Diet Sehat Tanpa Harus “Menderita”

| 14 Des 2017

Diet Sehat Tanpa Harus “Menderita”

You are what you eat. Tak heran jika ada begitu banyak tips sehat mengenai pengaturan pola makan. Sayangnya, sebagian orang masih berpikir berdiet sama dengan menderita’. Padahal Anda tidak perlu menderita dalam berdiet. Cukup ingat hal-hal berikut:

Cheat day itu wajar

Konsep ini diperkenalkan oleh Rachel Cosgrove dalam buku Female Body Breakthrough. Selama berdiet, Anda boleh sesekali makan ‘bebas’ di luar menu diet atau splurge meals. Dalam seminggu, Anda bisa splurge meals 2-3 kali, namun dengan porsi yang wajar.

Jangan “menghukum” diri jika tak sengaja melanggar aturan diet

Tak perlu puasa 3 hari hanya karena Anda lupa dan tanpa sadar menghabiskan sebungkus keripikCukup kembali ke aturan program diet Anda. Jika jumlah kalori yang masuk masih sesuai dengan anjuran kalori harian, tak perlu khawatir.

Tujuan diet tidak hanya soal berat badan

Mungkin sampai saat ini perubahan berat badan belum tampak, namun coba perhatikan perubahan positif lain. Misalnya kini Anda terbiasa tidak makan setelah jam 7 malam. Berhenti makan di atas jam 7 malam dapat mencegah risiko penyakit jantung dan stroke, seperti ditunjukkan penelitian oleh Dr Özpelit, from Dokuz Eylül University di Turki. Pada 700 penderita darah tinggi yang diteliti, tekanan darah menurun setidaknya 10% ketika tidur. Namun tekanan darah akan tetap tinggi sepanjang malam jika makan sekitar 2 jam sebelum tidur.

Punya “teman seperjuangan”.

Anda akan lebih semangat bila tidak sendirian menjalani program diet. Dengan teman ‘seperjuangan’, Anda akan bisa saling mendukung dan mengingatkan untuk tetap patuh pada aturan diet. 

Jadikan diet Anda lebih menyenangkan dengan mengolah makanan sehat menjadi sajian lezat setiap hari, misalnya overnight oat, smoothie, telur dadar bayam, keripik sayur, dan sebagainya. Pastikan tips diet sehat alami Anda mengandung zat gizi lengkap dan seimbang, salah satunya dari susu.

Susu Siap Minum Frisian Flag diproduksi dari susu segar pilihan dengan merk Frisian Flag Purefarm dengan kandungan zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) serta zat gizi mikro (multivitamin dan multimineral) dengan rasa yang lezat. Tersedia dalam varian rasa Frisian Flag Purefarm Full Cream, Frisian Flag Purefarm Flavour Milk (Coconut Delight, Swiss Chocolate, Strawberry) dan Frisian Flag Purefarm Low Fat (French Vanilla, Chocolate, Strawberry, Plain).

Artikel Terkait