Facebook Pixel

Resep Mac n Cheese yang Praktis untuk Sarapan Keluarga

Banner
| 27 Okt 2021

Resep Mac n Cheese yang Praktis untuk Sarapan Keluarga

Resep Mac n Cheese yang Praktis untuk Sarapan Keluarga

Resep mac n cheese, seperti namanya, tentu dibuat dari makaroni dan beberapa jenis keju yang dicampur jadi satu. Mac n cheese begitu terkenal di Amerika Serikat meskipun sebenarnya makaroni adalah jenis pasta yang berasal dari Italia. Makaroni sendiri juga dikenal sejak lama di Prancis dan Inggris hingga akhirnya mendunia.

Dalam sejarahnya, resep mac n cheese adalah makanan yang menggunakan campuran pasta dan keju yang diperkirakan sudah dibuat orang pada abad ke-14 dan abad ke-15 di Italia. Oleh sebab itu, resep mac n cheese termasuk salah satu makanan tertua karena berusia lebih dari 500 tahun.

Resep mac n cheese pertama kali dibuat oleh tokoh terkenal, yaitu Thomas Jefferson. Ia adalah Presiden Amerika Serikat ke-3. Saat itu, Thomas Jefferson menjumpai hidangan macaroni and cheese di Prancis dan Italia utara pada akhir abad ke-18. Ternyata, sang presiden suka sekali dengan makaroni.

Saking sukanya dengan macaroni and cheese, Thomas Jefferson pun sampai mengirimkan alat pembuat makaroni ke rumahnya di Virginia, AS. Ia pun kerap menghidangkan resep mac n cheese ini kepada tamu-tamunya. Setelah beberapa dekade berlalu, sepupu Thomas Jefferson, Mary Randolf pun membuat sebuah buku resep yang mencantumkan resep mac n cheese buatan sang presiden AS. Dalam buku resepnya, Mary menuliskan mac n cheese terbuat dari tiga bahan: makaroni, keju, dan mentega.

Pada tahun 1937 silam, sebuah perusahaan makanan pun membuat mac n cheese instan dalam kemasan. Saat itu, makanan ini adalah alternatif yang dipilih banyak orang seiring kehancuran perekonomian AS di masa peperangan. Mac n cheese instant dibuat dan dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa dikonsumsi keluarga di masa terpuruknya perekonomian AS. Akhirnya, banyak orang di AS menyukai resep mac n cheese hingga kini.

Nah, resep mac n cheese saat ini tentu lebih mudah dibuat. Anda bisa membuat resep ini yang dihidangkan untuk disantap keluarga, khususnya untuk sarapan sebelum memulai aktivitas. Cara membuat resep mac n cheese pun terbilang gampang. Yuk, simak bahan dan caranya di bawah ini.

Bahan-bahan Membuat Mac n Cheese

 

Bahan-bahan:

  • 600 gram pasta makaroni atau varian pasta lain yang sejenis
  • 400 gram keju cheddar
  • ½ siung bawang bombay
  • 6 siung bawang putih
  • 400 ml susu cair Frisian Flag Purefarm Full Cream
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 8 sendok makan margarin atau butter
  • 4 buah sosis sapi atau smoked beef
  • Garam dapur secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Lada hitam sesuai selera

Cara Membuat Mac n Chesee

  1. Siapkan wajan atau panci untuk merebus pasta makaroni hingga matang. Tingkat kelembutan makaroni bisa Anda sesuaikan dengan selera. Tambahkan garam dapur secukupnya pada air rebusan dan 2 sendok makan margarin atau butter. Setelah matang, buang air rebusan dan sisihkan.
  2. Masak sosis sapi atau smoked beef yang sudah disiapkan sebelumnya. Jika menggunakan sosis siap santap, sosis bisa langsung diiris tipis atau potong dadu.
  3. Siapkan wajan untuk menumis 6 sendok makan margarin atau butter hingga meleleh, kemudian tambahkan bawang bombay dan bawang putih yang sudah dicincang halus. Kedua bahan ini ditumis hingga harum.
  4. Tambahkan potongan sosis sapi atau smoked beef yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan, aduk-aduk selama kurang lebih 30 detik. Masukkan tepung terigu sebanyak 2 sendok makan dan aduk kembali hingga merata.
  5. Setelah masukkan tepung terigu, di dalam wajan yang sama, tuangkan susu cair Frisian Flag Purefarm Full Cream sembari mengaduk adonan secara perlahan-lahan.
  6. Siapkan makaroni yang sudah direbus dan masukkan ke dalam adonan. Tambahkan sedikit garam dan merica bubuk dan aduk-aduk hingga adonan susu meresap ke dalam pasta makaroni.
  7. Terakhir, tambahkan keju cheddar parut yang sudah Anda siapkan, tambahkan ke dalam adonan. Tuangkan lada hitam sesuai selera. Aduk-aduk rata semua bahan.
  8. Resep mac n cheese sederhana ini sudah siap untuk disajikan dan disantap bersama keluarga.

Selain resep mac n cheese di atas, Anda juga bisa mengajarkan anak-anak Anda membuat macaroni and cheese sendiri, mengingat caranya sangat mudah dan praktis untuk dibuat. Misalnya menu macaroni and cheese yang pernah dibuat Kevin McCallister di film Home Alone yang legendaris itu.

Resep mac n cheese a la film Home Alone ini jauh lebih mudah dibuat tanpa bahan-bahan masakan serumit resep mac n cheese sebelumnya. Tak perlu bawang bombay dan bawang putih, smoked beef, atau tepung terigu. Simak bahan-bahan dan cara membuat resep mac n cheese berikut ini.

Bahan-bahan: 

  • 500 gram elbow macaroni kering
  • 1 ¼ liter susu cair
  • 200 gram keju cheddar parut
  • Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan panci besar, tuang susu. Masak sampai mendidih. Tambahkan pasta dan aduk sampai matang selama 10 menit. Tambahkan garam dan merica sesuai selera. 
  2. Jika Anda menggunakan microwave, campur susu dan makaroni. Masukkan ke dalam microwave selama 2-3 menit. 
  3. Tambahkan keju dan aduk. Masak lagi 30 detik sampai 1 menit. 2. Matikan api. Masukkan keju. Aduk sampai keju leleh dan melapisi seluruh pasta. 
  4. Sajikan di atas piring, nikmati selagi hangat.

Resep mac n cheese sangat praktis untuk dibuat, cocok sekali disajikan sebagai menu sarapan. Untuk memasak resep mac n cheese tadi, Anda bisa menambahkan susu cair dari Frisian Flag Purefarm Low Fat, susu rendah lemak yang kaya gizi. 

Susu low fat memiliki kadar lemak rendah, sekitar 1,3 hingga 1,4% saja. Lemak yang rendah ini membuat susu low fat bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda dan keluarga. Baik untuk diminum langsung atau dijadikan bahan masakan. Susu Low fat punya banyak manfaat, seperti membantu menurunkan berat badan, menambah kekuatan tulang, maupun mencegah diabetes. 

Artikel Terkait