Tetap Sehat Meski Makan Siang Telat

| 20 Okt 2017

Tetap Sehat Meski Makan Siang Telat

Aktivitas yang dilakukan mulai dari pagi hingga sore hari membutuhkan asupan energi yang cukup agar badan tidak cepat lelah. Salah satu caranya adalah dengan makan pagi dan makan siang. Tapi bagaimana jika keduanya terlewatkan?

Saat makan siang pula, Anda akan memeroleh 40 persen dari total kalori harian. Penelitian International Journal of Obesity memaparkan bahwa mereka yang suka menunda makan siangnya dietnya akan menjadi kurang efektif. Marie-Pierre St-Onge, PhD dari Columbia University menjelaskan tiap orang punya metabolisme berbeda. Selain jam tidur, jam makan juga dipengaruhi oleh ritme sirkadian atau jam biologis tubuh manusia. Jam makan ditandai juga dengan pelepasan insulin ke dalam tubuh. Selama jam makan dan pencernaan, tubuh akan mendorong produksi hormon insulin yang membantu agar penyerapan nutrisi makanan jauh lebih efektif dan mencegah penumpukan lemak. Saat Anda melewatkan jam makan, reaksi insulin akan jadi tak terkontrol dan kemampuannya mengontrol asupan makanan agar tidak menjadi lemak akan hilang.

Namun kapan jam makan siang yang tepat? Jam makan siang adalah jam makan antara pukul 12.00 hingga 15.00. Oleh Brigham and Women’s Hospital dan University of Murcia menyebutkan orang yang telat makan siang lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Di samping itu, jika tidak didukung oleh makan pagi yang cukup, telat makan siang akan menyebabkan energi berkurang serta badan mudah lemas. Tentu hal itu mengganggu aktivitasnya.

Agar badan tidak cepat lelah saat bekerja, usahakan mengonsumsi makanan sesibuk apapun. Jika Anda akan bekerja seharian, persiapkan pada pagi harinya dengan sarapan yang cukup hingga siang nanti. Pilih makanan yang mampu memberikan energi yang tahan lama, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, berbahan tepung, atau susu. Jika mulai lapar mendera namun kesibukan masih belum bisa ditinggalkan, konsumsilah camilan sehat seperti buah-buahan, salad, atau susu.

Nah sekarang Anda tahu bahwa mengatur jam makan sama pentingnya dengan mendengarkan tubuh kita sendiri. Lengkapi pola makan sehat Anda dengan Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm yang diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi protein, karbohidrat dan lemak, vitamin, dan mineral. Tersedia dalam varian rasa Full Cream, Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).


Kalo makan siang Kamu telat karena padatnya aktivitas, siapkan Frisian Flag Purefarm dulu biar perut terjaga! Info lengkap bisa Kamu cek di sini!

Artikel Terkait