Serunya Berjalan Kaki Dengan Anak

| 05 Mar 2018

Serunya Berjalan Kaki Dengan Anak

Anak meminta jalan-jalan pagi padahal Anda masih ingin malas-malasan? Hal ini biasanya mulai terjadi saat anak sudah mulai bisa berjalan. Keingintahuan anak yang baru bisa berjalan memang sedang tinggi-tingginya. Jangan abaikan ajakan anak. Selain untuk anak, jalan kaki juga punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, antara lain untuk kesehatan pernafasan, jantung, serta organ tubuh lainnya. Dalam penelitiannya, psikolog Jo Barton dan Jules Pretty mengungkapkan bahwa jalan kaki di pagi hari dapat mengurangi kesedihan dan kejenuhan yang berkepanjangan. Berikut manfaat lain jalan kaki bersama anak:

Membangun komunikasi berkualitas dengan anak

Dengan jalan kaki bersama anak adalah Anda jadi punya momen untuk berkomunikasi dan bonding dengan anak. Anda bisa mengobrol sambil bercerita tentang lingkungan sekeliling kepada anak.

Mengembangkan kemampuan kognitif anak

Saat jalan kaki, Anda juga bisa melatih kemampuan kognitif anak, misalnya dengan menyebut nama dan menjelaskan ciri-ciri tumbuhan dan menanyakan pada anak di hari berikutnya. Dengan cara ini Anda bisa melatih ingatan anak, sekaligus memperkaya pengetahuan dan perbendaharaan kosa katanya.

Melatih sensorik anak

Jalan kaki punya manfaat memperkenalkan dunia luar bagi anak. Anda dan anak bisa berhenti sejenak untuk mendengarkan suara burung, meraba dan mencium aroma bunga, dan sebagainya.

Melatih anak bersosialisasi 

Rumah memang tempat belajar paling nyaman bagi anak. Namun Anda harus menyiapkan anak menghadapi dunia luar kelak. Beri contoh dengan bersikap ramah selama jalan kaki, seperti menyapa orang lain, minta permisi ketika melewati jalan, hingga membuang sampah pada tempatnya. Dorong anak dengan penjelasan singkat dan menanyakan pertanyaan-pertanyaan sederhana. Sebaliknya, jawab setiap pertanyaan anak dengan sabar.

Jalan kaki bersama juga salah satu cara Anda mengajarkan anak untuk mandiri. Ikuti ke mana anak ingin berjalan, tetapi awasi jarak tempuhnya. Aktivitas ini bisa jadi salah satu kebiasaan baik dan kenangan indah bagi si Kecil saat dewasa kelak.

Frisian Flag Indonesia mendukung usaha Anda untuk mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil dengan menyediakan produk susu siap minum Frisian Flag Kid yang dikemas dalam kemasan kotak dan botol yang praktis.Membantu asupan gizi harian si Kecil terutama bila sedang beraktivitas di luar rumah.  Frisian Flag Kid hadir dalam varian Frisian Flag Milky dan Frisian Flag Fruty dengan berbagai macam pilihan rasa yang lezat.


Jalan kaki bersama anak sangat menyenangkan, jangan lupa sediakan Frisian Flag Kid untuk minumnya. Info lengkap Frisian Flag Kid bisa cek di sini.

Artikel Terkait