Sehatkah Susu Dicampur dengan Teh?

| 14 Sep 2017

Sehatkah Susu Dicampur dengan Teh?

Susu bisa menambah rasa pada minuman lain seperti teh dan kopi. Sayangnya, meskipun kandungan gizi susu baik untuk kesehatan, penelitian menemukan bahwa susu bisa menghilangkan antioksidan pada teh. Hal ini berbeda dengan kopi yang ditambahkan susu, kandungan gizi susu putih tidak akan terganggu meskipun dicampur kopi.

Jika dilihat dari kandungannya, teh dan susu memiliki banyak sekali manfaat. Kandungan antioksidan yang tinggi dan phytochemicals merupakan salah satu alasan mengapa teh menjadi ramuan minuman yang cukup populer di dunia. Contohnya Jepang dan Cina yang sering menyelenggarakan festival minum teh. Bahkan di Indonesia, tepatnya di kota Solo, ada festival sejenis untuk merayakan kehebatan khasiat minum teh.

Apa sebenarnya khasiat teh? Teh mengandung beberapa konsentrat yang memungkinkan melawan beberapa efek negatif rokok. Antioksidan dalam teh dapat membantu pencegahan penyakit kanker. Kadar Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC) yang terkandung dalam teh membantu melawan radikal bebas yang mampu merusak DNA dalam tubuh. Minum teh juga membantu mengurangi risiko serangan jantung dan bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Sedangkan susu kaya akan kandungan protein, kalsium, fosfor, dan magnesium,  yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu susu juga memiliki zat gizi makro lainnya seperti karbohidrat dan lemak yang bisa menjadi zat gizi bagi tumbuh kembang otak si Kecil. .

Sayangnya kebiasaan mencampurkan teh dengan susu ini menurut penelitian akan mengganggu aktivitas antioksidan catechin yang terkandung pada teh. Campuran susu dan teh juga akan mengurangi kandungan gizi susu.

Protein dalam susu, kasein, menghambat senyawa catechin dalam teh dalam menjalankan tugasnya. Akibatnya catechin tidak diserap optimal oleh tubuh. Selain itu, teh mengandung asam oksalat yang dapat membuat ikatan dengan kalsium dari susu dan membentuk batu ginjal.

Kebanyakan orang menambahkan susu ke dalam minuman teh hanya untuk menambah cita rasa minumannya tanpa peduli efeknya. Namun tidak ada salahnya jika kita mulai memperhatikan hal yang sepintas sepele ini karena hal ini juga ikut andil dalam kesehatan kita jangka panjang. Penjelasan di atas bisa jadi pertimbangan kita, mau mencari rasanya atau mencari manfaatnya? Anda pasti dapat dengan bijak menentukan pilihannya.

Artikel Terkait