Manfaat Air Putih Hangat, Apa saja Fakta dan Mitosnya?

Banner
| 01 Agu 2022

Manfaat Air Putih Hangat, Apa saja Fakta dan Mitosnya?

Manfaat Air Putih Hangat, Apa saja Fakta dan Mitosnya?

Ada banyak sekali manfaat air putih yang perlu Anda ketahui. Manfaat minum air putih bisa dirasakan setiap orang, terutama setelah bangun tidur, meski kebiasaan setiap orang berbeda-beda. Namun secara umum, sebagian besar orang memulai harinya dengan kesegaran air putih. Sementara sebagian lainnya meminum minuman seperti secangkir kopi atau teh panas. 

Kebiasaan ini bukan berarti tak baik. Namun, beberapa pakar dan ahli justru menjelaskan sejumlah manfaat air putih hangat yang diminum sebelum Anda memulai segala aktivitas. Kebiasaan setelah bangun tidur ini cukup sederhana dan bermanfaat bagi tubuh. Manfaat minum air putih hangat juga banyak, mulai dari menjaga metabolisme hingga menjaga sistem kekebalan dalam tubuh. 

Meski cukup simpel, manfaat air putih hangat justru sangat banyak. Mulai dari mengeluarkan racun, memperbaiki sistem pencernaan dan fungsi tubuh, hingga ke sistem saraf pusat. Tak banyak orang tahu bahwa manfaat minum air putih hangat juga baik untuk tubuh dan kulit. Karena itu, manfaat air putih hangat tak bisa diremehkan begitu saja, dan tak ada salahnya untuk memulai kebiasaan baru ini sebagai gaya hidup.

Manfaat minum air putih hangat di pagi dan malam hari ternyata baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Sebab menurut keterangan para ahli, tubuh manusia dibentuk oleh 80% cairan (air). Organ tubuh manusia juga memerlukan air untuk bisa bekerja dengan baik. Perlu diketahui juga bahwa kebutuhan air putih untuk setiap orang ternyata berbeda. Kebutuhan tersebut disesuaikan dengan usia. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan R1 nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi atau AKG, berikut rincian kebutuhan air putih berdasarkan usia:

  • Anak-anak, usia 7-9 tahun: 1900 mililiter per hari 
  • Remaja, usia 16-18 tahun: 2200 mililiter per hari 
  • Dewasa, usia 30-49 tahun: 2600 mililiter per hari.

Sebelum memulai kebiasaan baru dan merasakan manfaat minum air hangat setiap hari, Anda perlu mengetahui beberapa fakta dan mitos soal manfaat air putih hangat ini.

Mitos tentang Manfaat Air Putih Hangat

Ada beberapa mitos tentang air putih hangat yang perlu Anda ketahui. Mitos ini berkaitan dengan membersihkan saluran pencernaan dan manfaat air putih hangat disebut-sebut bisa membakar lebih banyak kalori. Yuk, simak kedua mitos ini. 

  • Membakar lebih banyak kalori

    Manfaat air putih hangat yang diminum di pagi hari diklaim bisa membakar lebih banyak kalori atau menurunkan berat badan di dalam tubuh ketimbang minum air dingin. Ternyata klaim ini adalah mitos belaka. Faktanya justru mengungkap sebaliknya. Minum air putih dingin memang bisa membakar kalori tubuh, meski hanya sedikit lebih efektif. Hal ini terjadi karena suhu tubuh akan meningkat untuk menghangatkan air dingin di dalam tubuh kita.

    Di balik itu, efek minum air dingin tidak begitu signifikan. Apalagi untuk membantu menurunkan berat badan. Sebab, kalori yang terbakar memang hanya sedikit. Karena itu, klaim manfaat air putih hangat tadi menjadi salah satu mitos tentang manfaat air putih hangat yang sampai sekarang masih dipercaya banyak orang. Padahal, penting bagi Anda untuk lebih rutin mengonsumsi cairan, baik hangat, suhu normal, atau dingin.

  • Membersihkan sistem pencernaan

    Mitos tentang air putih hangat berikutnya adalah bisa membersihkan sistem pencernaan. Anggapan ini telah lama berkembang. Cara yang dianjurkan adalah minum air hangat yang sudah dicampur air garam tidak beryodium untuk detoksifikasi tubuh. Cara ini membuat air hangat memiliki efek laksatif yang bisa menyebabkan buang air besar dalam jangka waktu satu jam atau lebih. Cara ini juga dipercaya bisa membersihkan usus besar dan mengobati sembelit. 

