Manfaat dan Fungsi Mineral Dalam Susu

Banner
| 27 Nov 2020

Manfaat dan Fungsi Mineral Dalam Susu

Manfaat dan Fungsi Mineral Dalam Susu

Vitamin dan Mineral adalah 2 hal sangat diperlukan oleh tubuh setiap harinya demi terjaganya kesehatan. Mineral dibutuhkan oleh tubuh sebagai nutrisi esensial agar tubuh bisa berfungsi secara optimal. Ada banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam melakukan fungsinya dengan baik, misalnya Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan, dan Yodium. Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh setiap harinya demi terjaganya fungsinya secara optimal.

  1. Kalsium adalah jenis mineral yang umum, fungsi utamanya selain untuk kepadatan tulang juga sebagai proses penyembuhan luka.
  2. Fosfor sebagai mineral makro yang dibutuhkan tubuh, fungsinya untuk metabolisme tubuh dan juga komponen utama enzim.
  3. Selenium memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk tubuh dan metabolisme lemak. Beraktivitas di tengah tingkat polusi udara yang tinggi, kandungan Selenium sangat diperlukan untuk melawan radikal bebas guna mencegah kerusakan pada berbagai sel dalam tubuh yang dapat memicu hadirnya penyakit.
  4. Mangan sangat berperan dalam proses regenerasi sel darah merah dan metabolisme karbohidrat.
  5. Yodium, meskipun garam mengandung banyak mineral Yodium, bukan berarti di dalam Susu tidak ada kandungan Yodium. Yodium sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf pusat, serta menjaga metabolisme tubuh.

Frisian Flag Full Cream Gold memiliki banyak vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh setiap harinya. Diproduksi dari susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak), 9 Vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12 dan C) dan 5 mineral (Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan dan Yodium).

Sebagai pribadi yang aktif, fungsi mineral juga memiliki peran penting dalam menjaga kondisi tubuh. Fungsi mineral yang akan menunjang produktivitas sehari-hari di antaranya adalah mengoptimalisasi proses metabolisme di dalam tubuh, merawat fungsi otak, hingga mencegah hadirnya nyeri otot yang dapat mengganggu aktivitas keseharian baik di dalam ataupun di luar rumah.

Manfaat kesehatan jangka panjang meminum susu secara rutin

Dengan segala manfaat yang ditawarkan, sangat dianjurkan bagi Anda dan keluarga, dari muda hingga yang tua untuk meminum susu dengan rutin.Selain dapat melepas dahaga dan membantu tubuh Anda bekerja lebih optimal, masih banyak manfaat yang didapatkan secara jangka panjang dari kebiasaan meminum susu. Jadi, sangat disayangkan jika Anda melewatkan hari tanpa meminum susu. Berikut adalah manfaat jangka panjang yang bisa Anda rasakan hanya dari rutin meminum susu satu gelas sehari.

Memperlambat osteoporosis

Kalsium merupakan salah satu dari banyaknya zat yang terkandung di dalam susu. Dengan kalsium, manfaat yang bisa Anda rasakan dari meminum susu secara rutin dalam jangka panjang adalah memperlambat bahkan mencegah osteoporosis. Secara umum, osteoporosis memiliki arti tulang yang keropos. Hal ini ditandai dengan berkurangnya tingkat kepadatan tulang Salah satu cara yang mudah dalam mencegah osteoporosis adalah dengan meminum susu secara rutin. Dengan memastikan asupan kalsium yang terpenuhi dengan minum susu secara rutin, Anda dapat mencegah osteoporosis sedari dini.

Bagus untuk pengidap anemia

Salah satu zat penuh manfaat lainnya yang bisa ditemukan di dalam susu adalah zat besi. Untuk pengidap anemia, meminum susu secara rutin bisa jadi berita baik, karena susu dapat membantu meminimalisasi resiko kekurangan hemoglobin pada yang juga akan berdampak pada peningkatan produktivitas Anda. Manfaat zat besi yang terdapat dalam susu bagi penderita anemia adalah kandungan zatnya yang bisa bantu tubuh untuk membentuk sel darah merah secara lebih optimal. Minum susu selama satu gelas sehari dapat membuat Anda terjaga dari risiko anemia.

Menjaga tubuh dari pembentukan kanker

Salah satu peran penuh manfaat dari vitamin D yang terkandung dalam susu adalah memberikan proteksi pertumbuhan sel dan perlindungan dari kanker. Sebetulnya, vitamin D bisa didapatkan dengan mudah dengan cara berjemur di bawah matahari pagi. Namun, karena budaya work from home yang saat ini sedang digalangkan, cara terbaik agar menjaga diri dari penyebaran virus di luar adalah dengan meminum susu secara rutin. Selain itu, paduan kalsium dan vitamin D yang ada pada susu juga mampu mencegah pembentukan kanker ovarium. Jadi, jangan lupa minum susu, ya.

