai aturan dokter .

 

Intoleransi Laktosa bisa tetap mengonsumsi susu bila kamu tau waktu dan ukuran yang sesuai. Salah satu susu yang memiliki ukuran sesuai Frisian Flag Purefarm Flavour Milk 225 ml. Temukan seluruh varian rasanya di sini ya. Kamu juga bisa menangkan Hadiah Go-Pay lho. Mau tau caranya cari tau di sini yuk!

Artikel Terkait