    Untuk detoksifikasi tubuh, air hangat dengan rasa asin ini bisa membuang racun dalam tubuh dan parasit yang bersembunyi di dalam pergerakan usus dan baik untuk fungsi tubuh. Faktanya, efektivitas dari manfaat air putih hangat asin ini masih diragukan. Cara ini bisa jadi efektif dalam membersihkan usus besar dengan menstimulasi pergerakan usus. Namun, belum ada bukti ilmiah bahwa manfaat air hangat dengan cara ini bisa menyingkirkan limbah, racun dalam tubuh, atau parasit dari saluran pencernaan, dan mencegah gangguan kesehatan.

Manfaat air putih hangat asin ini saat perut sedang kosong juga bisa memberi dampak yang tidak baik seperti mual, muntah, kembung, hingga dehidrasi. Lebih jauh, minum air putih hangat asin ini bisa meningkatkan risiko kelebihan natrium yang justru bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan tidak aman bagi penderita penyakit jantung dan ginjal.

Fakta tentang Manfaat Air Putih Hangat

Setelah mengungkap mitos manfaat air putih hangat tadi, simak juga beberapa fakta tentang konsumsi air putih hangat.

  • Meredakan gejala flu

    Manfaat air putih untuk kesehatan yang diminum setiap hari bisa membantu Anda meringankan gejala flu sepertl sakit tenggorokan, pilek, hidung tersumbat, dan mencegah dehidrasi. Faktanya, air hangat memang akan membantu tubuh Anda mengurangi iritasi tenggorokan. Uap hangat juga akan membantu meredakan hidung tersumbat serta mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan. Anda juga bisa berkumur air hangat dengan satu sendok teh garam dapur untuk manfaat air putih hangat yang lain. Anda cukup mencampurkan air garam hangat tadi untuk berkumur 30 detik sebanyak tiga kali untuk mencegah gangguan kesehatan.

  • Meredakan nyeri pada radang sendi

    Konsumsi air putih hangat juga baik untuk menenangkan sistem saraf pusat dan menghidrasi tubuh. Hal ini juga bisa mengurangi rasa nyeri bagi penderita radang sendi. Pastikan cairan tubuh tetap stabil demi mencegah serangan penyakit seperti rasa nyeri yang muncul pada radang sendi.

  • Redakan nyeri akibat menstruasi

    Manfaat air putih hangat juga bisa didapat saat rasa sakit dan nyeri saat menstruasi. Anda bisa merasakan manfaat air putih untuk kesehatan yang diminum saat haid karena bisa merelaksasikan otot yang kram. Aliran darah dalam tubuh juga ikut meningkat.

  • Meringankan gejala akalasia

    Manfaat air putih hangat, faktanya, bisa membantu orang dengan akalasia untuk mencerna dengan nyaman. Akalasia adalah kondisi yang dialami seseorang ketika kerongkongan sulit untuk mengantar makanan ke dalam lambung. Gejala umumya adalah kesulitan menelan dan merasa ada makanan yang terjebak di kerongkongan.

  • Redakan stres

    Fakta selanjutnya, manfaat air putih hangat juga bisa membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh. Termasuk juga aliran darah ke otak. Air hangat bisa membuat Anda rileks dan meringankan stres serta rasa cemas. Mandi atau minum air hangat dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Selain itu, minum susu juga jadi pilihan tepat untuk membantu Anda merasa tenang dan nyaman.

Itulah beberapa manfaat air putih hangat, berikut mitos dan faktanya penting untuk Anda ketahui. Bercermin dari mitos dan fakta tentang konsumsi air putih hangat tadi, kebiasaan minum air putih hangat ini bisa segera Anda coba dan dijadikan gaya hidup sehari-hari. Tapi jangan lupa untuk terus dukung kesehatan tubuh Anda dengan nutrisi yang tepat dengan mengonsumsi susu. Anda bisa memilih susu yang kaya nutrisi seperti Frisian Flag Purefarm Full Cream.

Susu Frisian Flag Purefarm Full Cream mengandung nutrisi baik yaitu 8 vitamin seperti vitamin A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12, Termasuk sumber tiga mineral seperti kalsium, fosfor dan iodium. Susu ini cocok diminum kapan saja terutama di pagi hari untuk membantu boosting semangat sebelum memulai aktifitas Anda. Tersedia juga susu Frisian Flag Purefarm Low Fat dengan tiga ukuran kemasan, 225 ml, 450 ml, dan 900 ml yang tersedia dalam tiga pilihan rasa Belgian Chocolate, Californian Strawberry, dan French Vanilla.

Artikel Terkait