5 Langkah Mudah Memulai Pola Hidup Sehat

| 12 Sep 2017

5 Langkah Mudah Memulai Pola Hidup Sehat

Sehat adalah anugerah yang seringkali kita lupakan hingga akhirnya jatuh sakit. Hidup di era modern punya dampak besar bagi tubuh, mulai dari lingkungan hingga kebiasaan buruk bisa memengaruhi kesehatan.

Pola hidup sehat sendiri dapat diartikan sebagai kebiasaan yang mengutamakan kesehatan, meliputi perilaku, makanan, maupun cara pikir. Badan kesehatan dunia atau WHO menjelaskan pula bahwa pola hidup sehat adalah suatu keadaan di mana kondisi mental dan fisik terjaga dengan stabil, bukan hanya ketiadaan penyakit pada diri manusia saja.

Ada lima langkah untuk memulai pola hidup sehat, bukan cuma untuk diet, tapi untuk kebaikan diri sendiri dan lingkungan, yaitu:

1. Memahami Pentingnya Kesehatan

Sebelum memulai, harus diketahui dahulu mengapa hidup sehat bermanfaat bagi diri sendiri. Ini penting agar tumbuh niat dan motivasi kuat mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru. Jangan menunggu sakit karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

2. Mencari Referensi 

Sebelum memulai sesuatu, biasakan dengan meriset atau mencari acuan. Banyak sumber di internet. Carilah sumber informasi yang terpercaya. Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda bila Anda ragu dengan informasi yang didapat. 

3. Berkomitmen

Buatlah target untuk menguatkan komitmen hidup sehat. Misalnya konsisten tidak makan gorengan selama 3 bulan. Kebiasaan baru tercipta jika Anda melakukannya secara terus-menerus selama 3 bulan. Jadi, jangan mudah menyerah!

4. Berubah perlahan

Membiasakan diri rutin berolahraga atau menahan diri dari jajanan yang tidak sehat memang tidak mudah. Untuk memudahkan perubahan pola hidup, jangan langsung ekstrem mengubah semuanya. Contohnya, jika Anda sebelumnya biasa makan gorengan di sore hari, gantilah dengan minum segelas susu  yang bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

5. Evaluasi

Setelah beberapa minggu, buat evaluasi untuk merasakan hasil pola hidup sehat Anda. Misalnya, apakah ada keluhan atau tidak. Jika terdapat keluhan kesehatan, segera tanyakan kepada dokter atau konsultan Anda. Jika terasa banyak manfaatnya, Anda akan makin semangat menjalaninya.

Lebih berenergi menjalani aktivitas sehari-hari dan semakin produktif bekerja adalah beberapa manfaat dari pola hidup sehat. Anda siap menjalaninya?

Artikel Terkait