Berapa Banyak Gula Sehari yang Aman Dikonsumsi?

| 27 Agu 2018

Berapa Banyak Gula Sehari yang Aman Dikonsumsi?

“Tuduhan” mana yang paling sering Anda dapatkan ketika sakit gigi sewaktu kecil, kebanyakan makan permen atau kebanyakan makan cokelat? Seolah gula itu tidak baik hingga membuat Anda ragu mengonsumsi kukis, susu kental manis, dan jenis makanan manis lainnya. Padahal gula itu bukan musuh, malah tubuh membutuhkannya sebagai “bahan bakar” untuk diubah menjadi energi sepanjang dikonsumsi sesuai kebutuhannya.  Kuncinya sederhana, konsumsi gula tepat pada porsinya.

Anjuran porsi mengonsumsi gula tiap orang umumnya dibedakan berdasarkan usia. Orang dewasa rata-rata membutuhkan asupan gula sebanyak 12 sendok teh per hari, sedangkan anak-anak butuh sekitar 6 - 10  sendok teh saja. Namun, kebutuhan gula bisa lebih personal  lagi bila dikaitkan dengan tingkat kepadatan aktivitas. Makin tinggi aktivitas seseorang, makin banyak pula energi yang dibutuhkan.

Sementara kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa batas konsumsi gula per hari berkisar 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan, baik bagi pria maupun wanita. Menurut Pudjo Hartono selaku Kasubdit Bina Konsumsi Makanan Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemkes RI,  konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe 2. Dokter Tirta Prawita MSc, Sp. GK dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia pun menganjurkan untuk membatasi pengonsumsian gula sebanyak 10% dari kebutuhan tubuh seseorang per hari.

Menghindari gula secara total tidaklah disarankan. Selama dikonsumsi dengan bijak, gula tidak akan menjadi sumber masalah bagi kesehatan tubuh Anda. Sejatinya, gula merupakan salah satu sumber energi untuk aktivitas harian. Namun perlu juga Anda ingat, gula tidak melulu berbentuk gula pasir, gula merah, atau gula halus. Gula juga bisa didapat dari nasi putih, mie, atau pasta. Maka, perhatikan pula porsi pengonsumsian karbohidrat harian Anda.

Sebagai penggemar susu kental manis, apa yang bisa Anda lakukan? Sama seperti saran pengonsumsian gula, konsumsilah dengan bijak. Tak perlu lagi menambahkan gula pada smoothie favorit Anda, bila susu kental manis sudah menjadi bagian dari bahan pembuatannya demi mencegah porsi gula dan rasa manis yang berlebihan. Dapatkan manfaat Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold sesuai saran penyajian untuk melengkapi dan menambah kenikmatan ragam kudapan favorit Anda.

Artikel Terkait