Sudah Minum Susu Tiap Hari kok Badan Nggak Tinggi?

| 18 Okt 2017

Sudah Minum Susu Tiap Hari kok Badan Nggak Tinggi?

Sebuah penelitian yang dibuat oleh American Society for Clinical Nutrition menyebutkan bahwa minum susu ada kaitannya dengan bertambahnya tinggi badan. Penelitian ini melibatkan 122 anak usia 9,5 tahun, dan berlangsung selama tiga tahun lamanya. Anak-anak tersebut dibagi dua, yaitu yang minum susu tiap hari di atas 500 ml dan yang minum susu tiap hari di bawah 500 ml.


Kelompok yang minum susu tiap hari di atas 500 ml menunjukkan pertambahan tinggi badan lebih banyak dibandingkan dengan kelompok yang satunya. Diduga hal ini karena kandungan kalsium dalam susu berperan penting dalam masa pertumbuhan dan pembentukan tulang. Insulin-like growth factor -1 (IGF-1) yang terkandung dalam susu juga punya andil untuk pertumbuhan tulang. Jumlah IGF-1 yang tinggi hanya ditemukan pada susu sapi.


Portal Foods for Better Health pun memaparkan dalam tulisan “Can Drinking Milk Help You Grow Taller?” bahwa tubuh manusia secara alami menghasilkan protein IGF-1, namun rutin mengonsumsi susu memicu tubuh untuk memproduksi IGF-1 lebih banyak lagi. The American Academy of Pediatrics pun menyarankan untuk minum susu sehari dua kali. Menurut Dr. Manish Sharma Chairman of Emergency Medicine di Northwell Health Forest Hills Hospital susu merupakan sumber nutrisi yang bantu pertumbuhan pada masa pubertas.


Melalui paparan fakta di atas maka dapat disimpulkan bahwa susu bermanfaat mendukung pertumbuhan pada masa pubertas seorang anak. Di dalam susu terdapat nutrisi penguat tulang dan penyeimbang hormon seperti kalsium. Meskipun demikian, ada perbedaan tingkat penyerapan kalsium pada tiap orang dan ini berpengaruh dalam kecepatan pertumbuhan tinggi.


Nutrisi IGF-1 yang disebutkan sebelumnya, bermanfaat membantu membangun tulang sehat sehingga berkaitan dengan tinggi badan. Tetapi IGF-1 harus diimbangi dengan mengonsumsi protein yang cukup. Kandungan kalsium, protein, IGF-1 sudah terdapat dalam susu sapi. Inilah kenapa susu sapi dianggap sebagai nutrisi yang dapat membantu meninggikan badan.


Kandungan susu sapi lainnya antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B5, B12, C, D, E, folat. Mineral yang terkandung di dalamnya juga ada magnesium, fosfor, kalium, selenium, dan seng. Kandungan-kandungan tersebut berperan penting dalam peningkatan metabolisme, mengikat oksigen dalam darah, dan sebagai antioksidan. Sementara mineral dalam susu punya peran antara lain memproduksi enzim, membentuk tulang, dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.


Ada berbagai faktor yang memengaruhi tinggi badan seseorang, yakni faktor gizi dan keturunan. Susu bisa dikatakan punya andil memengaruhi tinggi badan seseorang tetapi bukan jadi faktor penentu. Meski demikian, minum susu tiap hari tetap penting untuk kesehatan anak.

Artikel Terkait