Menjaga kesehatan kulit

Mungkin Anda pernah mendengar mitos agar kulit tetap sehat dan cerah bisa didapatkan dengan cara melakukan mandi susu layaknya Cleopatra. Ternyata itu bukan mitos belaka. Memang benar bahwa susu memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit Anda. salah satu zat dalam susu yang dapat menjaga kesehatan kulit Anda adalah asam laktat. Peran asam laktat bagi kulit adalah sebagai exfoliant, yaitu enzim yang dapat membantu membuat kulit tetap halus. Selain itu ada juga zat asam amino yang menjaga tingkat kelembaban kulit.

Memperbaiki kondisi tubuh pasca sakit

Sebagaimana yang diketahui, bahwa susu bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah membantu pemulihan tubuh pasca sakit. Hal ini terbukti berkat bantuan kandungan protein yang ada di dalam susu. Protein ternyata dapat membentuk sel atau jaringan yang dibutuhkan tubuh pada masa pemulihan, sehingga hasilnya bisa lebih cepat dan optimal. Selain itu, protein juga membantu melancarkan metabolisme tubuh Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk meminum susu secara rutin. Lebih baik lagi jika Anda meminum susu setiap hari karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat Susu Lebih dari Kalsium untuk Tulang

Kalsium dan susu adalah dua kata yang tak terpisahkan. Ini adalah manfaat susu yang paling dikenal. Padahal selain kalsium, susu punya manfaat lain yang tak kalah pentingnya. Susu bisa diperoleh dari sapi, kambing, dan domba. Keunggulan dari sapi perah dibandingkan hewan ternak lainnya adalah kemampuannya mengubah makanan yang dikonsumsinya menjadi konsentrat berbentuk susu. Kualitas susu sendiri ditentukan oleh makanan yang dikonsumsinya. 

Di negara-negara maju, sapi perah dijadikan sebagai sumber kekuatan ekonomi dan kesehatan. Susu sapi memiliki nutrisi lengkap yang tidak ditemui pada makanan lainnya. Mirip dengan darah putih pada manusia, susu sapi mengandung vitamin dan berbagai macam asam amino yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam segelas susu, ada manfaat susu lainnya yang sama baiknya dengan kalsium, antara lain: 

Potassium

Bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah akibat kelebihan sodium, menjaga fungsi otot dan syaraf, menjaga kesehatan tulang, menjaga metabolisme tubuh, mengurangi risiko stres, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, memelihara kesehatan ginjal, mengatur keasaman tubuh, menjaga kesehatan otak.

Magnesium

Magnesium bermanfaat sangat besar dalam proses pembentukan tulang di masa pertumbuhan karena mendukung proses asimilasi kalsium di dalam formasi tulang. Zat ini juga mendukung proses aktivasi vitamin D dalam ginjal agar mudah diserap untuk penguatan tulang dan perekat antarmolekul dalam tulang.

Seng

Kandungan ini punya manfaat sebagai antioksidan dari ancaman radikal bebas yang merugikan kesehatan, perawatan mata, mengurangi dampak kerusakan otak akibat oksidatif, kesehatan rambut dan kulit.

Vitamin B2

Vitamin ini bermanfaat untuk membantu tubuh membakar karbohidrat, protein serta lemak. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan kulit, mata, serta sistem saraf, serta membantu produksi sel darah merah.

Fosfor

Fosfor merupakan mineral terbesar kedua setelah kalsium yang dibutuhkan tubuh. Manfaatnya yaitu untuk proses pembentukan tulang dan gigi, menjaga keseimbangan fungsi hormon, serta meningkatkan proses pemisahan zat yang dibutuhkan oleh tubuh atau tidak.

Manfaat Rutin Minum Susu

Menjaga Tulang dan Gigi

Susu mengandung protein dan kalsium, zat utama yang dibutuhkan tulang dan gigi. Susu membantu pertumbuhan tulang pada anak dan menguatkan tulang dan gigi bagi dewasa.

Menjaga Kesehatan Mata dan Kesehatan Tubuh

Susu mengandung vitamin A untuk kesehatan mata, vitamin D yang berfungsi untuk penyerapan kalsium dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Tekanan Darah

Susu bisa membantu menstabilkan tekanan darah berkat kandungan kalsium yang terkandung di dalam susu.

Meringankan Lelah dan Stres

Susu juga bisa membantu untuk rehidrasi dan mengembalikan energi setelah melakukan aktivitas yang padat.

Rasanya yang lezat bisa dijadikan topping minuman atau makanan kesukaan. Sudah saatnya jadikan Frisian Flag Gold sebagai pelengkap makanan nutrisi setiap hari.

Artikel Terkait