Mitos atau Fakta: Makanan Rendah Kalori Pasti Sehat

| 03 Nov 2017

Mitos atau Fakta: Makanan Rendah Kalori Pasti Sehat

Ada makanan rendah kalori yang mengandung gula, ada juga makanan bergizi tapi berkalori tinggi. Yang mana yang baik untuk diet Anda? Jawabannya, tergantung apa yang ingin Anda capai, berat badan ideal atau pemenuhan zat gizi tertentu.

Apapun tujuan diet Anda, Anda perlu menjalankan pola makan yang baik yang memenuhi kebutuhan gizi dan kalori harian secara seimbang. Kebutuhan kalori yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat aktivitas tiap orang. Misalnya anak-anak berusia 2-8 tahun membutuhkan 1000-1400 kalori, berbeda dengan kebutuhan perempuan dewasa aktif berusia 14-30 tahun yang membutuhkan 2400 kalori. Sedangkan pria dewasa aktif berusia 14-30 tahun membutuhkan 2800-3000 kalori.

Asupan kalori berlebih akan berubah menjadi lemak tubuh yang disimpan ke dalam sel lemak atau jaringan adiposa. Namun jika asupan kalori berkurang atau lebih banyak kalori terbakar dibandingkan kalori masuk, lemak akan berkurang dan sel lemak kembali mengerut.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, kurangi asupan kalori. Tapi jangan berlebihan. Kekurangan kalori menimbulkan efek samping seperti mudah lelah, diare, mual, atau sembelit. Mengonsumsi makanan rendah kalori dapat membantu Anda tetap merasa kenyang tanpa mengalami kekurangan kalori yang dibutuhkan tubuh tiap harinya.

Sayuran dan buah-buahan seperti apel, mentimun,  tomat, dan kol mengandung kalori yang rendah namun padat zat gizi. Sayuran dan buah-buahan membantu mengurangi berat badan karena merupakan makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

Jadi jika tujuan Anda mengurangi berat badan, mulailah mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Tambahkan buah-buahan pada menu makanan sehari-hari. Sayuran dan buah-buahan tidak akan mengurangi berat badan, tetapi bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama meski dengan sedikit makanan.

Untuk membantu dan memenuhi kebutuhan gizi setiap hari, minum Frisian Flag Purefarm yang diproduksi dengan susu segar pilihan dengan kandungan zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral) dengan rasa yang lezat. Tersedia dalam varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait