Kapankah Waktu yang Tepat untuk Anak Minum Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan?

| 14 Des 2017

Kapankah Waktu yang Tepat untuk Anak Minum Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan?

Salah satu manfaat susu yang paling banyak diketahui adalah untuk membantu menambah tinggi badan. Benarkah demikian? Agar makin paham manfaat susu, Anda perlu pengetahuan tentang kandungan susu dan tahu kapan waktu yang tepat minum susu untuk menambah tinggi badan.

Susu mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan, terutama pembentukan tulang dan gigi. Susu juga mengandung Insulin-like Growth Factor-1 atau IGF-1 yang berperan membantu pertumbuhan tulang dan tinggi badan. Produksi IGF-1 sangat dipengaruhi oleh protein. Kekurangan asupan protein, terutama protein hewani, bisa mengganggu produksi dan cara kerja IGF-1 di dalam tubuh. Selain itu, susu sapi mengandung mineral, antara lain magnesium, fosfor, kalium, selenium, dan seng yang berfungsi untuk mendukung pembentukan tulang serta mempertahankan keseimbangan cairan dan transpor oksigen. Tak ketinggalan, susu mengandung Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, K, serta folat yang membantu memperlancar metabolisme serta sirkulasi dan transportasi oksigen.

Salah satu penelitian yang membahas peran susu sebagai pendukung pertumbuhan adalah penelitian American Society for Clinical Nutrition yang meneliti 122 anak usia 9,5 tahun selama 3 tahun. 122 anak kemudian dibagi menjadi dua kelompok: kelompok tinggi konsumsi susu sapi dengan asupan lebih dari 500 mililiter/hari dan kelompok rendah konsumsi susu sapi dengan asupan kurang dari 500 mililiter/hari. Dari kedua kelompok tersebut, perkembangan dan pertumbuhan anak paling pesat terjadi pada kelompok tinggi konsumsi susu sapi. Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa mengonsumsi susu di usia pubertas juga membantu anak mencapai massa tulang optimal saat dewasa kelak.           

Waktu yang tepat minum susu untuk menambah tinggi badan juga dapat disesuaikan dengan jam biologis tubuh manusia. Di saat tidur malam, osteoklas atau proses penghancuran sel tulang ‘tua’ tidak terjadi. Dengan kata lain, susu bisa diminum di malam hari agar proses penyerapan kalsium berjalan optimal.

Dukung kecukupan gizi anak agar mencapai tinggi badan optimal dengan menyediakan susu setiap hari. Diproduksi dari susu segar pilihan, Susu Siap Minum Frisian Flag mengandung zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak) dan zat gizi mikro (multi vitamin dan mineral) dan tersedia dalam merk Frisian Flag Purefarm untuk anggota keluarga dan Frisian Flag Kid, Milky dan Fruity untuk anak-anak.


Lengkapi kalsium anak untuk tumbuh kembangnya dengan tambahan dari Susu Siap Minum Frisian Flag. Info lengkap cek di sini!

Artikel Terkait