Ingin Menyiapkan Cemilan Sehat untuk Anak? Perhatikan 3 Hal Ini!

Banner
| 01 Des 2022

Ingin Menyiapkan Cemilan Sehat untuk Anak? Perhatikan 3 Hal Ini!

Ingin Menyiapkan Cemilan Sehat untuk Anak? Perhatikan 3 Hal Ini!

Menyajikan menu sarapan anak memang susah-susah gampang, ya? Ada banyak tantangan yang muncul, misalnya saja saat si Kecil mulai bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Alhasil, Anda harus mencari berbagai ide cemilan sehat untuk anak yang sekiranya akan disukai oleh si Kecil. 

Saat membuat cemilan sehat untuk sarapan anak, Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal, salah satunya mengenai kandungan nutrisi di dalamnya. Sebab, cemilan yang dikonsumsi setiap hari akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh anak di masa depan. 

Pemberian cemilan sehat perlu dilakukan secara rutin lho, terutama saat menyiapkan sarapan anak setiap pagi. Sarapan anak yang mengandung berbagai nutrisi bisa membantu enambah energi dan mendukung produktivitas si Kecil saat menjalani aktivitas seharian penuh.

Kebiasaan memberikan makanan bergizi untuk sarapan anak juga bisa mencegah ketergantungan si Kecil dengan cemilan tidak sehat yang di jual di pasaran. Apalagi jika si Kecil sudah mengenal lingkungan sekitar, mungkin ada aja keinginannya untuk jajan berbagai jenis makanan. 

Baca juga: Anak Tidak Makan Sehat Bisa Berefek ke Proses Belajar 

Nah, kondisi tersebut pasti jadi tantangan bagi setiap orang tua. Pasalnya, saat ini banyak juga jenis jajanan yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan dan jangka panjang. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda memilih jenis cemilan sehat yang aman dikonsumsi untuk si Kecil, khususnya untuk sarapan anak. Sebelum Anda memberikan cemilan sehat untuk si Kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Hal-hal Penting saat Menyiapkan Cemilan untuk Sarapan Anak

Saat menyiapkan sarapan anak yang kaya nutrisi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua, di antaranya:

  1. Siapkan selalu buah potong

    Kebiasaan yang perlu Anda terapkan saat menyiapkan cemilan sehat untuk sarapan anak yaitu sediakanlah buah-buahan segar di rumah. Ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan saat memberikan cemilan sehat untuk anak. 

    Ada berbagai jenis buah potong yang bisa Anda siapkan, seperti mangga, apel, stroberi, kiwi, semangka, melon, dan lain sebagainya. Anda sebaiknya menyiapkan buah-buahan ini sebagai menu sarapan pagi untuk anak. 

    Selain dibuat menjadi buah potong, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus segar, es krim, dan smoothies yang lezat untuk melengkapi menu sarapan untuk anak. Cemilan sehat untuk anak yang berasal dari buah-buahan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian si Kecil agar dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta mendukung kebutuhan nutrisi lainnya.

    Baca Juga: 3 Resep Mac and Cheese yang Praktis dan Enak

  2. Sediakan cemilan sehat sesuai kebutuhan anak

    Saat menyiapkan cemilan sehat dan sarapan anak, Anda juga perlu memberikannya sesuai kebutuhan, tidak kekurangan maupun berlebihan. Setiap anak pasti membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda, tergantung dari usia, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan. 

    Karbohidrat dan serat yang memadai dibutuhkan anak agar tumbuh berkembang dengan sehat. Pilihlah cemilan untuk sarapan anak yang mengandung keduanya, misal roti gandum. Bahan gandum terkenal dengan kadar gula rendah, karbohidrat cukup, dan kandungan tinggi seratnya.

    Selain karbohidrat dan serat, si Kecil juga membutuhkan asupan protein di setiap cemilan sehat yang ia konsumsi. Sebab, protein merupakan zat gizi makro yang berperan untuk mendukung tumbuh kembang anak di masa pertumbuhan. Sumber protein ini bisa Anda dapatkan dengan mudah, misalnya dari susu, telur, ikan, daging sapi, dan daging ayam.

  3. Batasi jajan sembarangan

    Meskipun Anda sudah menyiapkan cemilan sehat untuk sarapan anak, bukan berarti Anda tidak perlu memantau jajanan si Kecil di siang atau sore hari, ya. Apalagi jika si Kecil beraktivitas di luar rumah, pasti banyak jajanan yang bisa ‘menggoda’ si Kecil. 

    Inilah tantangan selanjutnya, pastikan Anda membatasi si Kecil untuk jajan sembarangan. Saat ini banyak jajanan yang mengandung zat pewarna, gula buatan, atau bahan makanan yang digunakan yang harus Anda perhatikan. 

    Jika Anda ragu dengan kebersihan dan kandungan jajanan anak di sekolah, bawakan mereka bekal seperti buah dan roti. Bekal bisa membantu mengontrol asupan anak di sekolah. Itulah sebabnya, Anda bukan hanya perlu menyiapkan sarapan pagi untuk anak, tetapi juga menyiapkan makanan bergizi yang akan dikonsumsi seharian penuh.

  4. Rutin minum susu

    Susu termasuk salah satu makanan bergizi yang sebaiknya ada dalam menu sarapan anak dan cemilan anak. Ini karena susu mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang buah hati Anda.

    Sekarang Anda tidak perlu khawatir saat terlambat menyiapkan sarapan pagi untuk anak, karena Anda masih bisa memberikan si Kecil susu siap minum yang praktis dan bernutrisi . Nah, susu cair siap minum Frisian Flag Milky bisa jadi pilihan tepat untuk menemani aktivitas harian si Kecil. 

Baca juga: Bagaimana Susu Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak?

Susu cair siap minum Frisian Flag Milky diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro, seperti protein, karbohidrat, dan lemak, serta diperkaya dengan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, vitamin D3, serta menjadi sumber kalsium dan fosfor untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Semua nutrisi tersebut bisa si Kecil dapatkan dengan mudah dalam satu kotak susu cair siap minum Frisian Flag Milky.

Frisian Flag Milky versi Zuzhu Zazha tersedia dalam kemasan kotak ukuran 115 ml dan 180 ml. Si Kecil bebas memilih kemasan Frisian Flag Milky yang disukai. Sebab, kedua kemasan ini sangat aman dan cocok dikonsumsi di segala suasana, apalagi saat si Kecil sedang beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Kenali Karakter Baru dari Frisian Flag Milky

Di dalam 180 ml Frisian Flag Milky mengandung protein sebanyak 3 gram, sehingga bisa mendukung asupan nutrisi dalam menu sarapan pagi untuk anak. Konsumsi 2 kotak Frisian Flag Milky mendukung kurang lebih 12% asupan protein yang dibutuhkan dalam sehari (berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal).

Soal rasa tidak perlu khawatir ya, karena susu Frisian Flag Milky hadir dengan dua varian rasa yang pastinya disukai anak-anak, di antaranya rasa stroberi dan cokelat. Selain bisa diminum langsung, susu Frisian Flag Milky juga bisa Anda kombinasikan dengan makanan bergizi lainnya, seperti salad buah, jus segar, smoothies lezat, cookies, dan cemilan sehat lain yang cocok disajikan ke dalam menu sarapan pagi untuk anak.

Apapun jenis cemilan sehat untuk anak yang dibuat, Anda bisa menambahkan susu Frisian Flag Milky agar dapat mendukung kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Yuk, cari tahu nilai gizi dan manfaat susu Frisian Flag Milky di sini.

Artikel Terkait