Facebook Pixel

Hangatkan Badan Dengan Resep Wedang Jahe Pilihan

Banner
| 04 Nov 2020

Hangatkan Badan Dengan Resep Wedang Jahe Pilihan

Hangatkan Badan Dengan Resep Wedang Jahe Pilihan

Dinginnya musim hujan memang enak jika ditemani segelas minuman hangat yang enak sembari bersantai. Bukan hanya sekadar kenikmatan teh atau susu hangat saja, tapi kamu bisa mencoba jahe yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh. Ini varian olahan minuman jahe yang bisa kamu buat di rumah.

a. Susu jahe sederhana

Sediakan saja Krimer Kental Manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe dan 1 gelas air matang. Tuang susu ke dalam gelas, seduh dengan air hangat lalu bisa sajikan bersama roti tawar.

b. Wedang jahe kopi susu

Bahan-bahan ialah 4 cm rimpang jahe, 2 sdm kopi hitam, 4 sdm susu kental manis Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe, 100 gram gula jawa dan 500 ml air bersih

Caranya Kupas dan gepuk jahe yang telah dicuci bersih sampai memar. Rebus jahe dan gula jawa dengan 500 ml air, masak hingga gula larut dan air mendidih, barulah masukkan kopi sambil diaduk rata. Tuangkan dalam gelas, beri Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe untuk menambah kenikmatan.

c. Wedang jahe santan campur

Siapkan 1 liter santan kelapa, 100 gram rimpang jahe memar, Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe, 150 gram gula pasir, 1 batang serai memar, ΒΌ sdt garam, 200 gram sari kelapa, 3 iris roti tawar dan 150 gram kacang hijau rebus.

Rebus santan kelapa bersama jahe, batang sereh, gula dan garam. Aduk perlahan selama proses merebus. Masukkan sari kelapa, masak sampai mendidih. Angkat dan sajikan di dalam mangkuk. Tambahkan Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe, potongan roti tawar dan kacang hijau rebus. Santap selagi hangat.

Waktu yang tepat mengonsumsi wedang jahe

Sudah bukan rahasia lagi, jika jahe sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti untuk menghilangkan rasa mual dan menghangatkan tubuh. Jahe juga bisa disajikan dalam makanan dan minuman. Tapi, tahukah Anda waktu yang tepat buat konsumsi minuman olahan jahe, seperti wedang jahe? Untuk mengoptimalisasi manfaatnya di dalam tubuh, mari, simak waktu yang tepat dan baik untuk konsumsi wedang jahe.

  1. Pagi Hari

    Sebagai bahan bakar memulai hari, di pagi hari sebelum memulai aktivitas Anda yang cenderung padat, Anda bisa konsumsi wedang jahe. Dengan meminum wedang jahe di pagi hari, tubuh Anda akan lebih mudah menyerap nutrisi lebih baik serta melancarkan pencernaan. Selain itu, jahe juga dapat membantu melawan radikal bebas karena kandungan antioksidan di dalamnya. 

  2. Malam Hari

    Malam hari sebelum tidur bisa menjadi salah satu waktu yang tepat buat konsumsi minuman jahe. Anda bisa mencoba dengan minuman susu wedang jahe yang mudah dibuat. Mengonsumsi minuman olahan wedang jahe di malam hari cukup baik untuk menjaga kestabilan berat badan. Jahe memiliki kandungan yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu proses pembakaran kalori dan lemak jadi lebih efektif.

Manfaat mengonsumsi wedang jahe

  1. Memperkuat sistem imun

    Dikenal memiliki kadar antioksidan yang tinggi, meminum wedang jahe atau bentuk olahan minuman jahe lainnya secara rutin dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh Anda. Hal ini dibuktikan melalui peran jahe dalam melawan efek negatif dari radikal bebas yang bisa Anda dapatkan di lingkungan sekitar seperti polusi udara, makanan, dan minuman. Salah satu efek negatif dari radikal bebas yang menyerang tubuh adalah hadirnya peradangan yang menyebabkan penyakit. Namun, dengan mengonsumsi wedang jahe secara rutin, Anda dapat meminimalisasi risiko tersebut.

  2. Meredakan nyeri otot

    Jahe juga memiliki kandungan senyawa gingerol yang punya dampak baik dalam meredakan nyeri otot pada tubuh Anda. Senyawa tersebut memiliki efek analgesik dan anti inflamasi. Dengan mengonsumsi minuman olahan jahe, seperti wedang jahe secara rutin, Anda dapat mencegah risiko peradangan dalam tubuh dan juga membantu meringankan nyeri otot akibat cedera dari aktivitas fisik yang intens, seperti olahraga. Bagi Anda yang rutin melakukan olahraga, Anda bisa mengonsumsi wedang jahe baik sebelum atau setelah melakukan olahraga untuk mengoptimalkan manfaatnya.

  3. Mencegah infeksi bakteri dan virus

    Bakteri dan virus merupakan salah satu faktor utama yang kerap hadir menyerang tubuh dan menyebabkan penyakit. Kandungan senyawa gingerol yang ada di dalam jahe juga ternyata dapat berperan sebagai penangkal bakteri dan virus untuk berkembang di dalam tubuh. Jahe dapat menghambat efek negatif yang hadir dari bakteri Shigela, E.coli, dan lain-lain. Oleh karena itu, demi menjaga kondisi tubuh agar selalu prima, Anda bisa mengonsumsi minuman jahe, seperti wedang jahe secara rutin.

  4. Menurunkan kadar gula darah

    Menjaga kadar gula darah di dalam tubuh merupakan salah satu cara preventif dalam mencegah risiko penyakit berisiko tinggi berkembang di dalam tubuh. Salah satunya adalah diabetes. Diabetes bisa hadir menghantui diri Anda akibat gaya hidup yang kurang sehat, seperti mengonsumsi makanan dan minuman berkalori secara berlebihan. Agar mencegah risiko penyakit diabetes semakin ganas, mengonsumsi minuman jahe bisa jadi salah satu solusi. 

    Kandungan antioksidan yang ada di dalam jahe memiliki khasiat dalam meningkatkan kesehatan pankreas. Pankreas merupakan organ tubuh yang bertugas memproduksi hormon insulin untuk mengatur kadar gula darah di dalam tubuh. Maka, dengan mengonsumsi minuman jahe, seperti wedang jahe secara rutin, Anda akan dapat menjaga kesehatan pankreas sehingga terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Tambahkan Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe untuk hidangan minuman lebih hangat dan lezat. Info lengkap bisa cek di sini

Artikel Terkait