Tips Mengetahui Bakat Anak

| 27 Jun 2019

Tips Mengetahui Bakat Anak

Seringkali kita melihat seorang anak mampu bernyanyi dengan indah dan merdunya, atau bermain sepakbola selayaknya pemain profesional. Dalam hal tersebut bisa terjadi karena anak tersebut memiliki bakat pada bidang tertentu, lalu melatihnya agar menjadi lebih baik. Bakat menurut Kartini Kartono (1979) adalah hal yang mencakup segala faktor yang ada pada diri individu yang sudah dimiliki sejak lahir dan kemudian menumbuhkan suatu perkembangan keahlian, keterampilan, dan juga kecakapan tertentu. Pentingnya peran orangtua untuk mengetahui bakat anak sejak dini mungkin, mencari keahlian tertentu yang perlu dikembangkan lebih jauh. Cara mengetahui bakat anak, bagaimana support bakat anak, semua itu ada harus diketahui oleh orangtua.


a. Perhatikan Anak

Kita tidak selalu 24 jam bersama anak, ada waktunya di mana mereka sekolah, bermain dan melakukan hal yang dia suka sendiri. Saat di sekolah atau di luar rumah, kita tidak tau semua yang dilakukannya, padahal hal yang terjadi di sekolah penting untuk diketahui, mengetahuinya bukan hanya dari nilai rapor, tapi kegiatan yang dilakukannya karena hal itu bagian cara mendeteksi bakat anak. Karenanya sebagai orangtua perlu memperhatikan anak hal yang dia lakukan, baik di rumah, atau di luar rumah. Dari hal tersebut orangtua bisa tau bakat dari anak, dan tau bagaimana support bakat anak.


b. Ajak Ikut Lomba

Ajak anak untuk mengikuti lomba adalah langkah tepat untuk mengetahui bakatnya. Mulailah ikut sertakan anak dalam pelbagai lomba, mulai dari lomba yang fisik seperti lari, sepakbola, dan lainnya. Dan lomba yang mengasah kemampuan otak seperti menggambar, cerdas cermat, dan lainnya. Jika anak mampu menunjukkan nilai bagus pada salah satu lomba yang diikuti, maka orangtua bisa dengan mudah mengetahui bakat anak.


Setelah dari 2 hal itu orangtua bisa tau bakat yang dimiliki anak. Kemudian yang perlu dilakukan adalah mensupport bakat anak tersebut, salah satu bentuk support yang baik adalah dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkannya. Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Full Cream adalah Susu UHT yang diproduksi dengan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak), 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12), Vitamin E, B5, 3 mineral (Kalsium, Fosfor dan Yodium), Magnesium, Zink, Selenium, Natrium, dan Kalium. Sangat cocok untuk menjadi pilihan nutrisi bagi anak agar bisa mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Artikel Terkait